Similar Posts
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Nama : Mika Ayu Lestari
NIM : 858928783
Pokjar : Genteng A
Menurut pendapat saya terkait video tersebut ada beberapa tahapan yang belum dilaksanakan disaat pembelajaran materi ” Mengkontruksi Rumah Dari Kertas”
Tahapan Awal Pembelajaran
1. Tidak Berdoa terlebih dahulu
2. Absensi tidak dilakukan
3. Tidak ada pertanyaan pemantik
4. Belum melaksanakan ice breaking
5. Metode yang dipakai tidak disampaikan
Tahapan Inti Pembelajaran
1. Penyampaian materi atau tahapan pelaksanaan kegiatan pembuatan rumah kertas tidak sepenuhnya dijelaskan sehingga siswa belum memahami
2. Media ajar yang digunakan kurang persiapan, karena terlihat ada 2 siswa yang memegangi kardus didepan sebagai contoh pembuatan dan hal tersebut membuat kedua siswa itu menjadi tidak fokus dalam memahami instruksi dari guru
Kelebihan pada cara guru tersebut yaitu dengan memberikan contoh pembuatan garis pada kardus secara langsung dan juga memberikan apresiasi berupa jempol 2 untuk siswa yang sudah selesai.
Syarifah Rizka Savira
858081898
Didalam video pembelajaran diatas, guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam sapa kepada siswa. setelah itu guru menjawab pertanyaan salah satu 1 siswa , dan guru menjelaskan dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa, serta menjelaskan tata cara pembuatan rumah dari kertas.