silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama : Netty Suriyani
    Nim : 855867323
    Jurusan : PGSD SEMESTER 6

    Berdasarkan video yg telah di sajikan, guru blm dpt mengarahkan atau mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik karena dalam kegiatan membuka pelajaran harus dimulai dengan mengucapkan salam, membaca doa, dan menanyakan kabar anak-anak. Baru kita masuk pada materi pembelajaran sehingga para siswa akan mempersiapkan dirinya untuk mengikuti pelajaran.
    Kemudian tanggapan siswa terhadap bahan ajar yg disajikan kurang memahami karena guru hanya memakai metode ceramah saja.
    Respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan yaitu cukup menarik, mereka merasa senang dan sangat tertarik karena adanya karya wisata yg di lakukan di luar kelas, dan itu mengurangi rasa jenuh bagi mereka.
    Metode yg digunakan cenderung membuat siswa untuk selalu mendengarkan apa yg disampaikan guru saja, guru tidak memancing siswa untuk sama-sama mencari tau apa itu fotosintesis itu sangat membuat siswa kurang aktif dan kurang menangkap penjelasan yg diberikan oleh guru.
    Terima kasih..

  2. Nama :PUJI LESTARI
    Nim :855736656
    Prodi : S1-PGSD

    Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa contoh “Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan dibatang” tidak ada siswa yang bisa menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Dan saat guru bertanya kepada siswa “apakah mengerti semuanya?” Tidak ada satupun siswa yang menjawab mengerti. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.

  3. Nama : Riska Widiyanti
    Nim : 856991387
    Semester : 6
    Prokjar : Sidomulyo

    Menurut pendapat saya Metode flied trip yang digunakan guru tersebut sangat cocok untuk materi pembelajaran tersebut. Metode cara mengajar dengan cara ini mengajak siswa ke suatu tempat/objek diluar kelas untuk mempelajari sesuatu, guru juga dapat menggunakan media atau alat peraga untuk menjelaskan materi tersebut agar anak lebih memahami materi dan mengenal bagian-bagian materi yang disampaikan sebelum menggunakan metode flied trip.
    Metode yang digunakan ini juga sangat menarik, dimana siswa langsung dikenalkan pada objeknya. Sehingga terbawa dalam suasana belajar yang aktif dan materi yang disampaikan akan lebih mudah difahami oleh siswa dan dapat menumbuhkan kerja sama dengan teman.

  4. Merlita Siburian
    Nim : 859883748
    PGSD BI.
    Menurut analisis saya metode belajar yang di gunakan oleh guru kurang menarik dan tergolong membosankan sehingga membuat siswa tidak merasa kebingungan dan tidak faham apabyang dijelaskan oleh sang guru.
    Penggunaan metode ceramah tanpa adanya media ajar akan mustahilnbagi siswa dapat mengerti.
    Seharusnya guru mempersiapkan media yang sesuai dengan materi seperti contoh gambar dari tanaman atau potongan potongan kecil dari jenis tanaman yang di jelaskan agar siswa dapat membedakan dengan jelas dan dengan bahasanya sendiri apa itu perbedaan umbi akar dengan umbi batang.
    Penggunaan metode karya wisata sangatlah tepat untuk mengatasi kekurangan dalam pembelajaran di kelas yang tanpa media pembelajaran.
    Metode karya wisata ini membuat siswa menjadi kembali bersemangat dan menikmati setiap momen pembelajaran.

  5. Nama : Supriani tampubolon
    Nim :856041147
    Prodi : S1-PGSD

    Berdasarkan video yang terdapat pada GPO ini dengan judul “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
    Terlihat jelas antara kelebihan dan kelemahan dari video tersebut.
    Terlihat jelas ketika memulai kegiatan pembelajaran guru tersebut tidak terlihat melakukan absensi, dan juga tidak memberikan motivasi kepada para peserta didiknya, selain itu guru tersebut juga tidak melakukan apersepsi untuk mengetahui kemampuan awal para peserta didiknya sehingga akan mempermudah guru tersebut dalam menjelaskan materi yang akan di pelajari, selain itu pada saat penyampaian materi guru tersebut juga menjelaskan hanya sedikit saja materi mengenai fotosintesis dan tanpa adanya media pembelajaran sehingga para peserta didik tidak mengerti materi yang sedang dipelajari, dan pada kegiatan akhir pembelajaran juga guru tersebut tidak terlihat memberikan tugas kepada peserta didik nya, sehingga beliau tidak akan tahu seberapa besar pemahaman peserta didik pada materi yang baru diajarkan. Selain itu guru tersebut juga kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran.
    Adapun kelebihan dari video tersebut :
    Pada video tersebut, guru terlihat sudah menguasai materi dengan dengan sangat baik, pemilihan media pembelajaran juga sudah cukup baik dan sudah melibatkan siswa secara langsung untuk menggali pengetahuan secara langsung.
    Rencana perbaikan: Sebaiknya dalam video tersebut dibuat lebih detail lagi sehingga dapat di contoh oleh guru-guru lain dan kegiatan pembelajaran juga dapat berjalan dengan baik.

    Sekian dan terimakasih 🙏

  6. Nama : Supriani tampubolon
    Nim :856041147
    Prodi : S1-PGSD

    Berdasarkan video yang terdapat pada GPO ini dengan judul “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
    Terlihat jelas antara kelebihan dan kelemahan dari video tersebut.
    Terlihat jelas ketika memulai kegiatan pembelajaran guru tersebut tidak terlihat melakukan absensi, dan juga tidak memberikan motivasi kepada para peserta didiknya, selain itu guru tersebut juga tidak melakukan apersepsi untuk mengetahui kemampuan awal para peserta didiknya sehingga akan mempermudah guru tersebut dalam menjelaskan materi yang akan di pelajari, selain itu pada saat penyampaian materi guru tersebut juga menjelaskan hanya sedikit saja materi mengenai fotosintesis dan tanpa adanya media pembelajaran sehingga para peserta didik tidak mengerti materi yang sedang dipelajari, dan pada kegiatan akhir pembelajaran juga guru tersebut tidak terlihat memberikan tugas kepada peserta didik nya, sehingga beliau tidak akan tahu seberapa besar pemahaman peserta didik pada materi yang baru diajarkan. Selain itu guru tersebut juga kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran.
    Adapun kelebihan dari video tersebut :
    Pada video tersebut, guru terlihat sudah menguasai materi dengan dengan sangat baik, pemilihan media pembelajaran juga sudah cukup baik dan sudah melibatkan siswa secara langsung untuk menggali pengetahuan secara langsung.
    Rencana perbaikan: Sebaiknya dalam video tersebut dibuat lebih detail lagi sehingga dapat di contoh oleh guru-guru lain dan kegiatan pembelajaran juga dapat berjalan dengan baik.

    Sekian dan terimakasih 🙏

  7. Nama : ismi Latifah
    Nim : 856024839
    Jurusan : PGSD SEMESTER 6

    Pada video yang telah saya lihat terdapat guru belum secara maksimal untuk memberikan materi terus karena video tersebut hanya berisi penjelasan saja tanpa di sertai contoh seperti poster atau foto yang menampilkan tentang fotosintesis. Jika ada poster dapat membuat para siswa akan lebih paham dan ingin mengerti lebih jauh sehingga guru dapat membawa langsung siswa melihat proses fotosintesis yang dapat di pahami. Terimakasih atas video yg di sajikan…

  8. Nama : Dwi Febryani
    Nim: 859880996
    Program study : S1-PGSD

    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya amati, terdapat beberapa permasalahan yang dapat saya analisis, antara lain:
    1. Pada tahap Awal Pembelajaran tidak ada kegiatan pendahuluan, dimana guru tidak mempersiapkan siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat tidak siap dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Guru tidak memberikan motivasi sehingga siswa tidak antusias dalam menjawab pertayaan yang diajukan guru.
    3. Pembelajaran hanya berfokus pada metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran.
    4. Tidak ada penggunaan media pembelajaran sehingga pembelajaran terlihat kurang menarik.

    Berdasarkan metode Field atau Karya Wisata yang digunakan dalam pembelajaran tersebut, dimana siswa diajak untuk belajar di kebun belakang sekolah, dapat dilat bahwa siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran. Metode tersebut memudahkan siswa memahami pembelajaran secara langsung. Sebagian besar siswa dapat memahami instruksi atau arahan yang diberikan oleh guru.

  9. Nama : Pratiwi Hariyani
    Nim : 856031597
    Kelas : 6 C AKPMM LABURA

    Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa contoh “Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan dibatang” tidak ada siswa yang bisa menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Dan saat guru bertanya kepada siswa “apakah mengerti semuanya?” Tidak ada satupun siswa yang menjawab mengerti. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.

  10. Assalamualaikum…
    Menurut saya vidio tersebut menunjukkan
    bahwa Guru dalam memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, siswa belum ada kesiapan belajar , guru perlu mengingatkan pelajaran sebelumnya.
    Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.

    Strategi yang digunakan oleh guru sudah cukup baik.

    Metode yang di gunakan sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
    Guru belum menggunakan media dengan memadai.
    Sebaiknya guru memberikan lembar observasi .
    Pemberian tugas akan lebih baik untuk pendalaman materi bagi siswa.
    Agar siswa lebih aktif dan semangat.

    Trimakasih…

Leave a Reply