silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : M Alsya Muqtahami
Nim : 857791929
Prodi : S1-PGSD (Pokjar Kedungwuni)
Reaksi anak pada saat awal pembelajaran bosan karena terlalu lama menunggu guru menyiapkan alat peraga yang akan digunakan sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan menjadi ramai.
Kekurangannya tidak ada persiapan dari guru sebelum melakukan pembelajaran tidak ada perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan sehingga terlalu lama menyiapkan alat peraga yang akan digunakan menjadikan kurangnya efektivitas waktu pembelajaran
Kelebihannya sudah ada upaya yang dilakukan guru yaitu menyiapkan alat peraga walau membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkan nya didalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung
Hal unik yang didapatkan alat-alat peraga yang digunakan.
untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merencanakan pelaksanaan pembelajaran dengan membuat RPP dan menyiapkan alat peraga yang akan digunakan sehingga dapat lebih memanfaatkan waktu pembelajaran dengan maksimal
Nama : Meitha Purvitasari
NIM : 857605296
Prodi : SI-PGSD BI
Izin berkomentar atas video yang ada.
Pertama , anak – anak menunggu terlalu lama pada saat guru menyiapkan bahan ajar atau media belajar
Kedua, sebagai guru hendaknya kita sudah mempersiapkan baik dari RPP, media pembelajaran, metode atau strategi pembelajaran yang akan kita gunakan saat mengajar
Ketiga, gunakan media yang mudah di dapat dan tidak membebani anak atau siswa
Keempat, guru hendaknya menjadi fasilitator dan yang berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar adalah anak atau siswa
Nama : JUNAIDIN
NIM : 859152627
Program Studi : S1-PGSD
Menurut saya kesulitan yang dialami guru dalam melakukan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu waktu yang kurang. Cara guru mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan menambah waktu di luar jam pembelajaran, memberikan video yang berkaitan atau meminta orang tua untuk mendampingi anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan yaitu tugas mandiri terstruktur dan tugas tidak terstruktur. Di sekolah guru juga sudah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan keterampilan proses sains diantaranya Buku pembelajaran, Laptop, Alat peraga dan Media pembelajaran. Cara Bu Guru di SDN untuk meningkatkan keterampilan proses sains di kelas yaitu dengan melakukan tanya jawab, diskusi, memberikan tugas terstruktur dan tidak terstruktur, dan diakhir pembelajaran peserta didik diharuskan menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari. Dengan begitu peserta didik memperoleh keterampilan berfikir kritis, rasa percaya diri, menumbuhkan kerja sama tim dan dapat bersosialisasi dengan baik.
Nama : Mohamad Fauzi
NIM : 856075233
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Batam
Assalamu’alaikum
izin menanggapi video pembelajaran
“Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD”
Menurut saya pengajaran ibu guru di video tersebut memang ada beberapa kekurangan, contohnya:
1. saat ibu guru masuk beliau langsung salam dan masuk ke materi, paling tidak bu guru tersebut melakukan kegiatan apersepsi, dengan cara menyapa, menanyakan kabar, atau sedikit bercerita supaya anak anak tidak tegang dan siap untuk memulai pelajaran.
2. kekurangan berikutnya adalah bu guru terlalu lama menyiapkan alat perga, sehinga siswa terkesan lama menunggu. Sebenarnya itu bisa disiasati sambil menyiapkan peraga bu guru bisa sambil ngobrol atau sedikit tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari.
Saran, harusnya guru sudah membuat alokasi waktu untuk mempersiapkan alat peraga sebelum masuk ke kelas.
Dari video tersebut, bagusnya adalah anak anak keadaannya cukup rapi dan kelas terlihat kondusif.
Demikian
Terima kasih
Nama : Sabrina Try Handayani Sidabutar
NIM : 858161687
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya seorang guru yang terdapat di dalam video tersebut tidak dapat memanfaatkan atau menggunakan waktu yang ada dengan baik. Guru tersebut juga tidak melakukan kegiatan pembuka dengan baik. Guru tersebut hanya membuang-buang waktu pelajaran dengan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum, sehingga para siswa akan merasa bosan dan suasana kelas pun akan tidak kondisif, dimana gurunya sibuk sendiri dengan alat dan bahannya dan para siswa pun akhirnya akan bermain dan materi pembelajaran pun akan tidak terlakasana karena waktu pelajarannya telah selesai. Untuk mengatasi hal tersebut diharapa guru :
1. Untuk meguasai materi dan bahan alat yang akan digunakan
2. Melibatkan siswa dalam mempersiapkan alat dan bahan sehingga waktu nya akan efesien.
Nama : Sunadi
NIM : 837064024
Prodi : PGSD
Pada tayangan video saat pembelajaran anak-anak tampak bosan karena lama menunggu guru untuk memulai kegiatan pembelajaran
Kelemahan guru pada tayangan video yaitu belum ada kesiapan guru dalam mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan sehingga waktu kegiatan pembelajaran sesuai dengan waktu.
Kelebihan guru pada tayangan video yaitu guru mampu merancang alat peraga dengan menggunakan media yang ada disekitar.
Hal unik yang pada tayangan video yaitu guru mampu mengajak anak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu adanya perencanaan pembelajaran dengan menyesuaikan waktu dan usia anak
Guru hendaknya menyiapkan RPP serta alat-alat peraga yang akan digunakan, serta guru harus dapat memanage alokasi waktu agar pembelajaran dapat dilakukan dengan lancar.
Nama : Putri Indarti
Nim. : 856027519
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut ada beberapa kendala yang terjadi pada guru tersebut. Sebagai seorang guru sebaiknya sebelum melakukan proses pembelajaran di dalam kelas sebaiknya membuat terlebih dahulu RPP agar proses pembelajaran di dalam kelas menjadi tersusun dengan bagus dan juga dimana dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang cukup matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP yang telah di buat . Dalam video tersebut juga seorang guru menghabiskan waktu lama dalam menyiapkan alat peraga untuk proses pembelajaran untuk mengsiasati nya sebaiknya guru tersebut sudah mempersiapkan terlebih dahulu alat peraga yang ingin ditujukan oleh siswa agar dalam proses pembelajaran tidak menghabiskan waktu lama .
Nama : Nova Fransisca Sitepu
NIM : 859876971
Prodi : PGSD
Dalam Pembelajaran yang telah terjadi di dalam video ini guru harus mampu menstruktur langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan mulai dari persiapan media pembelajaran yang sederhana, penyediaaan RPP dan Silabus serta menyampaikan pendahuluan,inti,penutup yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran yang di lakukan hal ini merupakan inti pokok yang harus guru penuhi sebelum pembelajaran maupun sesudah pembelajaran yang akan dimulai di dalam kelas.
Nama : HERMAN SUSANTO
NIM : 858161852
Pokjar : UPBJJ Palangkaraya
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, saya dapat menganalisis ada beberapa kendala yang terjadi pada guru tersebut, walaupun dari awal vidio pembuka pembelajaran, sudah terlihat tidak siapan guru tersebut untuk melakukan pembelajaran.
Dari vidio pendek tersebut, sebagai seorang guru sebaiknya sebelum melakukan proses pembelajaran di dalam kelas, kita sebaiknya membuat perencanaan (dalam bentuk RPP) terlebih dahulu terlebih agar proses pembelajaran di dalam kelas menjadi tersusun dengan bagus dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran. Sebab, Dalam video tersebut terlihat juga bagaimana guru tersebut menghabiskan waktu lama hanya untuk menyiapkan alat peraga. Untuk mensiasatinya, sebaiknya guru tersebut sudah mempersiapkan terlebih dahulu alat peraga yang ingin ditujukan oleh siswa agar dalam proses pembelajaran tidak menghabiskan waktu lama.
Dan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang cukup matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP yang telah di buat selain itu, kita juga bisa menyiapkan metode pembelajaran yang tepat serta media belajar yang siap untuk ditampilkan. Sehingga dengan perencanaan yang matang, siswa kita tidak bosan mengikuti pelajaran kita, serta waktu kita berjaan efektif.