silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
4. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
1. Guru tidak melaksanakan apresepsi, sebagai bekal siswa dalam memahami tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menguasai materi yang diberikan sehingga siswa tanpak asik sendiri dengan kegiatan lainnya.
3. Terlalu banyak memakai media yang membuat guru bingung media apa yang sebaiknya diigunakan terlebih dahulu.
4. Kurang memperhatikan waktu tahap prakondisi pembelajaran, pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tapa pasca pembelajaran atau penutup sehingga siswa belum dapat membayangkan konsep pembelajaran “ciri-ciri benda dan kegunaannya” saran yang dapat saya berikan adalah guru dapat melakukan rancangan pembelajaran(RPP) terlebih dahulu .
5. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
1. Membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
3. Membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
Nama: Ampera pelita
Nim : Ampera pelita
Pokjar : Gelumbang
Setelah saya mengamati video tersebut, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan praktikum, guru dapat terlebih dahulu mempersiapkan perencanaan pembelajaran, dimana mempersiapkan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP. Guru juga harus memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum, berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.
assalamualaikum.wr.wb izin menanggapi vidio pembelajaran tersebut.
nama : Desi purnama sari
nim: 856601637
saya menyimpulkan bahwa guru belum matang dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
1. guru tidak melaksanakan apresepsi, sebagai bekal siswa dalam memahami tujuan pembelajaran
. Guru harus lebih dahulu mempelajari bahkan melakukan eksperimen terlebih dahulu sebelum menggunakannya dikelas apalagi jika penggunaan alat tersebut merupakan penggunaan yang pertama kali sehingga guru bisa meminimalisir apa saja kemungkinan kesalahan yang terjadi pada penggunaan alat peraga.
Nama : Evin Fitriani
Nim : 856600491
Program studi : S1 PGSD
Terdapat kelebihan dalam video tersebut, yaitu guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi menggunakan alat peraga dalam pembelajaran.
Kelemahan dalam video tersebut guru kurang perencanaan dalam alokasi waktu dan siswa tidak dilibatkan langsung dalam praktek.
Saran saya, sebelum pembelajaran dimulai guru seharusnya terlebih dahulu mempersiapkan segala hal agar pembelajaran bisa tepat waktu
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video tersebut saya akan memberikan tanggapan sebagai berikut, saya menyimpulkan bahwa:
1. Sebelum melaksanakan praktikum guru harus mempersiapkan perencanaan pembelajaran.
2. Guru harus mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup.
3. Memberi pengarahan Meminta siswa membuka lks, dan memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum. 4. Berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.
Dalam video tersebut, guru terlihat sangat semangat dalam melakukan pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari guru yang tidak mengulas pelajaran sebelumnya saat kegiatan pembukaan, tidak melakukan absensi kepada siswa, dan langsung beralih ke media tanpa memberikan penjelasan teori terlrbih dahulu. Alangkah baiknya, jika guru ingin melakukan praktikum seperti itu, guru tersebut harus menyiapkan perlengkapan media sebelum mulai pembelajaran agar tidak memakan waktu lama atau mengganggu proses pembelajaran.
Nama : AHMAD HELMI
NIM : 856600072
Terlihat di dalam video tersebut, guru terlihat sangat semangat dalam melakukan pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari guru yang tidak mengulas pelajaran sebelumnya saat kegiatan pembukaan, tidak melakukan absensi kepada siswa, dan langsung beralih ke media tanpa memberikan penjelasan teori terlrbih dahulu.
Alangkah baiknya, jika guru ingin melakukan praktikum seperti itu, guru tersebut harus menyiapkan perlengkapan media sebelum mulai pembelajaran agar tidak memakan waktu lama atau mengganggu proses pembelajaran.
NAMA : HERIYANDI
NIM : 856078665
PROGRAM STUDI : S1-PGSD
Setelah mengamati video tersebut, saya menemukan beberapa kekurangan pada pembelajaran yang disajikan, diantaranya :
1. Pembelajaran tidak dimulai dengan Appersepsi. Tidak ada kegiatan berdoa Bersama, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, dll.
2. Tidak menggunakan waktu dengan efektif
3. Guru tidak mampu menguasai kelas sehingga didalam pembelajaran kelas terlihat ribut
4. Berkaitan dengan media pembelajaran, guru tidak menyiapkan media yang baik dan bisa dikatakan guru belum siap dalam penggunaan media. Media pembelajaran yang disajikan juga kurang menarik, dan tidak melibatkan siswa didalam penggunaannya.
Adapun Solusi yang bisa saya jabarkan untuk masalah mengatasi masalah diatas adalah :
1. Harus ada Perencanaan pembelajaran yang baik. Guru hendaknya menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik yang sudah dilengkapi dengan alokasi waktu, baik dalam Appersepsi, kegiatan awal, kegiatan inti, maupun pada kegiatan penutup.
2. Guru harus menguasai materi dan Langkah-langkah pembelajaran sehingga bisa menggunakan waktu yang ada dengan efektif.
3. Guru sebaiknya menguasai beberapa model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa agar tertarik terhadap pembelajaran yang disajikan
4. Sebelum pembelajaran dimulai guru hendaknya sudah menyiapkan alat peraga yang menarik untuk diamati siswa.
Assalamualaikum,
Nama : Suryani
NIM : 856231724
Pokjar : Tilkam
UPBJJ : 14 Padang,
berdasarkan Vidio yang telah saya tonton ,siswa merasa lebih tertarik denngan materi belajr dan dibantu dengan alat peraga yang telah disiapkan oleh guru sesuai dengan materi bahan ajar. Dari vidio juga dapat dilihat beberapa kekurangan diataranya kegiatan awal seperti salam atau berdoa, guru juga dapat memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi yang akan di ajarkan, dan guru mulai masuk ke materi belajar dengan bantuan alat peraga.Guru juga diminta bisa mengendalikan situasi kelas, terutama pada kelas rendah, mereka melihat alat peraga yang mereka sukai dan cenderung membuat mereka ribut ,bersuara keras.
Nama : FEBERTINA GEA
Nim : 856100423
Pokjar : Idanogawo
UPBBJ : Medan
Setelah saya mengamati vidio tersebut, ada beberapa kelemahan dalam pembelajaran tersebut yaitu dimana seharusnya sebelum melakukan kegiatan praktikum, guru seharusnya mempersiapkan perencanaan pembelajaran tersebih dahulu dan Guru juga harus dapat menguasai materi pembelajaran yang kan disampaikan kepada siswa agar waktu dapat digunakan dengan tepat dan efektif, karena mempersiapkan perencanaan pembelajaran adalah suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP, dan dalam vidio tersebut juga guru terlihat tidak menguasai kelas sehingga tidak kondusif, alat praktikum yang di sediakan oleh guru kurang menarik perhatian para siswa.