silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

167 Comments

  1. Nama : Nila Dewi Aprianti Nim : 858432184 Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran. Kelebihan : •Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik. •Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya. •Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari. Kekurangan : •Guru tidak memulai pelajaran dengan doa. •Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.

  2. Nama : Nila Dewi Aprianti
    Nim : 858432184

    Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
    Kelebihan :
    •Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
    •Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
    •Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.

    Kekurangan :
    •Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
    •Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara anak didik bisa mengambil pelajaran dari cerita.

  3. Nama : Nila Dewi Aprianti
    Nim : 858432184
    Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
    Kelebihan :
    •Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
    •Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
    •Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.
    Kekurangan :
    •Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
    •Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali.
    •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung.
    •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.

  4. Nama: Marsinen
    Nim: 856589063
    UPBJJ: jambi
    setelah menyimak video ini, menurut saya dengan metode mengajar seperti di video ini itu akan membuat siswa tidak paham,dan siswa akan gampang bosan dengan pembelajaran tersebut, karna guru lansung masuk ke inti pelajaran dengan meminta siswa lansung membaca buku dan kemudian membagi kelompok metode seperti ini sangat tidak cocok untuk pembelajaran di sekolah dasar.

    Saran: saran saya alangkah baiknya sebelum memulai pelajaran kita sebagai pengajar harus menguasai kelas dulu.
    Boleh dengan masuk kelas ucapakan salam,tanya kan kabar siswa dulu kita sebagai guru juga bisa menanyakan keadaan siswa terlebih dahulu gunanya untuk mencairkan suasana kelas agar tidak terlalu menegakkan dan kelas bisa berjalan dengan senang.
    Terutama untuk anak SD mereka dalam masa suka bermain jadi kita sebagai guru wajib mengenal siswa dan bagaimana agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran kita.

  5. Menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut banyak sekali kekurangan, tidak ada Tahapan awal pembelajaran sama sekali,
    Kekurangan :
    *Guru tidak mengarahkan siswa berdoa sebelum pembelajaran di mulai,
    *Guru tidak melakukan pembukaan,
    *Tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran,
    guru terburu-buru Menyuruh siswa menyimpulkan certa tersebut Tanpa Memberi pemahaman bagaimana cara Pembelajaran yang di lakukan tersebut Bahkan guru nya tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran inilah yg akan Menyebabkan Pembelajaran di sekolah kurang Efektif

    Kelebihan :
    * Memberikan solusi cepat dalam menyimpulkan
    *Guru Aktif dalam mendengarkan Hasil diskusi siswa.

  6. Nama : Nurafik Ariza
    NIM : 857602498
    UPBJJ-UT PURWOKERTO

    Pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, anak terlihat tegang dan terpaku pada buku . Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan pemantik atau membuat kaitan tentang materi yang akan dipelajari. Seharusnya guru dapat memberikan gambaran atau contoh kepada para siswa bagaimana cara menyimpulkan isi cerita terlebih dahulu

  7. Nama : Eka Galih Tahliyah Putri
    NIM : 857533924
    UPBJJ : Bandung

    Analisis Video Pembelajaran

    Reaksi Anak:
    Siswa awalnya kesulitan saat belajar mandiri, namun menjadi lebih antusias dan aktif saat belajar dengan metode diskusi kelompok.

    Kelebihan:
    • Mendorong siswa berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapat
    • Meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama
    • Suasana kelas lebih hidup dan interaktif

    Kekurangan:
    • Pembukaan pembelajaran kurang terstruktur (misal: doa, absen, apersepsi)
    • Tujuan pembelajaran tidak dijelaskan
    • Penjelasan materi oleh guru kurang, sehingga diskusi kurang terarah

    Hal Unik:
    Metode diskusi berhasil mengubah suasana kelas dari pasif menjadi aktif, dan memantik semangat belajar siswa.

    Upaya Peningkatan:
    • Mulai pembelajaran dengan pembukaan terstruktur (doa, absen, apersepsi)
    • Jelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas
    • Guru memberikan penjelasan materi sebelum diskusi dimulai
    • Kombinasikan diskusi dengan metode lain (misal: tanya jawab)
    • Berikan kesempatan refleksi setelah diskusi

Leave a Reply