Sinopsis

Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.

Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.

Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.

Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.

Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

118 Comments

  1. RESI DARNALINDA
    501132765

    Mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam berbicara menggunakan poster orang terkenal/artis melibatkan mereka secara langsung dalam proses pembelajaran. Mereka diberi kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris dan berbagi pendapat mereka tentang ciri-ciri fisik orang yang terlihat dalam poster. Hal ini meningkatkan interaksi antara guru dan siswa serta membangun kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

    Secara keseluruhan, metode pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan poster orang terkenal/artis dan mendorong siswa untuk berbicara secara aktif adalah pendekatan yang menarik dan efektif. Hal ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif, memperluas kosakata, membangun kepercayaan diri, dan mengaitkan bahasa Inggris dengan konteks kehidupan nyata.

  2. Nama : Yuana Yanuarianti
    Nim : 501333213
    Prodi : Magister pendidikan Dasar
    Menurut saya dalam mencapai tujuan pembelajaran guru tersebut sudah menggunakan media yang dapat merangsang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.Peserta didik sangat antusias melihat gambar idola mereka terpampang di poster.Hal ini memotivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran bahasa inggris dengan baik.Sehingga tanpa mereka sadari telah mampu menguasai kompetensi berbicara dalam bahasa inggris.

  3. Nama : Idha Lestari
    NIM : 501123204
    Prodi : Magister Pendidikan dasar

    Guru telah menerapkan strategy yang tepat dan menarik dengan menggunakan poster artis terkenal, sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan merasa enjoy dalam belajar. Cara mengajar guru yang santai juga memberikan rasa nyaman untuk siswa belajar sehingga dapat berlangsung pembelajaran yang lebih bermakna.

  4. Nama : Alfina fitriani
    NIM : 501132812
    Fakultas: Magister Pendidikan Dasar

    Setelah saya menonon video tersebut, saya memperhatikan media yang diberikan oleh guru, yaitu berupa media gambar yang ditempelkan di depan kela. siswa diajak untuk memperhatikan gambar-gambar idola mereka yang terpampang jelas di depan kelas.Mereka memperhaikan ciri-ciri fisik dari idola tersebut, ada yang berambut panjang, berambut pendek, hidung mancung, kulit putih, dan sebagainya. Pembelajaran dilakukan dengan mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada peserta didik yang membuat peserta didik berfikir lebih kritis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Metode belajar yang berpusat kepada siswa membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Mereka akan memahami tujuan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan.

  5. Nama : ROMI
    Nim : 501133015
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    dengan strategi yang diterapkan oleh guru, membuat siswa senang dan aktif dalam belajar. siswa dapat mamahami pelajaran yang diberikan oleh guru. dengan kata atau bahasa yang disampaikan oleh guru membuat siswa lebih nyaman dalam belajar. dengan media yang dipajang dipapan tulis dan siswa mengamati tentang orang-orang yang menjadi idolanya dari berbagai negara sangat menarik perhatian siswa dalam belajar. selain itu guru juga memancing siswa aktif dalam berbicara dengan menggunakan kosakata yang tepat.

  6. Nama: DEVY RUSELVI
    NIM: 501132851
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPJB : Padang

    Dari mengamati video pembelajaran tentang penggunaan realia, yaitu poster-poster artis dalam pembelajaran bahasa Inggris, terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil, antara lain:
    1. Mengetahui bahwa penggunaan realia, seperti poster-poster artis, dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
    2. Memahami bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memotivasi siswa dan meningkatkan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris.
    3. Mengetahui bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu siswa memperkaya kosakata mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menggambarkan orang dalam bahasa Inggris.
    4. Memahami pentingnya memilih realia yang tepat dan relevan dengan konteks pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
    5. Mengetahui bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris harus dilengkapi dengan kegiatan pembelajaran yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.
    Berdasarkan manfaat yang diambil dari video pembelajaran tersebut, seseorang dapat memahami bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Dengan demikian, metode pembelajaran dengan menggunakan realia dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

  7. Setelah menyimak video pembelajaran ini terlihat guru menggunakan media Realia dalam mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Media realia dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan melalui kesukaan atau hal-hal yang dikenal atau diketahui oleh siswa, siswa memiliki rasa percaya diri serta pengetahuan awal yang memudahkan dalam menggali dan mengembang kosa kata bahasa Inggris siswa.

  8. Nama : Himayari Nufus Maryana
    NIM : 501353247
    Prodi : Magister Pendidikan dasar

    Dari video yang telah saya simak, manfaat yang dapat saya ambil adalah siswa akan belajar dengan semangat apabila menggunakan media yang mereka sukai, selain itu media pembelajaran berdasrkan minat juga dapat merangsang anak untuk menjadi siswa yang aktif dalam berbahasa inggris

  9. Nama : Verla Mutia M
    NIM : 501233146
    Prodi : Magister Pendidikan dasar

    Pada proses pembelajaran dalam video tersebut merupakan pembelajaran keterampilan bahasa inggris dengan menggunakan media poster atau gambar dari idola sehingga siswa mampu bercerita dari idolanya masing-masing dalam bahasa inggris. pembelajaran menggunakan poster dan gambar idola menjadi pembelajaran yang menyenangkan agar siswa bersemangat untuk menceritakan ciri-ciri idolanya dalam bahasa inggris sehingga siswa semakin mahir dalam kemampuan berbicara bahasa inggris.
    Dari proses pembelajaran ini saya dapat menganalisis bahwa penggunaan media poster sangatlah efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris sehingga siswa mempunyai gambaran secara langsung tentang apa yang akan dideskripsikannya

  10. Nama : Verla Mutia M
    NIM : 501233146
    Prodi : Magister Pendidikan dasar

    Pada proses pembelajaran dalam video tersebut merupakan pembelajaran keterampilan bahasa inggris dengan menggunakan media poster atau gambar dari idola sehingga siswa mampu bercerita dari idolanya masing-masing dalam bahasa inggris. sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam mendeskripsikan idolanya

Leave a Reply