Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Nama : Syanne Handyanawati Syam
NIM : 856455749
Pokjar : Bangkinang Kota
UPBJJ : Pekanbaru
Saya suka bagaimana video ini memperlihatkan bagaimana metode pembelajaran menyimak dapat diterapkan ke dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari di kelas awal, khususnya di kelas I SD. Sangat menginspirasi
Assallamuallaikum wr.wb
NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
NIM : 858049115
PRODI : PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
Dari video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi.
Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih
Assallamuallaikum wr.wb
NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
NIM : 858049115
PRODI : PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
Dari video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi. Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih
Assallamuallaikum wr.wb
NAMA : SRI SANTI OCTAVIA NINGSIH
NIM : 858049115
PRODI : PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
Setelah saya menonton video diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi. Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terima kasih
Nama : Pini Aulia Siregar
Nim : 856640908
Semester : 6
Upbjj : Kota Jambi
Menanggapi video diatas:
Hal yang guru lakukan sudah baik, membacakan cerita dongeng di depan kelas dengan suara yang kuat hanya saja kurang mimik wajah, gestur tubuh dan juga media ajar karakter untuk membuat siswa menjadi lebih mendalami isi dongeng yang disampikan oleh guru. Reaksi siswa selama proses belajar menyimak adalah diam dan mendengarkan penjelasan guru kelas kondusif dan tidak gaduh. Hanya saja pada awal pembelajaran guru tidak memberikan salam, mengajak murid berdoa, mengecek kehadiran dan melakukan apersepsi kepada murid untuk memberikan semangat dan membangun motivasi belajar kepada murid, dan juga guru kurang berinteraksi secara keseluruhan kepada murid.
Guru sebaiknya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada murid, dan juga kurangnya media ajar dan pembelajaran yang inovatif. Guru dapat menggunakan media audio visual, media ajar gambar tokoh dongeng agar menumbuhkan pemahaman siswa. Dan memilih cerita dongeng yang menarik pada tema pembelajaran menyimak dikelas 1 yang dapat membuat siswa tertarik untuk isi cerita. Secara keseluruhan kelebihan guru adalah dapat membuat mirid diem mendengarkan cerita menciptakan suasana kondusif, guru dapat mengajak murid maju kedepan dan menceritakan kembali isi cerita dongeng. Upaya yang dapat dilakukan guru kedepannya adalah membuat penbelajaran yang inovatif yaitu dengan mengubah posisi duduk menyesuaikan isi cerita, media ajar yang menarik bagi murid, gambar sesuai dengan karakter tokoh.
Sehingga murid dengan mudah memahami isi cerita dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovasi serta pembelajaran yang aktif.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Candra Nurada
NIM : 857005469
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : Bandar Lampung
Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat bagi rekan guru sebagai referensi dalam mengajar pembelajaran menyimak di kelas. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan bercerita dengan tutur bahasa yang lembut dan menarik. Namun, akan lebih baik jika menggunakan media pembelajaran terlebih untuk anak SD kegiatan belajar akan lebih menarik dan siswa akan lebih cepat memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. Dapat dilihat siswa masih terlihat kebingungan setelah mendengar cerita yang dibacakan oleh guru, jika menggunakan media pembelajaran seperti foto berjalan siswa dapat membayangkan langsung isi cerita dan mereka akan lebih cepat paham.
Menurut saya, meminta siswa untuk bergantian membaca cerita di depan kelas adalah solusi yang efektif agar siswa dapat memahami dan menyimpulkan isis cerita serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, karena mendengar cerita secara berulang siswa akan mengingat isi cerita lebih banyak.
Nama : PUTRI TRI UTAMI
NIM : 856455201
UPBJJ : PEKANBARU
Dari video pembelajaran yang ada di atas terdapat beberapa hal yang bisa menjadi refleksi bagi kita untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam menyimak dan memahami cerita antara lain :
1. guru selain dapat membuat suasana pembelajaran kondusif, guru juga hendaknya dapat memahami cerita atau materi yang ingin disampaikan terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar ketika menceritakan dan menjelaskannya kepada siswa tidak akan ada lagi kegagapan sehingga siswa akan dengan mudah memahami cerita tersebut
2. siswa membaca dongeng ke depan secara bergantian membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan karna siswa merasa ikut serta aktif dalam pembelajaran,
beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini yaitu
a. meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk dapat tampil ke depan kelas membaca di hadapan siswa lain
b. mengetahui serta meneliti akan tingkat kemampuan membaca yang dimiliki para siswa
3. lakukan proses Tanya jawab
proses Tanya jawab ini dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa akan cerita, dongeng, ataupun materi yang disampaikan.
Nama: Novita Anggraini
NIM: 858877125
Kelas: 6 B
Prodi: PGSD
POKJAR: Salut Kota Kediri
UPJJ: Malang
Menanggapi video diatas, reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru. Selain itu, ada beberapa hal yang yang masih kurang dalam video tersebut yaitu:
1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
3. guru terlalu cepat membacakan cerita
4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran
Saran:
1. Guru seharusnya melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. Guru melakukan apersepsi untuk menumbuhkan fokus belajar
3. Guru membacakan teks cerita secara perlahan dan lebih ekspresif
4. Selain guru membacakan teks cerita, guru juga bisa menggunakan video untuk membantu menyampaikan isi cerita dari teks yang dibacakan tersebut
Nama : Hilmy Yazid
NIM: 857131871
Pokjar Kalideres
UPBJJ: Jakarta
Metode pembelajaran menyimak di sekolah dasar sangat penting karena membantu mengembangkan kemampuan dasar komunikasi siswa. Metode ini melibatkan kegiatan mendengarkan yang aktif, di mana siswa diajarkan untuk fokus dan memahami informasi yang disampaikan oleh guru atau melalui rekaman audio. Dalam praktiknya, metode ini bisa berupa mendengarkan cerita, instruksi, atau penjelasan, kemudian diikuti dengan kegiatan yang menguji pemahaman mereka, seperti menjawab pertanyaan atau menceritakan kembali apa yang mereka dengar.
Salah satu kelebihan metode ini adalah memperkuat kemampuan konsentrasi dan memori siswa, yang mana adalah keterampilan penting dalam semua aspek pembelajaran. Namun, tantangannya adalah memastikan bahwa semua siswa terlibat secara aktif dan tidak terganggu selama proses menyimak. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk membuat sesi menyimak menjadi menarik dan interaktif, serta menggunakan materi yang sesuai dengan usia dan minat siswa untuk mempertahankan perhatian mereka.
Nama: FITRI LESTARI
NIM: 859517591
SEMESTER : 6
Prodi: PGSD
POKJAR: KALIDERES
UPJJ: JAKARTA
Dalam video tersebut, kita melihat ibu guru mengajar dengan membacakan dongeng untuk disimak oleh siswa kelas 1. Yang kita tahu bahwa tidak mudah membuat anak – anak yang masih kelas 1 untuk menyimak. Namun disini ibu guru sudah bagus dengan melibatkan beberapa siswa nya untuk maju dan membacakan dongeng tersebut. Bu Guru juga membacakan dengan hati- hati dan sabar agar bisa didengar dengan baik oleh anak-anak nya.
Namun, pada saat di awal pembelajaran ibu guru kurang berinteraksi dengan anak anaknya, sebaiknya sebelum memulai ibu guru melakukan pendahuluan dengan menanyakan kabar anak – anak dan sebagainya dalam proses pendahuluan setelah itu baru ibu guru masuk ke inti nya yaitu membacakan dongeng.
Saat membacakan dongeng di video bu guru seperti membaca biasa, sebaiknya ibu guru membacakan dongeng dengan ekspresi, intonasi, dan mimik wajah yang berdasarkan kejadian – kejadian pada dongeng tersebut sehingga membuat anak2 semangat menyimaknya.
Tapi walaupun ada kelebihan dan kekurangan pada ibu guru, kita tetap menghargai apapun yang ibu guru ajarkan.
Terima kasih