silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Nama : wini apriani
    Nim 856705765
    Semester : 8
    Pokja : lawang wetan

    Terkait video di atas sangat la baik penjelasan guru nya memberi membrikan ilmu yg kreatif jadi di situlah kita sebagai guru untuk mengajar bukan dari hanya buku paket saja tetapi dgn kita buat proyek semua siswa tahu barang bekas itu bukan cuma dibuang tetapi dimanfaatkan dijadi kan suatu benda kemudian kita sebagai guru bisa menilai anak dgn akatifan daalam satu kelompoknya

  2. Nama : wini apriani
    Nim 856705765
    Semester : 8
    Upbjj: lawang wetan
    Terkait video di atas sangat la baik penjelasan guru nya memberi membrikan ilmu yg kreatif jadi di situlah kita sebagai guru untuk mengajar bukan dari hanya buku paket saja tetapi dgn kita buat proyek semua siswa tahu barang bekas itu bukan cuma dibuang tetapi dimanfaatkan dijadi kan suatu benda kemudian kita sebagai guru bisa menilai anak dgn akatifan daalam satu kelompoknya .
    1 Kesimpulan nya siswa belajar sambil ber proyek dngan sesama teman

  3. Nama: Yulie
    Nim : 8859028755
    Program Studi :PGSD
    UPBJJ : Denpasar
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Menurut saya, video pembelajaran ini sangat baik dan project yang dilakukan sangat menarik. Selain siswa belajar tentang alam dan sampah, siswa juga belajar bagaimana mengolah sampah secara positif sehingga lebih bermanfaat.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Saya merasa pembelajaran harusnya menyenangkan dan merupakan sebuah proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang bermakna.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Sangat sesuai karena saya sangat tertarik dengan bentuk pembelajaran seperti ini.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Yang sangat baik dalam video ini adalah saya melihat dengan jelas, terstruktur dan sistematis penyampaian materi dan program pembelajaran yang ingin disampaikan. Keren!

  4. Assalamualaikum.wr.wb
    Nama : RENI FAJRIYATI
    Nim : 857604681
    Program Studi :S1-PGSD BI SEMESTER 2
    Pokjar : Purwokerto Utara
    1. Guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan yaitu pembukaan, menarik perhatian siswa. Guru juga sudah memberikan pertanyaan yang merangsang peserta didik untuk fokus pada aktifitas atau materi. Terlebih guru memanfaatkan media tproyektor untuk menampilkan video atau foto kepada peserta didik.
    2. Guru secara tidak langsung melatih peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat, dan menghargai pendapat orang lain
    3. Guru menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata.

    Terimakasih

  5. Nama : IRMA ALFA SAKINAH MARULAFAU
    NIM : 856034141
    Prodi : S1_PGSD/119

    1. Reaksi siswa/anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah antara lain ; siswa/anak bersikap mampu mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran ; siswa/anak merasa senang dan aktif dalam kegiatan pembelajaran ; adanya interaksi yang baik dan menyenangkan antara guru dan siswa/anak ; siswa/anak termotivasi untuk belajar.

    2. Secara keseluruhan, adapun kelemahan guru dalam melakukan
    pembelajaran yaitu ;
    a) Pada saat guru memberi tugas di rumah, banyak siswa yang kesulitan untuk membuat proyek yaitu kesulitan memotong botol plastik.
    b) Guru mungkin tidak sepenuhnya dapat memantau aktivitas siswa
    dalam membuat proyek karena guru memantau dan menilai proses
    kegiatan melalui video call/secara daring.
    c) Guru belum melakukan kegiatan penutup yaitu do’a serta salam
    pada akhir pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan, adapun kelebihan guru dalam melakukan
    pembelajaran yaitu ;
    a) Mengimplementasikan sintak dari model Project Based Learning
    (PjBL) dengan memberi pertanyaan tahap awal sebagai langkah awal kegiatan pembelajaran.
    b) Menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa
    yaitu berupa gambar/slide.
    c) Guru menjabarkan materi dengan mengaitkan dalam kehidupan
    sehari-hari siswa sehingga mereka selalu belajar dari lingkungan
    sekitar mereka.
    d) Guru mempersiapkan alat bantu mengajar yang menyenangkan serta
    mengajarkan nilai moral kepada siswa.

    4. Dalam video pembelajaran tersebut, hal-hal unik yang saya temukan dari
    guru saat melaksanakan pembelajaran adalah
    a) Guru memonitoring aktivitas peserta didik dengan cara video
    call/menyuruh siswa untuk membuat video dari proses pembuatan
    proyek /tugas kelompok siswa dirumah.
    b) Guru mengajak siswa untuk berkarya/kreatif.

    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    berikutnya adalah sebaiknya guru mengajak siswa untuk melakukan
    proyek secara langsung di dalam kelas supaya guru dapat memantau setiap proses aktivitas siswa dan dapat menilai secara langsung apakah siswa tersebut aktiv atau tidak dalam membuat karya, dengan demikian guru dapat membantu apa yang menjadi kesulitan siswa dalam membuat proyek.

  6. 1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru menggunakan Metode pembelajaran yang dilakukan guru sangat menarik sehingga membuat siswa semangat dan aktif dalam kegiatan belajar yang sedang berlangsung. guru dan siswa sama- sama aktif dalam melakukan tanya jawab sehingga suasana belajar sangat menarik sehingga siswa dapat menggali pengetahuan lebih banyak, guru yang selalu memberi semangat dan motivasi kepada siswa dan siswa menjadi lebih banyak mengeluarkan ide dan suasana belajar sangat menyenangkan.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Sangat sesuai, video ini dapat menginspirasi saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    guru mempersiapkan materi dengan baik sebelum memulai proses belajar mengajar, bahan ajar dan praktik juga sudah disiapkan sebelum proses belajar mengajar, jadi menurut saya sebenarnya seperti inilah seorang guru, lebih dahulu memahami materi sebelu disampaikan kepada anak disekolah. Terimakasih

  7. 1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru menggunakan Metode pembelajaran yang dilakukan guru sangat menarik sehingga membuat siswa semangat dan aktif dalam kegiatan belajar yang sedang berlangsung. guru dan siswa sama- sama aktif dalam melakukan tanya jawab sehingga suasana belajar sangat menarik sehingga siswa dapat menggali pengetahuan lebih banyak, guru yang selalu memberi semangat dan motivasi kepada siswa dan siswa menjadi lebih banyak mengeluarkan ide dan suasana belajar sangat menyenangkan.

  8. menurut saya, pembelajaran pada video tersebut sangat bagus untuk diterapkan disekolah kita karena guru menyampaikan materinya sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemampuan siswa sehingga dikelas terasa hidup. media pembelajaran pun sangat konkreat berdasarkan yang siswa pernah lihat dalam kehidupan sehari-hari. hal yang dapat kita petik dari video tersebut adalah pentingnya dalam menghidupkan suasana dikelas, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan dan siswa aktif dalam menyampaikan pendapatnya. video ini sangat bermanfaat sekali untuk saya , sehingga kedepannya saya akan lebih kreatif lagi dalam memberikan materi terutama dalam membimbing diskusi yang dilakukan guru tersebut sangat bagus.

  9. NAMA : SUBAIDA
    NIM : 837609052

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    JAWAB : Pembelajaran di video ini sudah baik dan runtun
    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?

    jawab : keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    jawab : sebagain besar dalam penayangan video tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan saya sebagai pengajar
    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    jawab : pengajar sangat dibutuhkan siswa dalam fasilitator materi
    siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran terutama diskusi dan menjawab pertanyaan

  10. Nama : Meike Camelia
    NIM : 857158077
    PGSD-BI UT Jakarta

    1. Video pembelajaran yang menarik dan berguna untuk menambah wawasan, dimana anak-anak mendapat pengetahuan melalui problem/masalah yang disampaikan oleh guru tersebut dan belajar melalui sintaks-sintaks yang ditampilkan
    2. Hal yang terpenting dalam video ini adalah anak-anak bisa belajar melalui pengalaman belajar melalui masalah yang diberikan oleh guru, lalu mendesain rencana, mengatur jadwal dengan dipantau oleh guru tersebut serta memonitoring setiap peserta didik
    3. Berkembangnya ilmu pendidikan, tentunya sangat membantu setiap guru untuk berkembang, begitu juga dengan video pembelajaran yang dibuat pun menambah wawasan saya sebagai seorang guru
    4. Video ini sangat menginspirasi saya. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah setiap sintak dijelaskan dengan sangat jelas. Guru dan siswa membahas setiap sintaks dengan sangat jelas

Leave a Reply