Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

243 Comments

  1. Menurut Saya Metode Pembelajaran video Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD yang sudah saya lihat dan amati sangat menarik dan efektif. Guru membacakan dongeng dan siswa menyimak, ketika siswa belum memahami isi cerita, guru berinisiatif meminta siswa bergantian membaca dongeng. Strategi yang sangat tepat dan berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang isi dongeng.

    Kegiatan tanya jawab tentang dongeng yang sudah dibacakan juga sangat baik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka. Siswa terlihat aktif menjawab pertanyaan guru dengan baik yang menunjukkan bahwa mereka telah memahami isi dongeng.

    Namun, ada beberapa yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran tersebut yaitu di awal pembelajaran, guru tidak membuka dengan salam, doa, dan absensi. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk pembiasaan dan penanaman nilai-nilai spiritual dan disiplin kepada siswa.

    Secara keseluruhan, pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka melalui kegiatan menyimak dan membaca dongeng. Dengan sedikit perbaikan di awal pembelajaran, pembelajaran dapat menjadi lebih lengkap dan efektif.

    Nama : Putri Nur Ramadani
    Nim : video Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD yang sudah saya lihat dan amati sangat menarik dan efektif. Guru membacakan dongeng dan siswa menyimak, ketika siswa belum memahami isi cerita, guru berinisiatif meminta siswa bergantian membaca dongeng. Strategi yang sangat tepat dan berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang isi dongeng.

    Kegiatan tanya jawab tentang dongeng yang sudah dibacakan juga sangat baik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka. Siswa terlihat aktif menjawab pertanyaan guru dengan baik yang menunjukkan bahwa mereka telah memahami isi dongeng.

    Namun, ada beberapa yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran tersebut yaitu di awal pembelajaran, guru tidak membuka dengan salam, doa, dan absensi. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk pembiasaan dan penanaman nilai-nilai spiritual dan disiplin kepada siswa.

    Secara keseluruhan, pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka melalui kegiatan menyimak dan membaca dongeng. Dengan sedikit perbaikan di awal pembelajaran, pembelajaran dapat menjadi lebih lengkap dan efektif.

    Nama : Putri Nur Ramadani
    Nim : 856020895

  2. Nama : Putri Nur Ramadani
    Nim : 856020895
    “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD”, terlihat beberapa kekurangan di awal pembelajaran. Guru tidak memberikan salam, tidak melakukan absensi, maupun menyampaikan tujuan dari materi yang akan diajarkan. Awal pembelajaran berlangsung kurang efektif karena guru hanya menggunakan metode ceramah (teacher-centered). Hal ini membuat siswa terlihat kurang fokus, dan ketika guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka, ternyata siswa tidak memahami isi cerita yang disampaikan tersebut.
    guru merubah strategi dengan meminta siswa membaca di depan kelas (student center), sehingga meningkatkan keterlibatan dan antusiasme. Namun, pemahaman masih terbatas pada siswa yang membaca saja.
    Sarannya guru harus menggunakan metode yang lebih variatif dan interaktif seperti media pembelajaran atau bermain peran untuk meningkatkan imajinasi, pemahaman dan partisipasi.
    Meskipun demikian,pendekatan yang dilakukan sudah memberikan pengalaman langsung bagi siswa untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran.
    Kegiatan tanya jawab tentang dongeng yang sudah dibacakan juga sangat baik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka.

  3. Nama : LIZA ULIA SARI
    Nim : 856758471
    Assalamu’alaikum izin menunggu, menurut pendapat saya ibu guru pada saat membuka pelajaran guru tidak mengucapkan salam, guru juga tidak menjelaskan materi apa yang akan dipelajari, tujuan dan aspek apa yang ingin dicapai. Awal pembelajaran berlangsung kurang efektif karena guru hanya menggunakan metode ceramah (teacher-centered). Hal ini membuat siswa terlihat kurang fokus, dan ketika guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka, ternyata siswa tidak memahami isi cerita yang disampaikan.
    Tetapi ketika memasuki kegiatan inti guru bisa menguasai materi dan bisa membuat anak fokus menyimak terhadatapa yang dibacakan guru tersebut. Guru juga memberikan feedback dengan cara bertanya tentang isi dongeng . Kegiatan tanya jawab tentang dongeng yang sudah dibacakan juga sangat baik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan ide-ide mereka. Siswa terlihat aktif menjawab pertanyaan guru dengan baik yang menunjukkan bahwa mereka telah memahami isi dongeng.
    Demikian lah pendapat dari saya lebih dan kurang saya mohon maaf

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/