silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran ” Meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok ”
1. Siswa terlihat tidak tertib dan tidak disiplin mereka lebih asyik bermain dan berbicara kepada teman. Sehingga siswa tidak fokus pada apa yang mereka kerjakan. Mereka lebih cenderung bermain dan mengandalkan temannya saja.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah membiarkan siswanya begitu saja tanpa memberikan mereka arahan untuk bisa tertib dalam kerja kelompok. Sehingga siswa tidak merasa bahwa yang mereka perbuat itu mengganggu konsentrasi siswa lainnya dalam belajar.
3. Kelebihan dari video tersebut guru memberikan media cetak kepada siswa untuk melakukan kerja kelompok dan mengevaluasi hasil kerja kelompok yang mereka analisis.
4. Upaya yang dilakukan guru agar siswa lebih kondusif dan tertib dalam belajar ialah memberikan sanksi kepada siswa yang tidak sungguh-sungguh belajar. Menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati. Guru memberikan dukungan kepada siswa saat belajar agar mereka lebih aktif lagi.
Nama :EPIWATI WARUWU
NIM : 822941143
Prodi : S1-PGSD
Semester : 8
UPBJJ UT : MEDAN
Setelah saya melihat video di atas, terlihat jelas perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya teknik jigsaw. dimana ada peningkatan kerja sama siswa dalam kelompok, dan mereka terlihat lebih aktif dari pada sebelumnya.
tujuan dari pembelajaran ini berdasarkan video diatas yaitu untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok dengan menggunakan teknik jigsaw. jadi video ini menjadi pedoman bagi kita sebagai guru untuk lebih aktif dan tidak salah dalam mengajar, karena keberhasilan dalam mengajar tergantung kepada kita dan cara kita melakukannya.
terimakasih
Nama : Wulandari
Nim : 856027447
Semester : 6
Matkul : pemantapan kemampuan belajar
1. Reaksi siswa di awal vidio sangat lah tidak kondusif dikarenakan banyak siswa yang bercerita dan bermain, mereka tidak mengikuti alur kerja kelompok ataupun diskusi dengan baik. Namun di vidio selanjutnya masing-masing siswa mulai ikut berpartisipasi mengikuti arahan guru untuk mengikuti pelajaran bengan metode kerlompok ataupn diskusi pada saat itu.
2. Kelemahan kegiatan di awal vidio terlihat guru tidak membuka kelas dengan baik sehingga banyak siswa yang sepele tentang hal yang di arahkan oleh guru, contohnya seperti guru tidak menyampaikan secara jelas susunan-susunan kegiatan yang harus dilakukan dalam proses kerja kelompok tersebut, guru juga tidak menjelaskan fungsi dan tujuan kegiatan berkelompok dan fungsi dan tujuan mempelajari materi yang akan di sampaikan pada saat itu.
3. Kelebihan sang guru terlihat di pertengahan vidio yaitu, guru membuka kelas dengan menarik dan menjelaskan topik yang akan di sampaikan, guru juga Menyusun kegiatan apa yang harus di lakukan dalam proses kerja kelompok tersebut dan guru juga mengikut sertakan pendapat siswaterhadap materi yang di sampaikan, sehingga siswa antusias mengeluarkan pendapat.
4. Hal unik didalamnya yaitu guru Menyusun agenda pembelajaran dengan terperinci dan masing-masing siswa mengikuti alur kegiatan dengan kondusif tanpa ada kelalaian dari susunan agenda yang telah di rancang ,sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancer dan antusias siswa sangat besar dalam melakukan kegiatan yang telah disusun tersebut
5. Hal yang dilakukan yaitu memberikan apresiasi kepada siswa ataupun kelompok yang mengerjakan tugas serta berprilaku dengan baik semasa pembelajaran berlangsung,dengan demikian siswa akan meningkatkan kualitas belajar dan turut berpartisipasi aktifdalam kegiatan selanjutnya.
Nama : Juny Ancy Cristin
Nim : 856027382
Prodi : PGSD
Pokjar : Binjai
Kelas : 6A.2
Kelompok : 4
Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut siswa terlihat tidak serius untuk mengikuti pembelajaran siswa juga asik dengan kegiatannya masing-masing dan terlihat tidak peduli dengan pembelajarannya tetapi setelah guru tersebut membuat model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw terlihat reaksi siswa pun berubah menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan teknik jigsaw terlihat bahwa guru tersebut tidak menegur siswa yang ribut dan yang asik bermain di kelas dan ketika guru tersebut sudah menggunakan teknik jigsaw menurut saya dalam memberikan pertanyaan kepada siswa sebaiknya guru tersebut menunjuk siswa yang akan menjawab pertanyaan tersebut tujuannya agar semua siswa bisa menjadi aktif dan lebih berani menjawab pertanyaan sendiri tanpa harus menjawab secara beramai-ramai.
Kemudian menurut saya kelebihan dari guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut dapat memilih model pembelajaran dan teknik pembelajaran yang sangat tepat untuk di lakukan dalam kegiatan belajar kelompok yaitu model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw yang sehingga siswa pun menjadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas kelompok mereka, siswa pun menjadi lebih serius dan senang mengikuti pelajaran tersebut siswa juga menjadi lebih aktif dan lebih cepat mengerti pelajaran yang sedang dilakukannya dengan cara berkelompok.
Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu siswa sangat ribut dan tidak menghiraukan guru nya mereka malah asik bermain , dan ada juga siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompoknya malah mengganggu temannya yang sedang mengerjakan tugas kelompok.
Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu :
Menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw agar siswa juga bisa menjadi lebih aktif, kemudian bentuk beberapa kelompok dan berikan masing- masing pembahasan yang berbeda-beda agar setiap kelompok lebih berpikir serius dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, dan guru juga harus melibatkan semua siswa dalam melaksanakan tugas kelompok, guru harus selalu melihat cara kerja siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya masing-masing agar semua siswa menjadi lebih aktif.
nama : ULYATUL HASANAH
NIM : 858168292
Program studi : S1 PGSD BI
setelah saya mengamati vidio tersebut memang benar pembelajaran dengan berdiskusi dengan kelompok itu sangat menyenangkan akan tetapi pasti ada salah satu anak yang tidak peduli dengan kelompoknya, nah disini tugas dari seorang guru harus bisa memilih model pembelajaran yang cocok untuk mengaktifkan seluruh peserta didik, seperti model pembelajaran kooperatif tipe TGT itu sangat mengaktifkan siswa sebab seluruh siswa berperan aktif dalam turnamen mereka semua berambisi untuk mendapatkan poin. masih banyak lagi model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa, setelah mereka berdiskusi alangkah baiknya mereka mempresentasikan apa yang sudah didiskusikan tersebut hal itu melatih untuk mengeluarkan pendapatnyanya
Nama : Juny Ancy Cristin
Nim : 856027382
Prodi : PGSD
Pokjar : Binjai
Kelas : 6A.2
Kelompok : 4
1.) Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut siswa terlihat tidak serius untuk mengikuti pembelajaran siswa juga asik dengan kegiatannya masing-masing dan terlihat tidak peduli dengan pembelajarannya tetapi setelah guru tersebut membuat model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw terlihat reaksi siswa pun berubah menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan teknik jigsaw terlihat bahwa guru tersebut tidak menegur siswa yang ribut dan yang asik bermain di kelas dan ketika guru tersebut sudah menggunakan teknik jigsaw menurut saya dalam memberikan pertanyaan kepada siswa sebaiknya guru tersebut menunjuk siswa yang akan menjawab pertanyaan tersebut tujuannya agar semua siswa bisa menjadi aktif dan lebih berani menjawab pertanyaan sendiri tanpa harus menjawab secara beramai-ramai.
3.) Kemudian menurut saya kelebihan dari guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut dapat memilih model pembelajaran dan teknik pembelajaran yang sangat tepat untuk di lakukan dalam kegiatan belajar kelompok yaitu model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw yang sehingga siswa pun menjadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas kelompok mereka, siswa pun menjadi lebih serius dan senang mengikuti pelajaran tersebut siswa juga menjadi lebih aktif dan lebih cepat mengerti pelajaran yang sedang dilakukannya dengan cara berkelompok.
4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu siswa sangat ribut dan tidak menghiraukan guru nya mereka malah asik bermain , dan ada juga siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompoknya malah mengganggu temannya yang sedang mengerjakan tugas kelompok.
5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu :
Menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw agar siswa juga bisa menjadi lebih aktif, kemudian bentuk beberapa kelompok dan berikan masing- masing pembahasan yang berbeda-beda agar setiap kelompok lebih berpikir serius dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, dan guru juga harus melibatkan semua siswa dalam melaksanakan tugas kelompok, guru harus selalu melihat cara kerja siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya masing-masing agar semua siswa menjadi lebih aktif.
Nama : Linda Sholikhatul Mahmudah
NIM : 857604628
Prodi : PGSD BI
UPBJJ UT Purwokerto
Analisis video tentang “Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Menyelesaikan Tugas secara Berkelompok”
Dalam penayangan awal terlihat siswa saat sedang mengerjakan tugas kelompok asyik main sendiri, tidak peduli dengan tugasnya. Siswa yang malas cenderung bergantung pada teman kelompoknya dalam mengerjakan tugas.
Faktor yang menyebabkan adalah tugas yang diberikan kurang menarik dan menantang, guru kurang jelas dalam memberi arahan tugas apa yang harus dikerjakan, tidak ada target yang jelas yang harus dicapai siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak ikut bekerja.
Kemudian, tayangan selanjutnya menampilkan kondisi kelas saat guru sudah memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut, tugas yang diselesaikan secara berkelompok menjadi teratur dan berjalan sesuai aturanya. Tidak ditemukan lagi siswa yang bermain sendiri, karena mereka sibuk mengerjakan tugas bagian mereka masing-masing. Alternatif cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran koopratif teknik jigsaw. Dalam video dicontohkan pada materi jenis-jenis hewan dan karakteristiknya.
Dalam penerapan cara mengatasi masalah tersebut, guru mempunyai beberapa tahapan yaitu :
– Pendahuluan : guru membuka pelajaran, mengemukakakn topi, tujuan yg akan dicapai, langkah kegiatan belajar
– Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 5 orang
– Setiap orang mempunyai tugas berbeda sesuai dengan hewan peliharaan yang dibagi
– Setiap anggota kelompok akan bergabung dengan kelompok lain yang mendapat jenis hewan yang sama untuk mengidentifikasi sifatnya
– Lama waktu diskusi dibatasi dan diketahui oleh siswa
– Setiap siswa kembali kelompoknya masing-masing kemudian dilaporkan apa yang sudah didapat untuk didiskusikan di kelompoknya
– Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi secara bergiliran
Nama : Wardatul Jannah Siregar
Nim : 8560
Nama: Wardatul Jannah Siregar
Nim : 856021525
Prodi : PGSDS1
1. Pada tampilan video tersebut pada awal pembelajaran guru terlihat tidak melakukan pendahuluan, sehingga siswa tidak memiliki pokus terhadap guru.
2. Guru juga kurang dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan minat siswa.
3. Penggunaan metode masih kurang sempurna, dimana penggunaan metode cara oleh lugu terlihat seperti tidak dikuasai oleh guru itu sendiri.
4. Siswa berperan aktif dalam sesi diskusi kelompok
Nama :Norpitasari
Nim : 836993354
Pokja: pontianak
Setelah saya menyimak atau melihat video diatas bahwa didalam video itu terlibat jelas anak-anak kurang efektif didalam melakukan tugas kelompok karena banyaknya bermain sendiri tanpa membantu kawan yang lain. Dan di tengah pelajaran juga ada kemampuan guru untuk menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi aktif belajar dan menjawab setiap pertanyaan gurunya sehingga siswa menjadi antusias dan penuh semangat. Dan dipembelajaran itu juga ada kelemahan guru yaitu guru tidak bisa memperhatikan siswa satu persatu didalam kelompok belajar sehingga siswa kurang efektif dan menimbulkan keributan. Hal yang unik dari setiap siswa, siswa bisa menampilkan setiap kelompoknya dengan baik dan menggunakan gambar media cetak sehingga guru bisa memberikan nilai dan pujian bagi setiap siswa yang ada. Hanya ini yang dapat saya sampaikan terimaka kasih.