silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

256 Comments

  1. Nama : Fitya khoirika Anisa Putri
    Nim : 857038775
    Pokjar : Simpang Pematang
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh izin menanggapi hasil video yang saya lihat.
    1.Dari video yang saya lihat reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan tersebut anak-anak sangat antusias dan sangat memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru
    2. Kelemahan yang dapat saya temukan dalam video tersebut menurut saya sudah cukup baik dalam menyampaikan pembelajaran

    3. Kelebihan yang saya temukan dari video tersebut yaitu guru telah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sangat baik dan menggunakan cara-cara secara langsung yaitu guru membawakan sebuah alat peraga dan anak-anak juga diminta untuk membandingkan antara barangnya dan barang kawannya sehingga di situ anak-anak bisa menerima pembelajaran dengan baik dan tepat.
    4. Hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut yaitu guru sudah mengajak siswa untuk selalu bertanya dan meminta siswa untuk satu persatu menjawab dan mempraktekkan apa yang diperintah oleh guru dan guru juga memberi kesempatan kepada semua siswa dengan rata.
    5. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya penyampaian dari video pembelajaran tersebut guru tersebut sudah menyampaikan dengan baik jadi menurut saya sudah cukup.

    Cukup sekian tanggapan dari saya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  2. Nama : Ainun
    NIM : 860103673
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Indralaya
    Prodi : PGSD

    beradasarkan video di atas dengan judul “Penerapan Keterampilan Bertanya di Kelas” bahwasannya dari segi tujuan mungkin menurut saya sudah cukup tercapai dalam membuat anak-anak cukup aktif sehingga suasana kelas menjadi hidup, apalagi dengan keterampilan guru tersebut cukup memadai dalam memancing anak-anak untuk ikut aktif dalam kegiatan belajar dengan alat-alat yang sudah disiapkan sebelumnya pada materi mengukur berat benda. Namun, disayangkan pada video di atas proses kbmnya tidak sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang pada umumnya di awali dengan kegiatan salam, doa absen dan apersepi sehingga pada saat diputar langsung pada materi inti tanpa adanya pembukaan yang seharusnya dilakukan sebelum materi inti dimulai.

  3. Nama: Nora Lisnawati
    Nim: 859891516
    UPBJJ UT: Medan
    Pokjar: Asahan
    Semeter: 6
    Berikut kesimpulan dalam bahasa yang lebih sederhana:

    Video ini menunjukkan pentingnya cara guru bertanya saat mengajar, terutama untuk anak kelas 1 SD. Karena anak-anak masih belajar dari hal-hal yang nyata, guru menggunakan benda-benda yang dikenal siswa, seperti pensil dan buku, untuk menjelaskan pelajaran tentang berat benda. Dengan cara ini, siswa bisa melihat, membandingkan, dan menyimpulkan sendiri mana yang lebih berat. Guru juga mengajukan pertanyaan yang membuat siswa berpikir dan menjawab sendiri, bukan hanya ikut-ikutan, cara mengajar seperti ini membuat pelajaran jadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan bagi siswa.

  4. NAMA : ENENG FITRI FAUJIAH
    NIM : 877838401
    Program Studi : PGSD S1

    Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus di siapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan baikdan tepat waktu pada saat mengunakan alat peraga yaitu
    1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
    2. memberikan arahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan di laksanakan.
    3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.

  5. Nama: Mohammad Arda
    NIM: 855738144
    Salut: Baradatu
    Dari video yang saya analisis yang berjudul Penerapan keterampilan bertanya di kelas 1
    Kelemahan dari video tersebut
    Kelemahan yang terdapat dalam video ini yaitu
    1. Penulis melihat kegiatan pembuka pelajaran seperti salam dan doa tidak muncul di dalam video
    2. Guru tidak tidak Mengecek kehadiran siswa
    3. sesudah pembelajaran dilakukan guru tidak menyimpulkan kembali hasil belajar yang sudah dibahas tadi
    4. tidak ada kegiatan Penutup seperti doa setelah pembelajaran
    Kelebihan yang terdapat di dalam video ini
    1. Guru menyampaikan materi dengan baik
    2. Guru sudah menggunakan media bantu yang membantu siswa dalam kegiatan belajar siswa.

  6. Nama : Sabrina Rahayu Lestari
    NIM: 856604696

    Video ini memberikan contoh nyata bagaimana guru dapat menerapkan keterampilan bertanya dalam pembelajaran di kelas rendah. Penggunaan alat peraga yang sederhana namun efektif dan pendekatan tematik membuat siswa lebih aktif dan memahami materi dengan baik. Namun, akan lebih baik jika video ini dilengkapi dengan penjelasan teoritis dan durasi yang lebih panjang untuk mencakup seluruh proses pembelajaran.

  7. Berdasarkan video yang sudah ditampilkan tersebut sangat bagus mengenai materi perbedaan berat benda, menurut saya materi sudah terealisasikan dengan baik menggunakan praktek langsung dengan bendanya, dan menjelaskan contohnya secara rinci serta melakukan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran,
    akan tetapi kegiatan pendahuluan pembelajaran Sebagaimana seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.

  8. NAMA : RITA WULANDARI
    NIM : 858069701
    UPBJJ-UT: PONTIANAK
    Assalamualaikum Wr.wb.
    Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran didalamnya. Berikut kelebihan yang terdapat dalam video tersebut, diantaranya:
    1. Alat peraga yang di gunakan mudah di temui dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Pembelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut dilakukan dengan intonasi yang jelas.

    Adapun kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut, diantaranya:
    1. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, berdoa, absensi, dan melakukan apersepsi diawal kegiatan pembelajaran.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada saat awal kegiatan, sehingga mengakibatkan bingung apa yang di jelaskan oleh guru tersebut.
    3. Guru tidak membahas kembali materi yang telah di ajarkan sebelumnya.
    4. Guru terbata-bata dalam menjelaskan materi.
    5.Guru kurang memperhatikan siswanya sehingga siswanya sibuk sendiri.

    Aspek yang perlu memerlukan perbaikan dalam video tersebut yang di tambahkan dalam RPP guru tersebut, diantaranya:
    1. Guru hendaknya mengucapkan salam, berdoa, absensi ,dan apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran.
    2. Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
    3. Guru hendaknya mengulangi materi pembelajaran yang telah dipelajari pada kegiatan pembelajaran yang lalu.
    4. Guru hendaknya lebih menguasai materi sehingga dalam menyampaikan materi guru tersebut tidak terbata-bata.
    5. Guru lebih perhatikan siswa agar siswa tidak sibuk sendiri.

    Sekian, Terimakasih 🙏🏻

  9. Selamat siang,

    Nama : Juni Yarman Laia
    NIM : 855853586

    Dalam vidio, menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan melibatkan siswa secara aktif merupakan satu komponen yang penting yang menunjang keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran. Melibatkan media pembelajaran yang menarik juga sangat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Selain itu, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran keterampilan bertanya sangatlah penting. Keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan, jelas, dan mampu merangsang berpikir siswa dalam pembelajaran. Keterampilan ini digunakan untuk memfasilitasi diskusi, menggali pemahaman, serta mendorong keaktifan dan partisipasi siswa.

    Demikian tanggapan yang bisa saya sampaian,
    Terimakasih

  10. Nama : Dinda Nirmala
    NIM : 857339419
    Pokjar : Salut Edukasi Mandiri Bogor Selatan
    Program Studi : 118/PGSD
    UPBJJ : UT Bogor
    1. Kekurangan
    Dari video pembelajaran di atas menurut analisa saya kekurangannya yaitu tidak ada pembukaan seperti salam dan doa sebelum pembelajaran dimulai. Seharusnya guru memberi tahu tujuan pembelajaran di hari itu setelah melakukan pembukaan dilanjut dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan pemantik peserta didik. Alangkah baiknya guru sudah menyiapkan LKPD atau Soal Evaluasi yang nantinya dikerjakan Peserta didik setelah guru menjelaskan materi, di dalam video guru memberikan tugas tetapi meminta peserta didik mengerjakannya di rumah.
    2. Kelebihan
    Dari video pembelajaran di atas menurut analisa saya kelebihannya yaitu dilihat dari segi penampilan guru sangat rapi sehingga peserta didik terlihat lebih nyaman dan guru mengeluarkan suara yang lantang berhasil menarik perhatian peserta didik, menciptakan suasana belajar yang kondusif sejak awal. Antusiasme guru dalam menyampaikan materi menular kepada peserta didik, membangkitkan semangat dan minat mereka untuk terlibat lebih aktif. Guru juga menyisipkan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang mendorong partisipasi peserta didik secara menyeluruh. Suasana kelas pun menjadi hidup dan interaktif. Metode pembelajaran yang diterapkan sudah tepat, karena selaras dengan karakteristik, kebutuhan, serta tahap perkembangan peserta didik, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan bermakna.
    3. Saran
    Untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah baik, guru dapat terus mengeksplorasi variasi metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar suasana kelas tetap dinamis dan tidak monoton. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang interaktif juga dapat menjadi pendukung yang efektif dalam meningkatkan partisipasi peserta didik. Guru juga disarankan untuk terus menggali potensi peserta didik secara individual agar pendekatan pembelajaran semakin personal dan tepat sasaran, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat terus terjaga dan berkembang.

Leave a Reply