Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Oka Resty Wahyuni
    NIM : 501133158
    Program studi : Magister pendidikan Dasar

    Menurut pendapat saya video diatas guru sangat baik dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru mampu menguasai kelas dan memberikan arahan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, guru juga mengkoreksi jawaban peserta didik serta memberikan motivasi berupa pujian kepada peserta didik , pemberian pujian merupakan salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar.

  2. RESI DARNALINDA
    501132765

    Menggunakan contoh video memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan topik secara lebih jelas. Video dapat menyajikan gambaran yang lebih hidup dan menarik, sehingga membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Selain itu, menyajikan artikel yang berkaitan dengan topik membantu dalam memperluas pengetahuan siswa dan memperkenalkan mereka pada beragam sumber informasi.

    Guided writing atau penulisan terpandu membantu siswa dalam mengembangkan struktur dan organisasi tulisan mereka. Dengan memberikan arahan yang jelas dan memandu siswa melalui langkah-langkah penulisan, guru membantu siswa dalam membangun kemampuan menulis mereka secara bertahap.

  3. Nama: Lusi Nurkhayati
    NIM: 045093021
    Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris

    Menurut saya penggunaan media sangat penting dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa. Terbukti dalam video tersebut, setelah guru menggunakan media video, siswa lebih aktif, susasana kelas lebih menyenangkan, dan membantu siswa dalam menangkap apa yang disampaikan oleh guru. Peran guru dalam membing siswa sangat penting. Selain itu, apresiasi yang guru berikan dapat memberikan motivasi siswa untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. Video tersebut dapat menjadi salah satu referensi khususnya bagi saya untuk menerapkan guided writing yang baik.

  4. Nama: Lusi Nurkhayati
    NIM: 045093021
    Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris

    Menurut saya penggunaan media sangat penting dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa. Terbukti dalam video tersebut, setelah guru menggunakan media video, siswa lebih aktif, susasana kelas lebih menyenangkan, dan membantu siswa dalam menangkap apa yang disampaikan oleh guru. Peran guru dalam membing siswa sangat penting. Selain itu, apresiasi yang guru berikan dapat memberikan motivasi siswa untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. Video tersebut dapat menjadi salah satu referensi khususnya bagi saya untuk menerapkan guided writing yang baik.

  5. Assalamu’alaikum,
    Mohon izin, saya:

    Nama : Arinda Qurrota Akyuni
    NIM : 501323269
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Ingin menanggapi diskusi pada video pembelajaran dengan judul “My Hobby”.
    Menarik sekali metode ini yaitu guru menayangkan video pendek tentang hobi seorang anak laki-laki sebagai stimulus siswa. Di dalam video tersebut, anak laki-laki menceritakan hobinya dengan menggunakan bahasa Inggris yang mudah dipahami oleh siswa. Pemanfaatan teknologi dirasa sangat tepat diberikan untuk proses pembelajaran pada zaman society 5.0 saat ini. Setelah penayangan video, guru juga memancing keaktifan siswa dengan memberi pertanyaan secara lisan dan dijawab oleh siswa secara langsung. Untuk penugasan juga menarik karena guru outline kepada siswa dengan tujuan mempermudah siswa menuliskan hobinya.

    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum

  6. Nama : Sarianto
    NIM : 501574273
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dari tayangan video ini saya mempelajari bahwa dalam memberikan tugas berupa karangan atau essay kepada siswa, sebaiknya guru harus memberikan arahan dan contoh terlebih dahulu agar siswa dapat dengan mudah mengerjakannya. Arahan yang diberikan bisa dilakukan dengan bervariasi, misal dengan menonton tayangan video, tayangan animasi, berbentuk komik, dan bentuk lainnya.
    Saran saya dalam video ini adalah penyajian kondisi kelas yang sangat konvensional dimana posisi duduk siswa semua menghadap ke depan seolah ketiadaan model pembelajaran yang diterapkan padahal bisa dikolaborasikan dengan pendekatan kolaboratif, kooperatif, dan lain sebagainya.

  7. Nama : Yuana Yanuarianti
    Nim : 501333213
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Bahasa inggris adalah bahasa yang asing bagi kita.Tidak mudah mempelajarinya.Pasti ada beberapa kesulitan dalam mempelajarinya.Seperti halnya dalam vidio di atas.Ketika peserta didik mendapat tugas menulia essay pendek mereka kesulitan menyusun struktur kalimat yang benar.Namun guru cepat tanggap dengan menggunakan media pembelajaran berupa vidio.Peserta didik lebih mudah memahami bahkan mengucapkan kalimatnya dengan baik dan benar.Selain itu dalam vidio mereka juga diberikan evalusi berupa outline tes yang digunakan mengukur pemahaman mereka mengenai struktur kalimat yang benar dan baik dalam vidio tersebut

  8. Nama : Nina Herlina
    NIM :501223184
    Megister Pendidikan Dasar

    ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan guru agar siswa lebih memahami dalam pembuatan essai bahasa inggris.
    dengan diawali dengan menonton video yang menceritakan hobi sebagai contoh, kemudian melakukan tanya jawab mengenai video yang mereka tonton dan selanjutnya siswa diberikan tugas untuk membuat essai bahasa inggris tentang hobi seperti video yang sudah siswa tonton.
    dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran tentu akan membuat pembelajaran lebih menarik dan juga menyenangkan untuk siswa sehingga apa yang mereka diterima akan lebih bermakna dibanding dengan pembelajaran yang konvensional.

  9. Mira Sasmita Nim 501133133
    Menurut saya guru masih perlu mencari referensi tentang mengajarkan topik tentang hobbies tidak saja video tentang anak yg memaparkan hobbienya lewat sepeda yang dibawa tapi bisa lewat video dialog yang dilakukan oleh anak anak dimana akan banyak lagi kosakata (vocabulary) percakapan akan lebih bisa menambah kosa kata yang didapt kan anak anak

  10. Mira Sasmita Nim 501133133
    Menurut saya guru masih perlu mencari referensi tentang mengajarkan topik tentang hobbies tidak saja video tentang anak yg memaparkan hobinya lewat sepeda yang dibawa tapi bisa lewat video dialog yang dilakukan oleh anak anak dimana akan banyak lagi kosakata (vocabulary) percakapan akan lebih bisa menambah kosa kata yang didapat kan anak anak

Leave a Reply