silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Syanne Handyanawati Syam
    NIM : 856455749
    Pokjar : Bangkinang Kota
    UPBJJ : Pekanbaru
    Saya suka bagaimana video ini memperlihatkan bagaimana metode pembelajaran menyimak dapat diterapkan ke dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari di kelas awal, khususnya di kelas I SD. Sangat menginspirasi

  2. Assallamuallaikum wr.wb
    NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
    NIM : 858049115
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK
    Dari video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi.
    Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih

  3. Assallamuallaikum wr.wb
    NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
    NIM : 858049115
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK

    Dari video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi. Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih

  4. Assallamuallaikum wr.wb
    NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
    NIM : 858049115
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK

    Setelah saya menonton video diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi. Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih

  5. Nama : Pini Aulia Siregar

    Nim : 856640908

    Semester : 6

    Upbjj : Kota Jambi

    Menanggapi video diatas:
    Hal yang guru lakukan sudah baik, membacakan cerita dongeng di depan kelas dengan suara yang kuat hanya saja kurang mimik wajah, gestur tubuh dan juga media ajar karakter untuk membuat siswa menjadi lebih mendalami isi dongeng yang disampikan oleh guru. Reaksi siswa selama proses belajar menyimak adalah diam dan mendengarkan penjelasan guru kelas kondusif dan tidak gaduh. Hanya saja pada awal pembelajaran guru tidak memberikan salam, mengajak murid berdoa, mengecek kehadiran dan melakukan apersepsi kepada murid untuk memberikan semangat dan membangun motivasi belajar kepada murid, dan juga guru kurang berinteraksi secara keseluruhan kepada murid.
    Guru sebaiknya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada murid, dan juga kurangnya media ajar dan pembelajaran yang inovatif. Guru dapat menggunakan media audio visual, media ajar gambar tokoh dongeng agar menumbuhkan pemahaman siswa. Dan memilih cerita dongeng yang menarik pada tema pembelajaran menyimak dikelas 1 yang dapat membuat siswa tertarik untuk isi cerita. Secara keseluruhan kelebihan guru adalah dapat membuat mirid diem mendengarkan cerita menciptakan suasana kondusif, guru dapat mengajak murid maju kedepan dan menceritakan kembali isi cerita dongeng. Upaya yang dapat dilakukan guru kedepannya adalah membuat penbelajaran yang inovatif yaitu dengan mengubah posisi duduk menyesuaikan isi cerita, media ajar yang menarik bagi murid, gambar sesuai dengan karakter tokoh.
    Sehingga murid dengan mudah memahami isi cerita dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovasi serta pembelajaran yang aktif.

    Sekian dan terima kasih.

  6. Nama : Candra Nurada
    NIM : 857005469
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat bagi rekan guru sebagai referensi dalam mengajar pembelajaran menyimak di kelas. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan bercerita dengan tutur bahasa yang lembut dan menarik. Namun, akan lebih baik jika menggunakan media pembelajaran terlebih untuk anak SD kegiatan belajar akan lebih menarik dan siswa akan lebih cepat memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. Dapat dilihat siswa masih terlihat kebingungan setelah mendengar cerita yang dibacakan oleh guru, jika menggunakan media pembelajaran seperti foto berjalan siswa dapat membayangkan langsung isi cerita dan mereka akan lebih cepat paham.

    Menurut saya, meminta siswa untuk bergantian membaca cerita di depan kelas adalah solusi yang efektif agar siswa dapat memahami dan menyimpulkan isis cerita serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, karena mendengar cerita secara berulang siswa akan mengingat isi cerita lebih banyak.

  7. Nama : PUTRI TRI UTAMI
    NIM : 856455201
    UPBJJ : PEKANBARU

    Dari video pembelajaran yang ada di atas terdapat beberapa hal yang bisa menjadi refleksi bagi kita untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam menyimak dan memahami cerita antara lain :
    1. guru selain dapat membuat suasana pembelajaran kondusif, guru juga hendaknya dapat memahami cerita atau materi yang ingin disampaikan terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar ketika menceritakan dan menjelaskannya kepada siswa tidak akan ada lagi kegagapan sehingga siswa akan dengan mudah memahami cerita tersebut

    2. siswa membaca dongeng ke depan secara bergantian membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan karna siswa merasa ikut serta aktif dalam pembelajaran,
    beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini yaitu
    a. meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk dapat tampil ke depan kelas membaca di hadapan siswa lain
    b. mengetahui serta meneliti akan tingkat kemampuan membaca yang dimiliki para siswa

    3. lakukan proses Tanya jawab
    proses Tanya jawab ini dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa akan cerita, dongeng, ataupun materi yang disampaikan.

  8. Nama: Novita Anggraini
    NIM: 858877125
    Kelas: 6 B
    Prodi: PGSD
    POKJAR: Salut Kota Kediri
    UPJJ: Malang

    Menanggapi video diatas, reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru. Selain itu, ada beberapa hal yang yang masih kurang dalam video tersebut yaitu:
    1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
    3. guru terlalu cepat membacakan cerita
    4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran
    Saran:
    1. Guru seharusnya melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. Guru melakukan apersepsi untuk menumbuhkan fokus belajar
    3. Guru membacakan teks cerita secara perlahan dan lebih ekspresif
    4. Selain guru membacakan teks cerita, guru juga bisa menggunakan video untuk membantu menyampaikan isi cerita dari teks yang dibacakan tersebut

  9. Nama : Hilmy Yazid
    NIM: 857131871
    Pokjar Kalideres
    UPBJJ: Jakarta

    Metode pembelajaran menyimak di sekolah dasar sangat penting karena membantu mengembangkan kemampuan dasar komunikasi siswa. Metode ini melibatkan kegiatan mendengarkan yang aktif, di mana siswa diajarkan untuk fokus dan memahami informasi yang disampaikan oleh guru atau melalui rekaman audio. Dalam praktiknya, metode ini bisa berupa mendengarkan cerita, instruksi, atau penjelasan, kemudian diikuti dengan kegiatan yang menguji pemahaman mereka, seperti menjawab pertanyaan atau menceritakan kembali apa yang mereka dengar.

    Salah satu kelebihan metode ini adalah memperkuat kemampuan konsentrasi dan memori siswa, yang mana adalah keterampilan penting dalam semua aspek pembelajaran. Namun, tantangannya adalah memastikan bahwa semua siswa terlibat secara aktif dan tidak terganggu selama proses menyimak. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk membuat sesi menyimak menjadi menarik dan interaktif, serta menggunakan materi yang sesuai dengan usia dan minat siswa untuk mempertahankan perhatian mereka.

  10. Nama: FITRI LESTARI
    NIM: 859517591
    SEMESTER : 6
    Prodi: PGSD
    POKJAR: KALIDERES
    UPJJ: JAKARTA

    Dalam video tersebut, kita melihat ibu guru mengajar dengan membacakan dongeng untuk disimak oleh siswa kelas 1. Yang kita tahu bahwa tidak mudah membuat anak – anak yang masih kelas 1 untuk menyimak. Namun disini ibu guru sudah bagus dengan melibatkan beberapa siswa nya untuk maju dan membacakan dongeng tersebut. Bu Guru juga membacakan dengan hati- hati dan sabar agar bisa didengar dengan baik oleh anak-anak nya.
    Namun, pada saat di awal pembelajaran ibu guru kurang berinteraksi dengan anak anaknya, sebaiknya sebelum memulai ibu guru melakukan pendahuluan dengan menanyakan kabar anak – anak dan sebagainya dalam proses pendahuluan setelah itu baru ibu guru masuk ke inti nya yaitu membacakan dongeng.
    Saat membacakan dongeng di video bu guru seperti membaca biasa, sebaiknya ibu guru membacakan dongeng dengan ekspresi, intonasi, dan mimik wajah yang berdasarkan kejadian – kejadian pada dongeng tersebut sehingga membuat anak2 semangat menyimaknya.
    Tapi walaupun ada kelebihan dan kekurangan pada ibu guru, kita tetap menghargai apapun yang ibu guru ajarkan.

    Terima kasih

Leave a Reply