silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Rozaliana Rahmani
NIM: 878167073
Dari video di atas, apa yang dilakukan oleh guru sudah sangat tepat. Saat melihat anak yg kesulitan memegang pensil, guru tidak memaksakan anak dengan terus berlatih dengan pensil melainkan mencari aktifitas lain yang dapat melatih kelenturan dan kekuatan jemari anak
Nama : Nila Sahura
NIM : 877803979
Menurut pendapat saya tentang video di atas, cara guru didalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sungguh kreatif dan tepat sasaran! Melatih motorik halus secara bertahap melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan adalah fondasi yang sangat baik. strategi guru ini sangat bagus karena tidak langsung fokus pada hasil akhir (memegang pensil), tetapi lebih pada membangun kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk mencapai hasil tersebut. Ini adalah pendekatan yang sabar, kreatif, dan sangat sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Guru ini memahami bahwa keterampilan memegang pensil yang benar dibangun melalui latihan motorik halus yang beragam dan menyenangkan.
Nama : Tanti Fartica
Nim : 857528542
Berdasarkan vidio tersebut, menunjukan bertapa pentingnya perkembangan fisik motorik anak usia dini, seperti yang telah di jelaskan dalam vidio metode yang dilakukan dalam vidio menggunakan metode yang menyenangkan, kegiatan tersebut secara tidak langsung akan membangun rasa percaya diri anak dan kegiatan tersebut efektif di lakukan didalam kelas, selain untuk melatih koordinasi otot, kelenturan jari-jari, manfaat lain dari kegiatan tersebut ialah untuk meningkatkan keterampilan anak untuk memudahkan dalam belajar, menulis dan menambah kecerdasan pada anak.
Assalamu’alaikum izin menanggapi:
Nama: Sulis Diani
Nim: 877321353
Menurut saya vidio di atas sangat membantu guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, di vidio tersebut juga di jelaskan bagaimana cara- cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil ternyata tidak sembarang dan ada caranya.
Di vidio tersebut guru juga menyampaikan dengan baik dan mudah dipahami dalam menjelaskan bagaimana mengatasi anak yang kurang bisa memegang pensil. Sehingga kita sebagai pendengar menjadi lebih mudah dalam mengatasi anak yang kurang bisa memegang pensil.
Terima kasih.
Nama : Asmiar
Nim : 859425095
Dari vidio diatas kita dapat mengambil kesimpulan atau pelajaran yaitu sebagai seorang guru kita harus memhami kemampuan masing-masing anak, apakah ada yang belum mampu atau sudah mampu dalam memegang pensil melalui observasi langsung saat anak diberi kegiatan menulis. anak yang tidak mampu memegang pensil dapat dilatih dengan mengajari atau membimbing langsung anak dalam memegang pensil terlebih dahulu dan menjelaskan secara pelan-pelan dengan kosa kata yang mudah dpahami oleh anak.
Nama : Ayomi Mamentiwalo
NIM : 859956287
Semester : 4
a. Dari vidio yang di tonton di atas yakni vidio pembelajaran tentang Anak yang tidak tahu memegang pensil dan sebagai guru harus mampu untuk
mengatasinya dengan cara-cara yang mudah di pahami oleh anak, teknik dan pola pengajaran dalam vidio sangat baik dan sangat membantu saya agar
dapat mengatasi anak didik bilamana ada yang seperti dalam vidio tersebut. dan memang di lembaga kami beberapa tahun lalu ada satu dua anak didik yang
seperti dalam vidio tersebut dan saya sebagai guru memmbing anak didik dengan cara-cara yang mudah di mengerti dan melatih kelenturan otot-otot jari
tangan dari anak didik,misalnya menhajak anak untuk meremas kertas,menyusun balok,meronceh dan kegiatan lainnya yang dapat membantu anak didik agar
bisa memegang pensil dengan benar.
terimakasih untuk vidio pembelajarannya sangat membantu serta terimakasih sudah berbagi ilmunya…
Setelah menonton video iini saya lihat Guru mengajarkan anak untuk menebalkan garis, dalam video ini semua anak sudah mau mengerjakan tugas, namun ada salah satu anak yang belum bisa, ibu guru mengatasinya dengan melatih tangan nya untuk belajar mencoret-coret, ibu guru melatih anak untuk membuka dan memasangkan benda, dari video ini dapat di simpulkan seorang guru sedang melatih perkembangan fisik motorik halus anak yaitu melatih kelenturan anak.
Nama : Siti Nurhayati
NIM : 859668887
setelah menonton video di atas, saya sebagai pendidik harus memperhatikan berbagai hal untuk perkembangan anak salah satunya perkembangan motorik halus, agar anak lihai dalam menulis ataupun memegang pensil sebagai alat untuk menulis alangkah lebih baiknya kita latih dulu motorik halus anak dengan berbagai hal agar kuatnya otot jari dan tangan juga kelenturan tangan anak, sesuai video yang telah saya lihat dan amati yaitu dengan berbagai cara salah satunya memeras spons yang sudah dicelupkan kedalam air dan memindahkannya ke tempat lain ataupun membuka kancing dan memakai kancing.
video ini juga mudah untuk dipahami dan dimengerti dalam menjelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil.
Nama : Siti Nurhayati
NIM :859668887
setelah saya menonton video ini saya menyimpulkan bahwa pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu sebelum anak memegang pensil dan menulis, banyak cara untuk melatih motorik halus anak, seperti dalam video yaitu dengan membuka & memakai kancing, memeras spons air, dan membuka menutup gembok. Yang lainnya juga seperti menjumput plastisin, bermain karet ditangan, mengambil dan membalikkan koin dan sebagainya.
Nama : Siti Nurhayati
NIM :859668887
setelah saya menonton video ini saya menyimpulkan bahwa pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu sebelum anak memegang pensil dan menulis, banyak cara untuk melatih motorik halus anak, seperti dalam video yaitu dengan membuka & memakai kancing, memeras spons air, dan membuka menutup gembok. Yang lainnya juga seperti menjumput plastisin, bermain karet ditangan, mengambil dan membalikkan koin dan sebagainya.