silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama:Novida Indriyani
Nim :858924073
Setelah saya melihat dan mengamati Vidio pembelajaran tersebut ada beberapa Rancangan pembelajaran yang belum terlaksana diantaranya di :
1.pendalahuan atau awal pembelajaran.seharusnya guru sebelum pembelajaran memimpin doa bersama dilanjutkan dengan memeriksa daftar hadir siswa dan kesiapan belajar siswa.
2.Guru memberikan apersepsi untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan disampaikan.
Didalam Vidio tersebut guru sudah memberikan materi dengan menggunakan media pembelajaran sesuai materi yang akan disampaikan.
Nama : Awi Aprilliati
Nim : 855983402
Menurut saya ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
Kemudian dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan guru di antaranya:
1. guru tidak melaksanakan apresepsi, sebagai bekal siswa dalam memahami tujuan pembelajaran.
2. guru tidak menguasai materi yang diberikan sehingga siswa tanpak asik sendiri dengan kegiatan lainnya.
3. terlalu banyak memakai media yang membuat guru bingung media apa yang sebaiknya diigunakan terlebih dahulu.
4. kurang memperhatikan waktu tahap prakondisi pembelajaran, pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tapa pasca pembelajaran atau penutup sehingga siswa belum dapat membayangkan konsep pembelajaran “ciri-ciri benda dan kegunaannya” saran yang dapat saya berikan adalah guru dapat melakukan rancangan pembelajaran(RPP) terlebih dahulu .
1. melakukan apersepsi ” memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa mengenai tema pembelajaran guna mengetahui pengalaman belajar siswa”
2. mengajak siswa literasi seputar tema ” guru mempersiapkan media yang digunakan” pilih media yang mampu siswa jumpai di lingkungannya , jika memungkinkan persiapkan juga untuk masing- masing siswa.
3. mempertahankan fokus siswa dengan metode-metode yang sesuai kenali situasi kelas kita sehingga saat materi diberikan siswa akan tetap perpantau kondusif.
4. libatkan siswa dalam proses pemahaman, buat tim pemecahan masalah, forum diskusi dan lainnya yang mampu membuat siswa tertantang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
5. berikan apresiasi atas kinerja siswa lalu ajak siswa bersama- sama merangkum dan mereview inti pembelajaran .
6. tutup kelas dengan motivasi siswa ,menanyakan perasaan siswa dan doa penutup pembelajaran.
berikut saran yang dapat saya berikan semoga kita selalu mencari guru penggerak bagi siswa-siswanya aamiin.
Nama : Rizki Mirali Utami
NIM : 856944553
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Gisting Tanggamus
Dari video tersebut setelah saya amati bahwa guru belum menguasai dalam menyajikan pembelajaran sehingga terlihat beberapa kekurangan nya yaitu:
1. Guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi.
2. Terlalu banyak memakai media yang membuat guru bingung media apa yang seharusnya digunakan terlebih dahulu.
3. Guru tidak menguasai materi yang diberikan sehingga siswa tanpak asyik sendiri dengan kegiatannya.
4. Kurang memperhatikan waktu disetiap pembelajaran sehingga siswa belum dapat membayangkan konsep pembelajaran yang diberikan.
Saran saya dalam video pembelajaran tersebut yaitu:
1. Guru dapat mempersiapkan perencanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu.
2. Melakukan apersepsi terlebih dahulu, memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa mengenai tema pembelajaran guna mengetahui pengetahuan belajar siswa.
3. Memberikan pengarahan kepada siswa mengenai kegiatan pelaksanaan pembelajaran serta tugas yang akan diberikan.
4. Membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
5. Mempertahankan fokus siswa dan kenali situasi kelas sehingga siswa akan tetap terpantau kondusif.
Setelah saya menyaksikan Vidio di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru tersebut kurang mampu menguasai materi pembelajaran yang akan di laksanakan nya. hat itu terlihat dari guru tersebut tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke kelas. Selain itu guru tersebut tidak melihat alokasi waktu yang di gunakan dalam pembelajaran tersebut sehingga guru tersebut lambat dalam mempersiapkan alat peraga praktikum yang akan di ajarkan.
Laporan Analisis Masalah dalam Pembelajaran
Masalah : Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Di SD
Nama : Baiq Suryani
NIM : 859162681
Program Studi : S1 PGSD
Analisis dari video tersebut adalah :
Di video tersebut guru ingin menunjukkan pelajaran dengan menggunakan alat peraga, dengan memakai alat peraga biasanya memudahkan siswa untuk menangkap pelajaran yang sedang diajarkan, akan tetapi guru terlalu lama menyiapkan alat peraga sampai dengan bel istirahat sehingga siswa tidak melakukan apa apa hingga pelajaran berakhir. Jadi
Menurut saya kelemahannya adalah :
1. Guru terlalu lama mempersiapkan alat peraga padahal siswa sudah siap menerima pelajaran dan pelajaran tidak sampai selesai
2. Tidak adanya absensi, penyampaian tujuan materi pembelajaran
3. Guru terlalu bingung dengan alat peraganya
Upaya yang bisa diusulkan yaitu :
1. Adanya rencana perencanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun terlebih dahulu
2. Guru mampu mengalokasikan waktu yang tepat pada RPP pada pembuka, inti dan penutup sehingga tidak kebingungan dengan yang akan dikerjakan dan lebih terstruktur
3. Guru memberikan pengarahan dan meminta siswa membuka LKS sebelum praktikum di kelas sehingga siswa sudah paham materi yang akan diajarkan
4. Membimbing, menganalisis, menulis dari data yang diperoleh dari praktikum eksperimen
5. Seharusnya peralatan praktikum sudah siap sehingga ketika mulai pembelajaran materi praktikum dapat dilaksanakan dengan lancar
Nama : Siti Fatimah
NIM : 858446745
Prodi : S1-PGSD (BI)
Setelah mengamati video tentang “Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Di SD” maka dapat saya simpulkan bahwa ketika guru akan menggunakan alat peraga pada pelajaran IPA di SD sebaiknya :
1. Guru merencanakan pembelajaran, alat apa yang akan digunakan dan alokasi waktu yang akan digunakan. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efesien.
2. Guru memberikan arahan kepada siswa sebelum melaksanakan praktikum agar siswa memahami apa yang akan dilakukan dalam praktikum nanti.
3. Guru memberikan rincian tugas dan membuka LKS sebelum pelaksanaan praktikum agar siswa tidak salah dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan.
4. Guru berperan dalam membimbing siswa dalam praktikum seperti, menulis, menganalisis, menyimpulkan data dari eksperimen. Agar eksperimen berjalan dengan lancar dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien bagi guru dan siswa.
Selamat malam, saya Rifa Auliasari Churul’ain mahasiswa PGSD BI dengan NIM 857167069
Saya akan menanggapi video pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran dalam kelas dapat membantu pendidik dalam menerangkan atau menyampaikan materi pembelajaran dalam kelas. Selain itu dapat juga menarik perhatian siswa untuk dapat memahami pembelajaran dengan bantuan-bantuan alat. Tentu saja penggunaan media pembelajran dalam kelas memerlukan waktu untuk dipersiapkan terlebih dengan banyaknya media akan memakan waktu yang cukup banyak. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara, diantaranya:
1. Mempersiapkan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu. Guru atau pendidik harus mempersiapkan pembelajaran sebelum dimulainya kelas atau suatu pembelajaran. Hal ini dapat dikhususkan agar pendidik mampu merancang dan mempersiapkan dengan matang apa saja yang diperlukan dalam pembelajaran.
2. Gunakan bahan media pembelajaran dan media pembelajaran yang sudah jadi secara terpisah. Jadi guru dapat memakai 2 media pembelajaran, yaitu alat atau bahan yang di pakai seperti lem, dll. Lalu media pembelajaran yang sudah jadi dan dibentuk sebelumnya. Hal ini dapat membuat waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum
Nama :Artika Dinarta Simamora
NIM :856026857
Prodi :PGSD S1
Upbjj : Medan
Berdasarkan video yang telah saya amati , saya dapat menarik kesimpulan bahwa reaksi siswa pada awal pembelajaran IPA tersebut yaitu pada saat guru memulai pelajaran anak-anak antusias dan sudah siap untuk menerima pembelajaran .Namun karena guru terlalu lama menyiapkan alat peraga yang akan digunakan ,siswa menjadi bosan sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan menjadi ramai. KekurangannyaTidak ada persiapan dari guru sebelum melakukan pembelajaran. Guru tidak melakukan perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan sehingga terlalu lama menyiapkan alat peraga yang akan digunakan menjadikan kurangnya efektivitas waktu pembelajaran.
Saran saya ,Sebaiknya sebelum melakukan kegiatan praktikum, guru dapat terlebih dahulu mempersiapkan Rancangan Perencanaan Pembelajaran (RPP) . Dan Guru menyiapkan metode pembelajaran yang tepat serta media belajar (alat peraga praktikum)yang siap untuk digunakan atau ditampilkan.
Demikian tanggapan saya Teri makasih🙏
Nama: Sri Wayuni
NIM : 856944578
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Gisting Tanggamus
Menurut pendapat saya, kelebihan dari video tersebut adalah guru memberikan pengarahan dan analisis yang baik pada siswa, suasana belajar yang kondusif.
Selanjutnya, seharusnya sebelum pembelajaran dimulai, guru harus sudah menyiapkan alat peraga yang benar-benar sudah siap bagi guru dan siswa untuk bisa langsung dioperasikan dan dibahas bersama. Dengan kasus tersebut maka harus ada yang namanya perencanaan pembelajaran, yang mana guru harus bisa mengestimasi alokasi waktu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Nama. : Desy Mahyuni
NIM. : 859876441
Prodi. : PGSD-BI
Pokjar. : Medan
Setelah saya melihat video pembelajaran tentang mengefektifkan waktu saat menggunakan alat peraga pada saat menggunakan alat peraga pada pelajaran IPA di SD ini guru tersebut kurang adanya persiapan dalam melakukan praktek dengan alat peraga sehingga ketika kegiatan pendahuluan guru sangat memakan waktu banyak untuk melaksanakan praktek sehingga ketika siswa telah siap guru masih menyusun alat peraga siap menunggu terlalu lama sampai waktu habis hanya untuk mempersiapkan.solusinya dalam mengatasi masalah ini adalah guru melakukan perencanaan sebelum praktek dengan alat peraga dan membuat jadwal dalam mengatur waktu saat menerangkan materi dan praktek