silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Nama: Sri yuni panjaitan
    Nim: 856029132
    Prodi: 118/PGSD-S1
    Pokjar: Ajamu
    UPBJJ: Medan

    1.Menurut saya, video pembelajaran berbasis proyek(PJBL) ini sangat menarik. Karena, siswa diajak untuk berpikir secara kritis dalam menghadapi masalah yg ada dilingkungan sekitar dan berusaha untuk mencari jalan keluar atas masalah tersebut sekaligus menghasilkan proyek dari daur ulang sampah, sehingga siswa diajak untuk lebih perduli terhadap lingkungan serta menjaga keseimbangan lingkungan biotik dan abiotik

    2.hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah:pentingnya memantau kegiatan peserta didik serta pentingnya mberikan pujian kepada siswa atas kegiatan dan proyek yg mereka hasilkan sehingga memicu semangat belajar siswa,sehingga siswa merasa senang dan dihargai hasil karyanya. dan mengajak siswa untuk menceritakan kesulitan apa yg mereka alami saat pengerjaan proyek dan pentingnya penyampaian sumber informasi dari media cetak maupun media elektronik

    3.tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan membuka pola pikir saya dalam merancang pembelajaran. Karena, bahan bahan yg diperlukan dalam pembuatan proyek mudah untuk didapatkan dilingkungan sekitar siswa

    4.hal yg sudah sangat baik dalam video ini adalah:penggunaan teknologi dalam penyampaian materi dan penyampaian informasi dari sumber lain sehingga menambah pengetahuan siswa

  2. Nama : DWI WININGSIH
    NIM : 857750717
    PROGDI : PGSD BI
    POKJAR : BKPP Kudus

    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL ) ?
    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) ini sangat bagus karena guru menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk menyampaikan materi kepada siswa tentang lingkungan hidup dan bagaimana cara mencegah kerusakan lingkungan hidup. Dalam pembelajaran tersebut, siswa juga sudah terlibat aktif dan antusias dalam menjawab pertanyaan.
    2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini ?
    Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah langkah – langkah dalam pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) yaitu :
    kegiatan awal : berdoa bersama, kemudian siswa dipancing guru dengan memberi pertanyaan pemantik dan siswa pun antusias dalam menjawab.
    kegiatan inti pembelajaran dengan didukung media yang menarik sehingga siswa tidak monoton. dan kegiataan akhit dengan memberi penugasan kepada siswa untuk membuat sebuah karya yang berasal dari botol bekas. Dalam membuat karya , seorang guru juga memantau kerja dari setiap kelompok.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar/ merancang pembelajaran ?
    ya sangat sesuai dengan kebutuhan mengajar saya dan video pembelajaran tersebut bisa menjadi referensi saya dalam mengajar.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini ?
    Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah pembelajaran dengan media pembelajaran sehingga siswa bisa terlibat aktif. Kemudian langkah-langkah dalam pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti hingga kegiatan akhir.

  3. Nama : Muhammad Adib Ubaidillah
    NIM : 857325403
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : 118/ Gunung Putri

    Menurut Saya,
    Berdasarkan video diatas :
    1. Saya ( sebagai Guru ) yang notabene masih awam, sangat bermanfaat dan menambah wawasan baik dari segi kesiapan dan penyampaian materi yang sangat menarik.
    Selain itu, teknik belajar diatas menjadikan proses belajar menjadi lebih hidup dan merangsang keaktifan siswa.
    2. Siswa menjadi lebih pro dan aktif serta antusias untuk mengikuti pembelajara
    3. Dengan menggunakan teknik pembelajaran diatas siswa menjadi lebih kritis dan merasa memiliki ruang untuk mengutarakan apa yang menjadi pendapat mereka

  4. Nama : Maman Firdaus
    Nim : 857157186
    Program Studi : S1 PGSD

    1. Video yang disajikan sangat variatif dan bermanfaat sebagai contoh dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan di kelas.
    2. Yang menjadi hal penting dari kegiatan belajar pada video tersebut ialah penguasaan dan pemahaman guru terhadap pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan situasi dan kondisi belajar siswa.
    3. Tayangan pada video tersebut sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran.
    4. Hal yang sangat baik dilakukan dalam video tersebut ialah pemilihan model pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, serta peran guru sebagai fasilitator yang baik yang menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri pada siswa.

    Terimakasih

  5. Nama: Diana Ririn Maria Sihotang

    Nim: 856040944

    Prodi: PGSD S-1

    Salam kenal dan salam hormat semuanya Bapak/Ibu,
    Ijin menangapi videonya

    1). Tanggapan saya terhadap Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) sangat bagus, video ini sangat menambah wawasan bagi saya dalam menerapkan pembelajaran saya dikelas, berdasarkan video tersebut ternyata pembelajaran yang saya terapkan dikelas masih banyak kekurangannya , video ini sangat memotivasi saya bagaimana membuat PBJL lebih menyenangkan, tenang, aktif serta terlibat dalam pembelajaran.

    2). Hal penting yang saya dapatkan dari video tersebut ialah pengalaman dan pengetahuan, kerapian dan cara penyampaian ,bagaimana seorang guru memilih kata demi kata yang gampang dipahami oleh SD.

    3). Sangat benar sekali, tayangan video tersebut sangat membantu nantinya saya dalam merancang pembelajaran, baik itu persiapan belajar seperti memadukan pelajaran satu ke pelajaran yang lain dan ketersedian media pembelajaran sebagai pendukung keberlancaran sebuah pembelajaran.

    4). Salah satu hal baik dari video tersebut ialah bagaimana antusias siswa dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat seorang pendidik inginkan, kelas yang bersih, alat/media belajar yang difasilitasi dan mudah didapatkan.

    Terimakasih

  6. NAMA : ANDRIS DIANA
    NIM: 857338868
    PRODI : 118/PGSD-S1
    POKJAR : 23/Bogor
    UPBJJ : BOGOR SELATAN

    Pada video tersebut menayangkan bagaimana proses pembelajara berjalan dengan efektif dan efisien. Sehingga inovasi seorang guru pada proses pembelajran sangat penting agar siswa aktif dalam pembelajaran.

    Dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan diantaranya :
    1. Diawal guru memberikan sebuah pertanyaan untuk menggali seberapa jauh ingatan siswa terhadap materi sebeluumnya.
    2. Media yang digunakan pada pembelajaran mendukung proses pembelajran.
    3. Pada video tersebut dapat dilihat proses pembelajaran berbasi projek yang artinya siswa membuat suatu projek yang menghasilkan sebuah produk. Sehingga siswa dalam hal ini dituntut untuk menghasilkan suatu produk tetapi siswa harus bisa mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karyanya, sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar dari apa yang telah mereka lakukan.
    4. Dalam sistem berbasis projek seorang guru hanya sebagai fasilitator, memberi arahan serta mendampingi siswa dalam proses pembelajaran.

  7. Nama : NELLA RIA SITANGGANG
    NIM : 856023038
    Prodi : S-1 PGSD

    1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini? Terkait video Pembelajaran Berbasis Proyek / Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berpusat terhadap siswa ( student center ) dengan memberikan suatu proyek yang dilakukan oleh kelompok sehingga menghasilkan produk. Peserta didik dalam model pembelajaran tersebut selain menghasilkan suatu produk tetapi peserta didik harus dapat mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karya nya, sehingga peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar dari apa yang telah mereka lakukan. Guru hanya sebagai fasilitator, mendampingi dan memberikan penguatan. sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami.

    2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini? Dalam video tersebut hal yang saya dapatkan sangat banyak dan beragam dari mulai pengelolaan serta persiapan diwal salah satunya dengan ada kalimat pemantik agar anak siap dan paham mengenai materi apa saja yang akan disampaikan dan juga di dalam video tersebut guru pun mengkaitkan pembelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan dengan materi yang akan dipelajari saat ini.sehingga Peserta didik pun diajarkan untuk dapat memberikan pendapatnya.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?Sesuai, karena sudah sistematis dari kegiatan awal, inti hingga penutup.
    Pada kegiatan awal terdapat kata pemantik atau guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui kesiapan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, kemudian adanya keterkaitan atau mengingatkan kembali kepada materi yang telah diajarkan sebelumnya.
    Kegiatan inti, dalam pembelajara IPAS materi yang dijarkan mengenai komponen biotik dan abiotik dengan salah satu contoh yang berada di pantai. Dengan model PJBL serta didukung oleh media pembelajaran peserta didik akan mendaptkan pengalaman belajar disamping pengetahuan yang mereka dapatkan, karena model PJBL dapat melatih keterampilan peserta didik.
    Kegiatan penutup, guru memberika penguatan terhadap apa yang telah mereka pelajari hari ini dan memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah mempresentasikan mulai dari proses hingga hasil akhir yang menjadi sebuah produk karya.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?Hal yang sangat baik menurut saya, model pembelajaran, media pembelajaran, guru sebagai fasilitator, peserta didik diberikan kepercayaan sehingga mengadirkan sikap percaya diri dan kesiapan dalam mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dan mudah dipahami.

  8. NAMA : ANDRIS DIANA
    NIM: 857338868
    PRODI : 118/PGSD-S1
    POKJAR : 23/Bogor
    UPBJJ : BOGOR SELATAN

    Pada video tersebut menayangkan bagaimana proses pembelajara berjalan dengan efektif dan efisien. Sehingga inovasi seorang guru pada proses pembelajran sangat penting agar siswa aktif dalam pembelajaran.

    Dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan diantaranya :
    1. Diawal guru memberikan sebuah pertanyaan untuk menggali seberapa jauh ingatan siswa terhadap materi sebeluumnya.
    2. Media yang digunakan pada pembelajaran mendukung proses pembelajran.
    3. Pada video tersebut dapat dilihat proses pembelajaran berbasi projek yang artinya siswa membuat suatu projek yang menghasilkan sebuah produk. Sehingga siswa dalam hal ini dituntut untuk menghasilkan suatu produk tetapi siswa harus bisa mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karyanya, sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar dari apa yang telah mereka lakukan.
    4. Dalam sistem berbasis projek seorang guru hanya sebagai fasilitator, memberi arahan serta mendampingi siswa dalam proses pembelajaran.

    Terimakasih.

  9. Nama : Belinda Lasty
    NIM : 858946742
    Program Studi : PGSD BI
    Pokjar : Banyuwangi
    Semester : 2
    1. Berdasarkan vidio diatas,pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat efektif karena guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan para siswa dan berkaitan dengan materi yang akan dijadikan project dalam kelas.
    2. hal penting yang saya ambil dari tayangan pembelajaran diatas siswa bebas dalam bertanya dan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelas, jadi pembelajaran tidak hanya peran guru yang dominan siswa juga terlibat dalam diskusi tanya jawab,sarana juga penting agar siswa tidak merasa bosan dengan hanya mendengarkan guru berbicara.
    3. tayangan vidio diatas sangat membantu saya merancang pembelajaran,
    A. mulai dari kegiatan pembuka, guru memberi pertanyaan dasar pemantik agar siswa tertarik dan siap untuk melakukan project.
    B. Kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak siswa mendesign rencana project yang dilanjutkan dengan mengatur jadwal proses pembuatan preject dalam kelompok, pada saat siswa melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project.
    C. Kegiatan Penutup, diadakan evaluasi hasil project yang telah ditampilkan pada kegiatan inti pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk berpendapat apa saja kekurangan atau kelemahan dari produk yang mereka buat dalam kelompok , serta memberi kesempatan untuk kelompok lain membeikan penilaian pada produk kelompok lain.
    4. Hal yang sangat baik dalam tayangan video diatas adalah guru telah mempersiapkan materi dan sarana secara baik, sehingga dalam memberikan pembelajaran ada timbal balik dari para siswa dan guru sehingga kelas berasa hidup, tidak membosankan dan siswa antusias dalam membuat produk untuk project.

  10. Nama : Belinda Lasty

    NIM : 858946742

    Program Studi : PGSD BI

    Pokjar : Banyuwangi

    Semester : 2

    1. Berdasarkan vidio diatas,pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat efektif karena guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan para siswa dan berkaitan dengan materi yang akan dijadikan project dalam kelas.

    2. hal penting yang saya ambil dari tayangan pembelajaran diatas siswa bebas dalam bertanya dan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelas, jadi pembelajaran tidak hanya peran guru yang dominan siswa juga terlibat dalam diskusi tanya jawab,sarana juga penting agar siswa tidak merasa bosan dengan hanya mendengarkan guru berbicara.

    3. tayangan vidio diatas sangat membantu saya merancang pembelajaran,
    A. mulai dari kegiatan pembuka, guru memberi pertanyaan dasar pemantik agar siswa tertarik dan siap untuk melakukan project.
    B. Kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak siswa mendesign rencana project yang dilanjutkan dengan mengatur jadwal proses pembuatan preject dalam kelompok, pada saat siswa melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project.
    C. Kegiatan Penutup, diadakan evaluasi hasil project yang telah ditampilkan pada kegiatan inti pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk berpendapat apa saja kekurangan atau kelemahan dari produk yang mereka buat dalam kelompok , serta memberi kesempatan untuk kelompok lain membeikan penilaian pada produk kelompok lain.

    4. Hal yang sangat baik dalam tayangan video diatas adalah guru telah mempersiapkan materi dan sarana secara baik, sehingga dalam memberikan pembelajaran ada timbal balik dari para siswa dan guru sehingga kelas berasa hidup, tidak membosankan dan siswa antusias dalam membuat produk untuk project.

Leave a Reply