silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Nama : Dwi Isnaini
Prodi : SI- PGSD
Upbjj : UT – Medan
Pokjar : Asahan
Setelah saya mengamati video tersebut.memang benar pembelajaran dilakukan berdiskusi / membuat beberapa kelompok itu sangat menyenangkan.Tetapi ada satu anak yang tidak peduli dengan anggota kelompoknya .Dan menurut saya guru terlihat kurang dalam menguasai kelas, sehingga pada proses pembelajaran tidak menjadi kondusif .Lalu siswa tidak serius dalam mengerjakan tugas kelompoknya dan siswa yang malas akan asyik melakukan kegiatan lain ,dan juga mengganggu teman lainnya yang sedang mengerjakan tugas yang diberikan.
KELEMAHAN: guru kurang jelas dalam memberikan arahan apa yang harus dikerjakan oleh siswa tersebut,dan tidak ada target yang mau dicapai ,dan tidak ada juga sanksi bagi yang tidak ikut dalam mengerjakan tugas kelompoknya.
KELEBIHAN: Guru sudah mempersiapkan media cetak untuk dibagikan kepad siswa yang sudah dibuat kelompok .
USULAN: 1.Membuat kelompok sebaikny jangn semua laki -laki/ Perempuan
2. Usahakan hasil diskusi dikash waktu ,jadi tidak terlalu lama untuk membacakan hasil kerja kelompok mereka .
3.ganti metode yang begitu relevan dan semenarik mungkin.
Nama : Noviatri Wahyu Ningsih
Nim : 859615357
Prodi : PGSD-S1
Assalamualaikum
Berdasarkan analisis saya tentang pembelajaran IPA di SD yang berjudul “Meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok”
pada proses pembelajaran dapat dilihat bahwa siswa kurang peduli dan kurang serius dalam mengerjakan tugas kelompoknya, kemudian siswa yang malas hanya mengandalkan teman yang rajin untuk menyelesaikan tugas tersebut, sementara mereka asyik bermain, mengobrol bahkan mengganggu temannya yang sedang mengerjakan tugas.
Kelebihan:
1. Suasana kelas yang tadinya tidak kondusif menjadi aktif
2. Adanya tanya jawab antara guru dan siswa
Kekurangan:
1. Tidak ada kegiatan awal seperti salam, absensi, motivasi siswa, dan berdoa.
2. Guru kurang jelas dalam memberikan arahan kepada siswa apa yang harus dikerjakan
Nama : ANDIK YULIANDI
NIM : 858036577
Prodi : s1-PGSD
Menurut saya dari vidio tersebut sebelum menggunakan teknik Jigsaw siswa terlihat tidak terlalu antusias dalam kegiatan pembelajaran. Sebab mereka tidak terlalu mengerti mengenai materi serta kegiatan apa yang mereka harus lakukan dengan baik. Sebagian juga beranggapan bahwa hanya perlu mengandalkan teman kelompoknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Setelah menggunakan metode jigsaw siswa menjadi lebih terarah dalam kegiatan pembelajaran. Siswa memiliki gambaran mengenai materi sebab sudah dijelaskan terlebih dahulu. Siswa juga lebih bisa mengetahui apa yang mereka kerjakan dengan mendengar penjelasan guru mengenai tujuan dari oembelajaran tersebut.
Kelemahan :
1. Masih ada beberapa siswa yang masih mengobrol dengan teman sebangkunya.
2. Guru harus lebih dalam mengawasi kegiatan berkelompok agar berjalan lancar.
Kelebihan :
1. Kelas menjadi lebih hidup
2. Siswa berpikir kritis
3. Penguasaan kelas oleh guru lebih terarah
Sekian Terimakasih
Wassalamualaikum
Nama : Fitri Yanti Rambe Nim : 859891469 Prodi : PGSD Pokjar : Rantau Prapat Assalamualaikum wr.wb. Menurut saya video pembelajaran tentang Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok,sangatlah baik dilakukan dalam pembelajaran.namun tidak semua bisa berjalan baik,terkadang ada siswa yang tidak peduli didalam kelompoknya,dan asyik bermain dan mengganggu teman lainnya. Adapun kelebihannya dalam video tersebut: – Guru telah menerapkan metode Cooperative learning dengan type Jigsaw. – Guru menyiapkan bahan ajar sebagai informasi untuk berdiskusi. – Guru mengemukakan topik yang akan dibahas. – Guru menyampaikan tujuan yang dicapai. – Guru menjelaskan langkah langkah kegiatan belajar yang harus dilakukan siswa. Kelemahannya yaitu. – Guru tidak melakukan salam pembuka di awal pembelajaran. – Guru tidak melakukan absensi atau kehadiran siswa. – Guru kurang berinteraksi kepada siswanya di awal pembelajaran. – Guru kurang jelas memberikan arahan apa yang harus dikerjakan siswa. – Tidak ada sanksi bagi anak yang tidak mengerjakan tugas. – Tidak ada target siswa yang dicapai. – Tugas yang diberikan guru kurang menantang bagi siswa. Terima kasih Wassalam.
Nama : Fitri Yanti Rambe Nim : 859891469 Prodi : PGSD Pokjar : Rantau Prapat Assalamualaikum wr.wb. Menurut saya video pembelajaran tentang Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok,sangatlah baik dilakukan dalam pembelajaran.namun tidak semua bisa berjalan baik,terkadang ada siswa yang tidak peduli didalam kelompoknya,dan asyik bermain dan mengganggu teman lainnya. Adapun kelebihannya dalam video tersebut: – Guru telah menerapkan metode Cooperative learning dengan type Jigsaw. – Guru menyiapkan bahan ajar sebagai informasi untuk berdiskusi. – Guru mengemukakan topik yang akan dibahas. – Guru menyampaikan tujuan yang dicapai. – Guru menjelaskan langkah langkah kegiatan belajar yang harus dilakukan siswa. Kelemahannya yaitu. – Guru tidak melakukan sa…
Nama : Sita Eva Evia Saputri
Nim : 856991434
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Semester : 6
Setelah saya menyimak Vidio diatas
Untuk meningkatkan kekompakan kelompok menurut saya guru berperan penting akan hal tersebut.
Setelah disimpulkan bahwa Kerja kelompok adalah suatu kegiatan yang dikerjakan bersama sama dengan memiliki tujuan yang sama dan visi misi yang sama. Dengan kerja kelompok, kegiatan yang besar dilakukan bersama akan terasa kecil dan membentuk budaya toleransi dan menghargai. Menurut saya dengan menggunakan metode jigsaw adalah pilihan yang tepat.
Nama : NURUL SISKA FATMALA
Nim : 856988547
Prodi : SI- PGSD
Upbjj : BANDAR LAMPUNG
Pokjar : KALIREJO
Assalamualaikum wr.wb.
Setelah saya mengamati video tersebut.memang benar pembelajaran dilakukan berdiskusi / membuat beberapa kelompok itu sangat menyenangkan.Tetapi ada satu anak yang tidak peduli dengan anggota kelompoknya .Dan menurut saya guru terlihat kurang dalam menguasai kelas, sehingga pada proses pembelajaran tidak menjadi kondusif .Lalu siswa tidak serius dalam mengerjakan tugas kelompoknya dan siswa yang malas akan asyik melakukan kegiatan lain ,dan juga mengganggu teman lainnya yang sedang mengerjakan tugas yang diberikan.
Kelemahan guru kurang jelas dalam memberikan arahan apa yang harus dikerjakan oleh siswa tersebut,dan tidak ada target yang mau dicapai ,dan tidak ada juga sanksi bagi yang tidak ikut dalam mengerjakan tugas kelompoknya.
Kelebihan Guru sudah mempersiapkan media cetak untuk dibagikan kepad siswa yang sudah dibuat kelompok .
Menurut saya membuat kelompok sebaikny jangan semua laki -laki/ Perempuan. Usahakan hasil diskusi dikash waktu ,jadi tidak terlalu lama untuk membacakan hasil kerja kelompok mereka. Ganti metode yang begitu relevan dan semenarik mungkin.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb.
Nama : sevia auliani
Nim : 857109519
Prodi : S1-PGSD
Setelah saya menyimak Vidio di atas cara guru untuk memberikan mata pelajaran dengan Sistem berkelompok sangat kooperatif sekali untuk memberi kemudahan anak dalam memahi pelajaran dan bagi siswa yang kurang pd dapat bisa lebih interaktif dalam dalam berdiskusi.
Nama: Dona Larasati
Nim : 856982854
Upbjj : Bandar Lampung
Menurut saya setelah saya melihat vidio tersebut ada banyak yang harus di pelajari bahwasanya kita sebagai guru harus bisa menjadikan murid untuk mau berkelompok dengan teman sebayanya dikarenakan dengan begitu mereka punya rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan oleh guru.
Nama : mega hati hasibuan
Nim : 859198405
Pokjar : Rantauprapat
Menurut video yang suda saya lihat/tonton sebelum memberikan tugas kelompok kepada siswa/i terlebih dahulu sebaiknya kita sebagai seorang guru menjelaskan materi tersebut dengan jelas dan d pahami seluruh siswa/i kemudian kita sebagai seorang guru harus membuat daya tarik atau tantangan peserta didik untuk dapat menyelesaikan mengerjakan tugas kelompok.
Kelebihan dari tugas kelompok ialah, kita dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan mudah.
Kekuranganya ialah adanya anak yang tidak ikut serta dalam pengerjaan tugas kelompok.
Solusiny, kita dapat membuat saksi untuk anak yang tidak ikut menyelesaikan tugas kelompok.