Similar Posts
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Nama: Natasya Carenina Lase
Nim: 859900131
Refleksi GPO
kelebihan:
1. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk memberikan jawaban atas kesimpulan yang mereka dapat dari dalam buku cerita.
2. Membagi siswa menjadi 4 kelompok sehingga diskusi lebih mudah
Kelemahan:
1. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pelajaran dan tidak memberikan refleksi pembelajaran.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Nama : Shalma Aulia
NIM : 857367994
UPBJJ : Bogor
Izin memberikan tanggapan terhadap vidio tersebut.
Diawal vidio Reaksi peserta didik selama kegiatan pembelajaran terlihat fokus untuk mendengarkan dan menuruti apa yang diperintahkan oleh gurunya dengan penuh semangat.
Dalam Vidio tersebut juga memiliki Kelebihan, yaitu guru tersebut dengan sigap mengubah metode pembelajarannya, dari individu menjadi berkelompok, menngingat metode sebelumnya kurang efektif bagi siswa dalam memahami cerita yang dibacannya. gurunya juga sangat perhatian, lemah lembut dalam mengajari dan membimbing para peserta didik.
Adapun kelemahannya, yaitu guru langsung memberikan tugas tanpa mengawali dengan salam dan sapaan kepada para peserta didik.
Hal uniknya adalah guru membantu para peserta didik untuk berdiskusi dalam keadaan kelas yang sudah rapi dan kondusif.
Upaya yang dilakukan kedepannya adalah, supaya guru tersebut dapat memberikan reward, berupa pujian kepada peserta didik ketika sudah selesai dalam melakukan tugasnya.
Bismillah…. Maaf Resti Nurfauziah 857530556 Ijin mengomentari.
Permasalahan nya.
Permasalahan yang biasa terjadi yaitu Kurangnya pemahaman terhadap isi teks , siswa kurang memahami apa yang dibaca sehingga kesulitan menangkap pesan utama, kosakata yang minim membuat pembaca sulit menangkap isi cerita terutama Ketika ada istilah / ungkapan yang tidak familiar, dan tidak bisa membedakan ide pokok dan rincian / tidak mampu melihat inti cerita.
Kelemahannya.
1. Guru tidak melakukan pembukaan, guru terburu-buru mengarahkan untuk membuka buku paket siswa.
2. Siswa terlihat kebingungan dengan metode yang kurang menarik
3. Guru tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang di berikan kepada siswa dan guru tidak merefleksi siswa sehingga siswa tampak terlihat tegang.
4. Guru terlalu terburu- buru menyuruh siswa untuk menyimpulkan isi ceritanya sampe siswa tampak merasa bingung.
Kelebihannya.
1. Guru mengapresiasi siswa yang telah memahami dan menyimpulkan isi cerita.
2. Sebagian siswa lebih aktif dalam menyampaikan isi cerita meskipun media yang digunakan kurang menarik.
Kesimpulan
Upaya perbaikan yang harus dilakukan dalam peningkatan pembelajarannya :
1. Seharusnya guru dapat lebih mengendalikan suasana kelas, agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
2. Guru harus dengan maksimal dalam mennyampaikan pembelajaran kepada siswa, guru harus lebih aktif dan kreatif untuk mendorong siswa terhadap suatu cerita.
3. Wawasan seorang guru harus lebih ditingkatkan lagi untuk meningkatkan pembelajaran yang lebih baik dan lebih berkualitas dalam pembelajaran di sekolah.
NAMA : MARTINA
NIM : 859798728
POKJAR : PALEMBANG
ANALISIS VIDEO https://gurupintar.ut.ac.id/menyimpulkan-isi-cerita-anak/
Bahwa dalam video ini, guru terlihat langsung menyuruh siswa melakukan kegiatan membaca, menurut saya, sebaiknya guru tersebut melakuksn kegiatan pembukaan terkrbih dshulu, dan tidak langsung menyuruh anak membaca.
Kemudian, saat kegiatan membacs, seharusnya guru memantau kegiatan siswa, agar apa yang sedang mereka kerjakan dapat mencaai hasil yang diharapkan.
Adapun solusi yang dapat diterapkan ialah melakuksn kegiatan diskusi kelompok, supaya siswa dapat mengetahui cara untuk menyimpulksn isi cerita anak, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.
Nama : Nur Aminah
NIM : 859774736
Guru belum memaksimalkan diskusi atau tanya jawab dalam menyimpulkan cerita, jadi siswa cenderung pasif dan kurang terlibat aktif.
nama : putri nur agustina
nim : 858928705
1. Secara keseluruhan apa saja kelebihan pembelajaran dalam video tersebut?
Jawab: Dalam video tersebut guru melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Menyimpulkan isi cerita anak. Guru mengarahkan dengan baik untuk menyimpulkan isi cerita, seperti membimbing siswanya secara langsung untuk memperhatikan dalam penyimpulan cerita,
2. Secara keseluruhan apa saja kekurangan pembelajaran dalam video tersebut?
Jawab: Dalam video tersebut guru melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menyimpulkan isi cerita anak. Dalam pembelajaran tersebut pada tahap awal guru tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran dan bagaimana langkah-langkah untuk menyimpulkan cerita. Siswa terlihat kebingungan karena metode pembelajaran tersebut terlalu sederhana.
3. Analisis atau identifikasi masalah dalam video pembelajaran!
Jawab: Guru tidak menyamapikan tujuan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dan guru tidak meberikan langkah-langkah menyimpulkan isi cerita.
4. Alternatif pemecahan masalah dalam video pembelajaran
Jawab :
1. Sebelum melakukan kegiatan pembelajarn guru harus menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar kegiatan pembelajaran lebih terarah.
2. Pada tahap awal guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa mempunyai gambaran tentang materi dan siswa dapat fokus pada materi.
3. Guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efisien agar siswa dapat memahaminya seperti menggunakan media visual.
Nama : Novi Nur’janah Indriani
Nim : 877837875
Secara keseluruhan guru membimbing siswa untuk membuat dan mengerjakan tugas kelompok dalam menyimpulkan isi cerita.
Guru mendampingi siswa, dalam pembelajaran.
kekurangan : Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dan tidak menjelaskan langkah- langkah dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa kebingungan. Guru sebaiknya membuat rpp agar pembelajaran lebih tersusun dan terarah. Sebaiknya guru menggunakan pendekatan yang lebih menarik agar siswa mudah dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Kharohma Lisdiatun
NIM : 858430711
UPBJK : SAMARINDA
Analisis Video Pembelajaran
1. Judul dan alamat Sumber daring Vidio
▪ Judul Video Pembelajaran : SD64 Menyimpulkan Isi Cerita Anak Laboratorium
Pembelajaran PGSD
▪ Sumber Daring Video: https://youtu.be/W7dkpFSeHtc?si=F2IVs0r7plnbyZqd
2. Ringkasan Isi Video :
Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dalam menyimpulkan isi dari cerita
yang telah dibaca oleh peserta didik. Di awal video guru menyuruh peserta didik untuk
membaca buku yang berisi cerita kemudian setelah dibaca setiap anak disuruh untuk
menyampaikan kesimpulan yang ada dalam cerita tersebut, namun setiap siswa tidak bisa
menyimpulkannya. Kemudia guru melakukan perubahan metode belajar dengan
menggunakan metode diskusi dimana setiap peserta didik membuat kelompok kemudian
bersama-sama menyampaikan kesimpulan cerita tersebut.
3. Kelemahan pembelajaran dalam video
a. Pengamatan pada guru :
o Tidak ada Motivasi
o Tidak Menggunakan alat peraga yang menarik
o Tidak menginformasikan tujuan pembelajaran
b. Pengamatan Kepada Siswa
▪ Tidak ada keaktifan siswa
▪ Siswa kurang bersemangat dalam menyampaikan cerita
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
Guru Aktif dalam mendengarkan siswa berpedapat.
5. Hal unik dalam pembelajaran video
Guru menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran
Nama : MILA DWI ASRININGRUM
NIM : 858919516
Dalam video di atas, guru tidak memberikan penjelasan tentang cara menyimpulkan isi suatu cerita. Di awal pertemuan guru juga tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran ataupun pertanyaan pemantik tentang pelajaran yang akan dilaksanakan. Guru kurang melakukan pendekatan terhadap siswa sehingga siswa tidak paham terkait dengan pelajaran yang disampaikan. Setelah mengetahui bahwa siswa tidak memahami cara menyimpulkan isi suatu cerita, guru mengubah pendekatan terhadap siswa yang awalnya menggunakan metode belajar mandiri dengan metode diskusi dengan bimbingan guru. Terbukti dengan cara tersebut, siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan siswa mampu menjelaskan kesimpulan isi suatu cerita.