silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Alhamdulillah vidio tersebut sangat bagus dan sangat membantu untuk semua guru khusus nya saya untuk menangani anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar, vidio tersebut jugak bisa menjadi sumber dan referensi untuk kita terapkan sehari hari di sekolah.
Assalamualaikum wr wb
Izin menanggapi video tersebut
Nama : Sindi Dwi Abelia Sari
Nim : 858978835
Prodi : PGPAUD
Setelah menonton video tersebut, saya mendapatkan ilmu baru jika anak yang kesulitan memegang pensil dapat dilatih dengan berbagai cara misalnya dengan :
1. Memindahkan air dari tempat 1 ke tempat 2 menggunakan benda lunak seperti spons yang basah lalu di peras.
2. Membuka dan mengunci gembok, dengan memutar ke kanan dan ke kiri
3. Membuka dan memasang Mur dengan cara jika diputar dari kiri ke kanan itu membuka, dan jika diputar dari kanan kekiri itu memasang atau mengunci
4. Membuka dan Memasang kancing baju
Namun biasanya yang dapat saya lakukan kepada anak didik untuk berlatih memegang pensil dan menebali garis yaitu:
1. meremas remas kertas menjadi sebuah bola atau dengan meremas remas plastisin, untuk menguatkan otot jari
2. Menjiplak bentuk bisa menggunakan benda sekitar atau dengan daun daun an seperti daun singkong, daun pepaya dll.
3. Memasukkan benang bol ke dalam lubang sedotan atau bisa juga memasukkan benang bol ke dalam manik manik ,untuk melatih fokus anak.
alhamdulillah dengan adanya video tersebut saya bisa mendapatkan ilmu baru
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan, Trimakasih
Wassalamualaikum wr wb
NAMA : RIKA DEFILA
NIM : 856310124
Dari video diatas saya yang seorang guru menjadi tau dan menambah wawasan saya cara mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan dalam video diatas adalah melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan anak dalam video diatas yaitu dengan memindahkan air dari mangkok satu kemangkok lainnya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasang kancing baju.
Terimakasih vidio nya ibuk sangat memotivasi
Assalamualaikum wr wb
Izin menanggapi video tersebut
Nama : Sindi Dwi Abelia Sari
Nim : 858978835
Prodi : PGPAUD
dengan adanya video tersebut saya menjadi bertambah ilmu baru, kita dapat melatih anak yang kesulitan memegang pensil dan menebali garis dengan:
1. memindahkan air dari wadah 1 ke wadah 2 dengan media lunak seperti spons yang di peras
2. Menbuka dan mengunci gembok dengan diputar kekiri kan kekanan
3. Membuka dan memasang Mur ,jika diputar dari kanan ke kiri itu artinya memasang dan jika di putar dari kiri ke kanan itu artinya membuka.
4. Membuka dan Mengancingkan baju .
Namun biasanya saya menggunakan dengan cara lain seperti:
1. meremas kertas menjadi seperti bulat atau meremas remas plastisin untuk melatih otot tangan
2. Menjiplak menggunakan benda benda sekitar atau dengan daun daunan seperti daun singkong atau daun pepaya.
3. Memasukkan benang wol ke dalam lubang sedotan/pipet atau memasukkan benang wol ke dalam manik manik untuk melatih kefokusan.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan
Wassalamualaikum wr wb
Terimakasih untuk videonya. Penjelasan tentang tahapan motorik halus sebelum anak bisa memegang pensil sangat membantu. Banyak orang tua langsung fokus ke hasil tanpa memahami proses ya. Penjelasan yang sangat mudah di pahami. Saya jadi tahu bahwa penting sekali melatih kekuatan otot tangan dulu sebelum memaksakan anak untuk menulis. Informasi ini sangat berguna untuk orang tua dan guru PAUD.
Nama : Asmawati
NIM : 857268374
Pada video ini diperlihatkan bagaimana seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus secara bertahap dengan cara yang tepat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya, membuka dan memasangkan kancing baju.
Nama: Sang Ayu Made Widi Pradnyaswari
Nim: 859048069
Video yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sangat bermanfaat bagi para guru paud/tk. Dalam video tersebut dijelaskan bahwa, sebelum melatih anak memegang pensil, terlebih dahulu latihlah motorik halus anak seperti; memindahkan air dengan spons, memasang kancing baju, latihan membuka dan menutup kunci gembok, serta membuka dan memasangkan mur. Dengan kegiatan tersebut, anak akan mulai bisa menggunakan pensil dengan baik dan benar.
Nama : DANITA
NIM : 877640518
Terimakasih video dan tips nya Sangat bermanfaat bagi saya, karena pada tahap pembelajaran anak harus dapat mengontrol otot-otot halus nya supaya bisa memegang pensil dengan baik. Saat mereka sudah dapat menerima pembelajaran.
Nama : DANITA
NIM : 877640518
Terimakasih atas video dan tips nya Sangat bermanfaat bagi saya karena sebelumnya anak siap belajar, Anak terlebih dahulu mengontrol otot-otot halus nya melakukan kegiatan motorik yang dapat mengontrol otot halusnya. Agar ketika mereka sudah siap belajar tangan anak tidak canggung saat memegang pensil.
Nama: Yunita putri
Nim: 855764917
Video di atas sangat bermanfaat sekali karena hal seperti ini sering terjadi pada awal tahun ajaran baru,dimana anak baru masuk ke TK dan masih berada pada masa pra menulis.Anak belum bisa memegang pensil dengan baik karena belum terlatih motorik pada jari-jari tangannya.Maka dari itu sebagai guru kita di harapkan dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan ini melalui kegiatan yang menyenangkan.Diantara kegiatan yang bis Akita lakukan untuk mengembangkan otot jari-jari anak mengajak anak untuk bermain memindahkan air dengan spon dengan cara meremasnya.mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuka Dan memasang baut pada balok.Dwngan demikian maka otot jari anak akan terlatih dan bisa berkembang dengan baik.