Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah
Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
menyimak yang sesuai usia dini.
Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
dibangun dengan ketulusan.
Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah
Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
menyimak yang sesuai usia dini.
Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
dibangun dengan ketulusan.
Nama : Dela Agustia
Nim : 859876807
Video ini menampilkan pembelajaran menyimak yang dilakukan oleh seorang guru di kelas 1 SD dengan cara yang cukup menarik dan ekspresif. Guru membacakan cerita anak dengan intonasi suara yang variatif, mimik wajah yang hidup, serta gerakan tubuh yang mendukung isi cerita. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dalam video, karena mampu menarik perhatian siswa dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.
Selama proses pembelajaran, guru tidak hanya membacakan cerita, tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan ulang cerita tersebut secara bergiliran. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif siswa dan melatih keterampilan berbicara serta keberanian mereka tampil di depan kelas. Selain itu, guru juga melakukan tanya jawab terkait isi cerita untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan.
Namun demikian, video ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya pembukaan pelajaran yang jelas, seperti salam, apersepsi, atau penyampaian tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa tampak langsung masuk ke kegiatan inti tanpa persiapan awal. Selain itu, tempo membaca guru terlihat terlalu cepat untuk siswa kelas 1, yang masih dalam tahap awal belajar menyimak.
Guru juga belum memanfaatkan media visual tambahan seperti gambar atau alat peraga yang sebetulnya bisa membantu siswa dalam memahami isi cerita dengan lebih baik. Evaluasi yang dilakukan pun masih terbatas pada tanya jawab lisan tanpa adanya penilaian tertulis atau kegiatan refleksi lainnya.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa guru memiliki potensi dan kreativitas dalam mengajar menyimak secara menyenangkan dan interaktif. Namun, pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika dilengkapi dengan pembukaan yang terstruktur, penggunaan media visual, serta bentuk evaluasi yang lebih beragam.