Similar Posts
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Nama : Mika Ayu Lestari
NIM : 858928783
Pokjar : Genteng A
Menurut pendapat saya terkait video tersebut ada beberapa tahapan yang belum dilaksanakan disaat pembelajaran materi ” Mengkontruksi Rumah Dari Kertas”
Tahapan Awal Pembelajaran
1. Tidak Berdoa terlebih dahulu
2. Absensi tidak dilakukan
3. Tidak ada pertanyaan pemantik
4. Belum melaksanakan ice breaking
5. Metode yang dipakai tidak disampaikan
Tahapan Inti Pembelajaran
1. Penyampaian materi atau tahapan pelaksanaan kegiatan pembuatan rumah kertas tidak sepenuhnya dijelaskan sehingga siswa belum memahami
2. Media ajar yang digunakan kurang persiapan, karena terlihat ada 2 siswa yang memegangi kardus didepan sebagai contoh pembuatan dan hal tersebut membuat kedua siswa itu menjadi tidak fokus dalam memahami instruksi dari guru
Kelebihan pada cara guru tersebut yaitu dengan memberikan contoh pembuatan garis pada kardus secara langsung dan juga memberikan apresiasi berupa jempol 2 untuk siswa yang sudah selesai.
Syarifah Rizka Savira
858081898
Didalam video pembelajaran diatas, guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam sapa kepada siswa. setelah itu guru menjawab pertanyaan salah satu 1 siswa , dan guru menjelaskan dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa, serta menjelaskan tata cara pembuatan rumah dari kertas.
Nama : Rahma Aulia Izzati
NIM : 856593429
Pokjar : Kerinci_Sungai Penuh
Berdasarkan pengamatan saya terhadap video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa tahapan yang belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi “Mengonstruksi Rumah dari Kertas”.
Kekurangan:
Tahap Pendahuluan (Awal Pembelajaran):
1. Kegiatan awal tidak diawali dengan doa bersama.
2. Guru belum melakukan pengecekan kehadiran peserta didik.
3. Tidak terdapat pertanyaan awal atau pertanyaan pemantik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.
4. Aktivitas penyegaran (ice breaking) belum dilaksanakan.
5. Guru tidak menyampaikan metode atau pendekatan pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa.
Tahap Inti Pembelajaran:
1. Penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatan rumah dari kertas kurang terperinci, sehingga sebagian siswa tampak belum memahami prosesnya secara utuh.
2. Media pembelajaran belum dipersiapkan secara optimal. Hal ini terlihat dari dua siswa yang diminta memegang kardus sebagai alat peraga, namun akibatnya mereka menjadi tidak fokus mengikuti instruksi guru karena harus memegang alat bantu tersebut.
Kelebihan:
Salah satu kelebihan dari cara mengajar guru adalah memberikan contoh secara langsung kepada siswa tentang cara menggambar garis di atas kardus. Selain itu, guru juga memberikan penghargaan berupa acungan jempol kepada siswa yang telah menyelesaikan tugasnya, yang dapat memberikan motivasi dan semangat bagi siswa lainnya.
Berdasarkan Pengamatan saya terhadap Vidio Pembelajaran di atas, Kekurangannya ada pada Tahap Pendahuluan (Awal Pembelajaran)
1. Tidak Berdoa terlebih dahulu
2. Absensi tidak dilakukan
3. Tidak ada pertanyaan pemantik
4. Tidak ada Pelaksanakan ice breaking
5. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
Kekuatan :
1. Intonasi suara bagus
2. memberi contoh dalam membuat kontruksi rumah dari kertas agar siswa mudah di memahami
3. Memberikan apresiasi kepada siswa agar siswa