silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar umumnya mengalami hambatan dalam koordinasi otot-otot kecil di area tangan dan jari.
Melalui latihan seperti:
Memindahkan air menggunakan spons
Membuka dan mengunci gembok
Membuka serta mengancingkan baju
guru tidak hanya melatih kekuatan jari dan tangan, tetapi juga meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, serta melatih kesabaran dan fokus anak.
Kegiatan semacam ini bersifat menarik, relevan dengan kehidupan anak, dan tidak memberatkan, sehingga memudahkan anak untuk mengikuti dengan antusias. Pendekatan bertahap ini mencerminkan pemahaman guru terhadap tahapan perkembangan anak, serta kemampuannya dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tiap individu.
Nama : Umi Fitriani
Nim : 858995358
Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar umumnya mengalami hambatan dalam koordinasi otot-otot kecil di area tangan dan jari.
Melalui latihan seperti:
Memindahkan air menggunakan spons
Membuka dan mengunci gembok
Membuka serta mengancingkan baju
guru tidak hanya melatih kekuatan jari dan tangan, tetapi juga meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, serta melatih kesabaran dan fokus anak.
Kegiatan semacam ini bersifat menarik, relevan dengan kehidupan anak, dan tidak memberatkan, sehingga memudahkan anak untuk mengikuti dengan antusias. Pendekatan bertahap ini mencerminkan pemahaman guru terhadap tahapan perkembangan anak, serta kemampuannya dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tiap individu.
nama : rina suci badania
nim : 858017703
anak belum bisa memegang pensil belum benar seperti video tersebut. kurangnya fisik motorik halus belum sempurna. dikarenakan anak kesulitan memegang pensil untuk menebalkan garis. untuk menyempurnakan guru mendampingi anak dan mengajak anak untuk mengambil air menggunakan spons dan meremas di tempat lain. memutar mur baut melepas dan memasukan. memutar gembok kunci. hal ini untuk melatih kekuatan otot jari jaritangan agar kuat. dengan adanya video tersebut untuk menambah wawasan agar anak yg belum bisa memegang pensil dan menebalkan akan berlatih dan belajar supaya bisa. karena setiap anak mempunyai perbedaan.
Nama:Tarsini
NIM:859052005
program ini sangat bermanfaat dan edukatif,pendekatan yang di tampilkan melatih motorik halus yang bertahap,banyak anak yang kesulitan bukan karena kurangnya kemampuan kognitif,tetapi karena otot tangan dan jari belum terlatih.
program ini adalah latihan yang sederhana namun efektif dan secara tidak langsung menunjukan kesabarandan kreativitas guru.
Asallamualaikum Wr.Wb izinkan saya untuk menanggapi video diatas yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil” dalam video tersebut ditayangkan proses belajar mengajar dimana guru meminta anak-anak untuk menulis nama sendiri dan terdapat siswa yang belum bisa menulis karena tidak bisa memegang pensil. sehingga kita sebagai guru harus melatih siswa dengan melatih kelunturan anak dengan kegiatan yang menyenangkan seperti 1. memindahkan air dengan spons dari wadah 1 ke wadah lain 2. membuka gembok dan menutup gembok 3. membuka dan memasangkan berbagai macam kancing baju. Dengan melatih kelenturan jari anak maka anak akan lebih mudah untuk memegang pensil stimulasi ini sangat dibutuhkan untuk anak pra-sekolah atau anak yang baru masuk sekolah.
sekian dari saya Wassallamualaikum Wr.Wb
Nama : Rara Mutiara Haq
NIM : 877306913
dalam video ini memperlihatkan bagaimana cara guru mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. cara yang dilakukan adalah
1. melatih kelenturan jari anak dengan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon. spon diremas atau diperas anak setiap memindahkan air.
2. membuka dan menutup gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan skrup agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
3. melatih kelenturan jari jari anak dengan membuka dan memasangkan kancing baju. cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
Vidio tersebut menambah wawasan saya agar melatih anak untuk melenturkan jaritngan anak dengan memindahkan air dari baskom yang satu ke yang lain agar anak dapat memegang pensil dengan sempurna
NAMA : KHALIMATUS SA’DIYAH
NIM : 860011786
Cara yang dilakukan guru dalam video tersebut sangat efektif untuk melatih motorik halus anak. Berikut beberapa komentar saya mengenai cara-cara yang dilakukan guru tersebut:
1. Memindahkan air menggunakan spon: kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan melatih mereka mengontrol gerakan tangan dan jari-jari.
2. Membuka dan menutup gembok kunci: kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan melatih mereka mengontrol gerakan tangan dan jari-jari, serta meningkatkan kemampuan problem-solving.
3. Membuka dan memasangkan kancing baju: kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan melatih mereka mengontrol gerakan tangan dan jari-jari, serta meningkatkan kemampuan koordinasi mata-tangan.
Dengan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut secara bertahap, anak dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya dan akhirnya dapat memegang pensil dengan benar. Guru yang melakukan cara-cara tersebut menunjukkan kesabaran dan kreativitas dalam membantu anak mengatasi masalahnya.
Beberapa kelebihan dari cara-cara tersebut adalah:
– Menggunakan aktivitas yang menyenangkan: anak-anak dapat menikmati proses belajar sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan.
– Mengembangkan kemampuan motorik halus: kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
– Meningkatkan kemampuan problem-solving: kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan problem-solving anak.
Dengan demikian, cara-cara yang dilakukan guru dalam video tersebut dapat menjadi contoh yang baik bagi guru lain untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan motorik halus mereka.
Menurut pendapat saya vidio pembelajaran tersebut sangat bermanfaat untuk diaplikasikan oleh guru saat anak yang mengalami kesulitan memegang pensil. Dengan melatih otot-otot jari anak secara berulang tentu akan memudahkan anak memegang pensil dengan benar. kegiatan untuk melatih otot-otot tangan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci gembok, dan memasangkan kancing baju. Selain melatih motorik anak, kegiatan ini juga bermanfaat untuk melatih anak mengkoordinasikan antara mata dan tangan.
Jika anak sudah menguasai beberapa kegiatan yang dilakukan untuk melatih otot tangan tersebut dapat dipastikan tangan anak akan lebih mudah dan lentur untuk memegang pensil dan siap untuk belajar menulis.
Nama : Apriliya
Nim : 877730211
Upbjj: Pontianak
Video ini sangat bermanfaat bagi para pendidik dalam mengatasi anak yg kesulitan dalam memegang pensil ,dan dapat diterapkan pada saat kita mendapati anak yang sulit dalam memegang pensil.