silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Setelah saya menonton video di atas ini yang berjudul memegang pensil dengan yang benar dan menggunakannya.
    Mungkin masih memegang pensil yang belum sempurna, jangan terlalu khawatir dan mereka akan berkembang secara bertahap dan jangan terburu buru dan lakukan pujian setiap anak yang berkembang.

  2. Nama : sismawati
    Nim : 857292223
    Setelah saya menonton video di atas ini yang berjudul memegang pensil dengan benar dan menggunakan nya.
    Mungkin masih belum memegang pensil yang benar sempurna tapi jangan terlalu khawatir dan mereka akan berkembang secara bertahap.jangan terburu buru dan lakukan pujian setiap anak yang berkembang.

  3. Nama:Aurelia Lislie
    NIM:858753668
    Ada beberapa latihan yang bisa digunakan untuk mempersiapkan anak belajar memegang pensil dengan benar,latihan tersebut bertujuan untuk melatih kekuatan motorik jari-jari anak agar kuat memegang pensil dan membuat beraneka garis.
    Contohnya:kegiatan memutar balok ke kiri dan ke kanan.

  4. Nama: Aurelia Lislie
    NIM:858753668
    ada beberapa latihan yang bisa digunakan untuk mempersiapkan anak belajar memegang pensil dengan benar,latihan tersebut bertujuan untuk melatih kekuatan motorik jari jari anak agar kuat memegang pensil dan membuat beraneka garis.
    Contohnya:kegiatan memutar balok ke kiri dan ke kanan.

  5. Nama Rini Suprapti
    NIM : 857996411

    setelah menymak vidio 1 tentang anak yang belum bisa memegamng pensil sendiri, ternyata caranya sederhana dan sangat menyenangkan bagi anak karena bisa dilakukan sambil bermain dan dimananpun. cara yang dilakukan guru pun bagus dimana anak menjadi nyaman dan mau bercerita tentang kesulitan yang dialami. guru dengan sabar mendngarkan dan membimbingnya , bahkan metode buka tutup botol , memindahkan air dalam botol dengan spon , membuka dan memasang mur, serta membuka dan mengunci gembok bisa dilakukan orang tua di rumah juga, sehingga cara yang di berikan guru bisa berlanjut dirumah dan akan mempercepat hasilnya.

  6. Nama Raharningsih
    NIM 857581853

    Dari video di atas cara penjelasan terhadap anak didik sudah sangat membantu kami sbgai pendidik ,
    Solusi mengatasi seperti itu
    -memberikan latihan menulis awal,(dengan spon di remas-remas)sudah sangat membantu
    -latihan membuka kunci gembok
    -membuka dan memasangkan kancing baju
    Cara lain yaitu fokus pada penguatan otot jari dan tangan melalui berbagai aktivitas seperti menggunakan krayon, menjepit benda-benda kecil sprti pinset,klip,botol semprot,
    -bermain Lego , memutar pensil

    Dan di harapkan sebagai pendidik jangan memaksa anak utk terus belajar jika anak terlihat bosan
    Tidak lupa juga memberikan pujian agar anak semakin bersemangat.
    Trmksh🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  7. “Video ini sangat jelas dan memberikan langkah-langkah praktis yang mudah diikuti. Saya suka bagaimana teknik-teknik yang diajarkan dapat langsung saya terapkan di kelas.”

    Hadra(859424047)

  8. Nama :Nur Azizah
    Nim. :859424054

    Komentar saya terhadap video di atas yaitu Saya terkesan dengan cara video ini memperlihatkan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung. Ini membantu anak merasa lebih nyaman saat mencoba hal baru, seperti menangkap bola.”

    SEKIAN DAN TERIMA KASIH

  9. Nama harisa
    Nim 859425318
    Komentar 3:
    “Saya menghargai penekanan pada kesabaran dan latihan. Ini adalah hal yang penting untuk diingat ketika bekerja dengan anak-anak yang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguasai keterampilan motorik halus.”

  10. Nama :Nur Azizah
    Nim. : 859424054

    Pendapat saya terhadap video diatas yaitu Pendekatan yang digunakan dalam video ini sangat efektif! Menunjukkan cara-cara yang menyenangkan untuk membantu anak belajar memegang pensil dengan benar membuat proses belajar menjadi lebih menarik bagi mereka.”

    SEKIAN DAN TERIMA KASIH

Leave a Reply