silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama : Arbain yon Anwar
    Nim : 858432367
    Prodi : pgsd s-1
    Salut daya taka educenter paser (pokjar long kali)
    1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    Video tersebut berisi tentang keresehan seorang guru yang merasa peserta didik nya kurang antusias dalam proses pembelajaran apresiasi karya sastra. Sehingga di perlukan metode pembelajaran khusus untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Di dalam video proses pembelajaran bisa berjalan baik dan aktif karena gurunya menggunakan mentode belajar yang baik dan menguasai materi yg disampaikan.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Dalam video tersebut terdapat beberapa hal penting, seperti guru yang aktif bertanya kepada siswa, guru tidak boleh asik sendiri, guru harus dapat menghidupkan suasana kelas yang aktif. Guru juga harus bisa mengapresiasi jawaban dari peserta didiknya.

    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Guru dan siswa terlihat seimbang, siswa sudah cukup antusias, dan guru dapat menghidupkan suasana kelas.

  2. NAMA : OKTI ASTUTI
    NIM : 856480086
    UPBJJ : PEKANBARU

    Video pembelajaran tersebut menggunakan metode Problem Based Learning yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran mengenai apresiasi karya sastra. Dengan menggunakan metode ini, suasana kelas terlihat lebih hidup karena para siswa ikut aktif berpartisispasi terhadap cerita yang mereka pelajari. Sehingga, belajar sastra dapat dilakukan dengan cara menyenangkan dan jauh dari kata bosan dan ngantuk dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia.
    Hal Penting yang Diperoleh
    Apresiasi sastra melibatkan pemahaman, penghayatan, dan penikmatan karya sastra. Kegiatan apresiasi langsung: membaca, mendengar, dan menonton karya sastra. Metode berkisah dan PBL dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
    Hal Baik dalam Video
    Materi tersusun rapi dan sistematis, Menekankan aktivitas siswa yang bervariasi dan aktif, Menawarkan metode kreatif untuk mengatasi pembelajaran monoton.

  3. NAMA : KASMAWATI BR NADEAK
    NIM. : 855858388
    SEMESTER : 8
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : UT MEDAN
    POKJAR : LABURA
    1. Menurut saya, video pembelajran yang disampaikan di atas sangat bagus ya. menambah referesnsi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia Khususnya pada bab Apresiasi Sastra Anak agar tidak membosankan. tidak hanya guru saja yang bercerita di depan kelas melainkan siswa juga diajak untuk bercerita dalam bahasanya sendiri atas apa yang telah diceritakan pada buku paket tersebut.
    2. hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru selalu meberikan apresiasi kepada siswanya dan selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. guru juga tidak hanya berbicara di depan kelas tetapi mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu
    Memberi Contoh yang Inspiratif: Video sering menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan nilai-nilai positif, memberikan teladan nyata bagi anak-anak.
    Penggunaan Visual yang Menarik: Elemen visual yang kreatif dan menarik dapat memikat perhatian anak, membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran.
    Interaksi dan Diskusi: Memfasilitasi interaksi antara anak-anak, baik dalam diskusi maupun kegiatan kelompok, mendorong kerja sama dan komunikasi

  4. Nama : Kasmawati br nadeak
    Nim : 855858388
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : Labura
    1. Menurut saya, video pembelajran yang disampaikan di atas sangat bagus ya. menambah referesnsi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia Khususnya pada bab Apresiasi Sastra Anak agar tidak membosankan. tidak hanya guru saja yang bercerita di depan kelas melainkan siswa juga diajak untuk bercerita dalam bahasanya sendiri atas apa yang telah diceritakan pada buku paket tersebut.
    2. hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru selalu meberikan apresiasi kepada siswanya dan selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. guru juga tidak hanya berbicara di depan kelas tetapi mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu
    Memberi Contoh yang Inspiratif: Video sering menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan nilai-nilai positif, memberikan teladan nyata bagi anak-anak.
    Penggunaan Visual yang Menarik: Elemen visual yang kreatif dan menarik dapat memikat perhatian anak, membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran.
    Interaksi dan Diskusi: Memfasilitasi interaksi antara anak-anak, baik dalam diskusi maupun kegiatan kelompok, mendorong kerja sama dan komunikasi

  5. Nama : kasmawati br nadeak
    Nim : 855858388
    Pokjar : Labura
    Semester : 8
    PGSD S1

    1. Menurut saya vidio di atas sangat bermanfaat Karna memberi pemaham tentang apresiasi sastra dan didalam vidio guru sangat komunikatif dan inovatif dalam menyampai kan pembelajaran

    2. Hal yg paling penting dalam vidio ini adalah siswa sangat bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berani mengeluarkan pendapat mereka masing-masing

    3. Pembelajaran dari awal hingga akhir sangat terarah Karena guru tersebut menerapkan pembelajaran sesuai dengan Rpp.

  6. nama : dewi Septiani
    nim : 857133456

    Manfaat pembelajaran ini yaitu memberi banyak informasi tentang perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok.
    Video tersebut membantu siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran visualisasi atau cara guru mengajar yang baik meningkatkan imajinasi anak dan membuat anak dapat membayangkan hal nyata dari cerita yang disampaikan guru tersebut.

  7. Nama : Feri Sri wahyuni Ningseh
    Nim : 877959124
    1. Video pembelajaran ini secara umum efektif dalam menyampaikan informasi, namun terdapat beberapa area yang dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan pengalaman belajar.

    2. Hal penting dalam video :
    1. Kejelasan Materi.
    Materi disajikan dengan cukup jelas dan terstruktur, memudahkan pemahaman konsep-konsep dasar.
    2. Visualisasi.
    Penggunaan visualisasi (grafik, animasi, atau gambar) membantu memperjelas konsep yang abstrak dan meningkatkan daya ingat.
    3. Keterlibatan.
    Video berhasil mempertahankan perhatian penonton melalui penggunaan contoh-contoh relevan dan gaya penyampaian yang menarik.

    3. Hal yang sudah baik :
    1. Kedalaman Materi.
    Kedalaman penjelasan materi nya sudah bagus sehingga siswa bisa dengan mudah memahami materi yang komprehensif.
    2. Durasi Video.
    Durasi video sudah cukup jadi membuat siswa bisa fokus dan efektivitas dalam memahami pembelajaran.

    Kesimpulan
    Secara keseluruhan, video pembelajaran ini memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan informasi dan menarik perhatian penonton. Namun, terdapat beberapa area yang dapat ditingkatkan, seperti kedalaman materi dan durasi video, untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran.

  8. Assalamualaikum
    Nama : Silvia ade
    NIM :856467729
    Upbjj : pekanbaru

    Menurut saya,
    1. video pembelajran yang disampaikan di atas sangat bagus ya. menambah referensi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia Khususnya pada bab Apresiasi Sastra Anak agar tidak membosankan. tidak hanya guru saja yang bercerita di depan kelas kecuali siswa juga diajak untuk bercerita dalam bahasanya sendiri atas apa yang telah diceritakan pada buku paket tersebut.
    2. hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru selalu memberikan penghargaan kepada siswanya dan selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. guru juga tidak hanya berbicara di depan kelas tetapi mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu
    Memberi Contoh yang Inspiratif: Video sering menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan nilai-nilai positif, memberikan teladan nyata bagi anak-anak.
    Penggunaan Visual yang Menarik: Elemen visual yang kreatif dan menarik dapat memikat perhatian anak, membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran.
    Interaksi dan Diskusi: Memfasilitasi interaksi antara anak-anak, baik dalam diskusi maupun kegiatan kelompok, mendorong kerja sama dan komunikasi.

  9. PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA ANAK (PUISI/CERITA/DRAMA) DALAM UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER.

    Nama : Dewi Wahyuni
    NIM : 860200261
    UPBJJ : BANDUNG

    1. Menurut saya, contoh vidio pembelajaran yang disampaikan sangat bagus,bisa menambah referensi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia , untuk pembelajaran Apresiasi Sastra Anak , agar mampu dikemas lebih menarik supaya anak tidak bosan dan antusias.
    Peran guru dan siswa turut aktif dalam pembelajaran, guru bisa berperan sebagai pemantik bagi siswa, interaksi pembelajaran yang aktif, sehingga siswa dapat menceritakan kembali dengan gaya bahasanya sendiri.

    2. Hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru mengaplikasikan metode :
    Sintaks 1: Menjelaskan tujuan pembelajaran,proses pembelajaran, guru memotivasi dan mengapresiasi peserta didik
    Sintaks 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
    Sintaks 3: Mengembangkan dan menyajikan karyanya
    Sintaks 4: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalahnya

    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Vidio ini sudah menampilkan bagaimana cara mengemas menyajian materi sehingga anak ikut andil aktif, berani mengemukakan pendapat, antusias dalam belajar mandiri maupun kelompok, bahkan anak mampu mengevaluasi materi dengan membacakan nilai-nilai moral yang dapat dipetik dari karya sastra tersebut.
    Implementasi Sintaks SPBL, Problem based learning teraplikasikan dalam pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa mampu berdialog dengan guru, dengan temannya dan berpraktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
    Terima kasih,

  10. Tugas Analisis Vidio_IPA – Penggunaan metode base learning dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam apresiasi seni sastra
    _Tugas Praktik 1_PKP_Nama:MuhammadvArfadza’im A.S_NIM:857139321_Klas B_Tanggal Pengumpulan April 2025
    Isi Komentar :
    a. Identifikasi masalah
    – Guru mengalamai kesulitan Ketika akan mengajarkan apresiasi sastra
    – Anak kurang antusias mepelajari apresiasi seni sastra
    – Tidak ada media pembelajaran
    – Metode yang digunakan kurang menarik
    b. Analisis Masalah
    Masalah yang dialami guru adalah dalam mata Pelajaran Apresiasi seni , guru mengalami kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam mengapresiasi seni yaitu mencari Amanah dari sebuah cerita. dikarenakan metode yang digunakan kuranng menarik
    c. Alternatif pemecahan masalah
    Sebelum pembelajaran lakukan hal hal yang memotivasi minat siswa dengan ucapan salam. Menanyakan kabar serta ice breking, kemudian guru menerapkan metode base learning dengan cara mencari amanat atau dalam sebuah cerita dengan cara guru membaca buku cerita dengan judul Pelajaran bagi Mira, siswa disuruh mendengarkan dan mencatat 6 nilai yg terkandung dalam cerita di sebuah kertas origami sambil mengingat dan anak bergantian membaca ke depan kelas
    d. Tujuan perbaikan yang dilakukan guru adalah bertujuan supaya pembelajaran lebih menarik dan siswa mudah memahami materi, memberi Kesan yang mendalam dan bermakna bagi siswa
    e. Kelebihan metode ini adalah pembelajaran lebih menarik, siswa lebih senang dan , tertarik dan tidak bosan, memudahkan anak dalam memahami materi dan anak bisa berkarya, dan percaya diri menguatkan karakter, anak bisa menganalisis dan memecahkan masalah
    f. Kelemahan metode field trip adalah masalah waktu yang kurang efektif

Leave a Reply