silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Linda Astuti
NIM : 857078525
Pokjar : Tarumajaya
Dari vidio mengefektifkan waktu pada saat penggunaan alat peraga pelajaran IPA SD
Agar waktu tidak terlalu banyak terbuang, maka sebelum pembelajaran guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, sehingga tidak membetuhkan banyak waktu dalam mempersiapkan media pemvbelajaran, dan juga bisa mengurangi konsentrasi anak ketika menunggu media pembelajaran di persiapkan.
Nama : Arini Aprianti
Nim : 859892604
UPBJJ : Medan
Pokjar : Binjai
Setelah menonton video tersebut, saya berkesimpulan bahwa guru yang belum matang dalam menyajikan pembelajarannya memiliki beberapa kekurangan, seperti:
1. Guru tidak melakukan penilaian sedemikian rupa sehingga siswa memahami tujuan pembelajaran
2. Guru kurang menguasai materi yang diberikan, sehingga siswa tampak tenggelam dalam kegiatan lain.
3. Penggunaan media yang berlebihan membuat guru bingung tentang media mana yang harus digunakan terlebih dahulu.
4. Kurang diperhatikannya tahap pra kajian, tahap pra kajian, tahap kajian dan pasca kajian atau tahap akhir.
Nama : Arini Aprianti
Nim : 859892604
UPBJJ : Medan
Pokjar : Binjai
Setelah menonton video tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa guru yang belum siap dalam menyajikan pembelajaran memiliki beberapa kekurangan, seperti:
1. Tidak melakukan penilaian sedemikian rupa sehingga siswa belum memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan.
2. Kurang dalam menguasai materi yang diajarkan, sehingga siswa tampak asik dengan mengobrol dengan temannya.
3. Penggunaan media yang berlebihan membuat guru bingung tentang media mana yang harus digunakan terlebih dahulu.
Nama: Santi Yuliani
Nim : 858448573
Program Studi: S1 PGSD (BI)
Setelah saya melihat dan mengamati Vidio pembelajaran ” Mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA Di SD” dapat saya simpulkan bahwa agar waktu pembelajaran dapat di pergunakan secara efektif , maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru yaitu
1. Membuat perencanaan pembelajaran dengan mempertimbangkan isi materi dan alokasi waktu
2. Guru memberikan pengarahan kepada peserta didik sebelum melakukan eksperimen dengan menggunakan media
3. Guru membuat rincian tugas atau LKS dalam pelaksanaan eksperimen yang akan di laksanakan atau dikerjakan siswa
4. Guru hendaknya berperan aktif dalam membimbing siswa pada pelaksanaan eksperimen , seperti mengamati, menulis atau menuangkan hasil eksperimen , menganalisis, dan menyimpulkan data hasil eksperimen
Setelah saya melihat video ini
dari Ibu guru tersebut adalah : kurangnya persiapaan mengajar dan kurangnya keterampilan dalam melakukan demonstrasi alat peraga dalam proses pembelajaran. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk mempersiapkan alat peraga yang mengakibatkan siswa menjadi tidak kondusif.
kurang memperhatikan alokasi waktu dalam proses pembelajaran dikelas sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai.
Yang perlu diperhatikan oleh guru adalah dalam pelaksanaan pembelajaran
Guru harus mampu dalam mengalokasi waktu yang tepat.
Guru juga diharapkan berperan membimbing siswa dalam menganalisis Menulis, menganalisis dan ekperimen.
Nama : AGUNG CAHYO NUGROHO
NIM : 858162965
Pokjar Tulangan Sidoarjo Jawa Timur
Setelah melakukan pengamatan dalam video tersebut, alangkah lebih baiknya sebelum melakukan kegiatan praktikum, guru dapat terlebih dahulu mempersiapkan perencanaan pembelajaran, karena dengan persiapan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP. Guru juga harus memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum, berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen yang telah dilakukan.
Nama : Muhammad Thoirusshit
NIM : 857669994
Prodi : S1-PGSD
Setelah saya mengamati video tentang “Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Di SD” maka dapat saya simpulkan bahwa ketika guru akan menggunakan alat peraga pada pelajaran IPA di SD sebaiknya :
1. Guru merencanakan pembelajaran, alat apa yang akan digunakan dan alokasi waktu yang akan digunakan. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efesien.
2. Guru memberikan arahan kepada siswa sebelum melaksanakan praktikum agar siswa memahami apa yang akan dilakukan dalam praktikum nanti.
3. Guru memberikan rincian tugas dan membuka LKS sebelum pelaksanaan praktikum agar siswa tidak salah dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan.
4. Guru berperan dalam membimbing siswa dalam praktikum seperti, menulis, menganalisis, menyimpulkan data dari eksperimen. Agar eksperimen berjalan dengan lancar dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien bagi guru dan siswa.
Nama : Muhammad Thoirusshit
NIM : 857669994
Prodi : S1-PGSD
Setelah saya mengamati video tentang “Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Di SD” maka dapat saya simpulkan bahwa ketika guru akan menggunakan alat peraga pada pelajaran IPA di SD sebaiknya : 1. Guru merencanakan pembelajaran, alat apa yang akan digunakan dan alokasi waktu yang akan digunakan. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efesien. 2. Guru memberikan arahan kepada siswa sebelum melaksanakan praktikum agar siswa memahami apa yang akan dilakukan dalam praktikum nanti. 3. Guru memberikan rincian tugas dan membuka LKS sebelum pelaksanaan praktikum agar siswa tidak salah dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan. 4. Guru berperan dalam membimbing siswa dalam praktikum seperti, menulis, menganalisis, menyimpulkan data dari eksperimen. Agar eksperimen berjalan dengan lancar dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien bagi guru dan siswa.
Nama : Irmala Dewi
NIM : 858450817
Prodi : S1 PGSD (BI)
Dengan menyimak video tersebut, dapat saya simpulkan bahwasannya ketika guru akan mengajar sebaiknya memperhatikan alat peraga apa yang akan digunakan dan estimasi waktu yang akan digunakan. Alat peraga yang gunakan juga sebaiknya di persiapkan terlebih dahulu jadi ketika mengajar alat peraga sudah siap digunakan dan tidak memakan waktu, sehingga waktu kegiatan belajar dan mengajar yang akan digunakan pun lebih efektif dan efisien bagi guru dan siswa.
Assalamulaikum..
saya Sinta andriani
Nim : 855727657
Jurusan S1PGSD
Salut AMBARAWA lampung
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video tersebut saya akan memberikan tanggapan sebagai berikut,
saya menyimpulkan bahwa:
1. Sebelum melaksanakan praktikum guru harus mempersiapkan perencanaan pembelajaran.
2. Guru harus mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup.
3. Memberi pengarahan Meminta siswa membuka lks, dan memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum.
4. Berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.