silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Zahrah Sundari Kopa
NIM : 042310066
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat dan penting bagi kami sebagai guru. Guru sudah menyampaikan materi secara bertahapdalam video tersebut tampak seorang guru yang menyampaikan materi secara bertahap, sehingga siswa mudah dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
2. Hal penting dalam video tersebut adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. contohnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun sesuai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik sehingga siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam dalam membimbing siswa ketika siswa sedang mengerjakan diskusi kelompok serta menutun siswa dalam menampilkan hasil diskusi siswa di depan kelas juga dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl. adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Nama : Zahrah Sundari Kopa
NIM : 042310066
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat dan penting bagi kami sebagai guru. Guru sudah menyampaikan materi secara bertahapdalam video tersebut tampak seorang guru yang menyampaikan materi secara bertahap, sehingga siswa mudah dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
2. Hal penting dalam video tersebut adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. contohnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun sesuai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik sehingga siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam dalam membimbing siswa ketika siswa sedang mengerjakan diskusi kelompok serta menutun siswa dalam menampilkan hasil diskusi siswa di depan kelas juga dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl. adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Nama : Zahrah Sundari Kopa
NIM : 042310066
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat dan penting bagi kami sebagai guru. Guru sudah menyampaikan materi secara bertahapdalam video tersebut tampak seorang guru yang menyampaikan materi secara bertahap, sehingga siswa mudah dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
2. Hal penting dalam video tersebut adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. contohnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun sesuai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik sehingga siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam dalam membimbing siswa ketika siswa sedang mengerjakan diskusi kelompok serta menutun siswa dalam menampilkan hasil diskusi siswa di depan kelas juga dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl. adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Nama : Zahrah Sundari Kopa
NIM : 042310066
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat dan penting bagi kami sebagai guru. Guru sudah menyampaikan materi secara bertahapdalam video tersebut tampak seorang guru yang menyampaikan materi secara bertahap, sehingga siswa mudah dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
2. Hal penting dalam video tersebut adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. contohnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun sesuai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik sehingga siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam dalam membimbing siswa ketika siswa sedang mengerjakan diskusi kelompok serta menutun siswa dalam menampilkan hasil diskusi siswa di depan kelas juga dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl. adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Nama : Dorce Tonga Terang
Nim : 031483579
Program studi : PGSMP – Bahasa dan Sastra Indonesia
Berikut pendapat saya mengenai video tersebut :
1 . Pendapat saya tentang video pembelajaran yang sudah dipaparkan ialah sangat menginspirasi bagi kami sebagai pengajar dan dapat membangkitkan antusias semangat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
2 . Hal yang saya peroleh sebagai pengajar dari video tersebut ialah :
– Mengajarkan tentang cara penyampaian tahap atau proses pembelajaran secara terperinci
– Mengajarkan tentang cara menguasai situasi kelas saat kegiatan belajar mengajar.
– Mengajarkan tentang cara memotivasi dan menarik perhatian siswa dalam hal tanya jawab agar siswa tidak bosan di kelas
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut ialah :
– Guru sangat baik dalam hal penyampaian materi serta memberikan contoh yang mudah dipahami oleh siswa.
– Sangat baik dalam memberikan kesempatan kepada siswa dalam hal tanya jawab
– Guru juga sangat baik dalam mengajarkan siswa saling menghargai pendapat yang diperoleh teman.
Terima kasih🙏
Nama : Katrina Inya Kaka
NIM : 015975385
Prodi : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Pokjar : Sumba Barat
Pendapat saya mengenai Video pembelajaran yaitu :
1.Sudah sangat baik mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran,ruang kelasnya super aktif antara guru dan siswa-siswi saling memberi interaksi dalam kegiatan proses kegiatan belajar mengajar (KBM).
2. -Guru memberikan pujian pada siswa-siswi melalui sebuah nyanyian yang diperagakan di depan kelas
-Guru memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi melalui sebuah nyanyian.
3. -Guru mengajar dengan cara membawa sebuah cerita atau dongeng agar siswa tidak merasa jenuh
dalam proses kegiatan belajar mengajar.
– Guru melibatkan siswa untuk sama-sama aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar
– Guru selalu berbahasa santun terhadap siswa-siswinya.
– Guru selalu memecahkan masalah dalam pembelajaran yang dihadapi oleh siswa.
Nama : Ruma Haba
NIM : o17751445
Pkjar : Sumba Barat
Prodi : Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pada video pembelajaran tentang problem based learning yang diaplikasikan dalam pembelajaran Apresiasi Sastra Anak sangat menginspirasi, karena langkah -langkah pembelajaran sudah disampiakn sesau dengan prosedur yang baik. Guru juga sangat mengauasai kelas dan materi yang disampaikan, sehingga ada interaksi siswa yang menghidupkan pembelajarn di keals menjadi tidak membosankan. Ada ras ingin tahu yang ditampilkan oleh siswa sebagai akibat dari tem ayng diangkat sungguh menarik.
Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
jawab :pembelajaran dalam video tersebut sudah baik namun lebih ditingkatkan lagi dengan metode dirubah lebih aktif lagi sehingga siswa lebih bersemangat dan tidak bosan
Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Jawab : keberanian siswa dalam bercerita dan berkomentar.
Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
– pembukaan pembelajaran yang super aktif
– pemberian tugas dengan ide kreatif dikertas origami
Nama : Roselvy Romauli
NIM : 857153379
Pokjar : MPK Jakarta
Prodi : PGSD – BI
1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran di atas adalah sangat bermanfaat dan sebagai masukan buat sayasebagai seorang guru.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran tersebut adalah :Kita dapat menerapkan metode pengajaran tersebut dari pemahaman yang baik. agar siswa tidak cepat bosan langakah awla pembelajaran dimulai dengan ice breaking. Guru tidak lupa memberikan hadiah kepada siswa yang berani mengemukakan pendapatnya. sehingga rasa percaya diri anak tumbuh dengan sendirinya.
3. Menurut pendapat saya hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah membuka kelas diawali dengan ice breaking untuk membuat anak semangat dalam belajar, menjelaskan materi apa saja yang akan diberikan selama pembelajaran berlangsung, kegiatan akhir pembelajaran sangat bagus dan terperinci. Sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi mengajar pada siswa. Antusiasme siswa dalam diskusi kelompok dan siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi siswa di depan kelas serta mengikuti aturan KBM yang menerapkan metode PBI. Adanya interaksi antara siswa dan guru tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Assalamualaikum
Nama: Akhmad Aris Munandar
Nim: 857694769
Analisa GPO 2
Pendapat saya mengenai Video pembelajaran yaitu :
1.Sudah sangat baik mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran,ruang kelasnya super aktif antara guru dan siswa-siswi saling memberi interaksi dalam kegiatan proses kegiatan belajar mengajar (KBM).
2. -Guru memberikan pujian pada siswa-siswi melalui sebuah nyanyian yang diperagakan di depan kelas
-Guru memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi melalui sebuah nyanyian.
3. -Guru mengajar dengan cara membawa sebuah cerita atau dongeng agar siswa tidak merasa jenuh
dalam proses kegiatan belajar mengajar.
– Guru melibatkan siswa untuk sama-sama aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar
– Guru selalu berbahasa santun terhadap siswa-siswinya.
– Guru selalu memecahkan masalah dalam pembelajaran yang dihadapi oleh siswa.