silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Ersa Nur Fatimah
    Nim : 85843395

    Pada vidio di atas, terlihat seorang guru yang sedang mengatasi masalah muridnya yaitu belum bisa memegang pensil dengan benar dengan cara, melatih motorik halusnya terlebih dahulu yaitu dengan, memeras spon, membuka dan menutup gembok, dan memasang kancing baju. kegiatan-kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan otot-otot tangan.

  2. Nama Tiolina Victoria Purba
    NIM : 860132294
    UT Medan
    Dari video di atas kita dapat melihat dan mencoba menerapkan di dalam pembelajaran anak di tempat sekolah kita mengajar. Dalam video tersebut Ibu guru sangat kreatif dalam menerapkan media pembelajaran. Dimana anak anak di latih untuk menguatkan otot tangan terlebih dahulu untuk modal dasar anak anak dalam menulis nantinya. Ibu guru memberikan latihan latihan menguatkan otot tangan seperti membuka gembok, meremas. Dan untuk latihan di awal menulis tentunya anak usia dini harus kita berikan garis putus putus terlebih dahulu agar mereka dapat dengan mudah menyambungkan garis putus putus tersebut dalam melatih kemampuan menulis mereka. Pembelajaran yang sangat menarik tentunya yang sudah ibu lakukan.
    Terimakasih Bu.

  3. NAMA:SRI SUHARTI
    NIM:857628974
    UPBJJ:PURWOKERTO
    Setelah nonton vidio tersebut saya sangat berterima kasih karena saya bisa belajar mengatasi anak yg belum bisa sempurna memegang pencil.menstimulasi anak dgn cara melatih motorik halus.dengan cara meremas spon.bermin baut.membuka dan menutup botol.membuka kunci dan gembok membuka dan memasukkan kancing baju .insaalloh permainan ini bisa distimulasikan dan bisa disampaikan kepada orang tua.terima kasih.

  4. Nama: Siti Musaropah
    Nim :836704318
    UPBJJ: Semarang

    Dari Video Tersebut Analisis mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil denga benar yaitu ; dengan dilatih memegang objek tertentu sepeerti memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya dengan menggunakan spons. Adapun cara lain yaitu dengan mengajak anak bermain plastisin atau playdough

  5. Nama: Tuti Irawati NIM: 856339344 Prodi: PGPAUD setelah menonton video tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada saya tentang bagaimana mengatasi anak yang belum sempurna memegang pensil. menstimulasi otot halus pada tangan dengan cara permainan yang sederhana namun juga menyenangkan. dengan cara belajar memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kunci pada gembok, mengencangkan dan mengendorkan pada sekrup dan baut, membuka dan mengancingkan baju. selain kegiatan tersebut orang tua juga dapat melatih motorik halus anak melalui kegiatan sehari-hari seperti memindahkan benda dari satu tempat ketempat lain, menali sepatu, dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara bertahap.
    1. Dari proses pengembangan kegiatan menebalkan garis ada anak yang sangat antusias dan bisa melakukan kegitan tersebut, namun ada pula anak yang masih perlu latihan dan pemberian stimulasi dalam pengembangan motorik halusnya. 2. Hal unik yang terdapat dalam kegiatan tersebut ada anak yang mengatakan kepada gurunya bahwa ia tidak bisa menebalkan garis dan anak yang lainnya mau menulis dengan menggunakan tangan kiri. 3. yang perlu ditingkatkan dalam video tersebut yaitu dengan memberikan kegiatan main yang beragam. Guru juga perlu memberikan stimulasi secara teratur, jangan memaksakan anak biarkan anak bermain dan belajar dengan kemampuan merek sendiri. Berikan pujian atau dorongan saat anak berhasil melakukan sesuatu agar mereka lebih semangat belajar.

  6. Nama : Monalisa
    NIM : 856292065
    UPBJJ : Padang
    Setelah saya melihat video ini adalah strategi guru untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu dengan cara memindahkan air dengan spon, membuka dan menutup kunci gembok, mengancingkan baju. Cara ini sangat menarik dilakukan untuk anak-anak.

  7. Nama : Setih Ayu Ningrum
    NIM : 856645219
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. setelah melihat vidio di atas apa yang di lakukan bu guru dengan melatih motorik halus anak tersebut secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. ini menjadi referensi untuk saya agar melakukan hal yang serupa terhadap anak yang kesulitan memegang pensil dengan konsisten melatih motorik halus secara bertahap.
    Terimakasih

  8. Nama : Arie Lestari
    Nim : 859939266

    Sebagai seorang guru PAUD, saya sangat menyukai pendekatan yang diambil dalam video ini untuk mengajarkan keterampilan motorik halus kepada anak-anak. Materi yang disampaikan sangat relevan dengan perkembangan anak usia dini, di mana kemampuan koordinasi tangan dan kekuatan jari sangat penting dalam mempersiapkan mereka untuk menulis. Saya juga menyukai cara guru melibatkan anak-anak secara aktif dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat mereka belajar. Dengan berbagai aktivitas praktis seperti memindahkan air menggunakan spons dan membuka kunci, anak-anak tidak hanya belajar keterampilan menulis, tetapi juga melatih konsentrasi dan keterampilan sosial saat berinteraksi dengan teman-teman mereka. Sangat penting bagi kita sebagai pendidik untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Video ini memberikan ide-ide yang inovatif dan menyenangkan untuk melatih keterampilan motorik halus, yang tentunya bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di kelas.

  9. Umi Zulaikah NIM 877695869
    Saya senang dengan adanya video ini yang mewakili seringnya hal yang kita hadapi di awal tahun anak belajar di kelas. Dengan adanya video ini kita juga bisa belajar bagaimana cara mendekati anak, menjelaskan kepada anak, dan contoh cara mengajarkan anak cara memegang pensil yg baik. Ini penting sebagai awal anak mempersiapkan motorik halusnya ahar dapat mengikuti kegiatan dikelas. Terimakasih.

  10. Nama : Rosalia lepang wato
    Nim : 850709204
    Dari video di atas, tentang bagaimana cara anak memegang pensil dengan benar,saya sangat menyukai bagaimana seorang guru memotivasi anak dengan cara memberikan latihan- latihan awal, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sederhana untuk melatih kelenturan jari tangan anak.
    Terima kasih

Leave a Reply