Similar Posts
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama : ERNI SRIHARTINI
NIM : 858879136
menurut saya, guru tersebut sabar dalam membimbing siswa, penjelasan guru tersebut mudah dipahami dan menggunakan bahasa sederhana dan tidak berbelit-belit. selain itu menurut saya penjelasan jelas dan enak didengar. guru juga membimbing siswa jika ada yang mengalami kesulitan.
kekurangannya :
metode yang digunakan kurang bervariasi sehingga proses belajar mengajar menjadi sedikit monoton.
Terimakasih
Nama :Yuliani lawolo
Nim :859876172
Upbjj :Medan
Pokjar :Idanogawo
Prodi :PGSD
Izin memberikan tanggapan bapak ibu,dari video di atas adanya kelebihan dan kelemahan saat mengajar di kelas,dimana kelebihannya ,guru mengajak anak untuk belajar mengambil kesimpulan di setiap cerita yang dibacanya dan melatih anak-anak untuk berperan aktif dengan cara berdiskusi atau membuat kelompok.
Kelemahannya, dari video di atas guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran tersebut serta langkah-langkah untuk menyimpulkan sebuah bacaan cerita,sehingga anak-anak bingung dan tidak tau cara mengambil kesimpulan tersebut.
Nama : LAILA RAHMAH PURBA
NIM : 860109832
Judul Video : Menyimpulkan Isi Cerita Anak
Menurut pendapat saya video ini memiliki :
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti Doa, dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
2. Guru tidak membimbing/memantau secara langsung kegiatan siswa sehingga siswa tidak bisa mencapai hasil yang diharapkan oleh guru.
Kelebihan :
1. Guru cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah dan membimbing siswa agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa karena sudah bisa dan benar dalam menyimpulkan isi cerita anak.
3. Guru menggunakan metode diskusi dengan semua siswa agar mudah dalam menyimpulkan isi cerita anak
saran :
1. Guru membuka kelas dengan kegiatan pembuka
2. Guru boleh menggunakan metode diskusi tetapi guru harus membimbing siswa secara langsung agar siswa mudah dalam menyimpulkan isi cerita anak.
Nama : Tionom Hutasoit
NIM : 860129723
UPBJJ : Medan
Yang saya dapat dari video ini adalah sebagai berikut
Kelebihan dari video di atas adalah :
1. Guru dapat mengubah jalan atau pun alur pembelajaran dengan membentuk diskusi kelompok dimana setiap kelompok menjawab pertanyaan yang diberikan
2. Guru dengar sabar mendampingi serta mengarahkan arah berjalannya diskusi dengan baik
Kekurangan dari video diatas adalah :
1. Guru tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran dan bagaimana langkah-langkah untuk menyimpulkan cerita
2. Guru tidak memberikan refleksi dalam kehidupan sehari hari serta kesimpulan dari pemebelajaran tersenut.
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Tessa Maharani
NIM: 856609008
UPBJJ-UT: Palembang
izin memberikan tanggapan,
Dari video pembelajaran diatas yang berjudul “SD64 Menyimpulkan Isi Cerita Anak” mengilustrasikan proses pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD dengan tema Membaca Pemahaman (menyimpulkan isi cerita). Pada video tersebut, ada seorang ibu guru yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran, dimana siswa diminta membaca sebuah cerita pada buku paket dan kemudian menyimpulkan hasil bacaan dari cerita yang dibaca. Kemudian guru meminta siswa untuk menyebutkan apa simpulan dari cerita yang telah dibaca, namun siswa tidak bisa menjawab, ini menunjukan bahwa mereka belum memahami bagaimana cara menyimpulkan isi cerita.
Kelebihan: guru berusaha mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, dimana dibagi menjadi beberapa kelompok kecil sebagai tempat diskusi bagi siswa. Kemudian guru mendampingi siswa atau memberi bimbingan yang siswa perlukan untuk memahami materi. Kekurangan: kurangnya keterlibatan awal guru pada proses pembelajaran seperti menanyakan kabar siswa untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Kemudian metode awal yang digunakan guru terkesan kurang menarik/monoton. selanjutnya pendekatan pembelajaran yang kurang sehingga menyebabkan siswa kebingungan saat diminta menyimpulkan isi cerita.
Solusi perbaikan: dapat dilakukan dengan menerapkan apersepsi awal. Metode pembelajaran yang bervariasi seperti permainan peran ataupun penggunaan media visual, sehingga dapat membantu menciptakan kelas yang menyenangkan. Pemaparan materi berupa penjelasan Langkah-langkah yang harus dilakukan siswa sebelum menyimpulkan isi cerita sehingga siswa dapat menyimpulkan dan menjawab tugas yang diberikan.
NAMA : M.HOLIS
NIM : 856758615
ANALISIS GPO
MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK
KELAS V SD (BAHASA INDONESIA)
Kelebihan video pembelajaran tersebut :
1. Mengarahkan siswa untuk menyimpulkan isi dongeng atau cerita
2. Guru memanajemen kelas untuk siswa dalam membentuk kelompok sebanyak 4 kelompok
3. Guru secara langsung membimbing siswanya untuk memperhatikan dalam penyimpulan isi dongeng atau cerita yang siswa pahami dimasing-masing kelompok tersebut
4. Guru menunjukkan salah satu kelompok untuk dapat maju kedepan dalam hal mempresentasikan hasil atau kesimpulan dari isian cerita atau dongeng tersebut dengan perwakilan dimasing-masing kelompok
5. Siswa lebih aktif pada saat pembagian kelompok dan bersemangat dalam menyampaikan isi cerita didepan kelas
6. Siswa aktif menanggapi dari penyampaian isi cerita tersebut
7. Guru mengapresiasi siswa kelasnya telah memahami menyimpulkan isi bacaan disuatu cerita atau dongeng
Kelemahan video pembelajaran tersebut :
1. Pada saat awalan guru tidak melakukan pembukaan atau sebagai membuka awal pembelajaran justru guru tersebut langsung mengarahkan siswa untuk membuka buku paket siswa
2. Pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kebingungan karena metode tersebut konvesional atau terlalu sederhana digunakan
3. Siswa diarahkan oleh guru nya untuk memahami seluruh isi teks buku paket siswa tersebut secara mandiri ketika guru bertanya tentang isi kesimpulan dari cerita tersebut siswa tampak kebingungan dan tidak tahu secara keseluruhan
4. Guru memilih metode diskusi yang dimana pilihan tersebut haruslah dengan tepat
5. Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan pada pembelajaran tersebut
Hal yang unik ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
1. Guru dan siswa membaca bersama-sama sesuai dengan kelompoknya
2. Setelah dibaca pertanyaannya dijawab oleh siswa
3. Guru membagikan sebuah kertas pada masing-masing kelompok sebagai media untuk menulis isi atau kesimpulan cerita yang dipahami oleh siswa tersebut
Upaya perbaikan yang akan dilakukan didalam peningkatan pembelajaran tersebut :
1. Seharusnya guru lebih meksimal untuk memantau atau mengendalikan suasana kelas supaya kondusif dan bersemangat
2. Sebaiknya guru lebih memperhatikan kembali untuk bagian pembukaan maupun penutupan sebagai penyempurna didalam proses pembelajaran tersebut
3. Sebaiknya guru lebih melibatkan siswanya aktif didalam diskusi terhadap fenomena suatu cerita atau dongeng
4. Sebaiknya guru lebih kreatif atau bervariasi dalam mengkemas suatu media pembelajaran maupun materi agar menarik dan menyenangkan para siswa di kelas
5. Sebaiknya guru perlu meningkatkan diri atau upgrade untuk menambah suatu wawasan maupun pengetahuan demi menunjang kapasistas ia sebagai guru yang lebih baik lagi serta tercapainya tujuan pembelajaran yang berkualitas dan berkompeten
NAMA : MESI MAULIDA LUBIS
NIM : 859868412
UPBJJ : MEDAN
Analisis GPO
Kelebihan
1. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar, sehingga mereka dapat mengikuti materi tanpa kesulitan.
2. Materi ini memperkuat keterampilan literasi dasar, khususnya kemampuan memahami teks naratif dan menyimpulkan inti cerita.
3. Ilustrasi tokoh dan suasana dalam cerita mampu membangkitkan empati dan imajinasi siswa, memperkuat keterlibatan emosional dalam belajar.
Kekurangan :
1. Kurangnya Penggunaan Media Audio-Visual yang Menarik : Gambar,Musik latar, efek suara, atau animasi tambahan dapat membantu meningkatkan fokus dan semangat belajar anak-anak.
2. Kurangnya Keterlibatan Langsung : Tidak ada aktivitas interaktif seperti tanya jawab, refleksi langsung, atau instruksi untuk berdiskusi.
3. Kurangnya penyampaian materi melalui cerita visual dan narasi yang familiar bagi anak-anak.
4. Kurangnya pemantauan guru terhadap aktivitas belajar siswa.
Nama : ANA SELVIA
NIM. : 859671538
UPBJJ UT BARADATU
Menurut saya pembelajaran mengenai materi menyimpulkan isi cerita anak pada kelas 5 SD diatas memiliki beberapa kelebihan, kelemahan dan keunikan.
Kelebihan video pembelajaran
Guru dapat mengelola kelas dengan baik, dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan dalam kelompok sangat aktif.
Kelemahan video pembelajaran
Guru tidak melakukan kegiatan awal/pendahuluan dengan baik sehingga siswa tidak mendapatkan penguatan di awal pembelajaran.
Hal yang unik dalam video pembelajaran
Kegiatan belajar menggunakan metode kooperatif ( berkelompok) berjalan dengan baik setiap siswa aktif dalam diskusi sehingga pemecahan masalah dapat diselesaikan dengan menarik.
Upaya perbaikan yang harus dilakukan dalam peningkatan pembelajaran
1. Sebaiknya guru melakukan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan baik sesuai rancangan yang telah dibuat
2. Sebaiknya guru harus lebih memperhatikan manajemen waktu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Nama : Dina Endri Lestari
UPBJJ : Purwokerto
NIM : 857611053
Berikut ini hasil analisis saya terhadap video yang berjudul “Menyimpulkan Isi Cerita Anak”
Dalam video tersebut berisi langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan melalui beberapa tahapan:
-Membaca cerita
Siswa diberikan cerita untuk dibaca terlebih dahulu.
-Diskusi dalam kelompok
Setelah membaca, siswa diajak berdiskusi dalam kelompok kecil untuk merangkum isi cerita.
-Presentasi kelompok
Setiap kelompok kemudian menyampaikan kesimpulan hasil diskusi mereka di depan kelas.
-Refleksi dan umpan balik
Guru memberikan tanggapan dan evaluasi terhadap hasil diskusi siswa, sekaligus mengajak mereka untuk merefleksikan prosesnya.
Dalam video tersebut peran guru berperan sebagai pembimbing yang:
-Menyediakan cerita yang sesuai dan menarik bagi siswa.
-Mengarahkan jalannya diskusi agar tetap fokus.
-Memberikan apresiasi serta masukan yang membangun untuk siswa.
Beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut yaitu diskusi kelompok, agar siswa bisa bertukar pemahaman dan belajar bekerja sama dan presentasi, untuk melatih keberanian dan keterampilan berbicara di depan umum. Setelah itu guru memberikan refleksi, supaya siswa bisa menilai sendiri proses dan hasil belajar mereka.
Dalam video pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggambarkan pembelajaran yang cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyimpulkan isi cerita. Dengan melibatkan siswa secara aktif lewat diskusi dan presentasi, mereka lebih mudah memahami isi cerita. Peran guru sebagai fasilitator juga sangat penting untuk menjaga proses belajar tetap berjalan lancar dan bermakna.
Nama: Natasya Carenina Lase
Nim: 859900131
Refleksi GPO
Kelebihan:
1 Guru adil dalam membagi siswa menjadi 4 kelompok.
2. Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memberikan kesimpulan dari cerita yang mereka baca dalam buku.
3. Guru menjelaskan dengan detail apa yang harus di kerjakan oleh siswa
kelemahan:
1. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran
2. Guru terkesan memaksakan siswa harus cepat memahami
3. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran tidak memberikan refleksi pembelajaran.