Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
nama: euis siti mariah
nim : 042064577
fakultas : bahasa inggris
dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. di dalam video tersebut juga guru memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh siswa sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru.
Nama : Nurlen
Nim : 041587174
Fakultas : Bahasa Inggris
Menurut saya, dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dimana siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Selain itu guru juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby.
Nama: Yasinta Luju Bao
NIM: 020343089
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik guru dituntut untuk memiliki metode yang kreatif dan inovatif dalam membimbing peserta didik. Dalam video diatas guru telah melakukan terobosan yang baik dengan memperlihatkan sebuah video kepada anak agar anak punya gambaran bagaimana menulis sebuah cerita tentang my hobby dan mempresentasikannya di depan kelas. Metode ini mempermudah pemahaman pada anak karena menampilkan audio visual apalagi di tambah dengan penjelasan detail dari guru itu sendiri.
Nama: Karina Novie Rahmawati
NIM: 042627217
Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris
Menurut saya, dalam video tersebut metode yang diterapkan oleh guru sudah baik, dapat dilihat bagaimana siswa merespon perintah guru. Selain itu, guru sudah tepat memberikan arahan dan masukan saran untuk siswa dalam membuat essay pendek. Namun, alangkah baiknya guru menjelaskan lebih detail lagi mengenai kesalahan penulisan essay yang dikerjakan siswa.
Nama:dhea dewi chotimah
Nim:042170806
Fakultas: pendidikan bhs inggris
Dalam video tersebut pembelajaran sangat berjalan dengan baik . Karena komunikasi antara guru dan murid berjalan sangat baik dan murid2 aktif dalam sesi tanya jawab dan tugas2 yang diberikan guru dikerjakan dengan baik oleh murid . Namun saat guru memperbaiki tugas salahsatu murid guru tersebut kurang baik dalam menjelaskan kesalahan murid tersebut seharusnya dibahas dengan baik sehingga murid paham dan tak terjadi kesalahan yang sama.
Nama : Intan Rizki Ramadhani
NIM : 042631905
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut mengenai pembukaanya sudah baik, sedangkan mengenai komunikasi pembelajaran antara guru dan siswa juga cukup baik karena komunikasi nya berjalan dengan lancar. Namun untuk penjelasan guru kepada siswa tentang kesalahan dalam menulis kurang jelas, maka dari itu perlu perbaikan dalam menjelaskah kesalahan dalam menulis.
nama: Isa rahmita hafsari
nim : 044039744
fakultas : bahasa inggris
assalamualaikum wr. wb.
baiklah disini saya akan memaparkan atau sedikit menilai terkait vidio tentang “HOBIKU” tersebut.
menurut saya vidio tersebut sudah bagus dari cara guru mengajar baik dalam menjelaskan maupun tanggapan siswa sudah cukup baik. untuk pemahaman materi juga sudah cukup baik.
trimakasih,.
wassalam wr. wb
Nama: Neno Risma Savira
NIM: 042635601
Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris
Dalam video pembelajaran diatas terlihat kegiatan pembelajaran yang sangat kondusif, siswa merespon guru dengan baik. Guru mengapresiasi hasil pekerjaan/ tugas siswa dengan disertai penjelasan singkat. Pemberian outline sebagai panduan untuk menuliskan hobby siswa dapat membantu siswa mengetahui cara untuk menulis sebuah karangan.
Terimakasih
Nama : Erlina Damayanti
Nim :042877126
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Menurut saya, video pembelajaran diatas sudah cukup baik. Guru bisa membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang di berikan. Dan di video tersebut menggunakan media pembelajaran berupa video menggunakan alat media yaitu proyektor,yang membuat siswa lebih memahami dan menangkap cerita lebih baik lagi.
Namun,ada sedikit kekurangan dalam guru mengenai penjelasan saat siswa kurang tepat dalam penulisan dipapan tulis. Sebaiknya ada penjelasan yang detail agar siswa yang mengerjakan dan siswa lain lebih paham lagi. Dan ada pula di saat siswa yang kedua maju kedepan guru memotong cerita siswa yang sedang baca tentang hoby nya dan langsung menuliskan dipapan tulis. Sebaiknya guru membiarkan siswa untuk bercerita sampai selesai kemudian baru menyuruh siswa menulis dipapan tulis agar meningkatkan percaya diri siswa saat bercerita didepan kelas.
Nama : Rini Fitriani
NIM : 042170702
Prodi : Bahasa Inggris
Situasi didalam kelas sangat kondusif, siswa merespon guru dengan baik, kemudian seorang guru memberikan media pembelajaran dengan baik dan mengajak siswa aktif di kelas dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.