Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Lucky Ermina Sofia
    NIM : 501363176
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPJJ UT : Mataram
    dalam video tersebut saat awal kegiatan pembelajaran siswa disuruh maju menceritakan hobynya dengan menggunakan gaya bahasa yang dipahami tanpa adanya penjelsan dari guru dan hasilnya dituliskan dipapan tulis selanjutnya guru menilai atau mengoreksi tulisan yang ada dipapan tulis tanpa memberikan penjelasan bahwa tulisan ini tepat atau kurang tepat, sehingga banyak siswa yang bingung dan kurang paham. saat akhir dari kegiatan guru selanjutnya menampilkan video dengan materi yang sama. dengan menonton video siswa nampak lebih paham dan mengerti materi yang diajarkan dan siswapun nampak aktif menjawab pertanyaan. dari kegiatan tersebut dapat disimpilkan bahwa penjelsan dari guru itu snagat penting untuk menjalin komunikasi antar guru dan siswa. media pembelajaran juga sangat penting guna menunjang kegiatan pembelajaran supaya capaian belajar dapat terwujud.

  2. Nama : Rita Anggraini

    NIM : 501173033

    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    UPBJJ – UT : Palembang

    Menurut pendapat saya, video tersebut memberikan solusi yang baik untuk mengatasi masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah terkait kemampuan menulis bahasa Inggris peserta didik. Mengembangkan kompetensi menulis bahasa Inggris memang dapat menjadi tugas yang menantang, terutama ketika peserta didik belum memiliki pemahaman yang baik tentang cara membuat essay pendek.
    Dalam penggalan pertama video, diketahui bahwa guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik tentang cara menulis atau membuat essay pendek. Metode yang digunakan hanya meminta peserta didik untuk membuat essay tanpa penjelasan dan guided writing yang memadai. Hal ini tentu dapat menyulitkan peserta didik dalam memahami struktur dan konten yang baik dalam menulis essay pendek. Namun, dalam penggalan berikutnya, video memberikan solusi yang efektif. Guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai topik yang relevan, seperti hobi, dan juga memberikan guided writing sebagai panduan dalam membuat essay pendek. Pendekatan ini sangat membantu peserta didik untuk memahami langkah-langkah yang harus diambil dalam menulis essay dan memberikan mereka contoh konkret tentang bagaimana essay yang baik seharusnya terlihat.

    Dengan demikian, solusi yang disajikan dalam video tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis bahasa Inggris peserta didik. Pendekatan yang lebih terstruktur dan penggunaan contoh konkret dapat membantu mereka memahami tata cara dan memperoleh wawasan yang lebih baik dalam menulis essay pendek.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan solusi yang baik untuk mengatasi kesulitan dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah terkait kemampuan menulis bahasa Inggris. Pendekatan yang diberikan dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik dan memberikan mereka panduan yang jelas dalam membuat essay pendek.

  3. Nama : Juni Netril

    NIM : 501132837

    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut pendapat saya, video tersebut memberikan solusi yang baik untuk mengatasi masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah terkait kemampuan menulis bahasa Ingggris membuat essay pendek didepan kelas. Metode yang digunakan hanya meminta peserta didik untuk membuat essay tanpa penjelasan dan guided writing yang memadai. Hal ini tentu dapat menyulitkan peserta didik dalam memahami struktur dan konten yang baik dalam menulis essay pendek. Namun, dalam penggalan video kedua memberikan solusi yang efektif. Guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai topik yang relevan, seperti hobi, dan juga memberikan guided writing sebagai panduan dalam membuat essay pendek. Pendekatan ini sangat membantu peserta didik untuk memahami langkah-langkah yang harus diambil dalam menulis essay dan memberikan mereka contoh konkret tentang bagaimana essay yang baik .Secara keseluruhan, video ini memberikan solusi yang baik untuk mengatasi kesulitan dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah terkait kemampuan menulis bahasa Inggris. Pendekatan yang diberikan dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik dan memberikan mereka panduan yang jelas dalam membuat essay pendek.

  4. NAMA : ANANG RASIDI
    NIM : 501453235
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

    Saya pikir video tutorial di atas cukup bagus. Guru dapat mengaktifkan siswa untuk menjawab pertanyaan yang disajikan. Dan video menggunakan media pembelajaran berupa video dengan menggunakan alat media yang disebut proyektor, yang membuat siswa lebih memahami dan menangkap cerita. Namun, guru sedikit dirugikan ketika siswa tidak begitu tepat saat menulis di papan tulis. Lebih baik jika penjelasannya rinci sehingga siswa tentang hal itu dan siswa lain dapat lebih memahami. Dan itupun ketika siswa lain datang, guru memotong cerita siswa yang membacakan hobinya dan langsung menulis di papan tulis. Sebaiknya guru membiarkan siswa bercerita sampai siap kemudian meminta siswa menulis di papan tulis untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam bercerita di depan kelas.

  5. Nama : Dimas Fauzi Septyawan
    NIM : 501223288
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Bogor
    Dalam video yang saya lihat, pembelajaran tersebut berjalan dengan baik . Karena komunikasi antara guru dan murid berjalan sangat baik dan peserta didik aktif dalam sesi tanya jawab dan tugas-tugas yang diberikan guru dikerjakan dengan baik oleh murid. menggunakan media pembelajaran berupa video menggunakan alat media yaitu proyektor,yang membuat siswa lebih memahami dan menangkap cerita lebih baik lagi.

    Namun, ada sedikit kekurangan dalam guru mengenai penjelasan saat siswa kurang tepat dalam penulisan dipapan tulis. Sebaiknya ada penjelasan yang detail agar siswa yang mengerjakan dan siswa lain lebih paham lagi. Dan ada pula di saat siswa yang kedua maju kedepan guru memotong cerita siswa yang sedang baca tentang hoby nya dan langsung menuliskan dipapan tulis. Sebaiknya guru membiarkan siswa untuk bercerita sampai selesai kemudian baru menyuruh siswa menulis dipapan tulis agar meningkatkan percaya diri siswa saat bercerita didepan kelas. Selain itu, saat guru memperbaiki tugas salah satu murid guru tersebut kurang baik dalam menjelaskan kesalahan murid tersebut seharusnya dibahas dengan baik sehingga murid paham dan tak terjadi kesalahan yang sama.

  6. Nama : Mirnawati
    NIM : 501173176
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Palembang

    manfaat yang dapat diambil pada video dengan judul “my hobby” yaitu pada saat guru memberikan Metode guided writing merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk melarang konsep menulis. dengan menggunakan metode ini diharapkan dapat dengan mudah memahami bagaimana cara menulis esay pendek siswa dalam pembelajran bahasa inggris serta dapat meningkatkan kemampuan belajar bahasa inggris khususnya dalam pembuatan esay pendek.
    terlihat ketika pada penggalan video pertama siswa masih kesulitan dalam memahami dan meulis esay pendek. Guru terlihat hanya memberikan siswa kesempatan untuk maju kedepan tanpa memberitahu terlebih dahulu Langkah-langkah yang harus digunakan dalam penulisan esay pendek. Dan pada penggalan video berikutnya guru mulai menggunakan media pembelajaran audio visual yang dapat menraik minat dan meningkatkan pemahaman siswa serta menggunakan guided writing yang digunakan pada penulisan esay pendek.
    Saran yang dapat saya berikan, sebenarnya penggunaan media dan metode yang digunakan oleh guru setelah kesalahan yang dia lakukan merupakan alternatif solusi yang baik dalam meningkatkan pemahaman siswa itu sendiri.

  7. Nama: Laila Candra Kartika Putri
    NIM: 530082154
    Prodi : Magister Pendidikan dasar
    UPBJJ: Surabaya

    Dari video yang berjudul my hobby di atas menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru berjalan dengan baik dan guru mampu menciptakan situasi yang kondusif meskipun di awal pembelajaran saat guru menjelaskan siswa terlihat masih belum memahami apa yang disampaikan tetapi kemudian guru menunjukkan sebuah video suara sebagai media dalam pembelajaran. Dengan adanya media tersebut siswa lebih memahami materi yang sebelumnya telah dijelaskan oleh guru. Diharapkan dengan kegiatan yang dilakukan guru selama pembelajaran Bahasa Inggris tersebut siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran.
    Trimakasih

  8. Nama: Dinalia Angglena
    NIM: 501173001
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Palembang

    Menurut pendapat saya, video pembelajaran di atas telah mengimplementasikan strategi yang cukup baik. Guru berhasil membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan dan menggunakan media pembelajaran berupa proyektor yang membantu siswa dalam memahami cerita dengan lebih baik.
    Namun, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh guru. Pertama, saat siswa melakukan kesalahan dalam penulisan di papan tulis, penjelasan guru kurang detail. Sebaiknya, guru memberikan penjelasan yang lebih rinci agar siswa yang sedang mengerjakan dan siswa lainnya dapat lebih memahami dengan baik. Kedua, ketika siswa kedua maju ke depan dan sedang membacakan cerita tentang hobinya, guru langsung memotong ceritanya dan menulis di papan tulis. Sebaiknya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan ceritanya secara lengkap sebelum menginstruksikan siswa untuk menulis di papan tulis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara di depan kelas.
    Dalam rangka meningkatkan pembelajaran, perlu diperhatikan hal-hal tersebut agar siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik, dan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara di depan publik.

  9. Nama : Elfrida Maryati Kleor
    NIM : 501453203
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut cukup baik karena guru telah berhasil membuat peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran dan telah mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa kekurangan yaitu guru terlihat hanya memberikan peserta didik kesempatan untuk maju kedepan tanpa memberitahu terlebih dahulu Langkah-langkah yang harus digunakan dalam penulisan esay pendek. Saat peserta didik melakukan kesalahan dalam penulisan di papan tulis, penjelasan guru kurang detail. Sebaiknya, guru memberikan penjelasan yang lebih rinci sehingga peserta didik dapat lebih memahami dengan baik. ketika peserta didik kedua maju ke depan dan sedang membacakan cerita tentang hobinya, guru langsung memotong ceritanya dan menulis di papan tulis. Sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan ceritanya secara lengkap sebelum menginstruksikan peserta didik untuk menulis di papan tulis. Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara. Dalam rangka meningkatkan pembelajaran peserta didik maka, perlu diperhatikan hal-hal tersebut

  10. Nama Mahasiswa : Lilik Syafriani
    NIM : 501133276
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padang
    Menurut pendapat saya video tersebut telah memperlihatkan strategi yang bagus agar anak cepat memahami dalam menulis dalam membuat esai pendek.
    Pada video penggalan pertama terlihat siswa yang kesulitan dalam menulis dan membuat essay pendek dalam bahasa inggris. Karena sebelumnya guru hanya meminta peserta didik untuk membuat esai pendek tanpa menjelaskan dan memberikan bimbingan dalam penulisan terlebih dahulu. Sehingga guru memberikan solusi pada masalah tersebut dengan cara menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobi dan panduan menulis dalam membuat esai pendek. Dapat kita lihat pada penggalan video yang kedua dimana para siswa sudah banyak yang memahami. Cara seperti ini sangat baik digunakan pada materi pelajaran bahasa Inggris.

Leave a Reply