silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Assalamualaikum

    1. Berdasarkan vidio yang saya tonton,pembelajaran dalam vidio sangat efektif untuk dilakukan karena didalam proses pembelajarannya antara materi dan praktek sangat seimbang dan hal ini dapat memicu semangat siswa dalam belajar.
    2. untuk dapat membangkitkan semangat siswa kita harus bisa semaksimal mungkin untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan kita laksanakan.
    3. menurut saya tayangan vidio yang saya tonton ini sesuai dengan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di sekolah dikarenakan dalam proses belajara tersebut materi yang disampaikan sudah tampak bahwasannya materi pelajaran sudah disiapkan dengan baik, begitu pula dengan alat peraganya.
    4. hal-hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini menurut saya adalah, guru mempersiapkan materi dengan baik sebelum memulai proses belajar mengajar, bahan ajar dan praktik juga sudah disiapkan sebelum proses belajar mengajar, jadi menurut saya sebenarnya seperti inilah seorang guru, lebih dahulu memahami materi sebelu disampaikan kepada anak disekolah. Terimakasih

  2. Assalamualaikum Wr. Wb
    nama : Usmi Mayanti
    nim :859154068
    Prodi : PGSD – S1
    UPBJJ MATARAM

    Pendapat saya tentang Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah positif. PjBL adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek nyata yang relevan dengan materi yang dipelajari. Melalui video ini, siswa diajak untuk terlibat aktif dalam dialog tentang kerusakan lingkungan dan membuat proyek dengan menggunakan botol bekas sebagai salah satu cara mencegahnya. Pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena mereka memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktis dan terlibat secara langsung dalam pemecahan masalah nyata.

    Beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah:

    1. Pengenalan konsep lingkungan hidup yang jelas: Video ini memberikan penjelasan yang baik tentang komponen biotik dan abiotik dalam lingkungan hidup, serta interaksi antara manusia dan lingkungan.

    2. Keterlibatan siswa: Video ini melibatkan siswa dalam dialog tentang kerusakan lingkungan dan mengajak mereka untuk berpikir kreatif dalam membuat proyek dengan menggunakan botol bekas. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memotivasi mereka untuk belajar.

    3. Koneksi dengan kehidupan nyata: Melalui proyek menggunakan botol bekas, video ini mengaitkan pembelajaran lingkungan hidup dengan tindakan nyata yang dapat dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu siswa mengaitkan konsep dengan konteks yang relevan dan memahaminya dengan lebih baik.

    4. Pemahaman tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem: Video ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan mengilustrasikan bagaimana tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab dapat mengganggu keseimbangan tersebut. Ini membantu siswa menyadari implikasi dari tindakan mereka terhadap lingkungan hidup.

    Secara keseluruhan, video pembelajaran ini memberikan pendekatan yang interaktif dan praktis dalam pembelajaran lingkungan hidup. Dengan melibatkan siswa dalam proyek nyata, video ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan mendorong mereka untuk bertindak secara bertanggung jawab.

    sekian
    Wassalamualikum Wr.Wb.

  3. Nama : KHOLIF RAHMAWATI
    NIM :858747901
    POKJAR : LAMONGAN
    1. Video tersebut memberikan manfaat yang sangat berharga bagi kami sebagai pendidik, terutama dalam hal proses belajar mengajar di kelas. Setelah menonton video tersebut, kami mendapatkan banyak pengetahuan baru dan teknik belajar yang dapat memotivasi minat belajar siswa.
    2. Selain itu, sangat penting bagi seorang guru untuk memiliki cara yang efektif dalam merangsang siswa untuk mengemukakan ide atau gagasan mereka setiap kali diberikan pertanyaan oleh guru.
    3. Video ini sangat bermanfaat bagi kami para guru karena mengajarkan bahwa tidak hanya mengandalkan buku paket sebagai sumber pembelajaran, tetapi juga memanfaatkan media lain yang menarik.
    4. Yang paling mengesankan dari video tersebut adalah bagaimana guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong siswa untuk menjawab dengan baik. Seorang guru akan sangat menikmati setiap menit proses belajar mengajar di kelas jika dapat menciptakan suasana yang seru, menyenangkan, dan tidak membosankan dalam mengajar.

  4. Nama : Istiqomah
    Nim : 858168063
    Program Studi : PGSD

    1. terkait vidio di atas, tentu kami sebagai seorang pendidikan tentu sangat berguna dan bermanfaat.
    teentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar di kelas. setelah saya simak vidio di atas banyak sekali pengetahuan baru, teknik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa.
    2. tidak kalah penting dengan seorang guru yang memiliki cara hitung untuk memancing siswa untuk mengeluarkan ide atau gagasan dari setiap pertanyaaan yang di berikan oleh guru.
    3. vidio ini sangat bermanfaat untuk guru, bukan hanya ketika belajar seorang guru hanya mengandalkan buku paket untuk mengajar, tetapi juga bisa menggunakan media yang lain.
    4. yang paling berkesan dari vidio di atas adalah guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan melontarkan beberapa pertanyaan dan siswa bisa menjawabnya dengan baik. tentu seorang guru akan menikmati setiap menit dari proses belajar mengajar di kelas apabila seorang guru bisa menciptakan suasana yang seru dan menyenangkan dan tidak menimbulkan kebosanan dalam mengajar.

  5. NAMA : SRI HANDAYANI
    NIM : 858736615
    PROGRAM STUDI : PGSD
    POKJAR : LAMONGAN
    1. Menurut saya, terkait video pembelajaran diatas dimana sebuah pembelajaran menggunakan model PjBL ( Project Basic Learning) adalah sangat menarik dan efektif. Dalam metode ini, siswa diberikan sebuah masalah atau skenario yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian diminta untuk mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Guru akan berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar siswa, membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memecahkan masalah yang muncul ketika mereka mengeksplorasi topik yang diberikan.
    2. Hal penting yang saya dapatkan dari video tersebut adalah dengan menggunakan Metode PjBL dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, Kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi siswa serta membuat mereka lebih aktif dalam belajar.
    3. Sangat sesuai, karena sudah sistematis dan terorganisir dari kegiatan awal, inti, dan penutup.
    4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah memotivasi kita sebagai seorang guru untuk bisa menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan serta membantu siswa untuk belajar dengan cara yang lebih memikat dan praktis, sehingga memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  6. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Nama Ahmad susanto
    Nim.858735383

    1. Dengan awal pembelajaran guru pada kegiatan awal menyiapkan kondisi peseta didik. Menyapa ( greeting).
    2. Video tersebut sangat membantu buat diri saya sendiri bisa terinspirasi dalam melaksanakan model pembelajaran membuat anak anak bisa interaksi dengan lainya.
    3. Video sebenarnya sangat bagus cuma alangkah baiknya peserta didik di kasih kesempatan untuk menyampaikan beberapa pendapat atau opini sesuai materi yang di bahas.
    4. Pada tahap akhir pembelajaran saya sangat ber motivasi bisa saya jadikan referensi ketika saya dalam proses transfer knowledge pada peserta didik.

    Mungkin itu saja hasil diskusi saya

  7. Nama : Ike Sila Puriwati
    NIM : 857159086
    Program Studi : PGSD BI Semester 2

    1. Menurut pendapat saya, setelah menyimak video diatas dapat memberikan manfaat yang lebih mengenai penerapan pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ). Guru sangat interaktif dan intuitif dalam memberikan pembelajaran dan siswa sangat antusia dalam pembelajaran. Sehingga suasana kelas lebih hidup dan menyenangkan. Dalam video tersebut guru memberikan salah satu foto tentang suatu tempat yaitu pantai. kemudian guru menggali pengetahuan siswa untuk menyebutkan komponen apasaja yang ada di pantai tersebut. lalu guru menyinggung interaksi antara manusia dengan dua komponen lingkungan hidup ini yang kurang baik. Di situ terlihat bagaimana guru mengedukasi siswa agar peka dan tahu cara memperbaiki kerusakan alam sejak dini dan bagaimana cara mencegah kerusakan tersebut.
    2. Hal penting yang bisa saya peroleh dari video tersebut adalah bisa menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan barang sederhanadi sekitar kita sehingga siswa menjadi kreatif dan menghasilkan proyek yang bagus.
    3. Ya, Sesuai. karena bisa membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup siswa saling menanggapi dan menjadi lebih paham dengan kegiatan proyek yang dilakukan siswa juga bisa saling menghargai pendapat temannya.
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah guru sangat jelas memberikan apresiasi pada siswa yang bisa menanggapi pertanyaan dengan bagus dan menanggapi proyek siswa dengan baik serta melakukan refleksi. dari video ini bisa di contoh dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis proyek untuk guru lain.

  8. nama : ikhwana maghfiroh
    nim : 858733096
    pokja : Lamongan
    Menurut saya vidio diatas mengenai Metode pembelajaran yang dilakukan guru sangat menarik sehingga membuat siswa semangat dan aktif dalam kegiatan belajar yang sedang berlangsung. guru dan siswa sama- sama aktif dalam melakukan tanya jawab sehingga suasana belajar sangat menarik sehingga siswa dapat menggali pengetahuan lebih banyak, guru menciptakan suasana belajar yang sangat menyenangkan. video ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran kita harus bisa menciptkan pembelajaran yang inovatif yang dapat membuat semangat siswa belajar, dan menciptakan proses belajar yang bermakna
    4. hal yang paling baik di vidio ini adalah siswa dan guru aktif , siswa mengerjakan dan menyelesaikan tugas dengan baik. siswa sangat bahagia tidak merasa terbebani dengan tugas yang di berikan oleh gurunya , dan guru yang selalu memonitor dan memotivasi siswa dengan baik.

  9. Nama: Ach. Sukron Makmun

    Nim: 858167362

    Prodi: PGSD S-1

    Salam kenal dan salam hormat semuanya Bapak/Ibu,
    Ijin menangapi videonya

    1). Tanggapan saya terhadap Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) sangat bagus, video ini sangat menambah wawasan bagi saya dalam menerapkan pembelajaran saya dikelas, berdasarkan video tersebut ternyata pembelajaran yang saya terapkan dikelas masih banyak kekurangannya , video ini sangat memotivasi saya bagaimana membuat PBJL lebih menyenangkan, tenang, aktif serta terlibat dalam pembelajaran.

    2). Hal penting yang saya dapatkan dari video tersebut ialah pengalaman dan pengetahuan, kerapian dan cara penyampaian ,bagaimana seorang guru memilih kata demi kata yang gampang dipahami oleh SD.

    3). Sangat benar sekali, tayangan video tersebut sangat membantu nantinya saya dalam merancang pembelajaran, baik itu persiapan belajar seperti memadukan pelajaran satu ke pelajaran yang lain dan ketersedian media pembelajaran sebagai pendukung keberlancaran sebuah pembelajaran.

    4). Salah satu hal baik dari video tersebut ialah bagaimana antusias siswa dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat seorang pendidik inginkan, kelas yang bersih, alat/media belajar yang difasilitasi dan mudah didapatkan.

    Terimakasih

  10. Nama: Yeni Pijayani
    NIM: 857856627
    Prodi : PGSD
    UPBJJ: Surakarta

    1. Menurut saya pembelajaran PJBL sangat bagus dan relevan dengan materi yang diajarkan. Sintak disampaikan secara jelas dan siswa mampu mengikuti dengan baik. Pengalaman dalam melaksanakan projek baik ketika di rumah maupun di sekolah mendorong siswa untuk berdiskusi dan mengembangkan nalar kritis mereka.
    2. Hal penting yang saya dapat dari vidio ini adalah PJBL yang dikemas baik akan memberikan dampak yang besar terhadap pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Selain itu dengan ditayangkannya contoh real tentang suatu masalah (dalam hal ini adalah peningkatan volume sampah plastik bagi ekosistem laut) menjadikan siswa paham akan sebab dan akibat dan mampu memberikan solusi permasalahan. Hal inilah yang terkadang sulit untuk di lakukan sekarang ini.
    3. Tayangan vidio ini dapat saya jadikan referensi ketika mengajar materi IPAS kedepannya.
    4. Didalam vidio ini terdapat hal-hal baik seperti umpan balik yang dilakukan guru, partisipasi siswa dalam menanggapi rangsangan guru, serta penyampaian guru yang mudah dimengerti oleh siswa.

Leave a Reply