Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Ida Miftahurrohmah
NIM : 856979673
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Baradatu
Setelah saya melihat vidio mengenai metode pembelajaran menyimak tersebut, beberapa poin yang dapat saya ambil yaitu :
Sebelumnya saya berterimakasih karena vidio tersebut sangat bermanfaat dan dapat di aplikasikan ke dalam kelas saat mengajar. Namun ada beberapa poin tambahan yang mungkin harus di perhatikan, seperti pada saat membacakan dongeng di kelas rendah khususnya harus dengan intonasi yang menarik dan dibaca secara perlahan agar anak mudah memahami dan tertarik untuk mendengarkan atau menyimak. Bisa juga ditambahkan Media pembelajaran agar siswa di kelas rendah semakin bersemangat dan mudah dalam menyimak serta menyimpulkan.
Nama : Aura Nabila
Nim: 856027676
Setelah saya melihat video mengenai Metode Pembelajaran Menyimak, beberapa poin yang dapat diambil yaitu :
1. pada awal pembelajaran Guru kurang berinteraksi dengan siswa, terutama dalam Membangun semangat siswa serta dalam meng-Absen siswa juga tidak di lakukan.
2. Pembacaan dongeng dengan suara nada datar kurang di sukai oleh Siswa
Tetapi untuk kelebihan nya :
1. Guru berhasil membuat anak murid menyimak penjelasan dengan baik / tidak gaduh.
2. Meminta siswa mengulang pembacaan Dongeng merupakan hal yang sangat bagus di lakukan, sehingga anak lebih menyimak dongeng tersebut.
3. Melakukan tanya jawab untuk memastikan bahwa Siswa paham dengan isi dongeng tersebut.
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh .
Saya SITI QUNAINAH
Nim : 857023822
Setelah saya menonton Video diatas , dapat saya ambil kesimpulan , Bahwa kemampuan menyimak dan membaca yang baik sangat diperlukan oleh siswa dengan demikian siswa akan cept menerima atau menangkap atas materi yang ibu guru sampaikan , dari video diatas terlihat suasana belajar yang menyenangkan , kondusif dan Interaktif .
Terimakassih .
Nama : Yudit Santia Hutahaean
NIM : 855868404
Video di atas sangat baik, guru memberikan afirmasi positif kepada para siswa setelah membaca dongeng dan menjawab pertanyaan. Hal tersebut membangkitkan semangat para siswa.
Dari video ini saya belajar bahwa sebelum kita memulai pembelajaran, kita sebagai guru harus mengetahui sasaran pemebelajaran. Dan agar anak memahami dan bisa menceritakan kembali dongeng yang sudah dibacakan maka hal yang harus dilakukan guru adalah :
1. Guru membacakan dongeng, siswa menyimak
2. Siswa bergantian membaca dongeng, siswa lain menyimak
3. Lakukan tanya jawab setelah selesai semuanya.
Terima kasih untuk videonya, saya sangat termotivasi.
Nama : Yudit Santia Hutahaean
NIM : 855868404
Video di atas sangat baik, guru memberikan afirmasi positif kepada para siswa setelah membaca dongeng dan menjawab pertanyaan. Hal tersebut membangkitkan semangat para siswa.
Dari video ini saya belajar bahwa sebelum kita memulai pembelajaran, kita sebagai guru harus mengetahui sasaran pemebelajaran. Dan agar anak memahami dan bisa menceritakan kembali dongeng yang sudah dibacakan maka hal yang harus dilakukan guru adalah :
Pertama Guru membacakan dongeng, siswa menyimak, kemudian siswa diajak bergantian membaca dongeng, siswa lain menyimak, guru harus melakukan tanya jawab setelah selesai semuanya. Itu sangat bagus sekali.
Terima kasih untuk videonya, saya sangat termotivasi.
Nama : JUEVANISKE HELDYANA PAMUTRI
NIM : 857131595
UPBJJ : POKJAR KALIDERES
Dari menurut video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingungan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. secara lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi.
Nama : Ayu Lianingsih
NIM : 856816992
Dari video pembelajaran guru pintar online, ada beberapa hal yang saya dapatkan dari video pembelajaran Metode Menyimak yaitu ada kelemahan dan kelebihan yang terdapat pada video tersebut.
• Kelemahan yang ada dalam video tersebut yaitu
Ketika awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi, tidak menanyakan kabar peserta didik, tidak mengabsen peserta didik dan langsung menyampaikan materi tentang cerita, tanpa memberitahu tujuan pembelajaran pada hari itu.
• Kelebihan yang ada dalam video tersebut yaitu
Guru memberikan tugas kepada setiap peserta didik untuk membaca cerita yang akan dipelajari dimana kegiatan ini akan melatih kemampuan membaca peserta didik, kemudian guru menceritakan secara ekspresif mengenai cerita yang yang dipelajari dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mengenai cerita yang telah mereka simak bersama yang menimbulkan rasa ingin tahu dan melatih daya tangkap maupun daya ingat peserta didik dalam menerima informasi yang telah mereka dengar, kemudian kelas juga tidak begitu gaduh ketika guru menyampaikan isi cerita yang dibacakan dengan antusias mendengarkan meskipun ada beberapa peserta didik yang kurang fokus mendengarkan.
Di akhir pembelajaran guru juga seharusnya menyimpulkan kembali jawaban dari pertanyaan -pertanyan yang diajukan.
Di kegiatan penutup guru juga sudah menutup kelas dengan ucapan wassalamualaikum wr.wb yang memang harus dilakukan oleh setiap guru.
Nama : Tati Sukaesih
NIM : 859517459
UPBJ : Jakarta Barat
Setelah saya menonton dan mengamati video di atas ada beberapa pelajaran yg bisa saya ambil diantaranya sebagai berikut :
1. Pada saat awal pembelajaran guru kurang interaksi sehingga pembelajaran terasa monoton
2. Ketika membaca dongeng seharunya menggunakan intonasi yg berbeda sehingga membuat antusias siswa semakin bertambah atau membuat siswa dapat masuk kedalam cerita dongeng yg di bawakan oleh guru tersebut
Namun ada pula kelebihan yg sudah di lakukan guru tersebut yaitu diantara nya adalah guru tersebut mampu menciptakan suasana yg kondusif dan anak-anak fokus,kemudian guru tersebut meminta siswa untuk menceritakan kembali dongeng yg sudah di bahasa dan melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tersebut terhadap dongeng yg sudah di berikan.
Terimakasih
NAMA : RIAHOSANNA AGUSTINA SITUMEANG
NIM : 857132035
Setelah saya melihat video pembelajaran menyimak saya menyimpulkan bahwa ibu guru yang menyampaikan pembelajaran menyimak sudah bagus dan cara penyampaiannya kepada siswa juga baik.tapi adakalannya sembelum pembelajaran dimulai ibu guru memberikan penjelasan dan karakter yang baik dalam cerita atau dongeng tersebut,supaya siswa yang mendengarkan paham akan pembelajaran yang disampaikan.
NAMA : FARDIYANI ROSITA
NIM : 859517649
PRODI : PGSD
UPBJJ : JAKARTA
Dari video pembelajaran ini, ada beberapa hal yang dapat saya pelajari yaitu untuk mempermudah siswa dalam memahami materi menyimak dongeng maka yg perlu dilakukan adalah
1. Guru membacakan dongeng dan siswa menyimak.
Dalam video tersebut terlihat bahwa ibu guru masih terlihat kurang menarik dalam membaca cerita sehingga siswa kurang paham dengan cerita yang sudah dibacakan oleh guru.
Untuk mengatasi hal ini maka solusinya adalah dengan langkah kedua.
2. Siswa bergantian membaca dongeng, siswa yang lain menyimak.
Dalam video tersebut terlihat bahwa para siswa mampu membaca cerita dengan cara yang baik, sehingga siswa lain dapat menyimak dan memahami cerita yang disampaikan oleh teman-temannya
3. Lakukan tanya jawab
Dalam video tersebut terlihat bahwa para siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
Hal ini sudah menunjukkan. Bahwa para siswa sudah paham dengan cerita dongeng yang sudah dibacakan oleh guru dan teman-temannya.
Saran saya, dalam membaca dongeng, guru sebaiknya menggunakan suara2 yang berubah2 sehingga siswa lebih tertarik untuk memahami cerita