silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
NAMA : ARIF BUDIANTO
NIM : 858845136
POKJAR :BANDUNG TULUNG AGUNG
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan awal pembelajaran sangat antusias sekali karena bu guru memberikan semangat dan yel-yel. pada proses pelajaran berlangsung dalam video menyampaikan materi tentang “Berat Benda”dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat.
2. Dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tidak menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktek mereka masing-masing
4. hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya walaupun ada sebagian siswa yang bilang capek dan bosan
5. Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik. Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Assalamualaikum
Nama : NONY ZURIANTO
NIM : 856301702
UPBJJ : PADANG
Kegiatan pembelajaran diatas menurut saya sudah sangat bagus dan menarik, karena guru sudah menguasai materi dan menjelaskan dengan baik, dan guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran secara bagus dan menarik. sehingga guru bisa menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
tapi sedikit kelemahannya adalah:
1. Guru tersebut tidak ada mengucapkan salam pembuka
2. Guru tidak ada menurut siswa berdoa dulu sebelum pelajaran di mulai
3. Guru tidak ada mengambil absen
4. Guru tidak ada mengulang kembali pelajaran kemaren
Terimakasih
Nama : Darius Waruwu
Nim : 859876244
Pokjar : Idanogawo
Pada Pembelajaran di video diatas sangat sudah cukup jelas menyampaikan nya kepada siswa, namun kekurangan dalam video ini yaitu, tidak ada salam pembuka, mengabsensi, berdoa, dan ice breaking.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Risnawati
Nim : 865480577
Pokjar : Ut Pekanbaru salut bono bertuah
Setelah saya melihat vedio tersebut tidak ada awal pembelajaran seperti berdoa , sapaan dan absensi.
Pada saat pembelajaran dimulai guru sangat bagus dalam memberi materi dengan suara yang lantang dan jelas. Guru juga Banyak memberikan tanya jawab sehingga siswa aktif. Dan guru tersebut juga menggunakan media mempraktekkan materi sehingga siswa lebih cepat paham/mengerti.
Saat Penutup pembelajaran guru lebih baik memberikan ice breaking dan doa penutup pembelajaran sehingga siswa lebih semangat lagi untuk belajar dihari berikutnya.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nina Juwanda
Asal : Upbjj Medan
Prodi : S1 PGSD
Dari vidio diatas menurut saya ada beberapa hal yang terlupakan dalam proses pembelajaran.
1. Tidak ada salam pembuka diawal, dan doa sebelum memulai pembelajaran.
2. Tidak ada absensi kelas.
3. Tidak ada pengulangan materi tentang kemarin yang telah dipelajari
sedangkan kelebihan dari vidio tersebut, Guru kelas 1 SD menyampaikan materi tentang “Berat Benda” dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk dapat mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan. Dan guru dalam vidio juga memperlihatkan keterampilan bertanya yang baik dalam proses pembelajaran dengan selalu mengikut sertakan siswa dalam setiap proses penyampaian materi.
Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Ezri Wasti Novia Gori
Nim : 855869112
UPBJJ UT MEDAN
Pokjar Idanogawo Nias
Menurut saya, video pembelajaran tersebut bagus karena dalam video guru telah menguasai materi yang diajarkan kepada peserta didik, peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan kegiatan tanya jawab, adanya penggunaan media pembelajaran dan langsung di praktekkan kepada peserta didik sehingga ada ketertarikan dan semangat peserta didik.
Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu kegiatan pembukaan/awal pembelajaran yaitu memberi salam, mengecek kehadiran, memberi motivasi kepada peserta didik, menggunakan media pembelajaran/alat peraga yang lebih akurat. Selain itu, untuk sesi menjawab sebaiknya tidak semua peserta didik menjawab bersamaan agar ruang kelas tetap kondusif dan bisa mendengar jawaban yang disampaikan. Untuk itu, guru perlu memperhatikan sasat proses tanya jawab, baiknya ditunjuk secara bergiliran.
Nama : Desi Dwi Syahfitri
Nim : 859871664
Pada video tersebut terdapat kekurangan, yaitu guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran.
Dan kelebihannya, yaitu guru menjelaskan materi pelajaran dengan baik dan bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga termotivasi untuk menjawab dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
Guru juga melibatkan siswa langsung untuk mengukur berat suatu benda yang siswa miliki.
Nama: FELDA AGUSTIN
Nim: 856758511
Pokjar : GELUMBANG
Upbjj : UT PALEMBANG
menurut saya kelemahan pada video tersebut adalah
1. tidak ada salam pembuka
2.tidak ada klasikal pembuka seperti doa sebelum belajar
3. tidak ada absensi kelas sebelum pembelajaran dimulai
4. tidak ada pengulangan tentang kemarin
kelebihan yang ada pada pembelajaran tersebut adalah
1. menggunakan media yang menarik bagi anak-anak sehingga anak mudah paham
2. penyampaian pembelajaran yang menarik
3. Selain itu, untuk sesi menjawab sebaiknya tidak semua peserta didik menjawab bersamaan agar ruang kelas tetap kondusif dan bisa mendengar jawaban yang disampaikan. Untuk itu, guru perlu memperhatikan sasat proses tanya jawab, baiknya ditunjuk secara bergiliran.
Nama : Fandika Wahyuda
Nim : 856480703
Pokjar : Pelalawan
Video ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya bukan sekadar mengajukan pertanyaan, tapi juga membangun rasa ingin tahu siswa. Guru dalam video mampu memancing partisipasi tanpa membuat siswa merasa takut salah, ini yang sering terlewat dalam praktik sehari-hari.
Nama :FELDA AGUSTIN
NIM : 856758511
Pokjar :Gelumbang
Program Studi. : S1 PGSD
UPBJJ : Palembang
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
Kelemahan dari video pembelajaran 1 yang penulis analisa yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.
Kelemahan kedua, di awal pembelajaran suara guru terdengar sedikit terbata-bata. Hal ini bisa mengganggu persiapan siswa untuk langsung fokus masuk dalam inti pembelajaran.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
3. Hal unik yang terdapat dalam video
Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Dari kelemahan dan kelebihan video 1 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kegiatan pendahuluan, salam pembuka dan doa menjadi hal penting yang tidak boleh terlupakan. Memotivasi siswa dengan kegiatan bernyanyi dan belajar dalam bentuk permainan perlu dilaksanakan Serta pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran kami masukkan dalam rencana pembelajaran ini. Dan tidak kalah pentingnya, doa di kegiatan penutup menjadi akhir dari kegiatan pembelajaran.