silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Setelah melihat cuplikan video pembelajaran ini secara keseluruhan semua berjalan dengan sangat baik. Mulai dari awal hingga kegiatan akhir.. Namun karena kelas ini terisi banyak siswa jadi diharapkan guru lebih teliti agar pembelajaran tetap terarah dan kondusif.
Nama : Sindri Tenda
NIM :838360026
Setelah melihat cuplikan video pembelajaran ini secara keseluruhan semua berjalan dengan sangat baik. Mulai dari awal hingga kegiatan akhir.. Namun karena kelas ini terisi banyak siswa jadi diharapkan guru lebih teliti agar pembelajaran tetap terarah dan kondusif.
Nama : Firda Giofani
Nim. : 856943433
Prodi. : S1- PGSD
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung (student center)
Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran.
menurut pendapat saya,Setelah melihat video pembelajaran ini secara keseluruhan semua berjalan dengan sangat baik. Mulai dari awal hingga kegiatan akhir. cara guru dalam menyampaikan materi dengan sangat baik sehingga siswa mengikuti pembelajaran yang diajarkan dengan baik. siswa mendengarkan dan menanggapi pembelajaran dengan menyenangkan
Nama :Noviyanti
NIM :825971097
Prodi : S1-PGSD
menurut saya anak- anak sangat bersemangat dan cara penyampaian ibu guru sangat menarik dari segi penampilan cara berbicaranya, semangatnya.. anak – anak juga tidak malu untuk bertanya kepada gurunya
NAMA : Ahmad Nabil Zamzami Wirahman
NIM : 858691891
Prodi : PGSD SD
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung (student center)
Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : muhammad isa ansori
Nim. : 858901542
Prodi. : S1 PGSD
Setelah saya menganalisis video ini Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung (student center)
Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Retno Wulandari
NIM : 856956676
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya dalam pembelajaran video tersebut reaksi siswa/i terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak terlihat antusias dengan metode pembelajaran di kelas. Terlihat dengan seorang siswa yang mampu berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Sehingga siswa lebih percaya diri dan berani untuk kedepan. Siswa mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan mengeluarkan benda yang dibawa seperti buku, pensil, penghapus,tempat makan san lain lain. Serta siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa.
Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya sudah cukup baik.
Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik. Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. Guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi. Dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar fokus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.
Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup.
Nama : Retno Wulandari
NIM : 856956676
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya dalam pembelajaran video tersebut reaksi siswa/i terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak terlihat antusias dengan metode pembelajaran di kelas. Terlihat dengan seorang siswa yang mampu berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Sehingga siswa lebih percaya diri dan berani untuk maju kedepan. Siswa mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan mengeluarkan benda yang dibawa seperti buku, pensil, penghapus,tempat makan dan lain lain. Serta siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa.
a.) Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya sudah cukup baik.
b.) Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik. Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, dan juga bambu.
c.) Guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi. Dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.
d.) Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar fokus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.
e.) Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup.
Nama : Dewi Suryani
Nim : 856075312
Program Studi : S1-PGSD
Assalamualaikum Wr.Wb
Hasil pengamatan saya setelah melihat video diatas, yang berjudul “Penerapan Keterampilan Bertanya” adalah cara mengajar yang dilakukan sudah bagus, step by step dalam proses belajar mengajar sudah sangat bagus yaitu adanya media pembelajaran, membuat siswa menjadi aktif dan mengikuti pelajaran dengan baik, adanya kesimpulan dan refleksi pembelajaran. Namun, dalam video diatas juga ditemukan beberapa kekurangan seperti, media pembelajaran yang digunakan terbatas dan kurang, tidka adanya awal kegiatan pembelajaran.
Sekian pendapat dari saya, terimakasih
Wassalamualaikum Wr.Wb