silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita.

Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.

Idha Novianti

Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.

Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?

Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.

Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.

Prof. H. yaya kusumah (UPI Bandung)

1. Dalam pembukaan guru harus memasukkan konsep perkalian.

2. Pemakaian media sudah cukup tepat.

3. Materi sesuai dengan perserta didik dan kurikulum.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

92 Comments

  1. NAMA : Dede Sugihwati
    NIM : 859946032
    Menanggapi video ini untuk menyelesaikan soal cerita, siswa perlu memahami apa yg d ketahui dan di tanyakan dalam soal, membuat model matematika dan melakukan perhitunganp

  2. NAMA: VIONITA AMELINDA
    NIM: 857031962

    Menurut pendapat saya pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita.
    Adapun kelemahan dan kelebihan pada video ini:

    KELEMAHAN:
    – Minimnya pemahaman terhadap konsep dan penalaran, siswa kesulitan dalam pembelajaran soal cerita.
    – Motivasi siswa sedikit melemah dan menerima pembelajaran

    KELEBIHAN:
    – Dengan bermain peran, siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan benar
    – Dengan penggunaan media/alat peraga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

  3. Nama : Arifman Laoli
    NIM: 859876767

    Dari video ini, dapat sangat membantu saya sebagai guru nantinya saat mengajar materi Matematika dengan belajar memahami berdasarkan cerita ditambah memberikan media yang nyata dari cerita sehingga anak murid merasa real meoakukannya dari pernyataan cerita sehingga juga dengan mudah membantu mempercepat pengetahuan siswa untuk mampu menjawab persoalan yang. Ini sangat baik memberikan media fisik dalam belajar dari pernyataan cerita matematika.

  4. NAMA : KASDI NIM :857038388 POKJAR : SIDOMULYO setelah saya menyimak vidio diatas ada kelebihan dan kekurangan Dan kelemahan dalam video tersebut yaitu: kelemahan: di awal kalimat melihat penampilan guru yang kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu, tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh selain itu pakaian kurang rapi dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba. Dalam adegan video 2 seharusnya siswa disuruh ke depan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Kelebihan: guru berhasil menarik perhatian siswa dengan mengajak mengeksplorasi benda-benda sekitar dalam pelajaran. Guru juga memberikan contoh langsung sebagai media pembelajaran sehingga siswa antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran.

  5. Nama Tina Kristiani Ndraha
    Nim 859871238
    Setelah saya mengamati video di atas, saya melihat pas pertama sekali seorang guru itu langsung memberi pertanyaan sedangkan materi masih belum ad. Sebagai seorang guru penting sekali memaparkan materi terlebih dahulu, memberikan contoh, menanyakan kepada siswa apakah pernah melakukan jual beli. Seorang guru harus menggali informasi informasi kecil terhadap siswa, sehingga siswa tidak merasa kaku dalam mengikuti proses belajar.
    Kemudian, di video itu terlihat bahwa setelah menggunakan cara efektif dengan melakukan secara langsung jual beli seperti yang ada di soal cerita, siswa siswi langsung cepat tangkap, mereka langsung paham atas apa yang di pertanyakan seorang guru tersebut. Jadi seorang guru harus kreatif dalam mengambil langkah langkah yang harus di tempuh saat mengajar di kelas. Terimakasih 🙏

  6. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.

  7. Nama : Sara Tri Apriastuti
    NIM : 858533809
    Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.

  8. Bismillah..
    Nama : BERLI PIKI DARMAWAN
    NIM : 856880396
    mohon izin menanggapi video ini, perihal untuk memberikan pemahaman yang sederhana kepada siswa agar mereka lebih cepat memahami apa maksud dari sebuah soal cerita perlu dilakukan beberapa konsep/metode sederhana contoh seperti dalam video ini yakni Ibu Guru langsung memberikan praktik membeli buah-buahan tersebut kepada siswa. Dan menurut saya itu lebih efektif dalam kegiatan pembelajaran.

  9. Nama : Fauzi Yoga Wicaksono
    NIM : 858865217
    Pokjar : Kabupaten Kediri
    UPBJJ-UT : Malang
    Judul Video : Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
    Link Video : https://bit.ly/3GfuuvL
    Menurut pendapat saya, pada video pembelajaran di atas memiliki kelemahan dan kelebihan sebagai berikut:
    Kelemahan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup dalam pembelajaran
    2. Motivasi siswa sedikit melemah dalam menerima pembelajaran
    Kelebihan:
    1. Dengan menanamkan konsep penalaran yang tepat, siswa menjadi aktif dan fokus dalam pembelajaran
    2. Dengan menggunakan alat peraga dan bermain peran, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
    3. Kemampuan mengelola kelas dan menyampaikan pembelajaran secara efektif

  10. Nama : Neli Silvia
    NIM : 877836906
    UPBJJ : Bandung
    Mengenai video pembelajaran di atas, guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran. Guru langsung menyampaikan materi, sehingga memungkinkan peserta didik tidak ada kesiapan siswa sebelum ke pembelajaran inti. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Namun, terlihat di video siswa dapat memahami dengan baik mengenai cara menyelesaikan soal cerita, karena dibarengi dengan intruksi guru yang jelas dan pemakaian media pembelajaran yang tepat.

Leave a Reply