silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

190 Comments

  1. Dari menonton video di atas dapat saya simpulkan bahwasannya point diskusi yang dapat di ambil adalah :
    1. Pentingnya Efektivitas Waktu:
    – Mengapa penting bagi guru dan siswa untuk menggunakan waktu dengan efektif saat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA?
    – Bagaimana penggunaan waktu yang efektif dapat memengaruhi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA?
    2. Tantangan dalam Menggunakan Alat Peraga:
    – Apa saja tantangan yang sering dihadapi guru dalam mengatur waktu saat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran?
    – Bagaimana siswa dapat membantu mengatasi tantangan tersebut agar penggunaan alat peraga menjadi lebih efektif?
    3. Strategi untuk Mengefektifkan Waktu:
    – Apa strategi yang bisa dilakukan guru untuk memaksimalkan penggunaan waktu saat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran?
    – Bagaimana cara membagi waktu secara proporsional antara pengenalan alat peraga, demonstrasi, praktikum, dan refleksi?
    4. Peran Siswa dalam Penggunaan Alat Peraga:
    – Bagaimana siswa dapat berperan aktif dalam penggunaan alat peraga untuk memaksimalkan waktu pembelajaran?
    – Apa yang bisa dilakukan siswa jika mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan alat peraga?

    Saran:

    1. Perencanaan Matang:
    Guru perlu merencanakan dengan matang penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, termasuk pengaturan waktu untuk setiap tahap kegiatan.

    2. Persiapan Alat Peraga:
    Pastikan alat peraga yang akan digunakan tersedia dan dalam kondisi baik sebelum memulai pembelajaran untuk menghindari pemborosan waktu.

    3. Pengenalan Singkat:
    Berikan pengenalan singkat tentang alat peraga kepada siswa agar mereka dapat langsung memahami cara penggunaannya.

    4. Pembagian Kelompok:
    Bagi siswa ke dalam kelompok kecil dan atur rotasi sehingga setiap siswa memiliki kesempatan untuk menggunakan alat peraga.

    5. Batasan Waktu:
    Tentukan batasan waktu untuk setiap kegiatan yang melibatkan alat peraga agar tidak terlalu banyak waktu terbuang.

    6. Pemanfaatan Teknologi:
    Manfaatkan teknologi seperti video pembelajaran atau aplikasi interaktif untuk memperkenalkan konsep-konsep IPA secara visual dan meminimalkan waktu yang diperlukan untuk demonstrasi langsung.

    7. Evaluasi dan Umpan Balik:
    Lakukan evaluasi terhadap efektivitas penggunaan alat peraga dan minta umpan balik dari siswa untuk perbaikan di masa depan.

  2. Nama :Dwi oktafia
    Nim :855736387
    Pokjar:kota agung
    Upbjj : bandar Lampung
    keefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD.

    Setelah saya menonton vidio di atas
    Berkaitan dengan media pembelajaran, media pembelajaran yang disajikan juga kurang menarik, dan tidak melibatkan siswa didalam penggunaannya.
    Dari permasalahan yang saya sebutkan, berikut beberapa solusi yang mungkin dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Pilih media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Pastikan media yang digunakan menarik dan relevan dengan topik pembelajaran. Selain itu, berikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam penggunaan media tersebut, misalnya dengan memberikan tugas-tugas yang meminta mereka untuk berinteraksi langsung dengan media pembelajaran

    Adapun Solusi yang bisa saya jabarkan untuk masalah mengatasi masalah diatas adalah :
    1. Harus ada Perencanaan pembelajaran yang baik. Guru hendaknya menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik yang sudah dilengkapi dengan alokasi waktu, baik dalam Appersepsi, kegiatan awal, kegiatan inti, maupun pada kegiatan penutup.
    2. Guru harus menguasai materi dan Langkah-langkah pembelajaran sehingga bisa menggunakan waktu yang ada dengan efektif.
    3. Guru sebaiknya menguasai beberapa model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa agar tertarik terhadap pembelajaran yang disajikan ,serta menggunakan media lainnya.

  3. Nama : Uus Nurochman
    Nim : 857141231
    Pokjar: Makasar / Jakarta Timur
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah saya menonton video tersebut tentang keefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD.
    Media pembelajaran yang disajikan selain kurang menarik, juga tidak melibatkan siswa didalamnya.
    Solusi yang mungkin dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.
    1. Pilih media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
    2. Pemilihan media yang digunakan menarik dan relevan dengan topik pembelajaran.
    3. Siswa berperan aktif, diberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam penggunaan media tersebut, misalnya dengan memberikan tugas-tugas yang meminta mereka untuk berinteraksi langsung dengan media pembelajaran

  4. Nim: 856970677
    Nama : FADILA RAHMADANI
    Pokjar : KALIREJO
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    setelah saya mengamati video tersebut terlihat bahwa media pembelajaran yang digunakan guru tersebut kurang menarik, sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
    Solusi yang mungkin dapat membantu permasalah tersebut yaitu :
    1. Guru memahami kebutuhan siswa, dengan memahami kebutuhan siswa, guru dapat memilih media pembelajaran yang tepat dan relevan.

  5. Setelah saya menonton video tayangan diatas tentang keefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD.
    Nampak guru hanya menyapa, dan bertanya mengenai kesiapan siswanya untuk belajar, serta gurunya juga langsung menyampaikan materi yang akan dipelajari kepada siswa bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga, namun seperti yang terlihat ditayangan tersebut, namun guru belum sempat menyampaikan/memberikan materi karena kehabisan waktu saat menyiapkan alat peraga. Sehingga saya menyimpulkan bahwa kekurangan video pembelajaran diatas adalah kurangnya kesiapan guru untuk mengajar atau kurangnya perencanaan pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru perlu melakukan perencanaan belajar sebelum memulai aktivitas belajar agar kegiatan pembelajaranapat b

  6. Setelah saya menonton video tersebut tentang keefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD.
    nampak guru menyapa dan bertanya kepada siswa mengenai kesiapan untuk mengikuti kegiatan belajar, serta menyampaikan materi yang akan dipelajari, yang mana akan menggunakan alat peraga, dan peraga tersebut belum disiapkan terlebih dahulu. Namun aktivitas belajar mengajar tidak berjalan atau gurunya tidak sempat memberikan materi karena kehabisan waktu saat menyiapkan alat peraga. Sehingga saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam tayangan tentang kegiatan belajar mengajar adalah :
    1. gurunya belum mengefektifkan waktu yang ada,
    2. Kurangnya kesiapan guru untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar, seperti yg terlihat di video kehabisan waktu karena menyiapkan alat peraga.
    Oleh karena itu, perlunya seorang guru melakukan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu agar kegiatan nya berjalan dengan baik dan juga efektif.

    Sekian.

  7. Mohon izin untuk menanggapi video diatas.
    Setelah saya menonton video tersebut tentang keefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD.
    nampak guru menyapa dan bertanya kepada siswa mengenai kesiapan untuk mengikuti kegiatan belajar, serta menyampaikan materi yang akan dipelajari, yang mana akan menggunakan alat peraga, dan peraga tersebut belum disiapkan terlebih dahulu. Namun aktivitas belajar mengajar tidak berjalan atau gurunya tidak sempat memberikan materi karena kehabisan waktu saat menyiapkan alat peraga. Sehingga saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam tayangan tentang kegiatan belajar mengajar adalah :
    1. gurunya belum mengefektifkan waktu yang ada,
    2. Kurangnya kesiapan guru untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar, seperti yg terlihat di video kehabisan waktu karena menyiapkan alat peraga.
    Oleh karena itu, perlunya seorang guru melakukan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu agar kegiatan nya berjalan dengan baik dan juga efektif.

    Sekian.

  8. BismiLLAH
    Nama : Ummu salamah (859764853)
    UPBJJ : kendari
    Pokjar : Tonggoni Pomalaa

    Dari pengamatan saya diatas , bahwa guru sebelum meulai proses belajar mengajar. memiliki RPP terlebih dahulu. agar proses pembelaja berjalan dengan baik dan terarah.

  9. Nama : Ayu Nadila
    NIM : 859764885
    Fakultas : FKIP S1 PGSD
    Semester : 6
    Pokjar : Tonggoni Pomalaa
    UPBJJ : KENDARI

    berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap vidio tersebut kelemahannya, media pembelajaran yang disajikan juga kurang menarik, dan tidak melibatkan siswa didalam penggunaannya.
    dari permasalahan tersebut solusi yang dapat di lakukan guru seperti Pilih media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Pastikan media yang digunakan menarik dan relevan dengan topik pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam penggunaan media tersebut, misalnya dengan memberikan tugas-tugas yang meminta mereka untuk berinteraksi langsung dengan media pembelajaran

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Yulia Nosi Yanti
    Setelah saya sudah menonton video
    Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
    Di Dalam video, awal pembukaan nya kurang lengkap , cek kehadiran nya , dan dalam menggunakan alat peraga, seharusnya di siap kan dari awal sebelum pembelajaran di mulai, jadi saat pembelajaran tidak memakan waktu terlalu lama, dan siswa bisa fokus ke pembelajaran
    Dalam video pemilihan media nya sudah menarik karna menggunakan alat peraga jadi siswa tidak hanya membaca buku saya.

Leave a Reply