silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

274 Comments

  1. Nama : Mas Wiwin Winarsih
    NIM : 501192904
    MODUL : Filsafat Pendidikan Dasar. MPDR 5101 . 200001

    Pada video pembelajaran berbasis project ini yang dapat dipetik adalah kesamaan peserta didik untuk menemukan masalah yang dilakukan secara proyek dengan kolaboratif dan keaktifan peserta didik . menurut Aria Yulianto, dkk ( 2017: 2 ) sintak PjBL ada 6 langkah, meliputi (1) menentukan pertanyaan dasar; (2) membuat desain proyek; (3) menyusun penjadwalan; (4) memonitor kemajuan proyek; (5) penilaian hasil; (6) evaluasi pengalaman.siswa menjadi lebih tertantang untuk melakukan eksperimen dengan mengedepankan tanggung jawab , disiplin, dan juga produktif. pada video ini sangat sesuai dengan kebutuhan belajar saya dalam mengajar di kelas karena pada video ini eksperimen atau pembelajaran secara observasi itu lebih banyak keuntungannya untuk siswa di mana pada usia siswa seperti anak SD lebih suka dengan hal-hal yang konkret dan nyata sehingga mereka dapat belajar secara visual dan konkrit

  2. Nama : neneng supiati
    Nim : 857406527
    Izin berkomentar
    Kalau saya lihat dari video tersebut guru bisa menguasi kelas, sehingga siswa aktif pada saat diberikan pertanyaan oleh guru atau sebaliknya, langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat sistematis,pembelajaran berbasis pjbl
    (project based learning) ini mendidik siswa betapa pentingnya menjaga lingkungan.

  3. NAMA : LAILY RISKI AMALIYAH
    NIM : 878194934
    PRODI : PGSD

    1. Analisis Video
    Dalam video ini terlihat seorang guru sedang melakukan pembelajaran dikelas, menyampaikan materi kepada siswa dengan melakukan semua tahapan atau langkah-langkah sebelum mengajar yang baik. Tahapan selanjutnya menyampaikan materi pembelajaran. Dengan materi mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup. Yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam materi ini dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
    2. Kelebihan Video
    a. Guru dapat menguasai konsep-konsep pembelajaran yang akan di sampaikan. Dapat menggali keaktifan peserta didik di kelas, merangsang daya fikir dan kreativitas siswa.
    b. Guru memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat, karena siswa terlibat secara aktif dan senang di kelas melakukan pembelajaran. sehingga langkah-langkah pembelajarannya terstruktur dengan baik.
    c. Siswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam proyek secara langsung dengan kehidupan sehari-hari, dengan kelompok mereka masing-masing, jadi lebih berkesan secara nyata.
    d. Guru memberikan arahan yang jelas dan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mengatasi tantangan yang ada.
    e. Melalui penerapan model PJBL, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktek secara langsung. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah. meningkatkan daya berpikir siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

  4. Nama : Nurul Meili Fanny
    Nim : 859899162
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Rantau Prapat

    izin berkomentar
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini?
    Jawab : Menurut saya, video pembelajaran tersebut menampilkan penerapan yang sangat efektif dari model pembelajaran PJBL (Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek). Guru tampaknya memilih strategi dan metode yang tepat, sehingga langkah-langkah pembelajarannya terstruktur dengan baik, memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dan menciptakan suasana belajar yang sangat interaktif.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Jawab : Beberapa strategi baru untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Jawab : Sudah, karena dalam video tersebut, siswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata, memungkinkan mereka untuk mengalami pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna. Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis, memandu siswa melalui proses pemecahan masalah dan pengembangan proyek. Guru memberikan arahan yang jelas dan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mengatasi tantangan yang ada.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Jawab : Melalui penerapan model PJBL, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks yang nyata. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah yang penting untuk sukses di dunia nyata. Secara keseluruhan, video pembelajaran tersebut memperlihatkan bahwa model PJBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena mereka diberi kesempatan untuk belajar secara aktif, terlibat dalam proyek yang relevan, dan mengalami pembelajaran langsung yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Nama : Defi Musdariah
    NIM : 856656465
    Pokjar : Kota Jambi
    UPBJJ : 17/Kota Jambi
    Menurut saya metode pembelajaran yang disampaikan dalam video ini sangat menginspirasi. Guru dapat menguasai materi ajar yang di sampaikan, peserta didik dapat terlibat aktif didalam kegiatan belajar mengajar secara tepat. Setiap pertanyaan langsung direspon oleh peserta didik, sehingga pembejaran ini terlibat secara aktif dan menciptakan suasana belajar yang sangat interaktif.
    Demikianlah pendapat saya.
    Terimakasih wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Izin memberikan komentar..

    Berdasarkan analisis saya video ini menyajikan pendekatan yang sangat menarik dan relevan dalam pembelajaran lingkungan hidup, dimana guru dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan isu lingkungan yang sedang terjadi dan membuat siswa lebih mudah memahami pentingnya menjaga lingkungan. Penggunaan model PjBL siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi atas masalah lingkungan. Dengan salah satu contoh penggunaan botol bekas sebagai bahan utama proyek menunjukkan bahwa siswa diajak untuk berpikir kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menyelesaikan isu lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

    Jadi kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran PjBL ini siswa belajar tentang lingkungannya serta mengajak siswa berpikir kreatif tentang membuat solusi masalah yang terjadi dengan sebuah proyek sederhana. Sehingga dapat menjadi bekal dikemudian hari selaras dengan tema gaya hidup berkelanjutan dimana lingkungan harus tetap lestari untuk generasi yang akan datang.

    Sekian analisis dari saya terima kasih.

  7. Nama : wihersih
    Nim : 857221686

    Menurut analisis saya tentang vidio diatas..
    Anak-anak sangat antusias sekali belajarnya, mendengarkan penjelasan dari guru.
    Guru juga sudah sangat bagus mengajarnya… Dan guru begitu sudah mempersiapkan rencana pembelajaran PBL (problem based learning) yang diterapkan dapat membuat siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa mendapat pengalaman belajar yang berarti karena mengalami langsung pembelajarannya.
    Dan mengajak siswa untuk berantusias lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.
    Terimakasih

  8. Nama : Rika Tunggal Dewi
    Nim : 957999463
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Gunung Kidul
    UBPJJ : Yogjakarta
    Secara umum pembelajaran di vidio tersebut sudah bagus. Siswa juga aktif bertanya dan menjawab. Pada pembelajaran ini siswa benar-benar mendapatkan pengalaman langsung mendaur ulang sampah serta mempresentasikan karyanya, dan itu adalah pembelajaran yang sangat bermakna. Yang dapat saya simpulkan dari video tersebut, bahwa menjadi seorang guru tidak hanya mengajar hanya dari buku atau panduan saja, namun dapat pula melalui pengalaman siswa seperti dalam video, peristiwa apa saja yang dilakukan siswa, membuat suatu kerajinan tangan dari sampah – sampah yang siswa dapatkan, lalu siswa dapat membuat kerajinan tangan dari sampah(botol) tersebut. Hal tersebut untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar saya harus merangsang daya berpikir siswa.

  9. Assalamu alaikum, selamat sore

    Nama : Nurhasana Haruni
    Nim : 857159047
    UPBJJ : Jakarta

    Pendapat tentang Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
    Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini sangat efektif dalam mengedukasi siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Dengan menggabungkan teori dan praktik, siswa dapat lebih memahami dampak interaksi manusia terhadap lingkungan biotik dan abiotik.

    Hal Penting yang Diperoleh
    Dari video ini, saya memperoleh wawasan tentang cara menyampaikan materi lingkungan hidup dengan cara yang menarik dan interaktif. Pentingnya dialog antar siswa untuk membahas isu lingkungan juga menjadi sorotan, yang membantu membangun rasa kepedulian.

    Keselarasan dengan Kebutuhan Mengajar

    Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan dalam merancang pembelajaran, terutama dalam mengintegrasikan konsep lingkungan ke dalam kurikulum. Metode PjBL memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif dan berkontribusi pada solusi nyata.

    Hal yang Sudah Sangat Baik

    Beberapa hal yang sangat baik dalam video ini adalah:
    1. Interaktivitas : Siswa terlibat langsung dalam diskusi dan proyek.
    2. Praktikalitas : Menggunakan bahan sederhana seperti botol bekas membuat proyek mudah diakses.
    3. Edukasi Holistik : Menggabungkan pengetahuan teoritis dengan praktik lapangan.
    4. Fokus pada Keseimbangan Ekosistem : Memberikan pemahaman yang jelas tentang interaksi antara komponen lingkungan.

    Video ini merupakan langkah positif dalam mendidik generasi yang lebih peduli terhadap lingkungan.

  10. Nama : tiara septiani
    Nim : 856983398

    1. Menurut saya sangat bagus karena Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) merupakan sebuah metode pembelajaran yang semakin populer dan efektif dalam dunia pendidikan. Dalam PjBL, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga terlibat aktif dalam menyelesaikan sebuah proyek yang relevan

    2. Hak penting yg dapat saya ambil dari vidio ini adalah lingkungan biotik dan abiotik serta cara melindungi Ekosistem

    3. Sangat sesuai

    4. Perancangan pembelajaran nya sangat baik dan cara guru menjelaskannya juga sudah sangat baik

Leave a Reply