silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. ASSALAMU’ALAIKUM
    Nama : SITI FATONAH
    NIM : 857706706
    UPBJJ : SEMARANG

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Menurut saya video pembelajaran ini sudah bagus , banyak sekli keunggulannya
    Memotivasi peserta didik dengan melibatkannya di dalam pembelajaran.
    Menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu.
    Membantu keterkaitan hidup di luar sekolah.
    Menyediakan peluang unik karena pendidik membangun hubungan dengan peserta didik sebagai fasilitator.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Banyak hal penting yang kita bisa ambil dari video tersebut adalah bagaimana membuka, dan berinteraksi dengan sisiwa, pembelajaran yang berbasis proyek,
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    sesuai , akan tetapi pengajar masih kaku belum, menikmati proses pembelajaran.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    hal baik yang kita bisa ambil adalah kita bisa oh, begit pembelajaran yang berbasis proyek, bagaimana membuka dan menutup pembelajaran, bagaimana berinteraksi dengan siswa , bagaimana memanfaatkan media di pembelajaran

  2. Nama : WIDYA SIWI FEBRIANTI
    NIM. : 858686811

    A. Dari tayangan video yang telah saya amati didalam vidio tersebut yang berjudul “Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar”. Dimana didalam pembelajaran tersebut termasuk dalam pembelajaran project based learning atau istilahnya PJBL yang mana didalam pembelajaran itu menggunakan proyek atau suatu kegiatan nyata sebagai inti dari pembelajaran. Menurut pendapat saya materi yang disampaikan mudah dipahami dan anak- anak sangat semangat mengikuti arahan dan melaksanakan semua instruksi yang diberikan oleh Bapak gurunya. Saya sangat terbantu sekali dengan tayangan video di atas karena bisa sebagai referensi mengajar di kelas.
    B. Dalam vidio pembelajaran tersebut saya kira sudah menggunakan langkah – langkah pembelajaran yang sistematis dari pembukaan dikelas, kegiatan inti, hingga sampai pada Kegiatan penutup.
    C. Guru pembimbing dalam vidio tersebut sudah bagus dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dan elaborasi. Sehingga bisa langsung interaktif dengan siswa, merangsang dan menggiring pemantapan berfikir siswa dalam menerima materi yang akan dipelajari

  3. Nama : Nursanti
    Nim : 820878528
    Pokjar : Palu
    Prodik : PGSD
    1.terkait vidio di atas, tentu kami sebagai seorang pendidikan tentu sangat berguna ataupun bermanfaat.
    teentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar di kelas. setelah saya tonton atau simak vidio di atas banyak sekali pengetahuan baru, teknik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa.
    2. Dari video pembelajaran tersebut terdapat beberapa hal penting yang saya dapatkan, yaitu peserta didik bebas mengungkapkan pemikiran dan pengetahuan mereka. Kegiatan diskusi atau tanya jawab membuat peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru yang membebaskan siswa bereksplorasi dengan materi yang disampaikan sehingga kegiatan belajar menjadi lebih aktif karena tidak menggunakan metode konvensional yang hanya berpusat kepada guru.
    3. Pada kegiatan awal terdapat kata pemantik atau guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui kesiapan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, kemudian adanya keterkaitan atau mengingatkan kembali kepada materi yang telah diajarkan sebelumnya.
    4. Kegiatan inti, dalam pembelajara IPAS materi yang dijarkan mengenai komponen biotik dan abiotik dengan salah satu contoh yang berada di pantai. Dengan model PJBL serta didukung oleh media pembelajaran peserta didik akan mendaptkan pengalaman belajar disamping pengetahuan yang mereka dapatkan, karena model PJBL dapat melatih keterampilan peserta didik.
    Kegiatan penutup, guru memberika penguatan terhadap apa yang telah mereka pelajari hari ini dan memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah mempresentasikan mulai dari proses hingga hasil akhir yang menjadi sebuah produk karya.
    Hal yang sudah baik dalam vidio ini antara lain sesuai dengan peran guru yang pada dasarnya hanya menjadi fasilitator yaitu lebih mengarah pada pemberian permasalahan berupa studi kasus yang akan diselesaikan pada peserta didik, dan peserta didiklah yang aktif memecahkan masalah. Arahan dari guru jelas, mampu menciptakan suasana yang senang, inovasi, dan efektif terhadap pembelajaran.
    Terima kasih, Wassalamu alaikum wr.wb

  4. nama : Suarni Farasi
    Nim : 855976113

    pendapat saya tentang :
    1. Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah sangat bagus, mulai dari pembukaan, inti sampai kepada penutup. mengesankan, dan memberikan inspirasi kepada saya untuk menjadi guru yang profesional dengan memakai media yang ada
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah : dalam proses mengajar, guru memberikan pertanyaan dan siswa menjawab, juga ada keterlibatan siswa dalam pembelajaran tersebut, dimana guru menggunakan media yang ada disekitar lingkungan siswa
    3. tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran. praktis dan tidak banyak membuang waktu.
    4. hal yang sudah sangat baik dalam video ini saya mendapatkan hal-hal yang baru dalam merancang suatu pembelajan. seorang guru harus kreatif, harus ada media yang dapat mendukung proses pembelajaran, interaksi antara guru dan siswa harus ada, dan tentunya guru harus maksimal dalam mempersiapkan dan mengajar.

  5. Menurut saya bapak di dalam Vidio tadi sudah sangat baik dalam membuka pembelajaran yang akan di laksanakan pada hari itu.namun bapak tersebut tidak mengabsen murid yang ada dikelas dan bapak juga tidak mengajak anak untuk bernyanyi dan membuka pembelajaran dengan penyemangat pembelajaran seperti kegiatan bernyanyi melakukan yel yel agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bersemangat dan anak anak sudah di bawa dengan suasana rilek dalam menerima pembelajaran.
    Namun walaupun bapak guru tidak melakukan itu semua tampak semangat dan antusias anak murid dalam menerima pembelajaran sangat baik itu ditunjukkan dengan kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik seperti anak dapat menjawab pembelajaran yang diberikan.itu semua menunjukkan bahwa walaupun masih terdapat kekurangan dalam pembelajaran yang diberikan anak dapat menerima dengan baik.karena pembelajaran yang diberikan nampakknya Sudah tersusun dengan baik maka pembelajaran yang diberikan pun sudah tertata dengan baik pula oleh sebab itu walaupun masih terdapat kekurangan namun pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

  6. Ahmad Syukuri16:29
    Assalamualaikum.wr.wb
    Nama : AHMAD SYUKURI
    Nim : 8836685859
    Program Studi :PGSD

    1. Guru sudah melakukan pembeukaan, menarik perhatian siswa . guru sudah memberikan pertanyaan yang merangsang peserta didik untuk focus pada aktifitas atau materi. Terlebih guru memanfaatkan media tproyektor untuk menampilkan video atau foto kepada
    2. Guru secara tidak langsung melatih peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat, dan menghargai pendapat orang lain
    3. Guru menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata.

  7. video diatas berbasis (PjBL) sangat menarik ,`sebagai guru video tersebut dapat menambah ilmu dan gaya saya untuk mengajar.
    bisa mendorong siswa untuk selalu kreatif dan berfikir kritis.
    disitu terlihat siswa wangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. tentunya itu sangat baik dan itu yang diharapkan guru ketika mengajar.
    sebagai seorang guru harus memiliki segudang ide-ide dalam kreatif dan menarik dalam membuat pertanyaan agar siswa lebih antusias untuk menjawab.

  8. Pembelajaran sudah bagus anak mengikuti pembelajaran dengan serius
    Anak2 bisa memahami dan guru menguasai pembelajaran.
    hal yg sudah sangat baik dalam video ini adalah:penggunaan teknologi dalam penyampaian materi dan penyampaian informasi dari sumber lain sehingga menambah pengetahuan siswa

  9. Nama : DARNI
    Nim:859887831
    Pokjar: Madina
    1.Terkait video di atas, tentu kami sebagai seorang pendidik tentu sangat berguna ataupun bermanfaat.
    Terkait dengan ataupun bagaimana proses belajar mengajar di kelas setelah saya tonton video di atas banyak sekali pengalaman baru,atau tehnik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa.
    2.Tidak kalah pentin dengan seorang guru yang memiliki cara hitung untuk memancing siswa untuk mengeluarkan ide-ide/gagasan dari setiap pertanyaan yang di berikan oleh guru.
    3.Vidio sangat bermanfaat buat kami para guru,bukan hanya ketika belajar, seorang guru hanya mengandalkan buku paket, saat mengajar melainkan menggunakan media lain.

  10. Nama : Salvina Battung Tandipau
    NIM : 858403943
    Semester : 8
    PGSD
    Berdasarkan dari video diatas, saya sebagai seorang guru sangat berguna dalam proses pembelajaran yang disampaikan. sangat mudah untuk dipahami oleh peserta didik dan meningkatkan daya pikir anak untuk berpikir kreatif dalam menggunakan bahan bekas yang dapat didaur ulang serta dapat dengan mudah memikirkan apa saja kekurangan dari tiap hasil karya yang mereka buat. Disini tidak hanya kreativitas anak yang di nilai melaikan kerjasama dalam bentuk berdiskusi, mengerjakan dan saling membantu antara kelompok satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply