silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
NAMA: ANIP WIBOWO
NIM: 837301148
UPBJJ: SAMARINDA
POKJAR: LONG KALI
SEMESTER: 8
Dari video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa yang dapat saya peroleh:
1. Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihar belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
a. Belum memberikan sapaan.
b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
c. Belum memberika apersepsi yang cukup
Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidak siapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.
2. Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.
3. Pada video ilustrasi 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pebelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
NAMA: ANIP WIBOWO
NIM: 837301148
UPBJJ: SAMARINDA
POKJAR: LONG KALI
SEMESTER: 8
Dari video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa yang dapat saya peroleh:
1. Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihar belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
a. Belum memberikan sapaan.
b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
c. Belum memberika apersepsi yang cukup
Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidak siapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.
2. Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.
3. Pada video ilustrasi 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pebelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
NAMA: ANIP WIBOWO
NIM: 837301148
UPBJJ: SAMARINDA
POKJAR: LONG KALI
SEMESTER: 8
Dari video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa yang dapat saya peroleh:
1. Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihar belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
a. Belum memberikan sapaan.
b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
c. Belum memberika apersepsi yang cukup
Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidak siapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.
2. Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.
3. Pada video ilustrasi 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pebelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
NAMA: ANIP WIBOWO
NIM: 837301148
UPBJJ: SAMARINDA
POKJAR: LONG KALI
SEMESTER: 8
Dari video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa yang dapat saya peroleh:
1. Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihar belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
a. Belum memberikan sapaan.
b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
c. Belum memberika apersepsi yang cukup
Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidak siapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.
2. Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.
3. Pada video ilustrasi 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pebelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
Nama Elzi Shafutri
Nim 856816154
Pokjar Lebong
Semester 8 Setelah menganalisis video tersebut kegatan awal pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut belum maksimal, dimana guru tidak berdoa, tidak menyapa peserta didik, apalagi memberikan apserpsi, kemudian guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, dalam proses pembelajaran guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga proses ketika proses pembelajaran itu berlangsung siswa terlihat bosan ketika guru menggunakan metode ceramah. Akan tetapi, guru membentuk metode diskusi secara kelompok yang akan membuat situasi dalam kelas menjadi lebih menyenangkan.
Selamat sore
Nama : Dayang Sumijawati
Nim : 858065356
Semester : 6
Kelas : A
Reaksi Siswa : siswa kurang menyimak saat guru menjelaskan
Siswa juga kesulitan dalam menyimak materi yang disampaikan
Kelemahan guru : penyampaian yang diberikan guru kurang menarik perhatian para siswa sehingga sebagian siswa tidak menyimak pembelajaran dengan baik
Kelebihan guru : guru bersemangat dalam menyampaikan materi meskipun sebagian siswa tidak memperhatikannya
Hal unik : guru mencotohkan materi hal-hal yang ada disekitar untuk menjelaskan materi
Usulan: guru harus memperhatikan hal-hal yang menyenangkan untuk siswa seperti menampilkan gambar-gambar pada materi agar menarik perhatian para siswa dan guru harus berupaya untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa agar siswa lebih aktif lagi dalam belajar.
Nama : Futichat A’mila Khoirunnisa
NIM : 857778509
Semester : 6 B
UPBJJ : Semarang
Pokjar : Boja
Dari video kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar”, ada beberapa hal yang bisa saya tanggapi yaitu
melihat dari kelemahannya
1. Pada awal pembelajaran tidak terlihat guru memberikan pembukaan seperti sapaan kepada siswa, berdoa sebelum memulai kegiatan, melakukan absensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Pada awal video guru hanya menggunakan metode ceramah pada siswa dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga bisa dilihat reaksi siswa pada awal pembelajaran tidak tertarik pada penjelasan guru bahkan ada siswa yang mengantuk dan menjadi tidak tertib
adapun kelebihan dalam video yaitu
1. Guru memberikan metode field trip ke kebun belakang sekolah agar siswa bisa mengamati secara langsung tumbuhan yang menjadi sumber belajar sehingga siswa menjadi bersemangat dan tertarik dengan metode yang diberikan guru
2. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang bermanfaat untuk melatih komunikasi siswa, meningkatkan kemampuan kerjasama dll
Terimakasih
Nama : Futichat A’mila Khoirunnisa
NIM : 857778509
Semester : 6 B
UPBJJ : Semarang
Pokjar : Boja
Dari video kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”,ada beberapa hal yang bisa saya tanggapi yaitu melihat dari kelemahannya
1. Pada awal pembelajaran tidak terlihat guru memberikan pembukaan seperti sapaan kepada siswa, berdoa sebelum memulai kegiatan, melakukan absensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Pada awal video guru hanya menggunakan metode ceramah pada siswa dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga bisa dilihat reaksi siswa pada awal pembelajaran tidak tertarik pada penjelasan guru bahkan ada siswa yang mengantuk dan menjadi tidak tertib
adapun kelebihan dalam video yaitu
1. Guru memberikan metode field trip ke kebun belakang sekolah agar siswa bisa mengamati secara langsung tumbuhan yang menjadi sumber belajar sehingga siswa menjadi bersemangat dan tertarik dengan metode yang diberikan guru
2. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang bermanfaat untuk melatih komunikasi siswa, meningkatkan kemampuan kerjasama dll
Terimakasih
Nama : Rubiyanti
Nim : 858414494
UPBJJ : Samarinda
Semester : PGSD 8
Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
MENURUT SAYA : Dari video diatas guru kurang mempersiapkan bahan ajarnya maka dari itu siswa kurang paham apa yang guru jelaskan tersebut . Maka dari itu seharunya guru mempersiapkan semua bahan apa yang ingin ajarkan.kekurang video tersebut : tidak ada pembukaan pembelajaran , tidak memberi variasi saat pembelajaran,tidak lengkap administrasi,dan bahan ajar lainnya.Siswa kurang tertib dan aktif saat pembelajaran dan proses tanya jawab siswa-siswi masih kurang memahami atas penjelasan tersebut.
Nama : Bulang
Nim : 821547569
Semester: 6
Kelas : A
Pokjar : Sintang
Reaksi siswa : penuh dengan semangat untuk mengetahui jenis tumbuhan, yang diajarkan pada materi tersebut.
Kelemahan guru: tidak membawa alat peraga untuk diketahui Anak-anak tentang jenis tumbuhan
Kelebihan guru : bisa memberi pandangan kepada anak-anak tentang tumbuhan menyimpan makanan pada tempat nya.
Hal unik yang ditemukan: Guru memberi reaksi semangat Anak-anak untuk mengetahui jenis tumbuhan yang pada tempatnya menyimpan makanan.
Usulan :