silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah

    Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
    nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
    kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
    menyimak yang sesuai usia dini.
    Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
    bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
    cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
    membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
    Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
    mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
    tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
    dibangun dengan ketulusan.

  2. Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah

    Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
    nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
    kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
    menyimak yang sesuai usia dini.
    Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
    bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
    cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
    membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
    Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
    mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
    tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
    dibangun dengan ketulusan.

  3. Nama : Dela Agustia
    Nim : 859876807

    Video ini menampilkan pembelajaran menyimak yang dilakukan oleh seorang guru di kelas 1 SD dengan cara yang cukup menarik dan ekspresif. Guru membacakan cerita anak dengan intonasi suara yang variatif, mimik wajah yang hidup, serta gerakan tubuh yang mendukung isi cerita. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dalam video, karena mampu menarik perhatian siswa dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

    Selama proses pembelajaran, guru tidak hanya membacakan cerita, tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan ulang cerita tersebut secara bergiliran. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif siswa dan melatih keterampilan berbicara serta keberanian mereka tampil di depan kelas. Selain itu, guru juga melakukan tanya jawab terkait isi cerita untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan.

    Namun demikian, video ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya pembukaan pelajaran yang jelas, seperti salam, apersepsi, atau penyampaian tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa tampak langsung masuk ke kegiatan inti tanpa persiapan awal. Selain itu, tempo membaca guru terlihat terlalu cepat untuk siswa kelas 1, yang masih dalam tahap awal belajar menyimak.

    Guru juga belum memanfaatkan media visual tambahan seperti gambar atau alat peraga yang sebetulnya bisa membantu siswa dalam memahami isi cerita dengan lebih baik. Evaluasi yang dilakukan pun masih terbatas pada tanya jawab lisan tanpa adanya penilaian tertulis atau kegiatan refleksi lainnya.

    Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa guru memiliki potensi dan kreativitas dalam mengajar menyimak secara menyenangkan dan interaktif. Namun, pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika dilengkapi dengan pembukaan yang terstruktur, penggunaan media visual, serta bentuk evaluasi yang lebih beragam.

Leave a Reply