silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. 1). Bagaimana Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Setelah saya menganalisis video tersebut siswa tampak semangat dalam menerima pembelajaran tetapi setelah menyimak dongeng siswa tidak mengerti apa yang dongengkan gurunya namun dipertengahan video tersebut siswa tampak aktif menjawab pertanyaan yang didongengkan gurunya.
    2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? Dalam video tersebut guru tidak memulai salam dan berdoa ketika diawal pembelajaran . Guru juga terlalu cepat saat membacakan dongeng sehingga siswa tidak dapat memahami dan menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang disimak. Metode pembelajarannya kurang tepat dan kurang bervariasi sehingga monoton. dan guru terlalu sering melihat ke buku sehingga seperti tidak ada penghayatan saat membaca.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ? Diakhir pembelajaran guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab ke siswa agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa saat menyimak.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? Keunikan dari video tersebut guru mempersilahkan siswa untuk maju satu persatu membacakan dongeng sehingga siswa dengan mudah memahami isi dongeng tersebut.
    5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video,upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ? untuk meiningkatkan kegiatan pembelajaran guru seharusnya melakukan evaluasi terhadap siswa di akhir pelajaran agar guru mengetahui sejauh mana pemahaman siswa , Dan metode bercerita pertu ditingkatkan.

  2. Suwarti Ningsih
    856080994
    PGSD
    batam

    menurut saya kelebihan dan kekurangan pada video diatas adalah
    kelebihan
    1. guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran.
    2. guru menstimulasi peserta didik untuk mau dan mampu mengekspresikan dirinya dengan maju ke dapan membaca dongeng
    3.guru memberikan pujian kepada peserta didik yang telah berani maju kedepan
    4. guru memberikan refleksi pembelajran pada akhir kegiatan
    5. guru menutup pembelajran dengan salam

    kekurangan
    1. guru memulai pembelajaran tanpa salam dan afirmasi
    2. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
    3. kurangnya media pembelajaran audio visual yang bisa menunjang proses pembelajaran
    4. dalam membacakan dongeng, ekspresi dan suara guru kuran gekspresif jadi terkesan datar
    5. guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng

    sekian, terimakasih

  3. NAMA : YEMI ASLINA WARUWU
    NIM : 855861576
    UPBJJ :UT MEDAN
    POKJAR : IDANOGAWO
    menurut pendapat setelah menonton dan melihat video pembelajaran yang berjudul metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd sangat terinspirasi. dalam proses pembelajaran atau memulai pembelajaran guru harus menjelaskan apa tujuan pembelajaran yang akan di pelajari dalam satu kali pertemuan itu, megabsen serta berdoa dan bernyanyi agar anak anak semakin semangat belajar tidak monoton saja. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di laksanakan guru tersebut siswa lebih banyak diam dan mendengarkan guru membaca sehingga ada saja siswa yang mengantuk dan terlihat mengabaikan guru yang membaca. adapun keleman guru dalam melakukan pembelajaran yakni guru tidak memberi kesempatan kepada siswa membaca sendiri cerita yang dibacakan guru sebelum sehingga siswa kurang mampu menyimak isi dari cerita tersebut. sedangkan kelebihan dalam pembelajaran yang ada dalam video tersebut siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang guru tersebut harapkan meskipun siswa ada yang kurang semangat dalam belajar serta melatih keberanian anak -anak untuk berani tampil di depan kelas.. hal-hal yang unik dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran adalah siswa lebih antusias dan tertarik memahami isi cerita jika mereka di beri waktu membaca bergantian di depan kelas.
    sekian dan trimakasih.

  4. Nama: Rika Nala Widya Br Ginting
    NIM: 856047012
    Berdasarkan video pembelajaran, maka dapat diidentifikasi masalahnya, yakni:
    •Tidak semua peserta didik yang memiliki kemampuan membaca dan menyimak yang baik
    •Tidak semua peserta didik dapat menjawab pertanyaan guru terkait cerita yang telah di bacakan Analisis Masalah
    •Pengelolaan kelas kurang baik karena terlihat tidak semua peserta didik yang menyimak cerita, ada beberapa peserta didik yang bengong
    •Dalam kegiatan bercerita guru belum memanfaatkan media yang mendukung pembelajaran sehingga terlihat peserta didik kurang antusias.

    Upaya Perbaikan
    •Memilih cerita yang menarik, yaitu: dengan melakukan pengaturan posisi duduk peserta didik sedemikian rupa agar setiap peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan jelas cerita yang dibacakan guru maupun temannya (misalnya dengan cara melingkar sehingga guru atau peserta didik membaca cerita di tengah lingkaran yang ada.
    •Sebelum bercerita minta peserta didik untuk menyimak dengan sungguh-sungguh dan katakan bahwa bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan guru tentang cerita yang akan disampaikan maka akan diberi penghargaan (memotivasi peserta didik agar bersemangat dalam pembelajaran,
    •Menggunakan alat peraga ketika bercerita guna memudahkan peserta didik menyimak dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar.

  5. Nama : HERMAWANTO
    NIM : 856814025
    UPBJJ : BENGKULU
    Pokjar : Curup, Rejang Lebong

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi kita seorang guru untuk dalam video ini mengajar yang efektif di kelas terutama di kelas rendah, karena dikelas rendah yang kita hadapi adalah kelompok anak yang masih sangat minim literasi dan belum mampu berfikir secara abstrak, kelompok anak yang tidak bisa di ajarkan secara visual, maka dalam video ini kita belajar bahwa dalam mengajar dikelas rendah, salah satu cara yang paling efektif untuk mengajar adalah melibatkan siswa secara aktif, maka dari cara itu siswa akan lebih fokus dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran dikelas. metode ceramah saat sudah kurang efektif dalam kelas karena saat ini siswa lebih aktif di dalam kelas, maka cara yang paling tepat adalah dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran yang aktif. terima kasih.

  6. Nama : Rindiani
    Nim : 858053795
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Mempawah

    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran yang telah saya tonton terdapat kelebihan dan kekurangan kelebihannya yaitu, pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diterima siswa dengan semangat, serta guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran,
    Kekurangan yang terdapat pada video tersebut yaitu pada awal pembelajaran guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari dalam pertemuan tersebut dan seharusnya di dalam pelajaran tersebut guru dapat menggunakan alat peraga secara nyata gunanya untuk memudahkan peserta didik dalam menyimak dan meningkatkan minat dalam belajar

  7. Saya rasa apa yang telah disampaikan oleh ibu guru sudaha baik. Namun, ibu guru tidak melibatkan siswa dalam pembukaan dengan mengabsen kehadiran mereka, tidak memulai dengan apersepsi, dan juga tidak memberikan motivasi kepada siswa. Alih-alih itu, guru langsung beralih ke kegiatan inti tanpa ada kegiatan pendahuluan terlebih dahulu.
    Sebelum memulai dongeng, sebaiknya kita memberikan pengantar singkat mengenai karakter, latar, atau konflik yang ada dalam dongeng ini. Ini akan memberikan pemahaman bagi anak-anak mengenai cerita-cerita dongeng. Dongeng yang dipilih haruslah yang cocok dengan minat dan tingkat pemahaman anak-anak pada usia tersebut. Mereka akan lebih mudah menangkap dan memahami dongeng yang menarik dan mengandung pesan moral. Ketika bercerita, ada baiknya menggunakan teknik cerita yang menarik seperti mengubah suara, ekspresi wajah, atau gerakan tubuh yang sesuai dengan karakter dalam cerita untuk menjadikan cerita lebih hidup dan menarik bagi anak-anak. Setelah bercerita, guru juga sudah bagus yaitu mengajukan pertanyaan tentang cerita untuk memastikan bahwa anak-anak memahaminya dan memberikan pujian kepada mereka ketika mereka berhasil memahami cerita dengan baik. Ini akan meningkatkan semangat dan lepeprcayaan diri mereka dalam menyimak.
    Di kegiatan penutupnya, masih ada kekurangan karena hanya ada sesi tanya jawab antara siswa, tanpa adanya penutup berupa pemberian materi untuk kesimpulan dan penguatan pembelajaran, atau diskusi mengenai pesan moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari dongeng tersebut. Kegiatan pembelajaran hanya berakhir dengan ucapan salam sebagai penutup. Terimakasih

  8. Nama : Siti Fariqa
    Nim : 858050467
    Kelas : B / semester 8
    Saya rasa apa yang telah disampaikan oleh ibu guru sudaha baik. Namun, ibu guru tidak melibatkan siswa dalam pembukaan dengan mengabsen kehadiran mereka, tidak memulai dengan apersepsi, dan juga tidak memberikan motivasi kepada siswa. Alih-alih itu, guru langsung beralih ke kegiatan inti tanpa ada kegiatan pendahuluan terlebih dahulu.
    Sebelum memulai dongeng, sebaiknya kita memberikan pengantar singkat mengenai karakter, latar, atau konflik yang ada dalam dongeng ini. Ini akan memberikan pemahaman bagi anak-anak mengenai cerita-cerita dongeng. Dongeng yang dipilih haruslah yang cocok dengan minat dan tingkat pemahaman anak-anak pada usia tersebut. Mereka akan lebih mudah menangkap dan memahami dongeng yang menarik dan mengandung pesan moral. Ketika bercerita, ada baiknya menggunakan teknik cerita yang menarik seperti mengubah suara, ekspresi wajah, atau gerakan tubuh yang sesuai dengan karakter dalam cerita untuk menjadikan cerita lebih hidup dan menarik bagi anak-anak. Setelah bercerita, guru juga sudah bagus yaitu mengajukan pertanyaan tentang cerita untuk memastikan bahwa anak-anak memahaminya dan memberikan pujian kepada mereka ketika mereka berhasil memahami cerita dengan baik. Ini akan meningkatkan semangat dan lepeprcayaan diri mereka dalam menyimak.
    Di kegiatan penutupnya, masih ada kekurangan karena hanya ada sesi tanya jawab antara siswa, tanpa adanya penutup berupa pemberian materi untuk kesimpulan dan penguatan pembelajaran, atau diskusi mengenai pesan moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari dongeng tersebut. Kegiatan pembelajaran hanya berakhir dengan ucapan salam sebagai penutup. Terimakasih

  9. Nama: Novita Anggraini
    NIM: 858877125
    Kelas: 6 B
    Prodi: PGSD
    POKJAR: Salut Kota Kediri
    UPJJ: Malang

    Menanggapi video diatas, hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru. Selain itu, ada beberapa hal yang yang masih kurang dalam video tersebut yaitu:
    1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
    3. guru terlalu cepat membacakan cerita
    4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran
    Saran:
    1. Guru seharusnya melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. Guru melakukan apersepsi untuk menumbuhkan fokus belajar
    3. Guru membacakan teks cerita secara perlahan dan lebih ekspresif
    4. Selain guru membacakan teks cerita, guru juga bisa menggunakan video untuk membantu menyampaikan isi cerita dari teks yang dibacakan tersebut

  10. Nama Ayu Andira
    Nim 856573323
    menurut saya guru terlalu monoton dalam menceritakan cerita dongeng tersebut shingga tidak menarik perhatian para siswa, metode pembelajaran yang digunakan juga tidak bervariatif dan terkesan membosankan para siswa untuk mendengarkan. tetapi dengan guru menyuruh anak untuk maju satu persatu dan bercerita sedikit membantu anak untuk aktif dalam pembelajaran

Leave a Reply