silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Mohon Maaf sebelumnya. Saya menyampaikan beberapa hal terkait dengan video pembelajaran materi IPA tentang materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Dalam video pembelajaran yang ditampilkan oleh ibu guru sudah bagus. akan tetapi ada beberapa :
1. kelebihan
Ibu Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan sangat baik. yaitu strategi karya wisata di ladang belakang sekolah. sehingga anak-anak bisa melihat langsung, berkesan dan menyenangkan.
2. Kekurangan
ibu Guru belum menampilkan bagian awal dan akhir pembelajaran. seperti mengabsensi siswa, menanyakan kondisi siswa dan menyimpulkan akhir pembelajaran. menjelaskan materinya pun masih kurang jelas. contohnya: apa pengertian dari istilah fotosintesis? dimana tempat terjadinya? dan lain-lain. terus waktu karya wisata guru belum memberikan tugas yang jelas baik secara individu maupun kelompok. sehingga ada kesibukan yang harus benar-benar dikerjakan anak ketika dilapangan.
Terimakasih
Ketika Guru memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, belum ada memeriksa kesiapan belajar siswa, belum terlihat pengingatan tentang pelajaran sebelumnya.
Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan. Pemberian tugas akan lebih baik untuk pendalaman materi bagi siswa.
Akan lebih baik video disediakan dalam kualitas yang lebih baik dan terbaru.
Terima kasih.
vidio pembelajaran sudah cukup baik hanya saja pada saat pembukaan belum terlihat jelas pemberian motivasi kepada siswa apa yang di maksud fotosintesis, setuju dengan komentar sebelumnya bahwa pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah. memberi acuan, menunjukkan kaitan, meninjau kembali, mengevaluasi, dan memberi dorongan psikologi atau sosial.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih rinci dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan acuan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas.
NAMA: DITA VIOLITA
NIM: 856252918
PROGRAM STUDI: PGSD BI
Berikut beberapa hal yang saya rasa perlu disampaikan.
Ketika Guru memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, belum ada memeriksa kesiapan belajar siswa, belum terlihat pengingatan tentang pelajaran sebelumnya.
Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan. Pemberian tugas akan lebih baik untuk pendalaman materi bagi siswa.
Akan lebih baik video disediakan dalam kualitas yang lebih baik dan terbaru.
Terima kasih.
Assalamu’alaikum,
1. Kekurangan
Maaf sebelumnya dari vidio tersebut, yang saya amati guru disana tidak melakukan kegitan pendahuluan terlebih dahulu untuk menciptakan suasana yang enak untuk belajar, tidak ada sapaan dengan nada bersemangat, kemudian di vidio tersebut guru tidak mengecek kehadiran para siswa, dan kurang menciptakan suasana belajar yang demokratis sehingga siswa kurang termotivasi, dan tidak adanya apersesi.
2. Kelebihan
Guru melakukan pembelajaran dengan metode karya wisata atau field trip memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di sekitar sekolah yang sesuai.
Dari vidio tersebut saya ucapkan terimakasih karena saya dapat mengambil banyak manfaat untuk meninjau kembali kekurangan saya sendiri dalam mengajar di kelas, bukan sekedar hanya dapat mengomentari vidio tersebut saya juga diingatkan.
Assalamu’alaikum, Nama saya Iis Sri Sumirah_NIM 857504045_Program Studi SI PGSD
1. Kekurangan Maaf sebelumnya dari vidio tersebut, yang saya amati guru disana tidak melakukan kegitan pendahuluan terlebih dahulu untuk menciptakan suasana yang enak untuk belajar, tidak ada sapaan dengan nada bersemangat, kemudian di vidio tersebut guru tidak mengecek kehadiran para siswa, dan kurang menciptakan suasana belajar yang demokratis sehingga siswa kurang termotivasi, dan tidak adanya apersesi.
2. Kelebihan Guru melakukan pembelajaran dengan metode karya wisata atau field trip memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di sekitar sekolah yang sesuai.
Dari vidio tersebut saya ucapkan terimakasih karena saya dapat mengambil banyak manfaat untuk meninjau kembali kekurangan saya sendiri dalam mengajar di kelas, bukan sekedar hanya dapat mengomentari vidio tersebut saya juga diingatkan.
NAMA :AIDA YOULANDA
NIM :856809324
POKJAR :KEPAHIANG
STUDI :PGSD
Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan.
Saya mencoba menyampaikan apa yang saya lihat di video pembelajaran tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.
1. Kelebihan
Ibu guru menyampaikan materinya dengan jelas. Dan menggunakan metode karyawisata atau field trip
2. Kekurangan
Ketika memulai pembelajaran ibu guru langsung masuk kemateri pembelajaran sebaiknya sebelum masuk kemateri pembelajaran guru memberikan apersepsi terlebih dahulu.
Pada saat pembelajaran siswa pasif dan hanya mendengar penjelasan dari guru.
Agar pembelajaran lebih aktif ibu guru pada saat memberikan contoh kepada siswa dapat menggunakan media gambar sehingga siswa mampu untuk mengelompokkan mana tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dengan akar,batang,daun dan buah sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Dari video tersebut saya mendapatkan pengalaman agar bisa memperbaiki cara pembelajaran yang saya terapkan disekolah.
Saran sebaiknya video dibuat lebih menarik dan dapat dijadikan rekomendasi dalam pembelajaran
NAMA : AZZA NURUL LAILIYAH
NIM : 856482413
PRODI : S1 PGSD B1
POKJAR : DUMAI
Berdasarkan video yang telah saya tonton, metode field trip atau karya wisata sangat cocok dijadikan metode untuk pembelajaran IPA di SD pada kelas tinggi karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman siswa terhadapa konsep yang bersifat abstrak. Metode field trip dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sangat bermanfaat bagi siswa karena lingkungan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari bagian makhluk hidup dengan kata lain pembelajaran yang menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar bisa menjadikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa yang mengalaminya. Hal ini bisa menjadikan memori jangka panjangnya , apabila sewaktu waktu dibutuhkan siswa tersebut masih bisa menyampaikan pengetahuannya yang didapat dari hasil karya wisata yang telah dialaminya. Tidak semua materi pembelajaran IPA di SD bisa menggunakan metode field trip, semua itu tergantung muatan materi dan kecocokannya. Untuk itu guru harus bisa mempelajari dan memilih metode dengan materi yang akan diajarkan dikelas.
Pada video yang telah di tonton, terlihat bahwa guru hanya menjelaskan kegiatan inti pembelajaran saja. Kegiatan awal tidak nampak seperti menyiapkan kelas, absensi dan memotivasi siswa untuk memulai pembelajaran dikelas. Tidak ada pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa dengan mengaitkan materi sebelumnya. Di video yang ada langsung kegiatan inti dengan dengan menyampaikan bahwa metode pembelajaran kali ini yaitu dengan karya wisata. Tidak dijelaskan bagaimana cara kerja untuk metode karya wisata secara detail dengan menggunakan LKPD yang sudah disediakan.
Kemudian video ini juga memberikan pengajaran kepada saya bahwa metode karya wisata bisa diterapkan pada materi fotosintesi pembelajaran IPA di SD pada kelas tinggi
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa.
Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah.
Dan saat guru bertanya kepada siswa contoh “Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan dibatang” tidak ada siswa yang bisa menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Dan saat guru bertanya kepada siswa “apakah mengerti semuanya?” Tidak ada satupun siswa yang menjawab mengerti.
Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.