Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama : Nila Dewi Aprianti Nim : 858432184 Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran. Kelebihan : •Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik. •Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya. •Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari. Kekurangan : •Guru tidak memulai pelajaran dengan doa. •Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama : Nila Dewi Aprianti
Nim : 858432184
Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan :
•Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
•Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
•Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.
Kekurangan :
•Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
•Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara anak didik bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama : Nila Dewi Aprianti
Nim : 858432184
Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan :
•Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
•Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
•Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.
Kekurangan :
•Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
•Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali.
•Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung.
•Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama: Marsinen
Nim: 856589063
UPBJJ: jambi
setelah menyimak video ini, menurut saya dengan metode mengajar seperti di video ini itu akan membuat siswa tidak paham,dan siswa akan gampang bosan dengan pembelajaran tersebut, karna guru lansung masuk ke inti pelajaran dengan meminta siswa lansung membaca buku dan kemudian membagi kelompok metode seperti ini sangat tidak cocok untuk pembelajaran di sekolah dasar.
Saran: saran saya alangkah baiknya sebelum memulai pelajaran kita sebagai pengajar harus menguasai kelas dulu.
Boleh dengan masuk kelas ucapakan salam,tanya kan kabar siswa dulu kita sebagai guru juga bisa menanyakan keadaan siswa terlebih dahulu gunanya untuk mencairkan suasana kelas agar tidak terlalu menegakkan dan kelas bisa berjalan dengan senang.
Terutama untuk anak SD mereka dalam masa suka bermain jadi kita sebagai guru wajib mengenal siswa dan bagaimana agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran kita.
Menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut banyak sekali kekurangan, tidak ada Tahapan awal pembelajaran sama sekali,
Kekurangan :
*Guru tidak mengarahkan siswa berdoa sebelum pembelajaran di mulai,
*Guru tidak melakukan pembukaan,
*Tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran,
guru terburu-buru Menyuruh siswa menyimpulkan certa tersebut Tanpa Memberi pemahaman bagaimana cara Pembelajaran yang di lakukan tersebut Bahkan guru nya tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran inilah yg akan Menyebabkan Pembelajaran di sekolah kurang Efektif
Kelebihan :
* Memberikan solusi cepat dalam menyimpulkan
*Guru Aktif dalam mendengarkan Hasil diskusi siswa.
Nama : Nurafik Ariza
NIM : 857602498
UPBJJ-UT PURWOKERTO
Pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, anak terlihat tegang dan terpaku pada buku . Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan pemantik atau membuat kaitan tentang materi yang akan dipelajari. Seharusnya guru dapat memberikan gambaran atau contoh kepada para siswa bagaimana cara menyimpulkan isi cerita terlebih dahulu
Nama : Eka Galih Tahliyah Putri
NIM : 857533924
UPBJJ : Bandung
Analisis Video Pembelajaran
Reaksi Anak:
Siswa awalnya kesulitan saat belajar mandiri, namun menjadi lebih antusias dan aktif saat belajar dengan metode diskusi kelompok.
Kelebihan:
• Mendorong siswa berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapat
• Meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama
• Suasana kelas lebih hidup dan interaktif
Kekurangan:
• Pembukaan pembelajaran kurang terstruktur (misal: doa, absen, apersepsi)
• Tujuan pembelajaran tidak dijelaskan
• Penjelasan materi oleh guru kurang, sehingga diskusi kurang terarah
Hal Unik:
Metode diskusi berhasil mengubah suasana kelas dari pasif menjadi aktif, dan memantik semangat belajar siswa.
Upaya Peningkatan:
• Mulai pembelajaran dengan pembukaan terstruktur (doa, absen, apersepsi)
• Jelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas
• Guru memberikan penjelasan materi sebelum diskusi dimulai
• Kombinasikan diskusi dengan metode lain (misal: tanya jawab)
• Berikan kesempatan refleksi setelah diskusi