Similar Posts
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Nama : Nila Dewi Aprianti Nim : 858432184 Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran. Kelebihan : •Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik. •Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya. •Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari. Kekurangan : •Guru tidak memulai pelajaran dengan doa. •Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama : Nila Dewi Aprianti
Nim : 858432184
Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan :
•Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
•Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
•Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.
Kekurangan :
•Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
•Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali. •Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung. •Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara anak didik bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama : Nila Dewi Aprianti
Nim : 858432184
Assalamualaikum ibu izin menanggapi video di atas, berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan :
•Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
•Guru cepat tanggap, ketika guru menyadari metode pembelajaran pertama tidak berhasil, guru dengan cepat mengganti metode pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak didiknya.
•Pada metode kedua, nampaknya guru mengajak anak-anak didik untuk ikut aktif dan berani dalam menyampaikan isi materi yang telah dipelajari.
Kekurangan :
•Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
•Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat dalam belajar, karena dalam video terlihat murid terlihat kaku sekali.
•Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung.
•Guru tidak menjelaskan tentang apa itu alur tema tokoh dan bagaimana cara murid bisa mengambil pelajaran dari cerita.
Nama: Marsinen
Nim: 856589063
UPBJJ: jambi
setelah menyimak video ini, menurut saya dengan metode mengajar seperti di video ini itu akan membuat siswa tidak paham,dan siswa akan gampang bosan dengan pembelajaran tersebut, karna guru lansung masuk ke inti pelajaran dengan meminta siswa lansung membaca buku dan kemudian membagi kelompok metode seperti ini sangat tidak cocok untuk pembelajaran di sekolah dasar.
Saran: saran saya alangkah baiknya sebelum memulai pelajaran kita sebagai pengajar harus menguasai kelas dulu.
Boleh dengan masuk kelas ucapakan salam,tanya kan kabar siswa dulu kita sebagai guru juga bisa menanyakan keadaan siswa terlebih dahulu gunanya untuk mencairkan suasana kelas agar tidak terlalu menegakkan dan kelas bisa berjalan dengan senang.
Terutama untuk anak SD mereka dalam masa suka bermain jadi kita sebagai guru wajib mengenal siswa dan bagaimana agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran kita.
Menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut banyak sekali kekurangan, tidak ada Tahapan awal pembelajaran sama sekali,
Kekurangan :
*Guru tidak mengarahkan siswa berdoa sebelum pembelajaran di mulai,
*Guru tidak melakukan pembukaan,
*Tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran,
guru terburu-buru Menyuruh siswa menyimpulkan certa tersebut Tanpa Memberi pemahaman bagaimana cara Pembelajaran yang di lakukan tersebut Bahkan guru nya tidak menyampaikan Tujuan Pembelajaran inilah yg akan Menyebabkan Pembelajaran di sekolah kurang Efektif
Kelebihan :
* Memberikan solusi cepat dalam menyimpulkan
*Guru Aktif dalam mendengarkan Hasil diskusi siswa.
Nama : Nurafik Ariza
NIM : 857602498
UPBJJ-UT PURWOKERTO
Pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, anak terlihat tegang dan terpaku pada buku . Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan pemantik atau membuat kaitan tentang materi yang akan dipelajari. Seharusnya guru dapat memberikan gambaran atau contoh kepada para siswa bagaimana cara menyimpulkan isi cerita terlebih dahulu
Nama : Eka Galih Tahliyah Putri
NIM : 857533924
UPBJJ : Bandung
Analisis Video Pembelajaran
Reaksi Anak:
Siswa awalnya kesulitan saat belajar mandiri, namun menjadi lebih antusias dan aktif saat belajar dengan metode diskusi kelompok.
Kelebihan:
• Mendorong siswa berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapat
• Meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama
• Suasana kelas lebih hidup dan interaktif
Kekurangan:
• Pembukaan pembelajaran kurang terstruktur (misal: doa, absen, apersepsi)
• Tujuan pembelajaran tidak dijelaskan
• Penjelasan materi oleh guru kurang, sehingga diskusi kurang terarah
Hal Unik:
Metode diskusi berhasil mengubah suasana kelas dari pasif menjadi aktif, dan memantik semangat belajar siswa.
Upaya Peningkatan:
• Mulai pembelajaran dengan pembukaan terstruktur (doa, absen, apersepsi)
• Jelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas
• Guru memberikan penjelasan materi sebelum diskusi dimulai
• Kombinasikan diskusi dengan metode lain (misal: tanya jawab)
• Berikan kesempatan refleksi setelah diskusi
NAMA : LIA ULVIKA
NIM : 835347795
setelah saya melihat video diatas ada beberapa hal yang saya analisa yaitu, ketika mempelajari materi yang berkaitan dengan membaca, tidak semua siswa dapat melakukan kegiatan membaca dengan baik. Jadi guru harus kreatif dalam memilih metode dan media yang tepat agar siswa mudah memahami materi dan tidak mudah bosan dalam proses pembelajaran. Yang dilakukan guru pada video tersebut sudah cukup baik, karena ketika siswa tidak dapat mencapai kompetensi yang ingin dicapai, guru berusaha untuk mengubah metode pembelajaran yang ternyata berhasil. Seperti awal nya siswa diminta untuk membaca atau menyimpulkan secara mandiri, kemudian diubah secara berkelompok / berdiskusi. Sehingga mendorong siswa berpikir kritis aktif dan bekerjasama yang dapat mengurangi kebosanan.
Nama : Mestika Marunduri
Nim : 859868326
Semester: VI
Nama : Munika Oktavia
Nim :859542904
Pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, anak terlihat tegang dan terpaku pada buku . Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan pemantik atau membuat kaitan tentang materi yang akan dipelajari. Seharusnya guru dapat memberikan gambaran atau contoh kepada para siswa bagaimana cara menyimpulkan isi cerita terlebih dahulu