silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama: kesil
    NIM: 856870403
    Izin menanggapi form diskusi ” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ”
    Pentingnya Pengajaran Sejak Dini
    Ajarkan cara memegang pensil yang benar sejak usia dini, sekitar 3 tahun, untuk mencegah kebiasaan buruk,
    Kenalkan posisi jari yang tepat: ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah harus memegang pensil dengan stabil dan Lakukan aktivitas yang melibatkan gerakan tangan, seperti bermain air atau menggunakan pinset untuk memindahkan benda kecil, ajak anak menggambar dan mewarnai dengan berbagai alat tulis untuk meningkatkan keterampilan motorik halus mereka.
    Gunakan teknik seperti memecah krayon menjadi potongan kecil agar anak dapat memahami pegangan yang tepat, cobalah menggunakan karet gelang di sekitar pensil untuk membantu anak menjaga posisi jari yang benar. terimakasih

  2. Pada pengamatan yang saya amati, reaksi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu sebaiknya dilatih atau di berikan stimulus terlebih dahulu seperti diberikan plastisin untuk membentuk suatu karya, atau memindahkan air menggunakan spons untuk memperkuat otot tangan dan jari agar tidak kaku, serta sebaiknya anak” juga di berikan arahan atau langkah-langkah yang benar sebelum anak” tersebut memegang pensil untuk mengerjakan tugasnya, agar kemampuan memegang pensil semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    Sebaiknya bunda guru disekolah setelah memberikan stimulus pada anak, bunda guru menerapkan langkah-langkah berikut :
    * Menggunakan pensil segitiga atau alat bantu pegangan pensil.
    * Menggambar di atas pasir, tepung, atau papan tulis kecil.
    * Menulis atau menggambar di permukaan vertikal (misalnya papan tulis berdiri) untuk memicu gerakan yang benar.
    Dalam hal ini bunda guru harus melibatkan orang tua karena peran orang tua sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak.

  3. Syalom,..
    Nama: Hermina Ghela
    Nim: 859313468
    Menurut saya dari video pembelajaran di atas bagaimana guru mencoba mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil.Hal tersebut berkaitan dengan perkembangan motorik halus anak,melati kelenturan jari – jari tangan seperti meremas spons.Ada pulan beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memindahkan sesuatu menggunakan sendok,mencoret-coret ditanah menggunakan kayu kecil ini juga bisa membantu melatih kelenturan jari tangan anak

    Terimakasih

  4. Rolita Ambiyani Putri Langke (856339455)
    Pada pengamatan yang saya amati, reaksi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu sebaiknya dilatih atau di berikan stimulus terlebih dahulu seperti diberikan plastisin untuk membentuk suatu karya, atau memindahkan air menggunakan spons untuk memperkuat otot tangan dan jari agar tidak kaku, serta sebaiknya anak” juga di berikan arahan atau langkah-langkah yang benar sebelum anak” tersebut memegang pensil untuk mengerjakan tugasnya, agar kemampuan memegang pensil semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    Sebaiknya bunda guru disekolah setelah memberikan stimulus pada anak, bunda guru menerapkan langkah-langkah berikut :
    • Menggunakan pensil segitiga atau alat bantu pegangan pensil.
    • Menggambar di atas pasir, tepung, atau papan tulis kecil.
    • Menulis atau menggambar di permukaan vertikal (misalnya papan tulis berdiri) untuk memicu gerakan yang benar.
    Dalam hal ini bunda guru harus melibatkan orang tua karena peran orang tua sangan lah penting untuk tumbuh kembang anak.

  5. NAMA: EVY WIDIASTUTI
    NIM: 860000809

    Video di atas memberikan panduan yang sangat berguna bagi pendidik dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. Dalam video tersebut, dijelaskan berbagai teknik dan latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Penekanan pada pentingnya kesabaran dan pendekatan yang menyenangkan sangat relevan, karena anak-anak belajar dengan cara yang berbeda-beda. Selain itu, penggunaan alat bantu dan permainan yang kreatif dapat membuat proses belajar menjadi lebih menarik bagi anak.

  6. Nama : Madelkria Lenga
    NIM : 859322252

    Dari video diatas, anak mengalami kesulitan memegang pensil dengan benar mungkin memerlukan bantuan dan bimbingan tambahan untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Dan juga berikan demonstrasi dan bimbingan kepada anak tentang cara memagang pensil yang benar, dan berikan kesempatan kepada anak untuk berlatih. Dan sebagai seorang pendidik harus sabar dan memberi dukungan kepada anak, karena mengemabnagkan keterampilan memegang pensil yang benar memrlukan waktu dan latihan.

  7. ijin menjawab tanggapan saya kesabaran dalam proses ini sangat penting untuk memberikan dukungan positif. Hindari memaksa atau mengkritik anak, karena ini bisa membuatnya frustrasi. Kita bisa melatihan Motorik Halus seperti: Bermain dengan plastisin atau lilin mainan, Memindahkan benda-benda kecil (manik-manik, kacang) dengan pinset, Merobek dan menempel kertas, Menggunting (dengan pengawasan), dan Meronce.
    Kita juga bisa menggunakan pensil atau krayon yang lebih pendek dan gemuk, karena lebih mudah digenggam oleh tangan kecil.
    Sesering mungkin untuk menyelipkan latihan memegang pensil dalam kegiatan yang menyenangkan, seperti mewarnai gambar besar atau membuat garis-garis sederhana.

  8. dari video tersebut di atas saya mengetahui bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil.
    Selain cara di atas ada juga cara yang dilakukan guru PAUD yaitu dengan menyuruh anak-anak meremas plastisin agar melatih kelenturan jari tangan anak serta koordinasi otot. dengan kegiatan meremas spons dan memasang kancing baju juga dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak.

  9. NamaAmanda Huril’in
    video ini memberikan contoh praktik yang sangat baik dalam melatih keterampilan motorik halus anak, khususnya persiapan untuk memegang pensil dengan benar. Berikut adalah tanggapan dan analisis lebih mendalam:

  10. Nama : Amanda Huril’in
    NIM : 858999212
    Tanggapan :
    Video ini memberikan contoh praktik yang sangat baik dalam melatih keterampilan motorik halus anak, khususnya persiapan untuk memegang pensil dengan benar. Berikut adalah tanggapan dan analisis lebih mendalam, Program ini efektif dan inspiratif karena menggabungkan teori perkembangan anak dengan praktik nyata yang menyenangkan. Pendekatan semacam ini seharusnya lebih banyak diterapkan di PAUD untuk memastikan anak siap menulis tanpa terburu-buru atau dipaksa. Guru yang memahami pentingnya fondasi motorik halus seperti ini layak diapresiasi!

Leave a Reply