Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama : Veradina Novianty
Nim : 501202671
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan tayangan tersebut yang dapat saya simpulkan adalah sebaiknya pada pembelajaran awal untuk penanaman konsep, butuh media kongkrit atau semi kongkrit agar pembelajaran lebih bermakna. Pembelajaran akan terasa jenuh jika dari awal sampai akhir hanya ceramah dan berpusat pada guru saja.
Nama : Asnaria
Nim : 501172998
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video pembelajaran diatas sudah cukup baik. Guru bisa membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang di berikan. Dan di video tersebut menggunakan media pembelajaran berupa video menggunakan alat media yaitu proyektor,yang membuat siswa lebih memahami dan menangkap cerita lebih baik lagi.
Namun,ada sedikit kekurangan dalam guru mengenai penjelasan saat siswa kurang tepat dalam penulisan dipapan tulis. Sebaiknya ada penjelasan yang detail agar siswa yang mengerjakan dan siswa lain lebih paham lagi. Dan ada pula di saat siswa yang kedua maju kedepan guru memotong cerita siswa yang sedang baca tentang hoby nya dan langsung menuliskan dipapan tulis. Sebaiknya guru membiarkan siswa untuk bercerita sampai selesai kemudian baru menyuruh siswa menulis dipapan tulis agar meningkatkan percaya diri siswa saat bercerita didepan kelas. Manfaat dari mengamati video antara lain dapat mengetahui permasalahan pembelajaran Bahasa inggris dalam hal keterampilan menulis sebuah karangan, memilih kata dan menggunakan tata nahasa dengan benar, dapat mengetahu metode dan media yang digunakan guru dalam mengajarkan materi keterampilan menulis. Dari video tersebut kita dapat mengetahui variasi media dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guru mengaktifkan siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan tanya jawab. Selain itu guru memberikan reward sehingga siswa lebih semangat dalam belajar bahasa inggris.
Masukan dan Saran dari video antara lain sebaiknya guru perlu mempersiapkan variasi media dan metode pembelajaran agar mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Inggrris karena setiap siswa memiliki karakter dan gaya belajar yang berbeda-beda. Guru juga perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inngris sehingga keterampilan menulis mengalami peningkatan. Penggunaan media visual, audio visual dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa inggris dalam keterampilan menulis. Dengan melihat dan mendengan siswa dapat berlatih menuangkan melalui kata-kata sehingga keterampilan menulis mengalami peningkatan. Perlunya pembiasaan Latihan menulis dalam Bahasa inggris merupakan salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis. Guru dan siswa harus selalu semangat dalam meningkatkan latihan menulis dalam Bahasa inggris
Setelah menyimak video di atas terlihat perbandingan 2 kegiatan belajar yang mengembang keterampilan menulis bahasa Inggris, guru membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuannya melalui arahan, penjelasan dan petunjuk yang diberikan guru agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas.
Nama : Verla Mutia M
Nim : 501233146
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menurut saya menganai video diatas, Guru sudah baik dalam membuat startegi pembelajaran. Guru menggunakan media pembelajaran yang variatif. sehingga siswa dapat mengikuti pemeblajaran dengan baik. selain itu juga guru memeberikan apersepsi kepada siswa sehingga membuat siswa menjadi lebih semangat dan bahagia karena sudah mendapat pujian dari guru
Nama : Fakih Agus Sulaeman
NIM : 501202893
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah menyimak video diatas maka pembelajaran membuat essay pendek tidak bisa hanya pemberian tugas saja, kemudian guru pergi, perlu ada bimbingan guru dalam membuat essay pendek, bimbingan berdasarkan video tersebut adalah pemberian guided writing yang berfungsi sebagai penuntun penulisan di tahap awal.
Nama :Rustan
Nim :501453267
Prodi :MPDR SD
Di dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Walau begitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan,masih banyak siswa kesulitan dalam memilih kata yang baik dan benar.kemudian di dalam video tersebut guru memberikan simulasi video pendek pembelajaran tentang my hobby, tenyata siswa sangat antusias menjawab pertanyaan ibu guru dan cepat memahami pelajaran dengan baik .pembelajan melalui video ini patut di contoh oleh guru yang lain.agar siswa cepat memehami pelajaran di sekolah.
Dari hasil video pembelajaran bahasa inggris mengenai “My Hobby” strategi yang dilakukan guru tersebut sudah baik yaitu pemberian contoh video pembelajaran yang menjadi solusi agar kesulitan siswa untuk menulis sebuah karangan dapat teratasi. Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama, video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP. Di dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
nama: SAWITRI MARDHIYAH
nim : 501333094
Prodi : S2 Pendidikan Dasar
video tersebut sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa Sangat aktif ketika guru menerangkan Kemudian siswa dapat merespon instruksi yang guru berikan dengan baik, siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. dalam video tersebut guru juga tidak lupa memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat.
terima kasih
Dilihat dari cuplikan video tersebut, guru melakukan strategi pendekatan quantum teaching dan quantum learning.
sehingga guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan permasalahannya, untuk mengatasi kesulitan tersebut guru mencoba menampilkan sebuah video dan memberikan LKS untuk latihan siswa dalam menulis narasi tentang my Hobby dalam berbahasa inggris. terobosan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah bagus, karena dengan melihat video tersebut peserta didik diarahkan untuk memahami pelajaran yang sedang berlangsung dan alat peraga audio visual tersebut akan memudahkan siswa dalam menulis narasi tentang hobi yang dimiliki dan setelah itu siswa mempresentasikannya didepan kelas.
Nama : Susi Yanti
NIM : 501132994
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dalam mengajarkan writing sebaiknya guru memanfaatkan papan tulis atau media PPT untuk menunjukkan penulisan yang tepat dalam menceritakan sebuah hobby. Akan lebih baik lagi jika menggunakan youtube yang ada teksnya sehingga siswa tidak hanya melihat, mendengar namun juga dapat mengetahuai seperti apa bentuk tulisannya. Karena ketika siswa diminta untuk membacakan PR tentang Hobby kedepan kelas itu yang didengar dengan yang dituliskan pada papan tulis tidaklah sama. Mengingat pelafannya berbeda dengan bahasa Indonesia. Jadi perlu guru membimbing siswa dalam meningkatkan kompetensi menulis bahasa inggris.