Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
CHAIRA SALMAH
NIM. 501573755
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT MEDAN
Dalam video ini pembelajaran tentang penulisan essay dalam Bahasa inggris tidak hanya dapat memberikan mereka keterampilan khusus terkait dengan essay tersebut, tetapi juga membawa sejumlah manfaat tambahan seperti menulis dalam Bahasa inggris. Essay seringkali melibatkan aspek-aspek kreatif, seperti seni, musik, menulis, atau kerajinan tangan. Pembelajaran Essay dalam Bahasa inggris dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan mengintegrasikan pembelajaran tentang hobi, baik di dalam atau di luar lingkungan kelas, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan merangsang minat siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris.
Saran terhadapat video pembelajaran tersebut adalah guru harus memperhatikan tulisan Bahasa inggris siswa dan memberikan outline jika tulisan siswa kurang tepat dalam penggunaan Bahasa inggris dalam menyampaikan hobinya. Guru juga harus meminta siswa untuk membacakan hasil essay yang di tulisnya agar mengasah kemampuan skill menulis dalam Pelajaran Bahasa inggris, tidak lupa pula guru harus memberikan motivasi dan kata kata membuat anak senang setelah ia menyampaikan hobinya dalam bentuk Bahasa inggris. Berikanlah tugas essay ke pada siswa tentang hobi seseorang dalam bentuk gambar atau video sehingga merangsang siswa untuk aktif dalam menjawab tugas yang di berikan.
Nama Mahasiswa : Ninda Karima
N I M : 501201963
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Jakarta
Berdasarkan pembelajaran dalam video tersebut tentang mata pelajaran “MY HOBBY” dalam bahasa Inggris, guru memanfaatkan media pembelajaran berupa video pendek yang mengangkat topik hobi seorang anak. Penggunaan media video dianggap sangat efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris karena dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memilih kosakata dan menggunakan bahasa yang tepat dalam penulisan karangan. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan, seperti banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan dan memilih kata dengan tata bahasa yang benar. Kendala ini muncul karena kurangnya penjelasan mendalam dari guru serta penggunaan media dan strategi yang kurang tepat dalam menyampaikan materi.
Namun, setelah guru memberikan contoh dan menggunakan media video, peserta didik menjadi lebih paham terhadap materi, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih baik, dan meningkatkan partisipasi siswa. Pengalaman ini memberi wawasan bahwa seorang guru perlu menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Nama Vita Kurniawati NIM 501263117 Prodi Magister Pendidikan Dasar.
Pada bagian pertama video, dapat dilihat bahwa siswa sudah mampu untuk membuat karangan dalam bahasa inggris, permasalahan yang ada adalah kurangnya kemampuan siswa dalam hal tata bahasa / grammar. Untuk mengatasi hal ini, menurut saya yang sebaiknya dilakukan guru adalah memberikan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mendengar / membaca banyak kaliat dalam bahasa inggris, sehingga siswa dapat terbiasa. Hal ini misalnya dengan mendengarkan musik bahasa inggris, menonton film dengan bantuan subtitle bahasa inggris serta mengadakan hari dimana siswa aktif berbahasa inggris.
Sedangkan untuk penyelesaian dalam video, yaitu guru memberikan tulisan panduan / outline untuk menulis, hal tersebut baik untuk menstimulasi siswa dalam menulis karangan, tetapi menurut saya terdapat kekurangan, siswa hanya terpaku pada outline, tidak dapat mengembangkan kreativitas siswa. Suasana kelas juga cenderung kaku dan siswa belum aktif dalam pembelajaran. Guru sebaiknya dapat merancang pembelajaran yang mengaktifkan siswa, menggembirakan dan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa siswa.
Nama : Veradiana Novitasari
NIM : 501322679
Program Magister Dasar
UPBJJ Surabaya
Dalam video pembahasannya berfokus pada strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris untuk Peserta Didik Kelas VII SMP”. Guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang efektif kepada peserta didik mengenai cara menulis atau membuat esai pendek. Guru hanya meminta peserta didik untuk membuat esai pendek tanpa memberikan penjelasan atau panduan menulis secara terarah.
Namun berikutnya solusi untuk masalah ini. Guru memperkenalkan contoh video dan artikel tentang hobi serta memberikan panduan menulis dengan menggunakan metode guided writing dalam pembuatan esai pendek. Dengan demikian, peserta didik mendapatkan bimbingan yang lebih terstruktur dan bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan menulis Bahasa Inggris mereka.
Video tersebut merupakan solusi yang sangat baik dalam memecahkan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Pada penggalan pertama, fokusnya adalah pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris untuk Peserta Didik Kelas VII SMP”. Terlihat bahwa siswa sedang mengalami kesulitan dalam menulis karangan dengan kata dan tata Bahasa yang baik dan benar, terutama ketika berbicara tentang hobi mereka.
Untuk mengatasi masalah ini, guru menggunakan berbagai media pembelajaran seperti video, outline, poster, dan suara cerita. Ini membantu siswa dalam menyusun karangan tentang hobi mereka. Dengan bantuan video, siswa dapat dengan lebih mudah mengungkapkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan.
Manfaat yang saya dapat:
a. Menarik perhatian siswa
b. mengembangkan ide-ide kreatif siswa
c. Merangsang daya pikir kritis siswa
d. Memicu partisipasi dan antusias siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
Nam:a: Novita Martika Putri
NIM:501353057
Mahasiswa Magister Pendidikan dasar
UPBJJ: Denpasar.
Dari video yang membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, saya mempelajari beberapa hal penting terkait pengembangan kompetensi menulis siswa Kelas VII SMP. Berikut adalah poin-poin utama yang saya dapatkan:
1. Kesulitan dalam Mengajarkan Menulis:
Kurangnya Penjelasan dan Panduan: Guru awalnya meminta siswa untuk langsung menulis essay pendek tanpa memberikan penjelasan atau panduan yang memadai. Ini membuat siswa kesulitan karena mereka tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana mengembangkan ide mereka.
2. Solusi untuk Mengatasi Masalah:
• Penggunaan Video dan Artikel: Guru kemudian memberikan contoh video dan artikel mengenai hobi untuk memberikan konteks dan inspirasi kepada siswa. Ini membantu mereka memahami topik yang akan mereka tulis.
• Guided Writing: Guru memberikan panduan menulis yang lebih terstruktur, membantu siswa memahami langkah-langkah dalam membuat essay pendek. Ini termasuk memberikan kerangka atau format dasar yang bisa diikuti oleh siswa.
Manfaat yang Saya Dapat dari Mengamati Video Pembelajaran Tersebut:
• Pentingnya Panduan yang Jelas: Video ini mengajarkan pentingnya memberikan panduan yang jelas dan terstruktur kepada siswa, terutama ketika mereka belajar keterampilan baru seperti menulis essay. Tanpa panduan, siswa bisa merasa bingung dan kurang percaya diri.
• Penggunaan Media Pendukung: Menggunakan video dan artikel sebagai alat bantu pembelajaran dapat membantu memperjelas topik dan memberikan inspirasi kepada siswa. Ini membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
• Langkah-Langkah Terstruktur: Guided writing memberikan langkah-langkah yang jelas dan terstruktur bagi siswa untuk diikuti, yang membantu mereka mengorganisir pikiran dan ide mereka dengan lebih baik. Ini juga meningkatkan hasil akhir tulisan mereka.
Masukan dan Saran untuk Video Pembelajaran:
• Lebih Banyak Contoh Nyata: Menyediakan lebih banyak contoh nyata dari essay yang baik dan kurang baik bisa membantu siswa memahami perbedaan dan apa yang diharapkan dari mereka.
• Latihan Bertahap: Menyertakan latihan menulis bertahap, mulai dari kalimat hingga paragraf, sebelum menulis essay penuh bisa membantu siswa membangun keterampilan mereka secara bertahap.
• Feedback yang Konstruktif: Memberikan feedback yang spesifik dan konstruktif pada setiap tahap penulisan dapat membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan tulisan mereka.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya memberikan panduan yang jelas dan menggunakan media pendukung dalam mengajar menulis. Dengan beberapa penyesuaian dan tambahan, strategi ini dapat lebih efektif dalam membantu siswa mengembangkan kompetensi menulis mereka.
Nama Mahasiswa : Widiyastuti
N I M : 501122954
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Batam
Berdasarkan video yang disajikan, dalam mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris siswa kelas VII SMP, terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh guru. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan *guided writing* kepada siswa sebelum mereka diminta untuk membuat essay pendek. Dalam video , guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa memberikan penjelasan dan guided writing terlebih dahulu. Oleh karena itu, salah satu solusi yang diberikan guru adalah dengan menyajikan contoh video mengenai hobby serta memberikan guided writing dalam membuat essay pendek. Dengan demikian siswa menjadi lebih mudah dalam menulis essay.
Selain itu, terdapat beberapa strategi lain yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris siswa kelas VII SMP. Beberapa strategi yang mungkin dapat diterapkan antara lain:
1. Pemberian contoh tulisan: Guru memberikan contoh tulisan yang baik dan benar kepada siswa sebagai referensi dalam menulis essay pendek.
2. Pemberian feedback: Guru memberikan feedback yang konstruktif kepada siswa setelah mereka menyelesaikan tugas menulis. Feedback ini dapat berupa pujian atas keberhasilan mereka dan saran untuk perbaikan.
3. Pemberian latihan menulis: Guru memberikan latihan-latihan menulis yang beragam kepada peserta didik untuk melatih kemampuan menulis mereka.
4. Penggunaan teknologi: Guru memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi atau website pembelajaran Bahasa Inggris, untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan menulis mereka.
Strategi-strategi ini dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris mereka. Namun, penting bagi guru untuk memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik mereka.
Terimakasih 🙂
Nama
Apa yang anda pelajari dari video-video tersebut? Vidio tersebut menampilkan pembelajaran bahasa inggris kelas VII di salah satu SMP, dengan materi pembelajaran tentang Hoby. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa kemudian meminta salah satu siswa untuk membacakan hobinya di depan kelas kemudian siswa di minta menuliskannya pada papan tulis. Guru mengkoreksi pelafalan dari siswa serta mengkoreksi tulisan yang telah di tulis siswa di papan tulis. Banyak siswa yang belum benar dalam melafalkan bahasa inggris dan rata-rata siswa belum benar menuliskan kalimat di papan tulis. Guru menggunakan media pembelajaran lcd yang di tampilkan di papan tulis, vidio yang di tampilkan dapat di simak siswa mengenai cara melafalkan dan cara menulis kalimat dalam bahasa inggris yang benar.
Selanjutnya guru memberikan tanya jawab dengan siswa untuk mengecek pengetahuan. Kemudian siswa di beri kertas untuk menuliskan hobi dan kegemarannya untuk di presentasi kan di depan kelas. Terakhir guru memberikan penguatan dan reward atas keaktifan dan semangat siswa. Manfaat apa saja yang anda dapat dari mengamati vidio pembelajaran tersebut?
Manfaat Yang saya dapat dari menonton vidio tersebut yaitu saya tau bagaimana cara mengajarkan siswa terkait dengan satu tema materi sehingga siswa dapat memahami nya kemudian saya juga dapat membandingkan kwalitas pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran dan dengan menggunakan media pembelajaran yg berdampak pada pemahaman siswa. Masukan dan saran terkait vidio pembelajaran tersebut?
Guru dapat melakukan apresepsi terlebih dahulu sebelum masuk pada pembelajaran inti masukkan sebaiknya guru mengenalkan bahasa yang dipakai terlebih dahulu sebelum memberikan siswa tugas.
Nama : Tri Widianto,S.Pd
Nim : 501193099
Apa yang anda pelajari dari video-video tersebut? Vidio tersebut menampilkan pembelajaran bahasa inggris kelas VII di salah satu SMP, dengan materi pembelajaran tentang Hoby. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa kemudian meminta salah satu siswa untuk membacakan hobinya di depan kelas kemudian siswa di minta menuliskannya pada papan tulis. Guru mengkoreksi pelafalan dari siswa serta mengkoreksi tulisan yang telah di tulis siswa di papan tulis. Banyak siswa yang belum benar dalam melafalkan bahasa inggris dan rata-rata siswa belum benar menuliskan kalimat di papan tulis. Guru menggunakan media pembelajaran lcd yang di tampilkan di papan tulis, vidio yang di tampilkan dapat di simak siswa mengenai cara melafalkan dan cara menulis kalimat dalam bahasa inggris yang benar. Selanjutnya guru memberikan tanya jawab dengan siswa untuk mengecek pengetahuan. Kemudian siswa di beri kertas untuk menuliskan hobi dan kegemarannya untuk di presentasi kan di depan kelas. Terakhir guru memberikan penguatan dan reward atas keaktifan dan semangat siswa. Manfaat apa saja yang anda dapat dari mengamati vidio pembelajaran tersebut? Manfaat Yang saya dapat dari menonton vidio tersebut yaitu saya tau bagaimana cara mengajarkan siswa terkait dengan satu tema materi sehingga siswa dapat memahami nya kemudian saya juga dapat membandingkan kwalitas pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran dan dengan menggunakan media pembelajaran yg berdampak pada pemahaman siswa. Masukan dan saran terkait vidio pembelajaran tersebut? Guru dapat melakukan apresepsi terlebih dahulu sebelum masuk pada pembelajaran inti masukkan sebaiknya guru mengenalkan bahasa yang dipakai terlebih dahulu sebelum memberikan siswa tugas.
Nama
NIM : 501193042
Mahasiswa Megister Pendidikan Dasar UPBJ Medan
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.J Medan
Nama : Y ERWIN PRANA RENDRA
NIM : 501122993
Mahasiswa Magister Pendidikan dasar
UPBJJ : BATAM
Video ini menampilkan penggunaan media video dalam pembelajaran “MY HOBBY” merupakan metode yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Metode ini memiliki beberapa kelebihan, seperti: Membantu siswa memilih kosakata: Video menyediakan contoh penggunaan kosakata dalam konteks yang relevan. Mempermudah penggunaan bahasa yang tepat: Video membantu siswa memahami bagaimana menggunakan bahasa yang tepat dalam penulisan karangan. Menciptakan suasana belajar yang lebih baik: Video membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Meningkatkan partisipasi siswa: Siswa lebih antusias dan terlibat dalam pembelajaran.