silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

171 Comments

  1. Nama : ERNI SRIHARTINI
    NIM : 858879136

    menurut saya, guru tersebut sabar dalam membimbing siswa, penjelasan guru tersebut mudah dipahami dan menggunakan bahasa sederhana dan tidak berbelit-belit. selain itu menurut saya penjelasan jelas dan enak didengar. guru juga membimbing siswa jika ada yang mengalami kesulitan.
    kekurangannya :
    metode yang digunakan kurang bervariasi sehingga proses belajar mengajar menjadi sedikit monoton.
    Terimakasih

  2. Nama :Yuliani lawolo
    Nim :859876172
    Upbjj :Medan
    Pokjar :Idanogawo
    Prodi :PGSD
    Izin memberikan tanggapan bapak ibu,dari video di atas adanya kelebihan dan kelemahan saat mengajar di kelas,dimana kelebihannya ,guru mengajak anak untuk belajar mengambil kesimpulan di setiap cerita yang dibacanya dan melatih anak-anak untuk berperan aktif dengan cara berdiskusi atau membuat kelompok.
    Kelemahannya, dari video di atas guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran tersebut serta langkah-langkah untuk menyimpulkan sebuah bacaan cerita,sehingga anak-anak bingung dan tidak tau cara mengambil kesimpulan tersebut.

  3. Nama : LAILA RAHMAH PURBA
    NIM : 860109832
    Judul Video : Menyimpulkan Isi Cerita Anak

    Menurut pendapat saya video ini memiliki :
    Kekurangan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti Doa, dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
    2. Guru tidak membimbing/memantau secara langsung kegiatan siswa sehingga siswa tidak bisa mencapai hasil yang diharapkan oleh guru.

    Kelebihan :
    1. Guru cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah dan membimbing siswa agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran
    2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa karena sudah bisa dan benar dalam menyimpulkan isi cerita anak.
    3. Guru menggunakan metode diskusi dengan semua siswa agar mudah dalam menyimpulkan isi cerita anak

    saran :
    1. Guru membuka kelas dengan kegiatan pembuka
    2. Guru boleh menggunakan metode diskusi tetapi guru harus membimbing siswa secara langsung agar siswa mudah dalam menyimpulkan isi cerita anak.

  4. Nama : Tionom Hutasoit
    NIM : 860129723
    UPBJJ : Medan
    Yang saya dapat dari video ini adalah sebagai berikut
    Kelebihan dari video di atas adalah :
    1. Guru dapat mengubah jalan atau pun alur pembelajaran dengan membentuk diskusi kelompok dimana setiap kelompok menjawab pertanyaan yang diberikan
    2. Guru dengar sabar mendampingi serta mengarahkan arah berjalannya diskusi dengan baik
    Kekurangan dari video diatas adalah :
    1. Guru tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran dan bagaimana langkah-langkah untuk menyimpulkan cerita
    2. Guru tidak memberikan refleksi dalam kehidupan sehari hari serta kesimpulan dari pemebelajaran tersenut.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Tessa Maharani
    NIM: 856609008
    UPBJJ-UT: Palembang

    izin memberikan tanggapan,
    Dari video pembelajaran diatas yang berjudul “SD64 Menyimpulkan Isi Cerita Anak” mengilustrasikan proses pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD dengan tema Membaca Pemahaman (menyimpulkan isi cerita). Pada video tersebut, ada seorang ibu guru yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran, dimana siswa diminta membaca sebuah cerita pada buku paket dan kemudian menyimpulkan hasil bacaan dari cerita yang dibaca. Kemudian guru meminta siswa untuk menyebutkan apa simpulan dari cerita yang telah dibaca, namun siswa tidak bisa menjawab, ini menunjukan bahwa mereka belum memahami bagaimana cara menyimpulkan isi cerita.
    Kelebihan: guru berusaha mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, dimana dibagi menjadi beberapa kelompok kecil sebagai tempat diskusi bagi siswa. Kemudian guru mendampingi siswa atau memberi bimbingan yang siswa perlukan untuk memahami materi. Kekurangan: kurangnya keterlibatan awal guru pada proses pembelajaran seperti menanyakan kabar siswa untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Kemudian metode awal yang digunakan guru terkesan kurang menarik/monoton. selanjutnya pendekatan pembelajaran yang kurang sehingga menyebabkan siswa kebingungan saat diminta menyimpulkan isi cerita.
    Solusi perbaikan: dapat dilakukan dengan menerapkan apersepsi awal. Metode pembelajaran yang bervariasi seperti permainan peran ataupun penggunaan media visual, sehingga dapat membantu menciptakan kelas yang menyenangkan. Pemaparan materi berupa penjelasan Langkah-langkah yang harus dilakukan siswa sebelum menyimpulkan isi cerita sehingga siswa dapat menyimpulkan dan menjawab tugas yang diberikan.

  6. NAMA : M.HOLIS
    NIM : 856758615

    ANALISIS GPO

    MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK
    KELAS V SD (BAHASA INDONESIA)

    Kelebihan video pembelajaran tersebut :
    1. Mengarahkan siswa untuk menyimpulkan isi dongeng atau cerita
    2. Guru memanajemen kelas untuk siswa dalam membentuk kelompok sebanyak 4 kelompok
    3. Guru secara langsung membimbing siswanya untuk memperhatikan dalam penyimpulan isi dongeng atau cerita yang siswa pahami dimasing-masing kelompok tersebut
    4. Guru menunjukkan salah satu kelompok untuk dapat maju kedepan dalam hal mempresentasikan hasil atau kesimpulan dari isian cerita atau dongeng tersebut dengan perwakilan dimasing-masing kelompok
    5. Siswa lebih aktif pada saat pembagian kelompok dan bersemangat dalam menyampaikan isi cerita didepan kelas
    6. Siswa aktif menanggapi dari penyampaian isi cerita tersebut
    7. Guru mengapresiasi siswa kelasnya telah memahami menyimpulkan isi bacaan disuatu cerita atau dongeng

    Kelemahan video pembelajaran tersebut :
    1. Pada saat awalan guru tidak melakukan pembukaan atau sebagai membuka awal pembelajaran justru guru tersebut langsung mengarahkan siswa untuk membuka buku paket siswa
    2. Pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kebingungan karena metode tersebut konvesional atau terlalu sederhana digunakan
    3. Siswa diarahkan oleh guru nya untuk memahami seluruh isi teks buku paket siswa tersebut secara mandiri ketika guru bertanya tentang isi kesimpulan dari cerita tersebut siswa tampak kebingungan dan tidak tahu secara keseluruhan
    4. Guru memilih metode diskusi yang dimana pilihan tersebut haruslah dengan tepat
    5. Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan pada pembelajaran tersebut

    Hal yang unik ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
    1. Guru dan siswa membaca bersama-sama sesuai dengan kelompoknya
    2. Setelah dibaca pertanyaannya dijawab oleh siswa
    3. Guru membagikan sebuah kertas pada masing-masing kelompok sebagai media untuk menulis isi atau kesimpulan cerita yang dipahami oleh siswa tersebut

    Upaya perbaikan yang akan dilakukan didalam peningkatan pembelajaran tersebut :
    1. Seharusnya guru lebih meksimal untuk memantau atau mengendalikan suasana kelas supaya kondusif dan bersemangat
    2. Sebaiknya guru lebih memperhatikan kembali untuk bagian pembukaan maupun penutupan sebagai penyempurna didalam proses pembelajaran tersebut
    3. Sebaiknya guru lebih melibatkan siswanya aktif didalam diskusi terhadap fenomena suatu cerita atau dongeng
    4. Sebaiknya guru lebih kreatif atau bervariasi dalam mengkemas suatu media pembelajaran maupun materi agar menarik dan menyenangkan para siswa di kelas
    5. Sebaiknya guru perlu meningkatkan diri atau upgrade untuk menambah suatu wawasan maupun pengetahuan demi menunjang kapasistas ia sebagai guru yang lebih baik lagi serta tercapainya tujuan pembelajaran yang berkualitas dan berkompeten

  7. NAMA : MESI MAULIDA LUBIS
    NIM : 859868412
    UPBJJ : MEDAN

    Analisis GPO

    Kelebihan
    1. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar, sehingga mereka dapat mengikuti materi tanpa kesulitan.
    2. Materi ini memperkuat keterampilan literasi dasar, khususnya kemampuan memahami teks naratif dan menyimpulkan inti cerita.
    3. Ilustrasi tokoh dan suasana dalam cerita mampu membangkitkan empati dan imajinasi siswa, memperkuat keterlibatan emosional dalam belajar.

    Kekurangan :
    1. Kurangnya Penggunaan Media Audio-Visual yang Menarik : Gambar,Musik latar, efek suara, atau animasi tambahan dapat membantu meningkatkan fokus dan semangat belajar anak-anak.
    2. Kurangnya Keterlibatan Langsung : Tidak ada aktivitas interaktif seperti tanya jawab, refleksi langsung, atau instruksi untuk berdiskusi.
    3. Kurangnya penyampaian materi melalui cerita visual dan narasi yang familiar bagi anak-anak.
    4. Kurangnya pemantauan guru terhadap aktivitas belajar siswa.

  8. Nama : ANA SELVIA
    NIM. : 859671538
    UPBJJ UT BARADATU

    Menurut saya pembelajaran mengenai materi menyimpulkan isi cerita anak pada kelas 5 SD diatas memiliki beberapa kelebihan, kelemahan dan keunikan.

    Kelebihan video pembelajaran
    Guru dapat mengelola kelas dengan baik, dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan dalam kelompok sangat aktif.

    Kelemahan video pembelajaran
    Guru tidak melakukan kegiatan awal/pendahuluan dengan baik sehingga siswa tidak mendapatkan penguatan di awal pembelajaran.

    Hal yang unik dalam video pembelajaran
    Kegiatan belajar menggunakan metode kooperatif ( berkelompok) berjalan dengan baik setiap siswa aktif dalam diskusi sehingga pemecahan masalah dapat diselesaikan dengan menarik.

    Upaya perbaikan yang harus dilakukan dalam peningkatan pembelajaran
    1. Sebaiknya guru melakukan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan baik sesuai rancangan yang telah dibuat
    2. Sebaiknya guru harus lebih memperhatikan manajemen waktu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

  9. Nama : Dina Endri Lestari
    UPBJJ : Purwokerto
    NIM : 857611053

    Berikut ini hasil analisis saya terhadap video yang berjudul “Menyimpulkan Isi Cerita Anak”

    Dalam video tersebut berisi langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan melalui beberapa tahapan:
    -Membaca cerita
    Siswa diberikan cerita untuk dibaca terlebih dahulu.
    -Diskusi dalam kelompok
    Setelah membaca, siswa diajak berdiskusi dalam kelompok kecil untuk merangkum isi cerita.
    -Presentasi kelompok
    Setiap kelompok kemudian menyampaikan kesimpulan hasil diskusi mereka di depan kelas.
    -Refleksi dan umpan balik
    Guru memberikan tanggapan dan evaluasi terhadap hasil diskusi siswa, sekaligus mengajak mereka untuk merefleksikan prosesnya.

    Dalam video tersebut peran guru berperan sebagai pembimbing yang:
    -Menyediakan cerita yang sesuai dan menarik bagi siswa.
    -Mengarahkan jalannya diskusi agar tetap fokus.
    -Memberikan apresiasi serta masukan yang membangun untuk siswa.
    Beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut yaitu diskusi kelompok, agar siswa bisa bertukar pemahaman dan belajar bekerja sama dan presentasi, untuk melatih keberanian dan keterampilan berbicara di depan umum. Setelah itu guru memberikan refleksi, supaya siswa bisa menilai sendiri proses dan hasil belajar mereka.
    Dalam video pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggambarkan pembelajaran yang cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyimpulkan isi cerita. Dengan melibatkan siswa secara aktif lewat diskusi dan presentasi, mereka lebih mudah memahami isi cerita. Peran guru sebagai fasilitator juga sangat penting untuk menjaga proses belajar tetap berjalan lancar dan bermakna.

  10. Nama: Natasya Carenina Lase
    Nim: 859900131
    Refleksi GPO
    Kelebihan:
    1 Guru adil dalam membagi siswa menjadi 4 kelompok.
    2. Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memberikan kesimpulan dari cerita yang mereka baca dalam buku.
    3. Guru menjelaskan dengan detail apa yang harus di kerjakan oleh siswa

    kelemahan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran
    2. Guru terkesan memaksakan siswa harus cepat memahami
    3. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran tidak memberikan refleksi pembelajaran.

Leave a Reply