silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama : Nurul Azizah
    NIM : 858053828
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Mempawah Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mohon izin menanggapi kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar”.
    1. Kelemahan Video Pembelajaran
    – Tidak adanya pendahuluan. Seperti salam pembuka, absensi, dan apersepsi
    – Guru tidak menggunakan media apapun ketika menjelaskan Fotosintesis, sehingga siswa sulit untuk memahaminya.
    – Tidak ada penutup dan feedback terhadap siswa.
    -Siswa kurang antusias selama penjelasan.
    2. Kelebihan Video Pembelajaran
    – Siswa tertib
    – Guru membagi kelompok
    – Siswa melakukan observasi langsung, sehingga siswa dapat memahami dengan mudah proses fotosintesis terhadap tumbuhan.

  2. Nama : Resti Hana Marinda
    NIM : 855739651
    Kelas : 6A
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Dari video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa yang dapat saya peroleh:

    1. Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihar belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
    a. Belum memberikan sapaan.
    b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
    c. Belum memberika apersepsi yang cukup
    Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidak siapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.

    2. Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.

    3. Pada video ilustrasi 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pebelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.

  3. Nama : Resti Hana Marinda
    NIM : 855739651
    Kelas : 6A
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Reaksi siswa melakukan pembelajaran di luar kelas senang dan bersemangat

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Guru belum mengetahui pemahaman awal siswa tentang materi tersebut, sehingga saat guru menyampaikan materi di awal pembelajaran. Siswa masih bingung atau belum paham apa yang disampaikan guru tersebut. Bisa jadi ada beberapa siswa bahkan belum paham apa itu defenisi penyimpanan cadangan makanan. Seharusnya guru melakukan pretest terlebih dahulu sebagai assesmen awal untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal siswa tentang materi penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan.

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Pada saat pembelajaran di luar kelas, guru sudah mempersiapkan perangkat apa saja yang dibutuhkan dan mendukung siswa saat melakukan pembelajaran di luar kelas. Guru juga sudah mempersiapkan LKPD dan menjadikan dirinya sebagai fasilitator bagi siswa saat karya wisata.

    Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Guru memanfaatkan taman sekolah sebagai tempat karya wisata. Hal tersebut membuktikan bahwa karya wisata tidak harus membawa siswa jauh-jauh ke luar sekolah, cukup dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di lingkungan sekolah, jika memadai dan memungkinkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran :
    – Melakukan asessmen kognitif awal siswa seperti melakuka pre-test.
    – Memberikan materi pengayaaan sesuai hasil asessmen kognitif awal siswa, agar siswa mudah memahami materi awal sebelum melakukan karya wisata.
    – Membuat LKPD siswa sesuai capaian pembelajaran
    – Jika tempat karya wisatanya di taman sekolah, pastikan semua komponen tumbuhan berdasarkan penyimpanan makanannya ada tersedia di taman sekolah. Mulai dari tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar sampai bakal buah. Jangan sampai salah satu komponen yang dipelajari tidak ada jenis tumbuhannya di taman tersebut.
    – Memfasilitasi siswa untuk mengidentifikasi tanaman yang ingin ia cari. Contoh : memberikan cangkul kepada siswa untuk dapat melihat umbi akar pada tumbuhan Manihot utilissima (Singkong).
    – Melakukan refleksi saat pembelajaran berakhir dan post test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa.

  4. Nama : BAGAS ESTU PENGGALIH
    NIM : 858829163

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Reaksi siswa saat kegiatan pembelajaran tersebut merasa kebingungan karena kurang pahamnya tentang pembelajaran tersebut
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelemahan guru tersebut yaitu pertama, guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti menyapa para siswa , berdoa sebelum melakukan kegiatan, dan menyanyikan lagu nasional atau membaca teks pancasila
    Kedua, guru tidak membawa media praktik seperti singkong atau juga bisa menjelaskannya di PPT berupa gambar agar siswa bisa mengerti
    Ketiga, guru tidak melaksanakan kegiatan penutupan seperti evaluasi tentang kegiatan pembelajaran hari ini, berdoa setelah kegiatan belajar
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelebihan tersebut yaitu di saat siswa tidak mengerti dalam kegiatan pembelajaran , para siswa di ajak untuk karya wisata agar para siswa mengerti tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar , dan juga membuat siswa agar tidak jenuh di kelas saat kegiatan pembelajaran
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Hal yang unik menurut saya yaitu disaat siswa mulai kebingungan guru tersebut langsung mengajak siswa untuk karya wisata agar para siswa dapat memahami pembelajaran tersebut.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Sebaiknya dalam awal pembelajaran guru sudah membawa media pembelajaran tentang cadangan makanan tumbuhan di akar seperti membawa umbi umbi an agar para siswa bisa benar benar paham dalam materi tersebut , dan setelah itu guru bisa melanjutkan dengan karya wisata agar siswa lebih paham dalam pembelajaran dan juga agar siswa agar tidak jenuh di kelas saat kegiatan pembelajaran

  5. Nama: Ulya Meidyastuti
    NIM: 877314444

    Pengamatan pada guru:
    1. Guru belum membuka pembelajaran dengan salam, presensi, dan berdoa berdasarkan kepercayaan masing-masing siswa.
    2. Guru belum mengajak siswa untuk mereview materi sebelumnya sebagai pemantik pembelajaran.
    3. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    4. Pemberian motivasi belajar masih kurang sehingga antusiasme siswa masih rendah, bahkan dapat ditemukan salah satu siswa yang mengantuk/melamun.
    5. Penjelasan materi masih kurang. Materi dijelaskan melalui metode ceramah dengan tanpa menggunakan media, anak-anak terkesan mengangan-angan fotosintesis sehingga esensinya kurang tercapai.
    6. Meskipun sudah menggunakan metode pembelajaran yang lebih baik untuk melatih keaktifan siswa, alangkah baiknya jika di akhir pembelajaran diberikan evaluasi guna mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

    Pengamatan pada Siswa:
    1. Sebelum penerapan metode baru, keaktifan siswa sangat kurang sekali. Setelah digunakannya metode baru, keaktifan siswa mulai muncul.
    2. Siswa mulai dapat menerapkan kerja kelompok setelah dibentuk kelompok oleh guru untuk mengerjakan tugas.
    3. Semangat belajar siswa meningkat setelah diterapkannya metode pembelajaran field trip.

  6. Agustini
    856577882

    Pada awal kegiatan pembelajaran suasana kelas tidak menarik dan media pembelajaran yang digunakan tidak ada hal ini tidak menimbulkan semangat belajar siswa. Kemudian guru menumbuhkan semangat belajar siswa dengan melakukan karya wisata yang memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran agar para siswa semangat dan tidak bosan pada proses belajar

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Adiba Rafiah
    Nim : 858072082
    Upbjj : UT Pontianak
    Pokjar : Mempawah
    Izin menanggapi vidio di atas
    Di Awal pengajaran tidak di awali dengan pendahuluan atau absensi, atau hiburan sebelum memulai pembelajaran, seperti nyanyian atau yel – yel penyemangat untuk anak – anak, supaya anak – anak tidak tegang sebelum memulai pembelajarannya, jadi situasi dalam kelas menyenangkan.
    Melihat reaksi siswa yang kebingungan dan tidak memahami pelajaran yang di sampai kan oleh guru tersebut, sebaik nya ketika menjelaskan guru harus menggambar kan fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan agar siswa faham dengan apa yang di maksud guru nya.
    Dan ketika siswa di ajak untuk karya wisata, maka fikiran siswa akan terbuka dan menyenangkan bagi mereka untuk meneliti secara langsung tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar , dan juga membuat siswa agar tidak jenuh di kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
    Hal yang paling unik adalah ketika guru nya melihat situasi di dalam kelas yang membosankan kan dan melihat siswa nya kebingungan maka guru tersebut langsung mengadakan karya wisata, agar siswa nya bersemangat dan memahami apa yang di sampaikan nya.

  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Adiba Rafiah
    Nim : 858072082
    Upbjj : UT Pontianak
    Pokjar : Mempawah
    Izin menanggapi vidio di atas
    Di Awal pengajaran tidak di awali dengan pendahuluan atau absensi, atau hiburan sebelum memulai pembelajaran, seperti nyanyian atau yel – yel penyemangat untuk anak – anak, supaya anak – anak tidak tegang sebelum memulai pembelajarannya, jadi situasi dalam kelas menyenangkan.
    Melihat reaksi siswa yang kebingungan dan tidak memahami pelajaran yang di sampai kan oleh guru tersebut, sebaik nya ketika menjelaskan guru harus menggambar kan fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan agar siswa faham dengan apa yang di maksud guru nya.
    Dan ketika siswa di ajak untuk karya wisata, maka fikiran siswa akan terbuka dan menyenangkan bagi mereka untuk meneliti secara langsung tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar , dan juga membuat siswa agar tidak jenuh di kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
    Hal yang paling unik adalah ketika guru nya melihat situasi di dalam kelas yang membosankan kan dan melihat siswa nya kebingungan maka guru tersebut langsung mengadakan karya wisata, agar siswa nya bersemangat dan memahami apa yang di sampaikan nya.

  9. video pembelajaran yang di tayangkan berikut beberapa analisa seperti Pada video ilustrasi 1 guru masih sangat jelas terlihat belum melakukan langkah langkah yang baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat terlihat dari kurangnya hal berikut yang mana guru:
    a. Belum memberikan sapaan.
    b. Belum motivasi siswa terkait tujuan pembelajaran
    c. Belum memberikan apersepsi yang cukup
    Dari kegiatan pembuka tersebutlah terjadi ketidaksiapan siswa dalam menerima pembelajaran sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang materi yang di sampaikan guru dan guru langsung saja menjelaskan inti materi.

    Dari penjelasan video, terkait hal hal yang mendasari dan yang harus diperhatikan selama pembelajaran menggunakan metode field trip dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja walaupun hanya di lingkungan sekolah.

    Pada video ke 2 telah di tampilkan juga bagaimana proses pembelajaran field trip ini namun pada kegiatan pembuka masih saja guru belum mampu menjelaskan dengan baik tata cara mengerjakan tugas dan tujuan pembelajaran yang akan di capai.

  10. selamat siang,
    izin menanggapi pada video tersebut membahas tentang ‘Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata’ yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan, yang diadakan lingkungan sekitar.
    pada awal memulai pembelajaran memang sangat tidak menarik karena kegiatan membuka pembelajaran tidak ada dan siswa juga merasa bosan. akan tetapi, setelah menerapkan Metode Field Trip atau Karya Wisata siswa langsung merasa senang dan kelihatan semangat.

Leave a Reply