silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. Nama : FIRDAUS EFFENDI
    NIM : 858817864
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Malang Pokjar : GondangWetan

    Setelah menonton tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup dan bersemangat.

    Namun, Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.

  2. apakah siswa juga sudah memiliki keterampilan bertanya? apakah keterampilan gurunya sudah dapat mentrigger siswanya dalam bertanya?

  3. apakah pertanyaan yang disampaikan siswa berisi pertanyaan yang mengarah kepada sisi pengetahuan pada materi tersebut, ataukah hanya sekedar memberikan pertanyaan yang sifatnya hanya untuk melengakapi kegiatan pembelajaran?

  4. Nama : Dina maulina
    NIM :858650628
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video tersebut cara guru dalam menyampaikan materi dengan sangat baik sehingga siswa mengikuti pembelajaran yang diajarkan dengan baik. siswa mendengarkan dan menanggapi pembelajaran dengan menyenangkan.

  5. Setelah menonton vidio ini pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik dan menyenangkan.
    Guru menyampaikan materi dengan jelas dan semangat. Guru yang mengunakan alat peraga yang sederhana sehingga siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pembelajaran, namun pada kegiatan pendahuluan dan penutup guru tidak mengajak siswa membaca doa, dan guru tidak menyampaikan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.

  6. Nama : Uswatun Khasanah
    NIM : 859151245
    Prodi : PGSD
    UPBJJ /Pokjar : Mataram-NTB

    Setelah saya melihat dan mengamati video diatas, menurut pendapat saya Guru dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan dan suasana kelas nyama dan aman. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga sudah memanfaatkan alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya. akan tetapi , dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana pembelajaran seperti salam, do’a,menanyakan kabar dan absensi, juga tidak melakukan apersepsi/ keterkaitan materi sebelumnya dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut. Pada kegiatan penutup juga guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran dan tidak menutup dengan do’a. Alangkah baiknya jika kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup dapat di laksanakan oleh guru agar proses pembelajaran menjadi lebih baik dan sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat (RPP).

  7. Nama : Lalu Suhadriawan
    NIM : 859151245
    Prodi : PGSD
    UPBJJ /Pokjar : Mataram-NTB

    Setelah saya melihat dan mengamati video diatas, menurut pendapat saya Guru dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan dan suasana kelas nyama dan aman. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga sudah memanfaatkan alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya. akan tetapi , dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana pembelajaran seperti salam, do’a,menanyakan kabar dan absensi, juga tidak melakukan apersepsi/ keterkaitan materi sebelumnya dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut. Pada kegiatan penutup juga guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran dan tidak menutup dengan do’a. Alangkah baiknya jika kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup dapat di laksanakan oleh guru agar proses pembelajaran menjadi lebih baik dan sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat (RPP).

  8. Nama:Noviana mine
    Nim:836984695
    Mata kuliah:PDGK 4209
    Pokjar: Bhinneka melawi
    Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut menurut pendapat saya:
    1. Kelemahan
    Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, dan menanyakan kabar siswa serta melakukan absensi terhadap kehadiran siswa dan juga di akhir pembelajran guru tidak ada menyimpulkan hasil pembelajaran serta kegiatan penutup pembelajarn juga tidak diakhiri dengan doa.
    2.kelebihan
    Penampilan guru yang rapi dan suara guru yang lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pembelajaran.ketika guru menjelaskan materi pembelajaran sangat bersemangat di sertai dengan pertanyaan yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
    3. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan ketika membuat RPP
    Disetiap kegiatan pendahuluan alangkah baiknya dilakukan dengan memberikan salam pembuka dan berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran serta melakukan absensi terhadap siswa.
    Memberikan motivasi kepada siswa dengan kegiatan bernyanyi serta memberikan pertanyaaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran.
    Dan tidak kalah pentingnya juga diakhir kegiatan pembelajaran guru harus menyimpulkan hasil pembelajaran serta menutup kegiatan pembelajran dengan berdoa.

  9. Menurut pengamatan saya dari vidio tersebut anak-anak sangat bersemangat dalam kegiatan belajar, guru juga sangat kreatif dalam menyampaikan materi, menggunakan alat dan media pembelajaran yang tepat sehingga anak mudah memahami pembelajaran, penampilan gurunya pun sangat rapi.
    Hanya saja dalam tayangan vidio tersebut ada beberapa kekurangan seperti, Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran, menyapa , mengecek kehadiran siswa serta melakukan apersepsi.

  10. Nama : TIKA LESTARI
    NIM : 858036459
    Semester/Kelas : 8/B

    Menurut saya penerapan keterampilan bertanya dikelas oleh guru di video tersebut sudah sangat baik, namun pada video tersebut terdapat beberapa kekurangan yang dilakukan guru tersebut, terutama tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti membuka dengan salam, mengecek kehadiran siswa dan lain sebagainya. Adapun prinsip-prinsip yang harus dipedomani dalam memberikan keterampilan bertanya adalah sebagai berikut: Kehangatan dan antusias. Kita perlu menunjukkan kepada seluruh peserta didik bahwa kita menguasai persoalan yang dibahas dan pertanyaan yang kita ajukan memang sangat menarik, bukan asal-asalan bertanya. Hal ini dapat kita buktikan melalui sikap, baik pada waktu mengajukan pertanyaan maupun ketika menerima jawaban. Sikap dan gaya kita termasuk suara, ekspresi wajah, gerakan, dan posisi badan menampakkan ada atau tidaknya kehangatan dan antusiasme kita. Jangan mengulang pertanyaan apabila peserta didik tak mampu menjawabnya. Hal ini dapat menyebabkan menurunya perhatian dan partisipasi. Jangan mengulang-ulang jawaban peserta didik. Jangan menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum peserta didik memperoleh kesempatan untuk menjawabnya. Usahakan agar peserta didik tidak menjawab pertanyaan secara serempak, sebab kita tidak mengetahui dengan pasti siapa yang menjawab dengan benar dan siapa yang  salah.Menentukan siswa yang harus menjawab sebelum mengajukan pertanyaan. Pertanyaan diajukan lebih terdahulu kepada seluruh siswa. Kemudian guru menunjuk salah seorang untuk menjawab. Pertanyaan ganda; guru kadang mengajukan pertanyaan yang sifatnya ganda. Menghendaki beberapa jawaban atau kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa. Dan di video tersebut guru sudah sangat baik dalam menguasai penerapan keterampilan di kelas.

Leave a Reply