Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Nama : Anastasia Mila
Kelas : 6A
UPBJJ : pontianak
1. Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa.
2. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
3. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
4. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana.
5. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan.
Nama : Akhirul Siska Septiyani
Nim : 859763124
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Kendari
Dalam video pembelajaran yang telah saya analisis guru tersebut menyapa anak-anak juga menyampaikan materi yang akan dipelajari dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Guru juga memadukan pembelajaran antara lain: menari, menyanyi, menggambar dan keterampilan dengan menggunakan alat peraga yang telah di siapkan oleh guru dan siswa.
Kelemahan:
1. Guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu akan tetapi guru langsung menerapkan kegiatan seperti, menggambar,menari, dan menyanyi.
2. Guru tidak memberikan kesimpulan dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Njili Syahwati
NIM. : 859763091
Setelah saya mengamati video “Pembelajaran Seni secara Terpadu” dia atas, saya menemukan :
Guru tidak menjelaskan tentang konsep pembelajaran seni secara terpadu kepada peserta didik.
Nama : Nia Kris susanti.
Nim : 859762043.
Judul Video: Pembelajaran Seni Secara Terpadu.
Setelah saya melihat video diatas Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar
Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Izin untuk memberikan tanggapan terhadap video tersebut.
1. Reaksi siswa sangat antusias dan bersemangat dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa
2. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari,
3. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya, seharusnya guru menyampaikan dulu tujuan dari pembelajaran dan memberikan materi pelajaran
4. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana,
5. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan, agar mereka tahu tentang materi pembelajaran sedang berlangsung
Demikian apa yang dapat saya sampaikan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Nama :SRI KURNIATI
Nim :855865717
Dari video di atas saya melihat siswa yang sangat antusias sekali dalam pembelajaran seni ada yang ingin menari ada yang ingin menyanyi dan ada yang ingin menggambar namun saya lihat disini guru tidak menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajran yang akan di capai namun langsung melaksanakan pembelajaran tersebut sehingga jika di lihat pembelajaran tersebut kurang terpadu.
NIM : 858819044
Nama : Ria Rizki Y. S
UPBJJ-UT : Malang
Berikut analisis ringkasan video :
Dalam video tersebut terlihat ke atas hiasan siswa dalam proses belajar mengajar serta keberanian siswa dalam mengungkapkan keinginan materi yang ingin dipelajari. Guru juga terlihat memberikan wadah siswa untuk belajar sesuai apa yang ingin dipelajari siswa.
Kelas pun terlihat aktif dan sangat kondusif.
Kelebihan video :
– Guru dapat memberi efek positif dalam proses belajar mengajar mempermudah siswa menyerap apa yang dipelajari
– Siswa yang antusias melaksanakan proses pembelajaran
– Siswa yang berani mengutarakan keinginan materi apa yang ingin dipelajari
– Suasana kelas yang amat kondusif
– Guru yang dengan mudah menerapkan pembelajaran terpadu dengan menggabungkan antara seni dan keterampilan dalam satu waktu
Kelemahan video :
– Tidak terlihat adanya refleksi, kesimpulan bahkan evaluasi hasil belajar yang dilakukan antara guru dan siswa.
Hal unik dalam video :
– Guru sebagai fasilitator
– Metode pendekatan yang dilakukan guru
– Guru yang dengan mudah menerapkan sistem pembelajaran seni terpadu
– Siswa yang dilibatkan dalam proses pembelajaran
Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan:
Alangkah baiknya guru melakukan pemaparan materi atau tujuan pembelajaran sebelum masuk dalam inti belajar untuk memberi notice atau catatan bahwa materi yang saat itu dipelajari memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan pengetahuan siswa. Selanjutnya guru sebaiknya melakukan refleksi kegiatan yang sudah dipelajari apakah siswa sudah benar-benar paham atau belum. Guru juga sebaiknya membimbing siswa atau memberikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari saat itu. Dan yang terakhir guru melakukan evaluasi penilaian hasil belajar untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dalam belajar.
Nama : Siti nur haliza
Nim : 856085424
Setelah saya menganalisis video “Pembelajaran seni secara terpadu” dapat ditemukan :
Yang pertama dilihat dari reaksi siswanya pada awal kegiatan pembelajaran terlihat seluruhnya sangat bersemangat dan antusias untuk belajar. Dari keseluruhannya, terdapat kelemahan dari guru pada bagian pendahuluan yaitu saat hendak memulai pembelajaran tidak mengajak siswa untuk berdo’a terlebih dahulu, tidak melakukan absensi, dan juga tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu materi-materi nya melainkan langsung mempraktikkannya. Sementara dilihat dari kelebihan guru, sudah mempersiapkan contoh (gambar kupu-kupu) yang dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga seluruh siswa terlihat sangat bersemangat untuk belajar. pada saat mengajar guru juga dapat menerapkan beberapa materi yang diajarinya dengan sangat baik dalam satu kegiatan, yang dimulai dari kegiatan menggambar, bernyanyi, dan juga menari. Sementara dari siswanya sindiri terlihat sangatlah bersemangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya untuk menggambar, bernyanyi dan menari.
Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah guru dapat menerapkan materi pembelajaran dengan sangat baik dengan memanfaatkan alat-alat yang sederhana yang dijadikan sebagai media pembelajaran dan dilakukan juga dengan kegiatan yang sederhana .
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari guru yang diamati dari tayangan video tersebut, upaya yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yakni untuk kedepannya guru tersebut harus lebih baik lagi dalam membuka pelajaran seperti berdoa sebelum memulai pelajaran, melakukan absensi, dan pada kegiatan pendahuluan alangkah baiknya menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, kemudian juga menjelaskan materi-materi pelajaran yang akan di pelajari terlebih dahulu sebelum mempraktikkannya agar siswa mengerti dengan materi-materi yang sedang mereka pelajari.
Nama :Sri Wahdina Syahfitri Harahap
Nim: 878250337
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan, menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran .
Kelebihannya bapak guru menggunakan alat peraga (kupu kupu) dalam proses pembelajaran
Bapak guru juga menguasai kelas dengan berkeliling memperhatikan siswa mengerjakan tugas
Kekurangan bapak guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dan tidak melakukan apersepsi
Nama : parti yani
Pokjar: kalianda
Nim :857045186
Didalam vidio tersebut, diawal guru tidak melakukan apresiasi dahulu terhadap anak, dan tidak menjelaskan tujuan dari pelajaran yg akan disampaikan. Kemudian ada kelebihannya untuk guru, dalam satu perintah yaitu kupu², pak guru menjelaskan bahwa dari kupu² tersebut bisa diterapkan untuk bernyanyi, menggambar, dan menari.terlebih lagi anak² sangat antusias menerima tugas dari guru, dan mereka sangat gembira.