silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama Eki Harianto
    Nim 858055323
    Semester 6 mahasiswa univesitas terbuka

    Kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat saya analisis adalah :
    – Pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga
    siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran.
    – Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat
    menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
    – Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
    membosankan
    Sedangkan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :

    Kelebihan:
    – Guru terlihat sangat menguasai materi yang sedang disampaikan. Guru mampu mendorong siswa untuk
    menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa
    – Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar di luar kelas, tidak sekedar
    belajar di luar ruangan, metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek
    secara langsung. Dalam Metode field trip ke kebun belakang sekolah dalam pengajaran tentang Ilmu
    Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan
    sebenarnya merupakan metode yang baik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi
    pelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar.

    Cara Mengatasi Kekurangan
    Dalam membuka awal pelajaran guru bisa memulai memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dan guru bisa memberikan kegiatan pendahuluan yang baik. Metodepun seharusnya bisa lebih bervariasi tidak menggunakan metode ceramah saja yang terlihat lebih menonjol. Alur dalam strategi pembelajaranpun bisa lebih diperhatikan yang alurnya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
    Dengan demikian, siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

  2. menurut pengamatan saya mengenai vidio pembelajaran tersebut sangat menarik dan bagus.

    untik metode yang digunakan guru memakai 2 metode yaitu metode ceramah, dan metode praktik. dalam metode cerah guru menjelaskan maksud dari pembelajaran yang sedang di ajarkan, untuk praktiknya guru langsung membawa peserta didik melakukan praktik mengenai pembelajaran yang di ajarkan. akan tetapi ada beberapa kelamahan yang di lakukan oleh guru tersebut yaitu
    – tidak adanya pendahuluan pembelajaran, sehingga guru tidak mengetahui apakah peserra didik tersebut siap dalam menerima pembelajaran tersebut, mungkin itu saja pendaapt dari saya terima kasih

  3. Nama: Sabrina Engeline
    NIM : 857106394
    Program Studi : PGSD
    UPBJJ UT : Jakarta
    Pokjar : Kalideres

    Hasil analisis saya bersadarkan video yang sudah saya amati adalah :
    1. Kelebihan
    penggunaan metode dan strategi pembelajaran sudah tepat, menggunakan metode field trip/karya wisata, sehingga siswa memiliki pengalan langsung dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dengan mengajak siswa melihat objek langsung yang ada di lingkungan sekitar, pembelajaran menjadi tidak membosankan dan tidak monoton, karna pada usia SD siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
    2. kekurangan
    guru terlihat tidak menggunakan lembar observasi untuk memantau siswa selama proses pembelajaran karya wisata. Pada kegiatan membuka pembelajaran guru kurang aktif, belum memberikan motivasi, tidak menanyakan kabar siswa, tidak menggunakan ice breaking, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari itu, serta penyampaian materi tentang fotosintesis masih sangat samar/tidak detail.

    terima kasih

  4. NAMA : NUR ASMIDAH LUBIS
    NIM : 859887928
    Pokjar : Madina
    Ketika Guru memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, belum ada memeriksa kesiapan belajar siswa, belum terlihat pengingatan tentang pelajaran sebelumnya.
    Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
    Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
    Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
    Guru belum menggunakan media dengan memadai.
    Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan. Pemberian tugas akan lebih baik untuk pendalaman materi bagi siswa.

    Akan lebih baik video disediakan dalam kualitas yang lebih baik dan terbaru.
    Terima kasih.

  5. NAMA: Mariana Pangastuti
    NIM: 858749027
    PROGRAM STUDI: PGSD
    POKJAR : Ponorogo
    Mohon ijjin untuk memberi komentar.

    Menurut saya vidio ini sudah cukup jelas maksudnya, sehingga sudah dapat dipahami arah dan tujuannya.
    Pada vidio pembelajaran, terlihat guru sedang melakukan proses pembelajaran bersama siswa di kelas. Pada awalnya murid terlihat pasif karena guru melakukan pembelajaran dengan metode ceramah. Banyak siswa yang kurang paham terhadap materi yang dipelajari, hal ini tampak ketika siswa tidak bisa menjawab pertanyaan guru. Alangkah lebih baiknya jika guru melakukan KBM dengan menggunakan media, misalnya benda real atau gambar untuk memudahkan siswa dalam menangkap materi yang didengar dari penjelasan guru.
    Selanjutnya, ketika guru menawarkan metode fiel trip, siswa langsung aktif dan terlihat bersemangat. Guru sudah mulai mengaktifkan belajar siswa dengan mengajak siswa belajar langsung dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai media belajar. Namun vidio ini berhenti hanya sampai pada ketika siswa belajar mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah saja. Alangkah lebih baiknya jika vidio juga dilengkapi dengan siswa melakukan presentasi setiap kelompok setelah melakukan fiel trip. Dengan harapan siswa dapat berbagi informasi bersama kelompok lain, serta dapat saling bertukar pendapat dalam kegiatan diskusi.

  6. Salam Sejahjahtera Bagi Kita semua.
    Setelah menonton video, maka dari itu saya akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan video perjalanan materi IPA tentang menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut :

    1. Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan baik. Yaitu strategi Metode Field atau Karya Wisata yang ada di kebun sekolah. Sehingga anak-anak bisa langsung ke objek pengamatan, hal ini dapat membuat situasi pembelajaran yang menyenangkan.

    2. Ketika Guru memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, belum ada memeriksa kesiapan belajar siswa, belum terlihat pengingatan tentang pelajaran sebelumnya. Selain guru juga belum menjelaskan terkait materi fotosintesis dengan lebih jelas, dan siswa nya mengalami kesulitan dalam mempelajari penjelasan dari guru.

    3. Guru belum memberikan tugas yang jelas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok. Sebaiknya, guru memberikan lembar kerja siswa (LKS), sehingga siswa dapat mengisi kesibukan terhadap tugas yang diberikan sehingga siswa dapat melakukan observasi dengan baik pada proses pembelajaran karya wisata.

    Sekian & Terimakasih.

  7. Nama : Dwi Indarwati
    NIM : 814345952
    Prodi : PG SD
    UPBJJ Pangkal Pinang

    izin memberi tanggapan

    # Kelebihan
    penggunaan metode & strategi pembelajaran sudah tepat, menggunakan metode field trip/karya wisata, sehingga siswa memiliki pengalaman langsung & lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dengan mengajak siswa melihat objek langsung yang ada di lingkungan sekitar, pembelajaran menjadi tidak membosankan, karna pada usia SD siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran

    # Kekurangan
    1. Pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga
    siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat
    menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
    3. Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
    membosankan.

    terima kasih.

  8. Nama : Rahma Arbaiyah Harahap
    Nim : 877530385

    Menurut saya video diatas sangat bagus, agar lebih baik lagi jika guru menyusun rancangan metode field trip tersebut agar siswa lebih memahami apa dan bagaimana tujuan pembelajaran yg mereka capai.
    Metode juga sudah cukup baik, membawa siswa keluar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
    Kalau untuk kekurangannya menurut saya guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu untuk menciptakan suasana yang enak untuk belajar, tidak ada sapaan dengan nada bersemangat.

Leave a Reply