silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Nama : Arifman lombu
Nim : 855852925
Pokjar : Idanogawo
Setelah saya menonton video tersebut sebelumnya saya sangat mengapresiasi dan sangat memberikan dampak positif. Dimana di video tersebut meningkatkan keaktifan dan minat belajar seorang siswa. Dimana seorang guru melengkapi semua bahan belajar dan serta gambar untuk membuat siswa tersebut cepat menangkap tiap-tiap penjelasan tersebut.
video tersebut juga, sebagai seorang guru untuk menentukan setiap kelompok itu, bahan belajar nya menentukan judul dengan bahan belajar berbeda-beda setiap kelompok.
Nama : Mercy Pirjayanti
Nim : 856271846
Pokjar
Berdasarkan video tersebut dapat disimpulkan bahwa
1. Model pembelajaran kooperatif tersebut efektif digunakan dalam belajar karna dapat menghindari siswa dalam menganggu temannya saat belajar, berperan aktif dalam diskusi, tanggung jawab dalam tugasnya dan menimbulkan komunikasi yang baik dalam kelompoknya
2. Langkah langkah pembelajarannya sangat terstruktur sekali
3. Penyampaian tujuan pembelajaran tersebut sangat perlu disampaikan sehingga siswa menyimak setiap point’ yang diajarkan oleh gurunya
4. Saya melihat tidak ada kelemahan dari model ini karna metode diskusi ini salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh siswa pada umumnya yang mana ragu dalam menyampaikan pendapatnya dan hanya siswa yang aktif yang sering menonjol dalam metode ini. Akan tetapi model ini dapat memberikan kesempatan kepada semua siswa dalam menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan atas jawaban yang diberikan oleh siswanya
Nama : Mercy Pirjayanti
Nim. : 856271846
Berdasarkan video diatas dapat disimpulkan
1. Model pembelajaran kooperatif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dimana semua siswa dapat berperan aktif dalam diskusi tanpa adanya perasaan ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya. Semua siswa diberikan kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan setelahnya
2. Tidak adanya kekurangan dalam model ini karnasemua siswa memiliki tanggung jawab dari masing masing kelompoknya
3. Penyampaian tujuan pembelajaran sangat perlu di sampaikan kepada siswa sehingga siswa dapat fokus dan menyimak setiap point’ yang disampaikan oleh gurunya
Nama : Mercy Pirjayanti
Nim. : 856271846
Berdasarkan video diatas dapat disimpulkan
1. Model pembelajaran kooperatif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dimana semua siswa dapat berperan aktif dalam diskusi tanpa adanya perasaan ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya. Semua siswa diberikan kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan setelahnya
2. Tidak adanya kekurangan dalam model ini karnasemua siswa memiliki tanggung jawab dari masing masing kelompoknya
3. Penyampaian tujuan pembelajaran sangat perlu di sampaikan kepada siswa sehingga siswa dapat fokus dan menyimak setiap point’ yang disampaikan oleh gurunya
Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran Meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok 1. Siswa terlihat tidak tertib dan tidak disiplin mereka lebih asyik bermain dan berbicara kepada teman. Sehingga siswa tidak fokus pada apa yang mereka kerjakan. Mereka lebih cenderung bermain dan mengandalkan temannya saja. 2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah membiarkan siswanya begitu saja tanpa memberikan mereka arahan untuk bisa tertib dalam kerja kelompok. Sehingga siswa tidak merasa bahwa yang mereka perbuat itu mengganggu konsentrasi siswa lainnya dalam belajar. 3. Kelebihan dari videa tersebut guru memberikan media cetak kepada siswa untuk melakukan kerja kelompok dan mengevaluasi hasil kerja kelompok yang mereka analisis. 4. Upaya yang dilakukan guru agar siswa lebih kondusif dan tertib dalam belajar ialah memberikan sanksi kepada siswa yang tidak sungguh-sungguh belajar. Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati. Guru memberikan dukungan kepada siswa saat belajar agar mereka lebih aktif lagi
Assalamualaikum wr wb izin menanggapi vidio
Nama : Naimatul husna
Nim : 858953296
Program Study : S1 PGSD
Semester : 6
UPBJJ : UT jember (Pokjar Kalisat)
setelah saya menyimak vidio tentang “meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok” tanggapan saya yaitu
-kekurangan atau kendala
1. kurangnya kerja sama antar kelompok
2. murid tidak fokus dalam mengerjakan tugas kelompok
3. kurangnya partisiapasi siswa
4. arahan guru yang kurang jelas
5, tidak adanya sangsi bagi anak yang tidak mengerjakan tugas kelompok
-solusi
1. guru mengemukakan topik yang akan dibahas, tujuan, dan langkah-langkah kegiatan belajar
2. pembentukan kelompok secara merata dan tugas yang berbeda
3. adanya sangsi jika siswa tidak mengerjakan tugas kelompok
4. mempresentasikan hasil diskusi secara bergilir
5. guru memperdalam dan memperkaya hasil diskusi kelompok
Nama : Milawati
Nim : 856467514
UPBJJ : UT PEKAN BARU
POKJAR :PELALAWAN
Menelaah vidio tentang pembelajaran berkelompok diatas memang ada beberapa hal yang harus lebih kita cermati lagi sebagai seorang guru.
Disana masih terlihat bahwa guru tersebut kurang menguasai kondisi kelas yang memang kurang kondusip setelah dibagi bebrapa kelompok’akan tetapi dipenghujung vidio sudh terlihat dimana guru tersebuat sudah menguasai kelas dengan mengubah metode pembagian kelompok.
menurut saya sesuai dengan penjelasan vidio tadi bahwa,apabila ada pembagian tugas kelompok ada beberapa hal yang harus dilakukan,diantaranya
– Membagi anak jangan terlalu banyak dalam satu kelompoknya
– Adanya tujuan yang jelas dari tugas kelompok yang dikerjakan
– Tugas yang diberikan harus menarik
– Anak wajib memberikan suatu sajian berupa Presentasi kedepan kelas Akan Tugas yang dikerjakannya
– Guru wajib memberikan evaluasi dari hasil kelompok mereka.
sekian terimakasih
NIM: 858925684
MATKUL : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
POKJAR: PURWOHARJO
a. Respon siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas tersebut beragam. Terdapat beberapa siswa yang fokus menerjakan tugas dan beberapa siswa yang lain justru bermain-main dengan temannya.
b. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut ialah tidak menyampaikan kegiatan peembelajaran diawal pembelajaran dimulai. Guru kurang tegas terhadap siswa yang tidak tertib didalam kelas.
c. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut ialah mampu menertibkan kondisi di kelas dengan metode pembelajaran yang sudah ditentukan oleh guru. Pada pembelajaran tersebut, guru menggunakan metone pembelajaran cooperatif learning dengan teknik JIGSAW. Kondisi pembelajaran di kelas menjadi terlaksana dengan baik. Dengan mengajak siswa untuk menyebutkan 5 hewan yang biasa dipelihara oleh manusia, lalu menjadikan jawaban siswa tersebut sebagai topik pembelajaran di kelas.
d. Menurut saya tidak ada hal unik di dalam pembelajaran video tersebut.
e. Upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan kualitas belajar adalah dengan memberi sanksi kepada siswa yang tidak tertib, dengan begitu siswa diajarkan tanggung jawab di dalam lingkungan kelas maupun sekolah.
Nama: Muhammad edgar yunanda
NIM: 858920037
UPBJJ: JEMBER
POKJAR:Kalisat/Semester 6 A
Analisis GPO
Link:https://drive.google.com/file/d/1Vk0Qc_pyvj1_ZzzhOnq5WQqArsSc2ps6/view?usp=drivesdk
Menurut pandangan saya setelah melihat video pembelajaran tersebut saya tertarik pada metode belajar kelompok yang mana metode tersebut menjadi suatu alternatif untuk menumbuhkan kerjasama tim/kolaborasi antara murid yang mana skil kolaborasi akan menjadi salah satu skill yang bisa untuk menunjang belajar siswa tidak hanya di ruang kelas tapi juga kolaboratif juga sangat penting dalam bermasyarakat yang akan membawa siswa kepada karakter gotong royong yang baik untuk memecahkan permasalahan bersama
Nama: Muhammad edgar yunanda
NIM: 858920037
UPBJJ: JEMBER
POKJAR:Kalisat/Semester 6 A
Analisis GPO
Link:https://drive.google.com/file/d/1Vk0Qc_pyvj1_ZzzhOnq5WQqArsSc2ps6/view?usp=drivesdk
Menurut pandangan saya setelah melihat video pembelajaran tersebut saya tertarik pada metode belajar kelompok yang mana metode tersebut menjadi suatu alternatif untuk menumbuhkan kerjasama tim/kolaborasi antara murid yang mana skil kolaborasi akan menjadi salah satu skill yang bisa untuk menunjang belajar siswa tidak hanya di ruang kelas tapi juga kolaboratif juga sangat penting dalam bermasyarakat yang akan membawa siswa kepada karakter gotong royong yang baik untuk memecahkan permasalahan bersama.