Similar Posts
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama : Mika Ayu Lestari
NIM : 858928783
Pokjar : Genteng A
Menurut pendapat saya terkait video tersebut ada beberapa tahapan yang belum dilaksanakan disaat pembelajaran materi ” Mengkontruksi Rumah Dari Kertas”
Tahapan Awal Pembelajaran
1. Tidak Berdoa terlebih dahulu
2. Absensi tidak dilakukan
3. Tidak ada pertanyaan pemantik
4. Belum melaksanakan ice breaking
5. Metode yang dipakai tidak disampaikan
Tahapan Inti Pembelajaran
1. Penyampaian materi atau tahapan pelaksanaan kegiatan pembuatan rumah kertas tidak sepenuhnya dijelaskan sehingga siswa belum memahami
2. Media ajar yang digunakan kurang persiapan, karena terlihat ada 2 siswa yang memegangi kardus didepan sebagai contoh pembuatan dan hal tersebut membuat kedua siswa itu menjadi tidak fokus dalam memahami instruksi dari guru
Kelebihan pada cara guru tersebut yaitu dengan memberikan contoh pembuatan garis pada kardus secara langsung dan juga memberikan apresiasi berupa jempol 2 untuk siswa yang sudah selesai.
Syarifah Rizka Savira
858081898
Didalam video pembelajaran diatas, guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam sapa kepada siswa. setelah itu guru menjawab pertanyaan salah satu 1 siswa , dan guru menjelaskan dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa, serta menjelaskan tata cara pembuatan rumah dari kertas.
Nama : Rahma Aulia Izzati
NIM : 856593429
Pokjar : Kerinci_Sungai Penuh
Berdasarkan pengamatan saya terhadap video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa tahapan yang belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi “Mengonstruksi Rumah dari Kertas”.
Kekurangan:
Tahap Pendahuluan (Awal Pembelajaran):
1. Kegiatan awal tidak diawali dengan doa bersama.
2. Guru belum melakukan pengecekan kehadiran peserta didik.
3. Tidak terdapat pertanyaan awal atau pertanyaan pemantik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.
4. Aktivitas penyegaran (ice breaking) belum dilaksanakan.
5. Guru tidak menyampaikan metode atau pendekatan pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa.
Tahap Inti Pembelajaran:
1. Penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatan rumah dari kertas kurang terperinci, sehingga sebagian siswa tampak belum memahami prosesnya secara utuh.
2. Media pembelajaran belum dipersiapkan secara optimal. Hal ini terlihat dari dua siswa yang diminta memegang kardus sebagai alat peraga, namun akibatnya mereka menjadi tidak fokus mengikuti instruksi guru karena harus memegang alat bantu tersebut.
Kelebihan:
Salah satu kelebihan dari cara mengajar guru adalah memberikan contoh secara langsung kepada siswa tentang cara menggambar garis di atas kardus. Selain itu, guru juga memberikan penghargaan berupa acungan jempol kepada siswa yang telah menyelesaikan tugasnya, yang dapat memberikan motivasi dan semangat bagi siswa lainnya.
Berdasarkan Pengamatan saya terhadap Vidio Pembelajaran di atas, Kekurangannya ada pada Tahap Pendahuluan (Awal Pembelajaran)
1. Tidak Berdoa terlebih dahulu
2. Absensi tidak dilakukan
3. Tidak ada pertanyaan pemantik
4. Tidak ada Pelaksanakan ice breaking
5. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
Kekuatan :
1. Intonasi suara bagus
2. memberi contoh dalam membuat kontruksi rumah dari kertas agar siswa mudah di memahami
3. Memberikan apresiasi kepada siswa agar siswa