Similar Posts
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Nama : Lia Sapitri
Nim : 856026753
UPBJJ : Medan
Pokjar : Labura
Setelah saya melihat Video di Atas, Menurut saya Bahwa Guru tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan sebagai berikut :
Kekurangan :
1. Pada awal Pembelajaran menurut saya Guru Kurang berinteraksi dengan siswa , Guru tidak memberikan salam dan sapaan terhadap siswa.
2. Guru terlalu cepat dalam menyampaikan Dongeng sehingga siswa tidak paham dengan apa yang di sampaikan oleh Guru.
3. Guru tidak menggunakan Media yang menarik.
4. Guru tidak menggunakan Nada suara yang enak di dengar, karena Nada Guru telalu datar.
5. Metode yang di gunakan oleh Guru kurang menarik siswa
Kelebihan :
1. Di akhir pembelajaran saya sangat effort terhadap Guru yang memberikan kesempatan kepada siswanya untuk maju ke depan dan membacakan isi dari dongeng tersebut.
2. Guru juga memberikan sesi tanya jawab kepada siswa , sehingga siswa lebih paham apa isi atau cerita dari dongeng tersebut.
Nama : Maryam Jamilah
Nim : 856046146
Upbjj : Medan
Menurut Saya, setelah melihat vidio pembelajaran tersebut untuk guru dalam mengajar masih ada terdapat kekurangan diantaranya :
1. Di awal pembelajaran guru tidak memulai dengan salam dan berdo’a, tidak adanya juga mengabsensi siswa, tidak ada memberikan motivasi terlebih dahulu kepada siswa agar siswa lebih semangat dan siap dalam menerima pembelajaran, dan guru tidak menjelaskan apa dari tujuan pembelajaran tersebut.
2. Dalam inti pembelajaran guru hanya memberikan materi yang terfokus dengan buku saja, tidak adanya menggunakan media pembelajaran yang seharusnya lebih membuat siswa termotivasi dan semangat dalam belajar tidak seperti vidio tersebut banyak siswa yang terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dapat juga diberikan kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran tersebut agar siswa lebih semangat dan lebih mudah dalam memahami pembelajaran tersebut.
3. Di akhir pembelajaran guru juga tidak melakukan evaluasi terhadap siswa, hanya melakukan tanya jawab sehingga tidak dapat mengetahui seberapa paham siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Namun, dalam pembelajaran tersebut guru juga ada memiliki kelebihan diantaranya :
1. Guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik, guru juga sudah memberikan kesempatan untuk siswa maju ke depan untuk membaca sehingga melatih keberanian siswa.
2. Guru juga sudah baik dalam melakukan sesi tanya jawab di akhir pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswanya dalam menyimak pembelajaran tersebut.
Sekian dan Terimakasih
Nama : Riyanti
Nim : 855736054
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Kota Agung
Upbjj : Ut Bandar Lampung
Semi pembelajaran menyimak dongeng untuk kelas 1 SD bisa menjadi pendekatan yang menyenangkan dan efektif . melalui dongeng , anak anak dapat belajar mendengarkan dengan teliti, mengembangkan imajinasi, dan memahami moral cerita . penggunaan gambar, suara , dan peran guru sebagai pembacanya dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa .
namun setelah saya lihat tayang video diatas menurut saya terdapat kekurangan dan kelebihan yaitu :
kekurangan :
1. pada awal pembelajaran guru kurang berinteraksi dengan siswa dan guru juga tidak memberikan salam sapaan keapada siswa .
2. guru terlalu cepat dalam menyampaikan dongeng sehingga siswa tidak paham apa yang telah disampaikan oleh guru .
3. metode yang digunakan oleh guru kurang menarik siswa .
kelebihannya :
1. di akhir pembelajaran saya sangat suka dengan guru yang memberikan kesempatan kepada siswanya untuk maju kedepan dan membaca isi dari dongeng tersebut dengan baik.
2. guru juga memberikan sesi tanya jawab kepada siswa sehingga siswa lebih paham isi atau cerita dari dongeng tersebut yang telah di sampaikan .
2.
Nama : Fatmawati
NIM: 859901022
UPBJJ : Medan
Prodi: PGSD
Menurut saya, memang dengan membacakan dongeng proses belajar lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan memang karakter anak-anak yang suka cerita imajinatif.
Melalui dongeng, guru dapat membawa anak-anak untuk berimajinasi dan dapat melatih siswa untuk mendengarkan cerita tersebut dengan seksama.
Namun intonasi, suara dan ekspresi guru sangat diperlukan dalam penyampaiaannya, karena dapat mempengaruhi pemahaman siswa.
Dalam video tersebut, menurut saya terdapat kekurangannya;
1. Diawal pelajaran, guru tidak memberi salam, menyapa sebagaimana biasanya.
2. Ekspresi guru kurang menarik, karna yg diajar adalah anak kelas 1
Namun ada juga kelebihannya,
1. Adanya sesi tanya jawab yg menunjukkan bahwa siswa mendengarkan apa yg dibaca.
2. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca di depan kelas, untuk melatih keberanian siswa untuk tampil di depan teman-temannya.
NAMA : HAIFA YASMINE
NIM : 858920005
PRODI : S-1 PGSD
POKJAR : UMBULSARI
UPBJJ : JEMBER
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawaban : ada anak yang masih belum bisa menyimak dengan baik
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawaban : kelemahan guru dalam melakukan pembelejaran tersebut adalah tidak ada salam pembuka, saat membacakan Dongen terlalu cepat sehingga siswa belum paham. Dan saat pembelajaran guru hanya berfokus kepada buku saja. akhir pembelajaran guru tidak melakukan evaluasi terhadap materi yang di sampaikan.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawaban : guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban : siswa bukan membacakan dongeng, tetapi hanya membacakan buku. Saat guru yang membacakan dongeng siswa belum faham tetapi saat temannya sendiri yang membacakan mereka baru bisa faham. Untuk interaksi dengan siswa hanya beberapa dan tetap siswa tersebut yang aktif dan yang lainnya hanya menyimak atau diam.
Nama : Yeni Marliani
NIM : 858066032
1. Siswa menyimak dengan baik namun ketika ditanya sudah mengerti siswa mungkin dikarenakan guru membacanya cepat dan tidak ada penjelasan di akhir pembacaan dongeng.
2. Kekurangan guru yaitu
1) guru tidak membuka kegiatan pembelajaran dengan doa dan tidak ada salam pembuka atau penutup.
2) pembacaan dongeng cepat membuat siswa kesulitan untuk memahami dongeng serta tidak adanya penjelasan di akhir pembacaan dongeng.
3) pembacaan dongeng kurang maknanya yang datar.
3. Kelebihan guru yaitu:
1) memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab dalam sesi tanya jawab.
2) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dongeng.
4. Hal unik yang saya temukan yaitu siswa yang aktif hanya siswa itu saja dan intonasi membaca dunia yang datar dari guru.
5. Usul saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya seperti menumbuhkan rasa aktif siswa agar siswa lain ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya siswa itu saja yang aktif, guru bisa memberikan motivasi agar siswa lain ikut aktif. Selain itu informasi membaca dongeng dibuat menarik agar siswa lebih senang dan tertarik mendengarkannya, dan berikan penjelasan di akhir membaca dongeng supaya siswa memahami maksud dari dongeng tersebut.
Nama : Erlita S Sibrian
NIM : 859517767
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Kalideres
Setelah saya melihat video di atas, saya akan coba memberikan sedikit hasil pengamatan saya.
Pada awal Pembelajaran menurut saya Guru Kurang berinteraksi dengan siswa , Guru tidak memberikan salam dan sapaan terhadap siswa.
Guru juga cepat dalam menyampaikan dongeng dan tidak menggunakan ekspresi dan gerak-gerik yang lebih menarik agar anak-anak lebih teratrik, sehingga siswa tidak paham dengan apa yang di sampaikan oleh guru. Namun diakhir pembelajaran saya melihat bahwa guru melakukan proses refleksi dengan baik yaitu memeberikan kesempatan pada siswa untuk tanya jawab dan menceritakan kembali, dari sini guru bisa tahu sejauh mana siswa memahami materi yang telah di sampaikan.
Assalamualaikum.Wr.Wb
Adapun tanggapan saya mengenai video pembelajaran diatas adalah sebagai berikut :
proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup baik namun terlihat masih ada beberapa kekurangan, diantaranya :
1. ibu guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, terlihat kurangnya interaksi antara guru dengan siswa diawal pembelajaran, yang seharusnya ibu guru terlebih dahulu mengajak siswa untuk berdoa, melakukan kegiatan apersepsi, memberikan pertanyaan pemantik. serta melakukan absensi kelas.
2. guru tidak meyampaikan tujuan pembelajaran, yang seharusnya sebelum kita mengajarkan suatu konsep sebaiknya kita sampaikan tujuan apa yang akan dicapai.
3. metode pembelajaran yangkurang menarik, sehingga suasana kelas nampak membosankan.
4. media pembelajaran yang kurang bervariasi, dimana ibu guru terlalu terfokus dengan media buku saja yang mana sebenarnya masih bisa dikembangkan menggunakan media yang lebih menarik seperti memberikan video pembelajaran interaktif untuk bahan belajar siswa.
Mohon maaf jika ada salah kata
Nama : Putri Rizma Ariani
Nim : 857131936
UPBJJ : Jakarta
Setelah saya melihat video mengenai Metode Pembelajaran Menyimak, beberapa poin yang dapat diambil yaitu :
1. pada awal penbelajaran Guru kurang berinteraksi dengan siswa, terutama dalam Membangun semangat siswa serta dalam meng-Absen siswa juga tidak di lakukan.
2. Pembacaan dongeng dengan suara nada datar kurang di sukai oleh Siswa
Tetapi untuk kelebihan nya :
1. Guru berhasil membuat anak murid menyimak penjelasan dengan baik / tidak gaduh.
2. Meminta siswa mengulang pembacaan Dongeng merupakan hal yang sangat bagus di lakukan, sehingga anak lebih menyimak dongeng tersebut.
3. Melakukan tanya jawab untuk memastikan bahwa Siswa paham dengan isi dongeng tersebut.
Nama : Siti Nur Azizah
NIM : 857317714
Pada awal pembelajaran belum munculnya kegiatan apersepsi dan evaluasi (akhir pembelajaran) yang dilakukan oleh guru.
Seharusnya guru menyampaikan terlebih dahulu mengenai tujuan pembelajaran yang akan disampaikan. Kurangnya ekspresi wajah dan tidak terlalu cepat pada saat membacakan sebuah dongeng. Media / metode yang digunakan sedikit kurang menarik. Akan tetapi, disisi lain guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan serta memberikan waktu untuk melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran hari ini.