silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Rani Rhofika Qurnia
NIM : 877959955
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. dan menggunakan cara-cara agar melatih anak tersebut .
Analisis :
Melatih kekuatan otot jari dan genggaman agar melatih tangan agar gerakan halus dapat dilakukannya serta membangun kesabaran dan konsentrasi. Untuk dapat memegang dan menggunakan pensil untuk menulis lebih nyaman.
Kesimpulan :
Ketiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus
Aktivitas tersebut sesuai dengan tahap perkembangan anak yang dapat dilakukan melalui permainan yang menyenangkan dan membantu anak tidak merasa tertekan
Nama : Rani Rhofika Qurnia
NIM : 877959955
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Analisis :
Melatih kekuatan otot jari dan genggaman agar melatih tangan agar gerakan halus dapat dilakukannya serta membangun kesabaran dan konsentrasi. Untuk dapat memegang dan menggunakan pensil untuk menulis lebih nyaman.
Kesimpulan :
Ketiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus
Aktivitas tersebut sesuai dengan tahap perkembangan anak yang dapat dilakukan melalui permainan yang menyenangkan dan membantu anak tidak merasa tertekan.
Nama : Nur Rizki Wulandari
NIM : 858464009
Pada video tersebut, pembelajaran dimulai dengan intruksi meminta anak-anak menulis nama dan tanggal dan dilanjutkan dengan guru menebalkan garis yang ada di lembar kerja menggunakan pensil tulis. Kertas yang digunakan sebagai contoh sama besarnya dengan kertas yang akan diberikan kepada anak-anak, menurut pendapat saya anak-anak akan kesulitan untuk memperhatikan karena terlalu kecil dan jarak jauh. Alangkah lebih baiknya jika ibu guru menggambar dalam ukuran besar tulis atau mengkopi bahan pelajaran kertas yang ukurannya lebih besar.
Ketika sedang mengerjakan ada salah seorang anak yang masih belum tepat cara memegang pensil sehingga anak tersebut mengalami kesulitan dan kertas kerja yang diberikan jadi sobek dan pensil nya patah. Guru dengan sabar menemani dan membimbing anak tersebut, ketika jam pelajaran bermain (bisa dilihat dari beberapa anak yang berlari lari di sekitar guru) kegiatan-kegiatan untuk melati anak tersebut agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar.
Menurut pendapat saya, kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh guru sudah tepat, seperti:
* Kegiatan bermain memindahkan air dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan spons, spons di remas atau diperas oleh anak tiap kali anak memindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain. Kegiatan ini untuk melatih kelenturan jadi anak dalam memegang objek tertentu.
* Kegiatan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan mur yang terbuat dari kayu, kegiatan ini bertujuan agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan ter koordinasi dengan baik.
* Kegiatan membuka Dan mema memasangkan beragam kancing baju. Kegiatan ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
Selain kegiatan yang dilampirkan pada video tersebut ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot jari untuk persiapan pra menulis, antara lain:
* Meremas-remas Dan merobek kertas
* Meremas dan membentuk playdough
* Membuka dan menutup botol atau tempat makan
Video pembelajaran pada laman Guru Pintar Online sangat bermanfaat bagi kami seorang guru PAUD, seain itu video pembelajaran pada laman GPO dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga dapat belajar secara fleksibel. Dengan menggunakan video pembelajaran yang tepat, guru dapat dengan mudah memahami kebutuhan anak dan menyediakan stimulasi dengan ragam kegiatan main anak usia dini sehingga anak dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.
Nama : Estri Prasetyaningtyas
NIM : 857988249
Pendapat saya setelah melihat video tentang “Anak Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”, program video tersebut sangat bagus karena menunjukkan pendekatan yang tepat dalam membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Melatih motorik halus secara bertahap memang penting, karena kemampuan memegang pensil berkaitan erat dengan kekuatan dan koordinasi otot-otot kecil di tangan dan jari. Aktivitas seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasang kancing baju adalah contoh latihan konkret yang menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Pendekatan ini juga mengajarkan bahwa sebelum meminta anak untuk langsung memegang pensil dengan baik, perlu dipersiapkan dulu fondasi keterampilannya secara perlahan dan konsisten.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Nur Hidayah
NIM : 877968377
UPBJJ : Malang
Setelah melihat vidio tentang anak yang kesulitan memegang pensil,ini sering saya jumpai di lembaga tempat saya mengajar, kebanyakan mereka tidak bisa dipaksa untuk belajar memegang pensil. walau saya menggunakan beberapa cara untuk melatih kelenturan jari mereka. Biasanya mereka saya ajak untuk meremas – remas kertas dan memasangkan dan melepas kancing baju.
Dengan vidio ini saya sangat bersyukur bisa menambah wawasan bagaimana cara menangani anak yang kesulitan memegang pensil.
Terima kasih banyak atas video yang sangat bermanfaat ini! Sebagai seorang pendidik, saya sering kali merasa kesulitan ketika anak didik saya belum bisa memegang pensil dengan benar. Teknik yang dijelaskan dalam video ini sangat membantu dan mudah dipahami. Saya rasa metode langkah demi langkah yang diberikan akan sangat efektif untuk membantu anak-anak belajar lebih baik.
Saya juga ingin menambahkan bahwa kesabaran dan konsistensi sangat penting dalam proses ini. Anak-anak membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan teknik baru, jadi penting bagi kita sebagai pendidik untuk terus mendukung dan mendorong mereka.
Saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh Guru Pintar Online dalam menyediakan sumber daya pembelajaran yang berkualitas. Platform ini memungkinkan pendidik untuk meningkatkan proses belajar anak-anak didik kita.
NAMA :SITI FARIDAH MUZTABAH
NIM :857534933
Menurut saya ini video yang sangat bermanfaat. Terima kasih sudah berbagi tips praktis untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, dan membantu para orang tua ataupun pendidik, saya suka sekali dengan pendekatan langkah demi langkah yang dijelaskan. Jadi lebih mudah dipahami dan diterapkan di rumah maupun di sekolah,
dan saya jadi lebih mengerti bahwa ini adalah proses dan ada banyak cara untuk mendukung anak.
akan saya coba terapkan pada anak didik saya, akan tetapi penting sekali untuk bersabar dan memberikan dukungan positif pada anak dalam proses belajar ini.
Setelah saya menonton vidio tersebut, menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat. Teknik dalam mengatasi masalah pada anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil sangat praktis, efektif, dan mudah dipahami bagi pendidik dan orang tua.
Akan tetapi menurut saya masih ada beberapa cara/teknik yang dapat digunakan seperti meronce, meremas kertas, menyobek kertas, menjepit bola pom-pom dengan penjepit jemuran, membuka kunci gembok, mengancingkan baju.
Dengan kesabaran kita dalam memberikan stimulasi pada anak akan tampak perubahan dan peningkatan terhadap anak yang bersangkutan.
Nama : Noor Diana
Nim : 858315562
Dari video yang sudah saya lihat sangat menginspirasi sekali kerena disana guru mengatasi anak – anak yang dimana setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, seperti pada video anak tidak bisa memegang pensil tetapi guru memberikan stimulasi kepada anak seperti :
– memindahkan air dari mangkuk ke mangkuk lain dengan menggunakan spon dan meremasnya
– memasang dan melepaskan mur
– memasang dan melepaskan kancing dengan beberapa jenis kancing
Terimakasih untuk video yang sangat bermanfaat untuk saya …
Menurut saya tentang video di atas sangat membantu dan bermanfaat bagi anak-anak untuk melatih motorik halus pada usia dini. Namun di video tersebut menunjukkan kesabaran dan pendekatan yang tepat dalam mengembangkan motorik halus anak. Kesabaran dan konsistensi sangat penting dalam proses tahap awal pada Anak-anak, mereka sangat membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pengalaman baru yang mereka temui. Jadi penting bagi kita sebagai pendidik untuk terus mendukung dan mendorong mereka untuk mengembangkan motorik halus anak Pada Usia Dini.