Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Gina Damayanti
    NIM : 501223224
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor

    Video pembelajaran tersebut sudah dapat memberikan ilustrasi pembelajaran bahasa inggris dalam mengembangkan kemampuan menulis peserta didik. Di akhir video juga sudah disampaikan cara yang tepat dalam mengajarkan kemampuan menulis siswa dengan menyajikan video tenatang hobby.

  2. Nama : Risqi Widiarti
    NIM : 501213255
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya, dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam memberikan solusi pembelajaran tentang my hobby kepada siswa dengan memutarkan video pembelajaran. Guru menggunakan metode guided writing agar siswa dengan mudah memahami bagaimana cara menulis essay pendek dalam pembelajaran bahasa inggris. Serta apresiasi berupa pujian dari guru membuat siswa merasa termotivasi dan semakin bersemangat.

  3. Nama : MUHAMMAD FAKRI RAMBE
    NIM : 501574155
    Prodi : Pendidikan Dasar (MPDR)
    UPBJJ :Medan

    Komentar terhadap video: My Hobby

    Sangat baik strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan guru pada video tersebut. Diawali dengan guru yang merefleksikan pembelajaran berupa pembahasan PR tentang Hobi Siswa. Siswa diminta untuk membacakan ke depan kelas hasil pekerjaannya yaitu menuliskan tentang hobinya dalam bahasa Inggris. Setelah membacakannya, siswa diminta untuk menuliskannya di papat tulis kemudian guru membahasnya. Kegiatan ini sangat baik untuk membentuk siswa lebih percaya diri menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas dan siswa lain menghargai pekerjaan temannya tersebut.

    Meskipun hasil pekerjaan rumah siswa tersebut masih kurang tepat, tetapi guru tetap memberikan penghargaan kepada siswa yang maju tersebut. Setelah itu barulah guru mengoreksi apa yang telah ditulis oleh siswa di papan tulis mengenai kesalahan tata bahasa penulisan Bahasa Inggris tentang My Hobby tersebut.

    Untuk memperdalam pemahaman terkait materi, guru menampilkan video seorang anak tentang hobinya bersepeda. Anak tersebut sudah cukup terampil berbicara bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik. Hal ini dilakukan agar siswa di kelas dapat mencontoh dan memahami tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Setelah itu untuk memantapkan pemahaman siswa, guru membagikan lembar isian yang berisi beberapa kalimat dengan beberapa kata yang hilang. Kata yang hilang ini harus diisi oleh siswa. Hal ini sangat baik agar siswa lebih mudah dalam memahami tata bahasa dalam Bahasa Inggris.

  4. Nama : Rosni Erlinda
    NIM : 501133101
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar

    Komentar terhadap Video : MY HOBBY
    Menurut pendapat saya video pembelajaran pertama menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis tentang hobby dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena siswa diberi tugas secara langsung tanpa mengunakan media pembelajaran, sehingga siswa kesulitan untuk menulis dan menceritakan tentang hobby dalam bahasa inggris, kemudian pada video kedua guru berusaha mengatasi masalah yang dialami siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memutarkan video pembelajaran tentang hobby, dan kemudian menjawab pertanyaan tentang hobby, kemudian siswa menuliskan hobby mereka sesuai dengan yang disampaikan pada video, dan untuk lebih memahami tentang hobby sebaiknya siswa belajar memberikan pertanyaan pada temannya tentang hobby mereka masing-masing.

  5. Nama : Pujo satrio utomo
    NIM : 501173137
    UPJJ : Palembang
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik. Jika guru bertanya, siswa dapat merespon pertanyaan guru. Pada sesi pertama, guru membuka pelajaran dengan menyapa murid dan menanyakan tugas dan dijawab dengan tepat oleh siswa. Guru juga memberi kesempatan kepada murid untuk membacakan tugasnya di depan kelas. Hal ini bisa melatih siswa untuk berani dan percaya diri dengan apa yang telah dikerjakan. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk menulis tugasnya di papan tulis dan mengoreksi tulisan siswa. Disini menurut saya bagus, karena siswa akan mengetahui letak kesalahannya. Namun guru tidak menjelasakan alasan kesalahannya. Hal ini membuat siswa bingung karena tidak memahami aturan penulisan.

    Pada sesi kedua, guru memberikan video tentang seseorang yang sedang menjelaskan hobinya. Hal ini dapat menarik perhatian siswa dan siswa dapat memahami apa yang disampaikan dalam video. Setelah itu guru memberikan kertas dengan outline penulisan hobi. Siswa diminta melengkapi teks tersebut seperti apa yang disampaikan di video. Hal ini dapat mempermudah siswa untuk membuat my hobi karena sudah diberi contoh dan outlinenya. Namun kekurangannya guru tidak menjelaskan struktur kalimat yang benar dan yang salah. Hal ini juga masih dapat memungkinkan siswa membuat kesalahan dalam menulis my hobi.

  6. Nama : Apria Nuri Herlinda
    NIM : 501173072
    UPBJJ: Palembang
    Prodi : Megister Pendidikan Palembang
    Menurut pendapat saya pembelajaran tersebut sudah baik yaitu dalam pembelajaran guru membuat kelas aktif dan kondusif dan menyenangkan. Setelah peserta didik mempresentasikan jawaban kemudian guru langsung menelaah jawaban peserta didik dengan membetulkan kalimat yang salah. Apa yang dilakukan guru tersebut sudah baik karena dapat membuat dan menyusun kalimat dengan baik dan benar. Dalam video tersebut juga guru memanfaatkan media teknologi dengan baik yaitu dengan menggunakan video. Dengan media video dapat memberikan gambaran materi yang di berikan secara menyenangkan kepada peserta didik. Adapun kekurang guru tersebut yaitu dalam memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah menjawab pertanyaan seperti apresiasi tepuk tangan atau memberikan jempol. Dengan memberikan apreasiasi dapat membuat peserta didik untuk lebih semangat, di hargai dan memotivasi mereka untuk lebih aktif lagi sehingga suasana kelas menyenangkan.

  7. Nama : Mohamad Gagan Nazmudindireja
    NIM : 501233185
    Program : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya Ibu Guru di tayangan video “my hobby” sudah sangat baik ketika mengelola pembelajaran Bahasa inggis dan ketika Ibu Guru sedang menjelaskan kepada siswa. Ada suatu perbedaan ketika guru dalam proses pembelajarannya yang tidak dengan media pembelajaran dengan menggunakan media video yang hasilnya sangat signifikan karana siswa merasa lebih semangat ketika memberikan pendapatnya dan lebih aktif ketika siwa dan guru melakukan tanya jawab. Saran dari saya adalah tingkatkan inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran dan hasil yang diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

  8. Nama : Agus Hermanto
    NIM: 501343214
    Jurusan: Magister Pendidikan Dasar

    Dalam video terlihat bahwa dengan menggunakan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bahasa inggris siswa. Siswa dengan mudah menjawab pertanyaan dari guru. Pembelajaran memanfaatkan video sangat memudahkan siswa dalam belajar

  9. nama :arnoldus jea
    nim :501453228
    Jurusan: Magister Pendidikan Dasar
    dalam vidio tersebut guru mencoba menerapkan materi bahasa inggris kepada anak terkait hoby.di mana anak-anak dituntut untuk membuat sebuah karangan namun yang di alami pada anak mengalami kesulitan menyerapi materi yang di berikan.dalam hal ini berarti strategi pemeblajaran yan di berikan itu tidak maksimal.nah sebagai solusi yang di ambil guru tersebut mencarai opsi terbaik dalam meningkatkan pemahaman anak dalam mengerjalan materi.penerapan vidio menjadi sebuah keberhasilan anak dalam pembelajaran

  10. Nama : ERNA FITRI YENTI
    NIM: 501133309
    Jurusan: Magister pendidikan Dasar

    Vidio pembelajaran tentang “my hobby” memberikan gambaran kita kepada pendidik bahwa media serta metode yang tepat akan dapat memaksimalkan hasil pembelajaran peserta didik. Disi jelas terlihat pada sesi awalnya, tugas yang diberikan guru tanpa diberi penjelasan dan guide writting dalam pengerjaannya akan jauh berbeda hasilnya dengan sesi 2 yang terlebih dahulu di beri tontonan dan arahan yang jelas

Leave a Reply